penyebab mesin pincang pada mobil suzuki futura injeksi 1.5,adalah masalah yang sering terjadi pada jenis mobil ini,terutama sering bermasalah pada sistem pengapianya,coil sering kali mati pada bagian depan untuk busi nomer 2 dan 3,secara spesifik nya belum jelas dari mana sumber penyebab coil mobil bisa lemah atau mati,secara analisa ada beberapa penyebab coil bisa cepat mati menurut analisa yang sering di jumpai,bisa cek video ini agar lebih jelasnya.
1.pemakaian busi yang salah
pada komponen ini sering sekali dijumpai pemakaian busi yang asal-asalan atau sembarangan tidak mengikuti prosedur bawaan pabrikan sehingga pengapian pada mobil ini terganggu akibat pemakaian busi yang tidak tepat akhirnya terjadinya misfire,pada busi yang mengakibatkan beban coil semakin berat, akibat pemakaian busi yang tidak tepat,secara umum busi pada suzuki futura injeksi 1.5 adalah berkode
DENSO:K20PR-U
NGK:BKR6E
terkadang sering dijumpai menggunakan busi bukan standar pabrikan seperti kodeK20PR-U11 atau K20P-U,yang jelas bukan standar pemakaianya,mulai dari sekarang hindari pemakaian busi yang tidak tepat yang tidak sesuai yang dianjurkan pabrikanya.
2.akibat kabel busi bocor
sering juga kita jumpai saat salah satu di coil mobil ini ada yang bermasalah pastinya dijumpai juga kabel busi bocor,bisa juga ini penyebab coil mati karena di akibatkan pengapian yang tidak secara normalnya pada sebagian pengapian konslet pada bodi mesin akibat kabel busi bocor yang mempengaruhi kinerja coil sehingga coil mudah panas dan akan rusak pada komponen dalam coilnya jadi sebelum permasalahannya meluas segera deteksi permasalahanya.
3.air yang masuk ke sela-sela coil
biasanya air bisa masuk apabila karet seal pada coil tersebut sudah tidak rapat lagi saat dipasangkan atau sudah keras atau rusak,dan permasalahan ini timbul pada saat setelah mencuci mobil anda atau terkena ciprat air atau pun saat mesin dicuci dengan air,maka dari itu hindari pencucian mesin langsung pada mobil jenis injeksi yang memiliki banyak peranti elektrik yang sangat sensitif terhadap air.
4.busi mati atau tidak bisa meletikkan bunga api
permasalahan ini jarang sekali terjadi biasanya terjadi akibat dari banjirnya bahan bakar dan dipaksa berjalan sehingga pada salah satu silinder tidak terjadi pembakaran akibat busi mati dan tidak bisa meletikan bunga api,sedangkan coil selalu memberikan pasokan pengapian pada busi tersebut sehingga pengapian tidak tersalurkan dan pada akhirnya coil panas hingga rusak,segera lakukan pengecekan pada mesin bila di indikasi mesin tidak normal.
5.arus untuk mengaktifkan coil hilang.
pada mobil suzuki futura injeksi 1.5,sering juga bermasalah pada kabel soket yang tertancap, hilang arus dari relay pengapian yang menuju ke coil akibat soket tidak nyambung atau kabel putus terjepit akibat gesekan antara kabel dan bodi mobil karena penahan kabel sudah rusak dan tidak ada lagi,solusi periksa semua sambungan kabel dan sela-sela kabel siapa tau ada yang bergesek atau terjepit di bodi mobil.
6.ecu rusak
masalah ini bisa saja terjadi bila terjadi konslet pada kabel yang menuju coil dari ecu yang menyebabkan isi dalam ecu rusak dan menyebabkan hilang arus kelistrikan yang menuju soket coil,solusi perbaiki ecu.
7.over charger
permasalahan ini pernah saya alami sendiri akibat aki over charger dan arus terlampau besar dari alternator ke aki hingga arus kelistrikan akan masuk ke coil dengan batas kelistrikan yang berlebih sehingga coil mendapati arus berlebih sehingga coil putus atau rusak akibat arus yang masuk ke coil berlebih.
itulah beberapa permasalahan yang sering terjadi pada mobil suzuki futura injeksi 1.5 mesin pincang,brebet dan terasa bergetar akibat pengapian yang tidak maksimal pada sistem pengapianya,semoga ciri-ciri di atas bisa membantu mendeteksi permasalahan pada pengguna mobil suzuki futura injeksi 1.5 dan bisa dijadikan panduan yang bermanfaat nantinya.
1.pemakaian busi yang salah
pada komponen ini sering sekali dijumpai pemakaian busi yang asal-asalan atau sembarangan tidak mengikuti prosedur bawaan pabrikan sehingga pengapian pada mobil ini terganggu akibat pemakaian busi yang tidak tepat akhirnya terjadinya misfire,pada busi yang mengakibatkan beban coil semakin berat, akibat pemakaian busi yang tidak tepat,secara umum busi pada suzuki futura injeksi 1.5 adalah berkode
DENSO:K20PR-U
NGK:BKR6E
terkadang sering dijumpai menggunakan busi bukan standar pabrikan seperti kodeK20PR-U11 atau K20P-U,yang jelas bukan standar pemakaianya,mulai dari sekarang hindari pemakaian busi yang tidak tepat yang tidak sesuai yang dianjurkan pabrikanya.
2.akibat kabel busi bocor
sering juga kita jumpai saat salah satu di coil mobil ini ada yang bermasalah pastinya dijumpai juga kabel busi bocor,bisa juga ini penyebab coil mati karena di akibatkan pengapian yang tidak secara normalnya pada sebagian pengapian konslet pada bodi mesin akibat kabel busi bocor yang mempengaruhi kinerja coil sehingga coil mudah panas dan akan rusak pada komponen dalam coilnya jadi sebelum permasalahannya meluas segera deteksi permasalahanya.
3.air yang masuk ke sela-sela coil
biasanya air bisa masuk apabila karet seal pada coil tersebut sudah tidak rapat lagi saat dipasangkan atau sudah keras atau rusak,dan permasalahan ini timbul pada saat setelah mencuci mobil anda atau terkena ciprat air atau pun saat mesin dicuci dengan air,maka dari itu hindari pencucian mesin langsung pada mobil jenis injeksi yang memiliki banyak peranti elektrik yang sangat sensitif terhadap air.
4.busi mati atau tidak bisa meletikkan bunga api
permasalahan ini jarang sekali terjadi biasanya terjadi akibat dari banjirnya bahan bakar dan dipaksa berjalan sehingga pada salah satu silinder tidak terjadi pembakaran akibat busi mati dan tidak bisa meletikan bunga api,sedangkan coil selalu memberikan pasokan pengapian pada busi tersebut sehingga pengapian tidak tersalurkan dan pada akhirnya coil panas hingga rusak,segera lakukan pengecekan pada mesin bila di indikasi mesin tidak normal.
5.arus untuk mengaktifkan coil hilang.
pada mobil suzuki futura injeksi 1.5,sering juga bermasalah pada kabel soket yang tertancap, hilang arus dari relay pengapian yang menuju ke coil akibat soket tidak nyambung atau kabel putus terjepit akibat gesekan antara kabel dan bodi mobil karena penahan kabel sudah rusak dan tidak ada lagi,solusi periksa semua sambungan kabel dan sela-sela kabel siapa tau ada yang bergesek atau terjepit di bodi mobil.
6.ecu rusak
masalah ini bisa saja terjadi bila terjadi konslet pada kabel yang menuju coil dari ecu yang menyebabkan isi dalam ecu rusak dan menyebabkan hilang arus kelistrikan yang menuju soket coil,solusi perbaiki ecu.
7.over charger
permasalahan ini pernah saya alami sendiri akibat aki over charger dan arus terlampau besar dari alternator ke aki hingga arus kelistrikan akan masuk ke coil dengan batas kelistrikan yang berlebih sehingga coil mendapati arus berlebih sehingga coil putus atau rusak akibat arus yang masuk ke coil berlebih.
itulah beberapa permasalahan yang sering terjadi pada mobil suzuki futura injeksi 1.5 mesin pincang,brebet dan terasa bergetar akibat pengapian yang tidak maksimal pada sistem pengapianya,semoga ciri-ciri di atas bisa membantu mendeteksi permasalahan pada pengguna mobil suzuki futura injeksi 1.5 dan bisa dijadikan panduan yang bermanfaat nantinya.
Komentar