Langsung ke konten utama

apakah efek atau dampak mengiritkan bahan bakar kuda bensin dengan mengubah karburator kijang.

Terkadang kita memilih irit bahan bakar namun tidak tahu dampak nya, padahal sudah tahu konsumsi bahan bakar tersebut bakal ada efek lainnya setelah mengiritkannya. 

Seperti terjadi pada mobil kuda bensin 1.800cc yang merupakan menggunakan karburator vakum yang mitos banyak beredar bahwa mobil tersebut boros bahan bakar walaupun untuk tenaga maksimal masih banyak keluhan yang terjadi pada mobil tersebut bila telah berhubungan dengan bahan bakar. 

Namun secara denifisi suatu kendaraan atau mobil akan terasa boros bahan bakar bila :
1.sering tidak pernah mengisi bahan bakar full sehingga tidak akan tahu batas penggunaan bahan bakar di dalam kota itu berapa,  karena keluhan ini terasa saat melakukan perjalanan di dalam kota saja karena sering tidak menggunakan cara satu ini. 
2.boros terasa saat setelah tune up atau setelah penyetelan karburator ini mungkin hanya kesalahan teknis saja dan masih bisa disetel ulang kembali. 
3.mobil terasa boros bahan bakar dikarenakan mesin hidup tidak normal ada kaitannya dengan nomer 3 tadi dalam arti apakah sistem pengapian normal dan setelan katup terlalu rapat,pengaturan NAPUR tidak tepat sehingga terjadi keterlambatan saat melakukan pembakaran disaat akselerasi ataupun putaran atas,ataupun penyetelan karburator tidak tepat pun bisa menjadi pemicu borosnya bahan bakar pada mobil kuda bensin tentunya. 

Jadi apakah ada solusi untuk contoh masalah diatas, solusinya yaitu hanya perlu melakukan pengecekan pada mesinnya dan gunakan bahan bakar kualitas baik agar bensin mudah terbakar dan agar pembakaran sempurna dan tidak meninggalkan deposit di kepala silinder yang menjadi pemicu mesin knocking akibat sisa kotoran akan menjadi bara yang menyala sehingga dapat mengacaukan sistem pembakaran mesin sehingga memerlukan banyak bahan bakar saat mesin mobil bekerja untuk mendapatkan tenaga yang maksimal.   

Jadi cara paling aman adalah lakukan rutinitas pengecekan mesin di bengkel kepercayaannya sehingga kita pun tahu permasalahan yang terjadi, jadi bila terjadi masalah bisa langsung diperbaiki dan tidak menunda lagi saat melakukan  perbaikan mesin sehingga tidak memicu borosnya bahan bakar nantinya. 

Nah apakah ada efek mengiritkan bahan bakar kuda bensin dengan mengubah karburator kijang 5k kf40 seperti video dibawah ini. 

                                             

Menurut analisa yang saya dapatkan untuk konsumsi bahan bakar pada kuda bensin memang lebih diperlukan bahan bakar sedikit banyak dari kijang 5k kf40 seperti video diatas, karena mengingat mobil tersebut yang telah bermesin 1.800cc yang merupakan kelas tertinggi dari kijang 5k kf40 yang mengingat mobil tersebut bermesin 1.500 cc sebelum adanya kijang kapsul 1.800cc jadi termasuk irit untuk bahan bakar sekelas 1.500 cc, dari sini pun sudah kita simpulkan bahwa sudah terlihat perbedaanya, nah bagaimana efeknya bila menggunakan karburator kijang 5k kf40 yang termasuk tergolong bahan bakar cukup irit dari generasi sebelum seperti pada kijang kapsul 1.800cc, sehingga bila karburator kijang 5k kf40 masuk ke kuda bensin 1.800 akan terjadi ke tidak keseimbangan antara bahan bakar dengan udara sehingga kemungkinan  besar volume bahan bakar yang akan di kompres ikan tidak sesuai standarnya maka akan berefek langsung dimesin tersebut seperti mesin mudah panas, lansam terganggu saat penghidupan mesin  saat pagi hari,oli menyusut akibat penguapan karena suhu panas meningkat hingga berimbas pada pelumasan yang tidak sempurna karena efek penguapan mesin, apa saja efeknya bila bahan bakar mesin dikirimkan :

1.bunyi mesin akan terasa kasar karena dengan mengiritkan bahan bakar maka suhu mesin akan naik sehingga pemuian di katup akan terjadi,itulah mengapa bila terlalu lama setelan mesin irit karena tidak sesuai dengan pembakaran maka pembakaran akan prematur, maka dari itu mesin terdengar kasar karena banyak oli yang menguap sehingga volume oli akan cepat berkurang karena suhu mesin meningkat, maka imbasnya pelumasan mesin terganggu dan menimbulkan permasalahan bunyi di mesinnya karena kualitas oli telah berkurang, seperti katup longgar bahkan ring piston akan mudah cepat aus karena gesekan berlebih antar block mesin dan ring piston karena menyusutnya oli apalagi bila penggunaan oli mesin tidak sesuai standarnya. 
2.bila kita mengiritkan bahan bakar karena tidak sesuai prosedur maka setelan  karburator  sulit didapat, karena ukuran dan karburatornya pun berbeda mengingat cc mobil tersebut yang konsumsi bahan bakarnya yang tidak sesuai sehingga akan banyak peranti yang akan disetel mulai di renggangkan katup nya diluar standar, untuk menyesuaikan bahan bakar dari karburator kijang yang digunakan di mobil kuda bensin tersebut. 

Jadi penggantian karburator pada kuda bensin menggunakan  karburator kijang 5k kf40 tidak ada salahnya bila penyetelan sesuai dengan yang dibutuhkan mesin, yaitu campuran  bahan bakar dan udara harus tepat agar tidak terjadi setelan mesin terlalu irit bahan bakar yang ujungnya mesin akan menjadi bermasalah bukannya bahan bakar menjadi irit malah sebaliknya. 

Jadi perlu dipikirin terlebih dahulu sebelum merubahnya efek yang akan terjadi nanti lebih besar dibandingkan manfaatnya,maka dari itu pikirkan ulang sebelum terjadi penyesalan di akan datang karena akan banyak perbaikan pada komponen mesin lainnya, semoga informasi ini mengedukasi kan anda untuk tahu dampak dari penambahan karburator kijang 5k kf40 di kuda bensin. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

cara mengatasi indikator amper temperatur panas mobil tidak berfungsi.

pernah kah anda mengalami indikator amper temperatur panas mobil tidak berfungsi alias mati,error, pastinya sangatlah tidak menyenangkan hati saat mengendarainya oleh sebab itu diperlukan perbaikan pada seluruh komponen yang berhubungan dengan indikator amper panas tersebut,mulai dari switch panas,kabel,hingga pada amper panasnya tersebut dan ada beberapa ciri-ciri yang menyebabkan indikator amper panas mesin mobil mati dan bagaimana cara mengatasi indikator amper temperatur panas mobil tidak berfungsi,ada beberapa hal yang membuat indikator ini mati berikut adalah ulasanya. 1.switch panas rusak switch panas ini biasanya terletak di outlet pipa-pipa air diselang radiator,menempel di head cylinder bahkan hingga menempel pada tutup thermostat mobil,biasanya bila bermasalah dibagian ini adalah indikator amper temperatur panas akan mati sama sekali bahkan terkadang panas tidak bisa menunjukan batas normal terkadang tinggi sampai full terkadang juga lambat menunjukan panas mesin hing

cara mendiagnosa mesin efi cara manual suzuki baleno 97 untuk membaca lampu engine menyala

cara sederhana tanpa banyak biaya yang besar cukup bermodalkan kabel sepotong saja bisa melihat kode trouble lampu engine menyala di khususkan pada suzuki baleno tahun 97 yang mana masih menggunakan scan manual tanpa soket obd 2 seperti baleno tahun 2000an,yang mana mobil tersebut telah menggunakan soket obd 2 yang bisa dihubungkan ke engine scanner,walaupun scan manualnya tidak dihilangkan,nah di artikel kali ini saya akan mmembahas khusus baleno tahun 97 saja yaitu,cara mendiagnosa mesin efi cara manual suzuki baleno 97 untuk membaca lampu engine menyala,diartikel ini akan diberi tahu langkah dan cara-cara mendiagnosanya,cara mengatasinya hingga pada perbaikanya,lebih jelasnya bisa cek video dibawah ini. berikut cara dan langkah-langkah cara mendiagnosanya 1.buka tutup sekering letaknya di bagian kiri dalam ruang mesin dan cari tulisan di kotak sekeringnya bertuliskan  (DIAG 1). 2.pasang kabel jumper pada terminal DIAG 1 dengan cara menjumper kedua pin terminal seperti gamba

penyebab busi pijar cepat mati dan solusi masalah busi pijar cepat mati pada mobil mitsubhisi l300

sering kali para pengguna mobil mesin diesel tentunnya yang masih menggunakan sistem busi pijar atau busi pemanas kesulitan menghidupkan mesin,apakah yang menyebabkan mobil yang mesinnya masih menggunakan busi pijar atau busi pemanas sangat sulit dihidupkan terlebih saat pagi hari,menurut beberapa pengalaman saya ada beberapa macam yang bisa menimbulkan mesin diesel jenis ini sulit dihidupkan berikut ulasannya,akan di bahas penyebab permasalahannya hingga solusi penanganannya. 1.busi pijar mati karena faktor umur pake ini merupakan permasalahan normal karena usia pake busi pijar telah lama,dan untuk perawatanya penggantiannya setiap kilometer yang ditentukan pabrikanya,maka dari itu untuk perawatanya harus rutin paling tidak perlu pengecekan berkala, untuk cara pengecekannya nanti akan dibahas di artikel lainya,setidaknya untuk perawatan secara berkalanya itu biasanya jarang dilakaukan namun dengan penggunakan bahan bakar yang berkualitas baik akan membantu keawetan businya ka

cara tepat dan benar mengatasi mesin panas daihatsu zebra

mesin mobil panas adalah hal yang sering dijumpai pada setiap mobil,namun disini akan dibahas hanya pada mobil daihatsu zebra tentunya pada mobil zebra espass yang banyak mengeluhkan banyaknya masalah pada mesinya terutama pada mesinya yang panas,disini akan dibahas secara mendetail apa saja yang menyebabkan mesin daihatsu zebra panas dan bagaimana cara memperbaikinya,dan bagaimana tips solusi agar mesin daihatsu zebra tetap dingin temperatur panasnya agar mesin daihatsu zebra yang dikenal super irit ini kembali bekerja dengan baik dan optimal tanpa mesinya panas,berikut penyebab mesin daihatsu zebra panas. 1.pipasegitiga tersumbat pipa  ini berada di bagian atas mesin yaitu menghubungkan 3 cabang yaitu masuk ke outlet air, ke monifold air dan ke radiator,fungsi dari pipa ini sebagai pembagi karena posisinya tidak didalam mesin langsung atau dekat pompa air by pass nya, maka antara air di oulet yang menuju ke head cylinder yang akan kembali ke radiator yang melalui

penyebab lampu depan mobil mati,lampu jarak jauh dan lampu jarak dekat mati

Pada mobil tentunya jenis mobil apapun lampu depan atau lampu utama sangat lah penting perannya sebagai penerangan selain itu sebagai keselamatan saat mengemudi dimalam hari,untuk permasalahanya sering kali menyulitkan pengemudinya,nah di artikel kali ini saya akan membahas penyebab lampu depan mobil mati,lampu jarak jauh dan lampu jarak dekat mati,memang untuk permasalahan mati lampu depan ini tidak berbarengan antara lampu jarak jauh dan lampu dekat ini mati bersamaan terkadang lampu dekatnya yang mati dan kadang lampu jarak jauhnya yang mati,kadang mati sebelah saja dan kadang mati bersamaan untuk lampu jarak dekat atau jauhnya intinya bila mati total berarti arus yang masuk ke saklar lampu hilang simak video ini agar bisa membantu pemahaman anda lebih dalam. berikut ada beberapa yang menyebabkan lampu depan atau lampu utama mati baik pada lampu dekat atau lampu jauh. 1.sekering putus biasanya sekering putus bisa mati total pada lampunya dan terkadang lampu mati sebelah mas

bingung dimana letak nomer mesin dan nomer rangka buat persyaratan bayar pajak mobil ini solusinya.

Lama tidak update artikel, baik pembahasan blog kali ini saya akan bahas mengenai letak nomer mesin dan letak nomer rangka mobil memang tidak lengkap sepenuhnya namun semoga membantu bagi para pembaca artikel ini.  Disini akan di bahas letak dan posisi nomer mesin dan rangka yang tepat dan sekaligus akan di berikan videonya agar lebih mudah membantu memberikan berikut videonya.  Baik ini adalah beberapa nomer mesin dan nomer rangka mobil yang telah tercatat dan yang telah diterima informasinya,ini akurat karena ini hasil langsung ke objek yang telah ditentukan,berikut ulasannya.  1.Mitsubhisi L300 dan kuda diesel Nomer mesin : sebelah kiri mesin sedikit kebelakang tepatnya di atas dinamo stater Nomer rangka : belakang kanan mobil tepatnya di sasis ban mobil 2.Daihatsu gran max pick up dan minibus Nomer mesin : kanan mesin sedikit kebelakang tepatnya antara sambungan mesin dan transmisi.  Nomer rangka : di kap depan tepatnya menempel di dinding menghadap kebawah.  3.toyota kijang super

penyebab indikator lampu aki tidak menyala saat posisi kunci kontak ON

Ini adalah kebalikan dari permasalahan lampu indikator aki menyala terus saat mesin hidup dipastikan masalah tersebut berasal dari kabel dan alternator atau dinamo charger aki,problem ini dapat muncul di semua jenis mobil baik bensin,mobil diesel pun sama memiliki permasalahan yang sama karena jenis kontruksi alternatornya sama saja cara kerjanya.   Baik kesempatan kali ini saya akan mengupas penyebab indikator lampu aki tidak menyala saat kunci kontak di on kan,jadi mesin belum dihidupkan dan baru menyalakan semua lampu indikator di panel speedometer mobil dan lampu berlambang aki yang berfungsi sebagai petunjuk bermasalahnya pada sistem pengisian mobil,jadi saat normalnya yaitu lampu indikator aki akan menyala saat kunci kontak posisi on dan akan mati setelah mesin hidup pertanda arus N dari alternator telah keluar dan menuju terminal N regulator sehingga arus N akan masuk ke kumparan atau eletronik regulator sehingga jangkar yang masih terhubung dari massa alternator akan menghisap

penyebab mobil daihatsu zebra susah hidup karburator bermasalah

bermasalah pada mobil daihatsu zebra adalah hal lumrah yang sering dihadapi para penggunanya,mulai dari mesin panas,mogok saat melewati genangan air,saat hujan turun,pompa bensin rotax rusak,hingga pada karburator yang bermasalah,namun semua itu ada solusinya di artikel ini akan dibahas tuntas membahas permasalahan pada karburator,daihatsu zebra dan penyebab mobil daihatsu zebra susah hidup,ada beberapa hal yang menyebabkan karburator zebra bermasalah tentunya pada zebra espass tentunya yang sering sekali mengalami hal seperti ini,informasi ini bersumber langsung pada pengalaman saya sendiri sebagai media yang bisa membantu permasalahan kepada pengguna mobil zebra espass ini,berikut beberapa permasalahan yang sering bermasalah pada mobil zebra ini atau cek video dibawah ini. 1.karburator mudah sekali banjir   ini biasanya bermasalah setelah pembongkaran karburator dan mengganti part isi dalamnya bukan menggunakan part original pabrikan,bermasalahnya biasanya pada jarum pelampun

penyebab suzuki futura injeksi 1.5 mesin pincang dan brebet

penyebab mesin pincang pada mobil suzuki futura injeksi 1.5,adalah masalah yang sering terjadi pada jenis mobil ini,terutama sering bermasalah pada sistem pengapianya,coil sering kali mati pada bagian depan untuk busi nomer 2 dan 3,secara spesifik nya belum jelas dari mana sumber penyebab coil mobil bisa lemah atau mati,secara analisa ada beberapa penyebab coil bisa cepat mati menurut analisa yang sering di jumpai,bisa cek video ini agar lebih jelasnya. 1.pemakaian busi yang salah pada komponen ini sering sekali dijumpai pemakaian busi yang asal-asalan atau sembarangan tidak mengikuti prosedur bawaan pabrikan sehingga pengapian pada mobil ini terganggu akibat pemakaian busi yang tidak tepat akhirnya terjadinya misfire,pada busi yang mengakibatkan beban coil semakin berat, akibat pemakaian busi yang tidak tepat,secara umum busi pada suzuki futura injeksi 1.5 adalah berkode DENSO:K20PR-U NGK:BKR6E terkadang sering dijumpai menggunakan busi bukan standar pabrikan seperti kodeK20

Cara mengatasi Mesin gran max cepat panas, setelah kuras air radiator dan bongkar mesin, ini solusinya.

Banyak dari sebagian orang bingung mengatasi mesin daihatsu gran max panas tiba-tiba, setelah kuras air radiator atau setelah bongkar mesin, ini menjadi banyak pertanyaan, penyebabnya karena secara sadar kadang pengguna mobil ini belum tahu cara membuangnya yang sebenarnya sudah di beri petunjuk di bagian depan sebelah kiri dalam kap ruang radiator yang sebenarnya sudah lengkap petunjuknya, bahkan kurangnya memperhatikan dan membaca buku pedoman bawaan pabrikan mobil tersebut, sehingga kurangnya wawasan mengerjakan mobil tersebut sehingga malah timbul masalah. Baik di artikel kali ini saya akan bahas solusinya bila anda menemukan masalah ini agar panas mesin tidak berlarut-larut sehingga membahayakan mesin mobil itu sendiri sehingga mengakibatkan biaya perbaikan yang lebih besar lagi nantinya.  Menurut konstruksinya mesin ini terletak di bagian bawah pengemudi dan penumpang sebelah kiri depan, dan jarak antara radiator dan mesi  cukup jauh dan harus banyak melewati selang panjang yan