mesin mobil panas adalah hal yang sering dijumpai pada setiap mobil,namun disini akan dibahas hanya pada mobil daihatsu zebra tentunya pada mobil zebra espass yang banyak mengeluhkan banyaknya masalah pada mesinya terutama pada mesinya yang panas,disini akan dibahas secara mendetail apa saja yang menyebabkan mesin daihatsu zebra panas dan bagaimana cara memperbaikinya,dan bagaimana tips solusi agar mesin daihatsu zebra tetap dingin temperatur panasnya agar mesin daihatsu zebra yang dikenal super irit ini kembali bekerja dengan baik dan optimal tanpa mesinya panas,berikut penyebab mesin daihatsu zebra panas.
1.pipasegitiga tersumbat
pipa ini berada di bagian atas mesin yaitu menghubungkan 3 cabang yaitu masuk ke outlet air, ke monifold air dan ke radiator,fungsi dari pipa ini sebagai pembagi karena posisinya tidak didalam mesin langsung atau dekat pompa air by pass nya, maka antara air di oulet yang menuju ke head cylinder yang akan kembali ke radiator yang melalui monifold sangatlah jauh sehingga riskan sekali kotor pada airnya apa itu karat sisa seperti lumpur yang menyumbat dibagian pipa atau selangnya,maka dari itu harus sering kali kita membersihkan pada bagian ini,indikasi selang ini tersumbat bisa anda mengecek pada bagian selang yang menuju keradiator tersumbat atau tidak yaitu dengan melepas pada selang yang menuju keradiator apakah air mengalir atau tidak yang mengarah kesana,bila kita cabut selang itu dari selang tidak mengalirkan air dipastikan selang atau pipa segitiga itu tersumbat maka perlu sekali kita membersihkan bagian tersebut dan apa bila dibiarkan berlarut-larut maka akan mengganggu kerja pompa karena setiap kita akan mengisi radiator maka akan ada udara didalam mesin yang dapat mengganggu kinerja pompa yang menyebabkan air tidak terisi penuh dengan merata di seluruh ruang air didalam mesin akibat terganggu udara didalam mesin menyebabkan air banyak tertahan seolah-olah air telah penuh padahal air tidak cukup didalam ruang air maka perlu sekali kita membuang udara melalui selang dari pipa by pass segitiga tersebut saat mengisi air radiator.
2.radiator tersumbat
bagian radiator adalah bagian sangat penting yang perlu kita pantau fungsinya karena radiator adalah tempat di mana air dari mesin ker radiator yang akan didinginkan melalui udara yang masuk dari bagian depan dengan dibantu kipas mesin yang akan langsung didinginkan disana,nah bila radiator itu bermasalah atau tersumbat dipastikan air yang dari mesin yang akan didinginkan didalam radiator akan terhambat akibat lubang tube pada radiator tersumbat mengakibatkan air akan lambat sekali didinginkan dan turun yang akan menuju kembali ke mesin sehingga air didalam mesin tidak dengan sempurna saat didinginkan maka dari itu terbentuk uap yang akan mendorong keluar ke lubang pengisian radiator dan amper temperatur semakin naik seiring panas yang dihasilkan di dalam mesin akibat lambatnya air yang masuk keradiator untuk didinginkan dan yang menuju selang bawah mengarah ke mesin kembali,permasalahan ini sebenarnya bukan saja pada mobil daihatsu zebra saja tapi pada mobil lain pun mengalami seperti ini namun ini pun sering terjadi pada mobil daihatsu zebra ini makanya perlu di bahas pada artikel ini,dan solusi perbaikanya anda hanya perlu membersihkanya ke bengkel spesialis radiator untuk mencuci lubang radiator yang tersumbat tersebut.
3.kisi-kisi radiator tersumbat
bagian ini penting karena fungsi dari kisi-kisi radiator adalah sebagai masuknya udara yang akan mendinginkan air didalam tube radiator yang apabila lubang kisi-kisi ini tersumbat maka udara tidak akan masuk dengan merata untuk mendinginkan air didalam radiator maka dari itu perlu sekali menjaga kebersihan kisi-kisi radiator yaitu dengan cara menyemprot bagian kisi-kisi dengan air saat mencuci dengan tekanan air sedang agar nantinya tidak akan merusak bagian kisi-kisi radiatornya dan untuk tidak disaran kan penambahan 2 ply pada radiator tidak disarankan karena dengan cukup merawat radiator saja maka mesin akan dingin dengan maksimal.
4.tutup radiator
bagian ini banyak sekali yang menyepelekan kerja dari tutup radiator karena dianggapnya hanya sebuah tutup saja tidak berarti apa-apa namun sebaliknya pada bagian tutup radiator ini justru fungsinya sangat fatal yaitu bila air rembes dan bocor saat air menguap ke atas maka per pegas pada tutup radiator akan membuka dan mengalirkan air ke tabung resevoir untuk mengurangi uap panas di mesin sehingga sebagian air radiator akan masuk menuju tabung reservoir maka perlu sekali menjaga air ditabung reservoir dipastikan jangan terlalu sedikit atau banyak yaitu batas level yang telah ditentukan agar saat air uap dari radiator mendorong pegas pada tutup radiator akan masuk ke tabung reservoirnya sehingga bila kita mengisi penuh air tabung reservoir akan meluap keluar dari tabung dan akan mengurangi debit air didalam mesin pastikan air tetap pada levelnya dan periksa apakah karet di tutup raditor masih kondisi baik bila karet telah keras atau kempet dan pegas telah lemah silahkan dan ganti dengan yang barunya.
5.thermostat macet atau tidak membuka saat mesin panas.
nah pada bagian ini thermostat berperan penting fungsinya yaitu untuk mengatur panas didalam mesin saat kondisi cuaca dingin atau melakukan pemanasan awal dipagi hari sebagai pengatur suhu panas yang ditentukan untuk mengoptimalkan kinerja mesin bila suhu air didalam mesin telah stabil dengan sebagai mana mestinya maka pemakaian bahan bakar pun akan ekonomis dan tenaga mesin pun akan maksimal dikarenakan suhu mesin telah tercapai,nah bagaimana bila sebaliknya kalau thermostat tidak membuka dipastikan air akan tertahan lama didalam mesin dan air akan mengalir melalui selang by pass dan air hanya akan memutar-mutar saja didalam ruang mesin dan tidak akan masuk keradiator karena thermostat tidak membuka sehingga air didalam mesin akan membentuk uap akibat panas yang dihasilkan mesin sehingga air akan mendorong keluar ke tabung reservoir dan akan menyembur keluar kalau tutup radiator dibuka,maka dari itu perlu sekali memeriksa pada komponen satu ini,karena perannya yang sangat penting untuk menstabilkan suhu mesin yang optimal terlebih bila berada pada daerah subtropis,nah bagaimana cirinya bila thermostat tidak membuka,yaitu bisa kita lihat pada amper temperatur panasnya bila naik lebih dari setengah hingga sampai pada high garis merah dipastikan ini ciri utama bila thermostat bermasalah,solusinya coba cabut terlebih dahulu thermostatnya apakah mesin akan dingin bila thermostat di lepas kalau iya coba ganti dengan yang baru apakah mesin dingin,bila tidak buang udara didalam mesin melalui selang by pass yang menuju keradiator sesuai dengan keterangan di no.1,bila masih juga mesinya panas dipastikan packing head cylinder telah rusak akibat panas berlebih disarankan perbaikan ini harus melakukan pembongkaran pada cylinder headnya.
itulah garis besar yang secara umum yang biasa menyebabkan mobil daihatsu zebra panas sebagai pedoman anda bisa mendeteksi secara tepat dan benar mengatasi mesin panas daihatsu zebra tentunya pada daihatsu zebra espass 1.3 dan 1.5 yang sering sekali bermasalah pada mesinnya akibat sistem pendingin yang tidak maksimal ini sebagai acuan anda untuk selalu merawat mobil daihatsu zebra anda akan tetap sehat dalam arti mesin tidak panas yang berakhir dengan pembongkaran pada cylinder headnya,semoga bermanfaat akhir kata saya sampaikan di artikel ini terima kasih.
pipa ini berada di bagian atas mesin yaitu menghubungkan 3 cabang yaitu masuk ke outlet air, ke monifold air dan ke radiator,fungsi dari pipa ini sebagai pembagi karena posisinya tidak didalam mesin langsung atau dekat pompa air by pass nya, maka antara air di oulet yang menuju ke head cylinder yang akan kembali ke radiator yang melalui monifold sangatlah jauh sehingga riskan sekali kotor pada airnya apa itu karat sisa seperti lumpur yang menyumbat dibagian pipa atau selangnya,maka dari itu harus sering kali kita membersihkan pada bagian ini,indikasi selang ini tersumbat bisa anda mengecek pada bagian selang yang menuju keradiator tersumbat atau tidak yaitu dengan melepas pada selang yang menuju keradiator apakah air mengalir atau tidak yang mengarah kesana,bila kita cabut selang itu dari selang tidak mengalirkan air dipastikan selang atau pipa segitiga itu tersumbat maka perlu sekali kita membersihkan bagian tersebut dan apa bila dibiarkan berlarut-larut maka akan mengganggu kerja pompa karena setiap kita akan mengisi radiator maka akan ada udara didalam mesin yang dapat mengganggu kinerja pompa yang menyebabkan air tidak terisi penuh dengan merata di seluruh ruang air didalam mesin akibat terganggu udara didalam mesin menyebabkan air banyak tertahan seolah-olah air telah penuh padahal air tidak cukup didalam ruang air maka perlu sekali kita membuang udara melalui selang dari pipa by pass segitiga tersebut saat mengisi air radiator.
2.radiator tersumbat
bagian radiator adalah bagian sangat penting yang perlu kita pantau fungsinya karena radiator adalah tempat di mana air dari mesin ker radiator yang akan didinginkan melalui udara yang masuk dari bagian depan dengan dibantu kipas mesin yang akan langsung didinginkan disana,nah bila radiator itu bermasalah atau tersumbat dipastikan air yang dari mesin yang akan didinginkan didalam radiator akan terhambat akibat lubang tube pada radiator tersumbat mengakibatkan air akan lambat sekali didinginkan dan turun yang akan menuju kembali ke mesin sehingga air didalam mesin tidak dengan sempurna saat didinginkan maka dari itu terbentuk uap yang akan mendorong keluar ke lubang pengisian radiator dan amper temperatur semakin naik seiring panas yang dihasilkan di dalam mesin akibat lambatnya air yang masuk keradiator untuk didinginkan dan yang menuju selang bawah mengarah ke mesin kembali,permasalahan ini sebenarnya bukan saja pada mobil daihatsu zebra saja tapi pada mobil lain pun mengalami seperti ini namun ini pun sering terjadi pada mobil daihatsu zebra ini makanya perlu di bahas pada artikel ini,dan solusi perbaikanya anda hanya perlu membersihkanya ke bengkel spesialis radiator untuk mencuci lubang radiator yang tersumbat tersebut.
3.kisi-kisi radiator tersumbat
bagian ini penting karena fungsi dari kisi-kisi radiator adalah sebagai masuknya udara yang akan mendinginkan air didalam tube radiator yang apabila lubang kisi-kisi ini tersumbat maka udara tidak akan masuk dengan merata untuk mendinginkan air didalam radiator maka dari itu perlu sekali menjaga kebersihan kisi-kisi radiator yaitu dengan cara menyemprot bagian kisi-kisi dengan air saat mencuci dengan tekanan air sedang agar nantinya tidak akan merusak bagian kisi-kisi radiatornya dan untuk tidak disaran kan penambahan 2 ply pada radiator tidak disarankan karena dengan cukup merawat radiator saja maka mesin akan dingin dengan maksimal.
4.tutup radiator
bagian ini banyak sekali yang menyepelekan kerja dari tutup radiator karena dianggapnya hanya sebuah tutup saja tidak berarti apa-apa namun sebaliknya pada bagian tutup radiator ini justru fungsinya sangat fatal yaitu bila air rembes dan bocor saat air menguap ke atas maka per pegas pada tutup radiator akan membuka dan mengalirkan air ke tabung resevoir untuk mengurangi uap panas di mesin sehingga sebagian air radiator akan masuk menuju tabung reservoir maka perlu sekali menjaga air ditabung reservoir dipastikan jangan terlalu sedikit atau banyak yaitu batas level yang telah ditentukan agar saat air uap dari radiator mendorong pegas pada tutup radiator akan masuk ke tabung reservoirnya sehingga bila kita mengisi penuh air tabung reservoir akan meluap keluar dari tabung dan akan mengurangi debit air didalam mesin pastikan air tetap pada levelnya dan periksa apakah karet di tutup raditor masih kondisi baik bila karet telah keras atau kempet dan pegas telah lemah silahkan dan ganti dengan yang barunya.
5.thermostat macet atau tidak membuka saat mesin panas.
nah pada bagian ini thermostat berperan penting fungsinya yaitu untuk mengatur panas didalam mesin saat kondisi cuaca dingin atau melakukan pemanasan awal dipagi hari sebagai pengatur suhu panas yang ditentukan untuk mengoptimalkan kinerja mesin bila suhu air didalam mesin telah stabil dengan sebagai mana mestinya maka pemakaian bahan bakar pun akan ekonomis dan tenaga mesin pun akan maksimal dikarenakan suhu mesin telah tercapai,nah bagaimana bila sebaliknya kalau thermostat tidak membuka dipastikan air akan tertahan lama didalam mesin dan air akan mengalir melalui selang by pass dan air hanya akan memutar-mutar saja didalam ruang mesin dan tidak akan masuk keradiator karena thermostat tidak membuka sehingga air didalam mesin akan membentuk uap akibat panas yang dihasilkan mesin sehingga air akan mendorong keluar ke tabung reservoir dan akan menyembur keluar kalau tutup radiator dibuka,maka dari itu perlu sekali memeriksa pada komponen satu ini,karena perannya yang sangat penting untuk menstabilkan suhu mesin yang optimal terlebih bila berada pada daerah subtropis,nah bagaimana cirinya bila thermostat tidak membuka,yaitu bisa kita lihat pada amper temperatur panasnya bila naik lebih dari setengah hingga sampai pada high garis merah dipastikan ini ciri utama bila thermostat bermasalah,solusinya coba cabut terlebih dahulu thermostatnya apakah mesin akan dingin bila thermostat di lepas kalau iya coba ganti dengan yang baru apakah mesin dingin,bila tidak buang udara didalam mesin melalui selang by pass yang menuju keradiator sesuai dengan keterangan di no.1,bila masih juga mesinya panas dipastikan packing head cylinder telah rusak akibat panas berlebih disarankan perbaikan ini harus melakukan pembongkaran pada cylinder headnya.
itulah garis besar yang secara umum yang biasa menyebabkan mobil daihatsu zebra panas sebagai pedoman anda bisa mendeteksi secara tepat dan benar mengatasi mesin panas daihatsu zebra tentunya pada daihatsu zebra espass 1.3 dan 1.5 yang sering sekali bermasalah pada mesinnya akibat sistem pendingin yang tidak maksimal ini sebagai acuan anda untuk selalu merawat mobil daihatsu zebra anda akan tetap sehat dalam arti mesin tidak panas yang berakhir dengan pembongkaran pada cylinder headnya,semoga bermanfaat akhir kata saya sampaikan di artikel ini terima kasih.
Komentar