Langsung ke konten utama

cara tepat dan benar mengatasi mesin panas daihatsu zebra

mesin mobil panas adalah hal yang sering dijumpai pada setiap mobil,namun disini akan dibahas hanya pada mobil daihatsu zebra tentunya pada mobil zebra espass yang banyak mengeluhkan banyaknya masalah pada mesinya terutama pada mesinya yang panas,disini akan dibahas secara mendetail apa saja yang menyebabkan mesin daihatsu zebra panas dan bagaimana cara memperbaikinya,dan bagaimana tips solusi agar mesin daihatsu zebra tetap dingin temperatur panasnya agar mesin daihatsu zebra yang dikenal super irit ini kembali bekerja dengan baik dan optimal tanpa mesinya panas,berikut penyebab mesin daihatsu zebra panas.














1.pipasegitiga tersumbat

pipa  ini berada di bagian atas mesin yaitu menghubungkan 3 cabang yaitu masuk ke outlet air, ke monifold air dan ke radiator,fungsi dari pipa ini sebagai pembagi karena posisinya tidak didalam mesin langsung atau dekat pompa air by pass nya, maka antara air di oulet yang menuju ke head cylinder yang akan kembali ke radiator yang melalui monifold sangatlah jauh sehingga riskan sekali kotor pada airnya apa itu karat sisa seperti lumpur yang menyumbat dibagian pipa atau selangnya,maka dari itu harus sering kali kita membersihkan pada bagian ini,indikasi selang ini tersumbat bisa anda mengecek pada bagian selang yang menuju keradiator tersumbat atau tidak yaitu dengan melepas pada selang yang menuju keradiator apakah air mengalir atau tidak yang mengarah kesana,bila kita cabut selang itu dari selang tidak mengalirkan air dipastikan selang atau pipa segitiga itu tersumbat maka perlu sekali kita membersihkan bagian tersebut dan apa bila dibiarkan berlarut-larut maka akan mengganggu kerja pompa karena setiap kita akan mengisi radiator maka akan ada udara didalam mesin yang dapat mengganggu kinerja pompa yang menyebabkan air tidak terisi penuh dengan merata di seluruh ruang air didalam mesin akibat terganggu udara didalam mesin menyebabkan air banyak tertahan seolah-olah air telah penuh padahal air tidak cukup didalam ruang air maka perlu sekali kita membuang udara melalui selang dari pipa by pass segitiga tersebut saat mengisi air radiator.


2.radiator tersumbat

bagian radiator adalah bagian sangat penting yang perlu kita pantau fungsinya karena radiator adalah tempat di mana air dari mesin ker radiator yang akan didinginkan melalui udara yang masuk dari bagian depan dengan dibantu kipas mesin yang akan langsung didinginkan disana,nah bila radiator itu bermasalah atau tersumbat dipastikan air yang dari mesin yang akan didinginkan didalam radiator akan terhambat akibat lubang tube pada radiator tersumbat mengakibatkan air akan lambat sekali didinginkan dan turun yang akan menuju kembali ke mesin sehingga air didalam mesin tidak dengan sempurna saat didinginkan maka dari itu terbentuk uap yang akan mendorong keluar ke lubang pengisian radiator dan amper temperatur semakin naik seiring panas yang dihasilkan di dalam mesin akibat lambatnya air yang masuk keradiator untuk didinginkan dan yang menuju selang bawah mengarah ke mesin kembali,permasalahan ini sebenarnya bukan saja pada mobil daihatsu zebra saja tapi pada mobil lain pun mengalami seperti ini namun ini pun sering terjadi pada mobil daihatsu zebra ini makanya perlu di bahas pada artikel ini,dan solusi perbaikanya anda hanya perlu membersihkanya ke bengkel spesialis radiator untuk mencuci lubang radiator yang tersumbat tersebut.


3.kisi-kisi radiator tersumbat

bagian ini penting karena fungsi dari kisi-kisi radiator adalah sebagai masuknya udara yang akan mendinginkan air didalam tube radiator yang apabila lubang kisi-kisi ini tersumbat maka udara tidak akan masuk dengan merata untuk mendinginkan air didalam radiator maka dari itu perlu sekali menjaga kebersihan kisi-kisi radiator yaitu dengan cara menyemprot bagian kisi-kisi dengan air saat mencuci dengan tekanan air sedang agar nantinya tidak akan merusak bagian kisi-kisi radiatornya dan untuk tidak disaran kan penambahan 2 ply pada radiator tidak disarankan karena dengan cukup merawat radiator saja maka mesin akan dingin dengan maksimal.

4.tutup radiator

bagian ini banyak sekali yang menyepelekan kerja dari tutup radiator karena dianggapnya hanya sebuah tutup saja tidak berarti apa-apa namun sebaliknya pada bagian tutup radiator ini justru fungsinya sangat fatal yaitu bila air rembes dan bocor saat air menguap ke atas maka per pegas pada tutup radiator akan membuka dan mengalirkan air ke tabung resevoir untuk mengurangi uap panas di mesin sehingga sebagian air radiator akan masuk menuju tabung reservoir maka perlu sekali menjaga air ditabung reservoir dipastikan jangan terlalu sedikit atau banyak yaitu batas level yang telah ditentukan agar saat air uap dari radiator mendorong pegas pada tutup radiator akan masuk ke tabung reservoirnya sehingga bila kita mengisi penuh air tabung reservoir akan meluap keluar dari tabung dan akan mengurangi debit air didalam mesin pastikan air tetap pada levelnya dan periksa apakah karet di tutup raditor masih kondisi baik bila karet telah keras atau kempet dan pegas telah lemah silahkan dan ganti dengan yang barunya.


5.thermostat macet atau tidak membuka saat mesin panas.

nah pada bagian ini thermostat berperan penting fungsinya yaitu untuk mengatur panas didalam mesin saat kondisi cuaca dingin atau melakukan pemanasan awal dipagi hari sebagai pengatur suhu panas yang ditentukan untuk mengoptimalkan kinerja mesin bila suhu air didalam mesin telah stabil dengan sebagai mana mestinya maka pemakaian bahan bakar pun akan ekonomis dan tenaga mesin pun akan maksimal dikarenakan suhu mesin telah tercapai,nah bagaimana bila sebaliknya kalau thermostat tidak membuka dipastikan air akan tertahan lama didalam mesin dan air akan mengalir melalui selang by pass dan air hanya akan memutar-mutar saja didalam ruang mesin dan tidak akan masuk keradiator karena thermostat tidak membuka sehingga air didalam mesin akan membentuk uap akibat panas yang dihasilkan mesin sehingga air akan mendorong keluar ke tabung reservoir dan akan menyembur keluar kalau tutup radiator dibuka,maka dari itu perlu sekali memeriksa pada komponen satu ini,karena perannya yang sangat penting untuk menstabilkan suhu mesin yang optimal terlebih bila berada pada daerah subtropis,nah bagaimana cirinya bila thermostat tidak membuka,yaitu bisa kita lihat pada amper temperatur panasnya bila naik lebih dari setengah hingga sampai pada high garis merah dipastikan ini ciri utama bila thermostat bermasalah,solusinya coba cabut terlebih dahulu thermostatnya apakah mesin akan dingin bila thermostat di lepas kalau iya coba ganti dengan yang baru apakah mesin dingin,bila tidak buang udara didalam mesin melalui selang by pass yang menuju keradiator sesuai dengan keterangan di no.1,bila masih juga mesinya panas dipastikan packing head cylinder telah rusak akibat panas berlebih disarankan perbaikan ini harus melakukan pembongkaran pada cylinder headnya.






itulah garis besar yang secara umum yang biasa menyebabkan mobil daihatsu zebra panas sebagai pedoman anda bisa mendeteksi secara tepat dan benar mengatasi mesin panas daihatsu zebra tentunya pada daihatsu zebra espass 1.3 dan 1.5 yang sering sekali bermasalah pada mesinnya akibat sistem pendingin yang tidak maksimal ini sebagai acuan anda untuk selalu merawat mobil daihatsu zebra anda akan tetap sehat dalam arti mesin tidak panas yang berakhir dengan pembongkaran pada cylinder headnya,semoga bermanfaat akhir kata saya sampaikan di artikel ini terima kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

cara mengatasi indikator amper temperatur panas mobil tidak berfungsi.

pernah kah anda mengalami indikator amper temperatur panas mobil tidak berfungsi alias mati,error, pastinya sangatlah tidak menyenangkan hati saat mengendarainya oleh sebab itu diperlukan perbaikan pada seluruh komponen yang berhubungan dengan indikator amper panas tersebut,mulai dari switch panas,kabel,hingga pada amper panasnya tersebut dan ada beberapa ciri-ciri yang menyebabkan indikator amper panas mesin mobil mati dan bagaimana cara mengatasi indikator amper temperatur panas mobil tidak berfungsi,ada beberapa hal yang membuat indikator ini mati berikut adalah ulasanya. 1.switch panas rusak switch panas ini biasanya terletak di outlet pipa-pipa air diselang radiator,menempel di head cylinder bahkan hingga menempel pada tutup thermostat mobil,biasanya bila bermasalah dibagian ini adalah indikator amper temperatur panas akan mati sama sekali bahkan terkadang panas tidak bisa menunjukan batas normal terkadang tinggi sampai full terkadang juga lambat menunjukan panas mesin hing

cara mendiagnosa mesin efi cara manual suzuki baleno 97 untuk membaca lampu engine menyala

cara sederhana tanpa banyak biaya yang besar cukup bermodalkan kabel sepotong saja bisa melihat kode trouble lampu engine menyala di khususkan pada suzuki baleno tahun 97 yang mana masih menggunakan scan manual tanpa soket obd 2 seperti baleno tahun 2000an,yang mana mobil tersebut telah menggunakan soket obd 2 yang bisa dihubungkan ke engine scanner,walaupun scan manualnya tidak dihilangkan,nah di artikel kali ini saya akan mmembahas khusus baleno tahun 97 saja yaitu,cara mendiagnosa mesin efi cara manual suzuki baleno 97 untuk membaca lampu engine menyala,diartikel ini akan diberi tahu langkah dan cara-cara mendiagnosanya,cara mengatasinya hingga pada perbaikanya,lebih jelasnya bisa cek video dibawah ini. berikut cara dan langkah-langkah cara mendiagnosanya 1.buka tutup sekering letaknya di bagian kiri dalam ruang mesin dan cari tulisan di kotak sekeringnya bertuliskan  (DIAG 1). 2.pasang kabel jumper pada terminal DIAG 1 dengan cara menjumper kedua pin terminal seperti gamba

penyebab busi pijar cepat mati dan solusi masalah busi pijar cepat mati pada mobil mitsubhisi l300

sering kali para pengguna mobil mesin diesel tentunnya yang masih menggunakan sistem busi pijar atau busi pemanas kesulitan menghidupkan mesin,apakah yang menyebabkan mobil yang mesinnya masih menggunakan busi pijar atau busi pemanas sangat sulit dihidupkan terlebih saat pagi hari,menurut beberapa pengalaman saya ada beberapa macam yang bisa menimbulkan mesin diesel jenis ini sulit dihidupkan berikut ulasannya,akan di bahas penyebab permasalahannya hingga solusi penanganannya. 1.busi pijar mati karena faktor umur pake ini merupakan permasalahan normal karena usia pake busi pijar telah lama,dan untuk perawatanya penggantiannya setiap kilometer yang ditentukan pabrikanya,maka dari itu untuk perawatanya harus rutin paling tidak perlu pengecekan berkala, untuk cara pengecekannya nanti akan dibahas di artikel lainya,setidaknya untuk perawatan secara berkalanya itu biasanya jarang dilakaukan namun dengan penggunakan bahan bakar yang berkualitas baik akan membantu keawetan businya ka

bingung dimana letak nomer mesin dan nomer rangka buat persyaratan bayar pajak mobil ini solusinya.

Lama tidak update artikel, baik pembahasan blog kali ini saya akan bahas mengenai letak nomer mesin dan letak nomer rangka mobil memang tidak lengkap sepenuhnya namun semoga membantu bagi para pembaca artikel ini.  Disini akan di bahas letak dan posisi nomer mesin dan rangka yang tepat dan sekaligus akan di berikan videonya agar lebih mudah membantu memberikan berikut videonya.  Baik ini adalah beberapa nomer mesin dan nomer rangka mobil yang telah tercatat dan yang telah diterima informasinya,ini akurat karena ini hasil langsung ke objek yang telah ditentukan,berikut ulasannya.  1.Mitsubhisi L300 dan kuda diesel Nomer mesin : sebelah kiri mesin sedikit kebelakang tepatnya di atas dinamo stater Nomer rangka : belakang kanan mobil tepatnya di sasis ban mobil 2.Daihatsu gran max pick up dan minibus Nomer mesin : kanan mesin sedikit kebelakang tepatnya antara sambungan mesin dan transmisi.  Nomer rangka : di kap depan tepatnya menempel di dinding menghadap kebawah.  3.toyota kijang super

penyebab lampu depan mobil mati,lampu jarak jauh dan lampu jarak dekat mati

Pada mobil tentunya jenis mobil apapun lampu depan atau lampu utama sangat lah penting perannya sebagai penerangan selain itu sebagai keselamatan saat mengemudi dimalam hari,untuk permasalahanya sering kali menyulitkan pengemudinya,nah di artikel kali ini saya akan membahas penyebab lampu depan mobil mati,lampu jarak jauh dan lampu jarak dekat mati,memang untuk permasalahan mati lampu depan ini tidak berbarengan antara lampu jarak jauh dan lampu dekat ini mati bersamaan terkadang lampu dekatnya yang mati dan kadang lampu jarak jauhnya yang mati,kadang mati sebelah saja dan kadang mati bersamaan untuk lampu jarak dekat atau jauhnya intinya bila mati total berarti arus yang masuk ke saklar lampu hilang simak video ini agar bisa membantu pemahaman anda lebih dalam. berikut ada beberapa yang menyebabkan lampu depan atau lampu utama mati baik pada lampu dekat atau lampu jauh. 1.sekering putus biasanya sekering putus bisa mati total pada lampunya dan terkadang lampu mati sebelah mas

penyebab indikator lampu aki tidak menyala saat posisi kunci kontak ON

Ini adalah kebalikan dari permasalahan lampu indikator aki menyala terus saat mesin hidup dipastikan masalah tersebut berasal dari kabel dan alternator atau dinamo charger aki,problem ini dapat muncul di semua jenis mobil baik bensin,mobil diesel pun sama memiliki permasalahan yang sama karena jenis kontruksi alternatornya sama saja cara kerjanya.   Baik kesempatan kali ini saya akan mengupas penyebab indikator lampu aki tidak menyala saat kunci kontak di on kan,jadi mesin belum dihidupkan dan baru menyalakan semua lampu indikator di panel speedometer mobil dan lampu berlambang aki yang berfungsi sebagai petunjuk bermasalahnya pada sistem pengisian mobil,jadi saat normalnya yaitu lampu indikator aki akan menyala saat kunci kontak posisi on dan akan mati setelah mesin hidup pertanda arus N dari alternator telah keluar dan menuju terminal N regulator sehingga arus N akan masuk ke kumparan atau eletronik regulator sehingga jangkar yang masih terhubung dari massa alternator akan menghisap

penyebab mobil daihatsu zebra susah hidup karburator bermasalah

bermasalah pada mobil daihatsu zebra adalah hal lumrah yang sering dihadapi para penggunanya,mulai dari mesin panas,mogok saat melewati genangan air,saat hujan turun,pompa bensin rotax rusak,hingga pada karburator yang bermasalah,namun semua itu ada solusinya di artikel ini akan dibahas tuntas membahas permasalahan pada karburator,daihatsu zebra dan penyebab mobil daihatsu zebra susah hidup,ada beberapa hal yang menyebabkan karburator zebra bermasalah tentunya pada zebra espass tentunya yang sering sekali mengalami hal seperti ini,informasi ini bersumber langsung pada pengalaman saya sendiri sebagai media yang bisa membantu permasalahan kepada pengguna mobil zebra espass ini,berikut beberapa permasalahan yang sering bermasalah pada mobil zebra ini atau cek video dibawah ini. 1.karburator mudah sekali banjir   ini biasanya bermasalah setelah pembongkaran karburator dan mengganti part isi dalamnya bukan menggunakan part original pabrikan,bermasalahnya biasanya pada jarum pelampun

penyebab suzuki futura injeksi 1.5 mesin pincang dan brebet

penyebab mesin pincang pada mobil suzuki futura injeksi 1.5,adalah masalah yang sering terjadi pada jenis mobil ini,terutama sering bermasalah pada sistem pengapianya,coil sering kali mati pada bagian depan untuk busi nomer 2 dan 3,secara spesifik nya belum jelas dari mana sumber penyebab coil mobil bisa lemah atau mati,secara analisa ada beberapa penyebab coil bisa cepat mati menurut analisa yang sering di jumpai,bisa cek video ini agar lebih jelasnya. 1.pemakaian busi yang salah pada komponen ini sering sekali dijumpai pemakaian busi yang asal-asalan atau sembarangan tidak mengikuti prosedur bawaan pabrikan sehingga pengapian pada mobil ini terganggu akibat pemakaian busi yang tidak tepat akhirnya terjadinya misfire,pada busi yang mengakibatkan beban coil semakin berat, akibat pemakaian busi yang tidak tepat,secara umum busi pada suzuki futura injeksi 1.5 adalah berkode DENSO:K20PR-U NGK:BKR6E terkadang sering dijumpai menggunakan busi bukan standar pabrikan seperti kodeK20

Cara mengatasi Mesin gran max cepat panas, setelah kuras air radiator dan bongkar mesin, ini solusinya.

Banyak dari sebagian orang bingung mengatasi mesin daihatsu gran max panas tiba-tiba, setelah kuras air radiator atau setelah bongkar mesin, ini menjadi banyak pertanyaan, penyebabnya karena secara sadar kadang pengguna mobil ini belum tahu cara membuangnya yang sebenarnya sudah di beri petunjuk di bagian depan sebelah kiri dalam kap ruang radiator yang sebenarnya sudah lengkap petunjuknya, bahkan kurangnya memperhatikan dan membaca buku pedoman bawaan pabrikan mobil tersebut, sehingga kurangnya wawasan mengerjakan mobil tersebut sehingga malah timbul masalah. Baik di artikel kali ini saya akan bahas solusinya bila anda menemukan masalah ini agar panas mesin tidak berlarut-larut sehingga membahayakan mesin mobil itu sendiri sehingga mengakibatkan biaya perbaikan yang lebih besar lagi nantinya.  Menurut konstruksinya mesin ini terletak di bagian bawah pengemudi dan penumpang sebelah kiri depan, dan jarak antara radiator dan mesi  cukup jauh dan harus banyak melewati selang panjang yan