Ini merupakan 7 sumber bunyi mesin mobil kijang 5k dan 7k bunyi mesin berisik dan kasar dibagian depan mesin,berikut solusinya.
Ada 7 sumber bunyi Mesin mobil kijang 5k dan 7k bunyi mesin berisik dan kasar dibagian depan mesin, memang menjadi masalah serius yang sering dialami pengguna mobil jenis apapun sedan,minibus bahkan bus dan truk pun mengalaminya,kali ini saya akan bahas mengenai 7 sumber bunyi mesin berisik dan kasar pada mobil kijang 5k dan 7k dibagian depan mesin dan cara mendeteksi masalahnya, dan ciri-ciri suara dan bagian mana yang bermasalah.
Kalau kita perhatikan pada bagian depan mesin mobil sangat banyak potensi bunyi berisik dan kasar pada bagian seperti karet sabuk v belt,alternator,tensioner,kompresor ac,pompa air dan bagian peranti tambahan lainnya bila ada,seperti contoh telah terlihat pada video dibawah ini merupakan contoh pada mobil kijang super.
Baik kita akan bahas secara detail dimana masalahnya dan bagaimana kita melihat masalahnya dimana dan dari ciri-ciri bunyinya,berikut ulasanya.
1.bunyi berderit kuat
Bunyi ini biasanya terdengar saat mesin pertama hidup dipagi hari dan akan terasa bunyi kuat saat seiring gas diinjak dan beberapa saat akan menghilang,indikasi masalahnya ada di v belt nya baik v belt alternator pompa air atau dari v belt kompresor ac,caranya mengetahuinya kita siram v belt dengan air satu persatu bila hilang disalah satu v beltnya bila v belt kompresor ac dan alternator terpisah kemungkinan besar Masalah ada di v belt tersebut bisa jadi v belt cuma kendor saja atau memang sudah slip dan retak-retak dan memang harus melakukan penggantian karet v beltnya.
2.bunyi ngorok saat hidup ac dan akan hilang bisa ac mati
Ini sudah pasti masalahnya di kompresor acnya,terlihat saat ac dimatikan maka beban ac akan terputus saat ac posisi on dipastikan kompresor bekerja, biasanya sumber bunyi itu berakibat kerusakan dibagian bearing ac,selenoid kompresor ac bahkan piston kompresor mulai aus akibat kurangnya perawatan komponen tersebut.
3.Bunyi mesin kemeresek
Ini merupakan bermasalah pada v belt kering dan telah mengeras sehingga gesekan antara karet v belt dan pulley-pulley di mesin terjadi gesekan yang menyebabkan bunyi,solusinya beri grease pada sisi samping v belt saja buat memastikan bunyi kemeresek hilang.
4.bunyi mesin mobil berdengung kuat saat mesin hidup.
Kemungkinan besar masalah ini,berada di alternator rusak bearing alternator aus,gulungan alternator konslet bahkan terbakar,pompa air,bunyi akan terasa kuat saat mesin hidup langsam dan saat digas, solusinya ya cek satu persatu menggunakan obeng yang ujungnya ada besinya dan tempelkan dibagian alternator, pompa air,lalu ujung tangkai tempelkan ditelinga nanti akan terdengar dimana sumber bunyinya.
5.mesin terasa kasar kadang suara gemuruh dan kasar.
Periksa kembali menggunakan obeng yang ujung gagangnya terlihat besi tempelkan kuping arahkan obeng ke tensioner ac,alternator,kompresor ac yang peranti yang memiliki bearing,satu persatu di periksa maka akan ketemu dimana sumber bunyinya.
6.terdengar suara dengung bagian depan mesin
Ini biasanya terjadi di bagian cover timing belt mobil,biasanya bearing tensioner timing belt mulai aus dan rusak dan penyetelan kekencangan timing belt terlalu kuat bisa menjadi penyebab terjadinya dengung karena peranti dalam mesin telalu tertekan sehingga meninggalkan bunyi dengung.
7.bunyi suara kemeletek kasar terdengar depan mesin.
Penyebab masalah ini adalah terlalu kendornya setelan klep mobil sehingga celah katup banyak dan mesin tidak normal dan selanjutnya periksa di bagian cover rantai klep siapa tahu terdegar masalah di dalam cover lantai klep.
Bahkan masih banyak lainnya bunyi yang sulit disebutkan,namun bagian diatas sudah mewakili hampir dari kesemuanya yang dikeluhkan di sebagian pengguna mobil,karena pada bagian ini sering kita jumpai masalahnya dan semoga menjadi sumber referensi anda agar lebih teliti lagi sebelum akan melakukan perjalanan agar tidak terjadi apa-apa yang tidak diinginkan dijalan semoga informasi nya bermanfaat.
Komentar