Terkadang kita memilih irit bahan bakar namun tidak tahu dampak nya, padahal sudah tahu konsumsi bahan bakar tersebut bakal ada efek lainnya setelah mengiritkannya.
Seperti terjadi pada mobil kuda bensin 1.800cc yang merupakan menggunakan karburator vakum yang mitos banyak beredar bahwa mobil tersebut boros bahan bakar walaupun untuk tenaga maksimal masih banyak keluhan yang terjadi pada mobil tersebut bila telah berhubungan dengan bahan bakar.
Namun secara denifisi suatu kendaraan atau mobil akan terasa boros bahan bakar bila :
1.sering tidak pernah mengisi bahan bakar full sehingga tidak akan tahu batas penggunaan bahan bakar di dalam kota itu berapa, karena keluhan ini terasa saat melakukan perjalanan di dalam kota saja karena sering tidak menggunakan cara satu ini.
2.boros terasa saat setelah tune up atau setelah penyetelan karburator ini mungkin hanya kesalahan teknis saja dan masih bisa disetel ulang kembali.
3.mobil terasa boros bahan bakar dikarenakan mesin hidup tidak normal ada kaitannya dengan nomer 3 tadi dalam arti apakah sistem pengapian normal dan setelan katup terlalu rapat,pengaturan NAPUR tidak tepat sehingga terjadi keterlambatan saat melakukan pembakaran disaat akselerasi ataupun putaran atas,ataupun penyetelan karburator tidak tepat pun bisa menjadi pemicu borosnya bahan bakar pada mobil kuda bensin tentunya.
Jadi apakah ada solusi untuk contoh masalah diatas, solusinya yaitu hanya perlu melakukan pengecekan pada mesinnya dan gunakan bahan bakar kualitas baik agar bensin mudah terbakar dan agar pembakaran sempurna dan tidak meninggalkan deposit di kepala silinder yang menjadi pemicu mesin knocking akibat sisa kotoran akan menjadi bara yang menyala sehingga dapat mengacaukan sistem pembakaran mesin sehingga memerlukan banyak bahan bakar saat mesin mobil bekerja untuk mendapatkan tenaga yang maksimal.
Jadi cara paling aman adalah lakukan rutinitas pengecekan mesin di bengkel kepercayaannya sehingga kita pun tahu permasalahan yang terjadi, jadi bila terjadi masalah bisa langsung diperbaiki dan tidak menunda lagi saat melakukan perbaikan mesin sehingga tidak memicu borosnya bahan bakar nantinya.
Nah apakah ada efek mengiritkan bahan bakar kuda bensin dengan mengubah karburator kijang 5k kf40 seperti video dibawah ini.
Menurut analisa yang saya dapatkan untuk konsumsi bahan bakar pada kuda bensin memang lebih diperlukan bahan bakar sedikit banyak dari kijang 5k kf40 seperti video diatas, karena mengingat mobil tersebut yang telah bermesin 1.800cc yang merupakan kelas tertinggi dari kijang 5k kf40 yang mengingat mobil tersebut bermesin 1.500 cc sebelum adanya kijang kapsul 1.800cc jadi termasuk irit untuk bahan bakar sekelas 1.500 cc, dari sini pun sudah kita simpulkan bahwa sudah terlihat perbedaanya, nah bagaimana efeknya bila menggunakan karburator kijang 5k kf40 yang termasuk tergolong bahan bakar cukup irit dari generasi sebelum seperti pada kijang kapsul 1.800cc, sehingga bila karburator kijang 5k kf40 masuk ke kuda bensin 1.800 akan terjadi ke tidak keseimbangan antara bahan bakar dengan udara sehingga kemungkinan besar volume bahan bakar yang akan di kompres ikan tidak sesuai standarnya maka akan berefek langsung dimesin tersebut seperti mesin mudah panas, lansam terganggu saat penghidupan mesin saat pagi hari,oli menyusut akibat penguapan karena suhu panas meningkat hingga berimbas pada pelumasan yang tidak sempurna karena efek penguapan mesin, apa saja efeknya bila bahan bakar mesin dikirimkan :
1.bunyi mesin akan terasa kasar karena dengan mengiritkan bahan bakar maka suhu mesin akan naik sehingga pemuian di katup akan terjadi,itulah mengapa bila terlalu lama setelan mesin irit karena tidak sesuai dengan pembakaran maka pembakaran akan prematur, maka dari itu mesin terdengar kasar karena banyak oli yang menguap sehingga volume oli akan cepat berkurang karena suhu mesin meningkat, maka imbasnya pelumasan mesin terganggu dan menimbulkan permasalahan bunyi di mesinnya karena kualitas oli telah berkurang, seperti katup longgar bahkan ring piston akan mudah cepat aus karena gesekan berlebih antar block mesin dan ring piston karena menyusutnya oli apalagi bila penggunaan oli mesin tidak sesuai standarnya.
2.bila kita mengiritkan bahan bakar karena tidak sesuai prosedur maka setelan karburator sulit didapat, karena ukuran dan karburatornya pun berbeda mengingat cc mobil tersebut yang konsumsi bahan bakarnya yang tidak sesuai sehingga akan banyak peranti yang akan disetel mulai di renggangkan katup nya diluar standar, untuk menyesuaikan bahan bakar dari karburator kijang yang digunakan di mobil kuda bensin tersebut.
Jadi penggantian karburator pada kuda bensin menggunakan karburator kijang 5k kf40 tidak ada salahnya bila penyetelan sesuai dengan yang dibutuhkan mesin, yaitu campuran bahan bakar dan udara harus tepat agar tidak terjadi setelan mesin terlalu irit bahan bakar yang ujungnya mesin akan menjadi bermasalah bukannya bahan bakar menjadi irit malah sebaliknya.
Jadi perlu dipikirin terlebih dahulu sebelum merubahnya efek yang akan terjadi nanti lebih besar dibandingkan manfaatnya,maka dari itu pikirkan ulang sebelum terjadi penyesalan di akan datang karena akan banyak perbaikan pada komponen mesin lainnya, semoga informasi ini mengedukasi kan anda untuk tahu dampak dari penambahan karburator kijang 5k kf40 di kuda bensin.
Komentar