Ini adalah kebalikan dari permasalahan lampu indikator aki menyala terus saat mesin hidup dipastikan masalah tersebut berasal dari kabel dan alternator atau dinamo charger aki,problem ini dapat muncul di semua jenis mobil baik bensin,mobil diesel pun sama memiliki permasalahan yang sama karena jenis kontruksi alternatornya sama saja cara kerjanya.
Baik kesempatan kali ini saya akan mengupas penyebab indikator lampu aki tidak menyala saat kunci kontak di on kan,jadi mesin belum dihidupkan dan baru menyalakan semua lampu indikator di panel speedometer mobil dan lampu berlambang aki yang berfungsi sebagai petunjuk bermasalahnya pada sistem pengisian mobil,jadi saat normalnya yaitu lampu indikator aki akan menyala saat kunci kontak posisi on dan akan mati setelah mesin hidup pertanda arus N dari alternator telah keluar dan menuju terminal N regulator sehingga arus N akan masuk ke kumparan atau eletronik regulator sehingga jangkar yang masih terhubung dari massa alternator akan menghisap dan arus N dari alternator akan mengalir sehingga akan memutuskan massa dari alternator dan arus N dari alternator akan masuk ke lampu aki sehingga seketika lampu indikator aki akan mati,baik regulator kumparan ataupun regulator elektronik IC,sehingga arus minus dari alternator akan terputus dan akan menjadi arus N yang pada akhirnya akan mematikan lampu indikator aki.
Nah kali ini kita bahas penyebab lampu indikator lampu aki pada mobil mati sebelum dihidupkan,apa saja permasalahnnya berikut ulasannya :
1.penyebab lampu indikator aki mati penyebab utama yaitu tidak menyambungnya pada platina regulator sehingga arus massa yang berasal dari alternator atau dinamo charger tidak terhubung sehingga massa untuk menghidupkan lampu indikator aki tidak bisa karena massa dari alternator yang terhubung dari soket tersebut tidak sampai ke lampu indikator sehingga pada lampu indikator aki hilang massa.
jadi kesimpulannya coba periksa dibagian platina regulatornya siapa tahu telah aus atau kotor amplas terlebih dahulu lalu bersihkan pada area yang di amplas tadi dan atur kembali kerapatannnya.
2.kabel soket dari E alternator putus sehingga tidak menyambung ke regulator.
3.bola lampu indikator aki putus.
4.sekering alternator putus.
5.bahkan IC regulator elektronik putus atau rusak,letaknya di dalam alternator
namun pengalaman kejadian pada mobil daihatsu taft F50 atau taft badak adalah bermasalahnya pada regulator elektronik yang bermasalah,sehingga lampu indikator tidak menyala dan menyebabkan alternator dinamo charger tidak bekerja,berikut videonya.
di video diatas merupakan pengalaman saya sendiri menemukan masalah lampu indikator aki tidak menyala dan penyebabnya adalah regulator sistem elektronik yang bermasalah,jadi setelah melakukan uji coba ke regulator manual yang menggunakan kumparan hasilnya baik sekali dan normal ke sedia kalanya,kesimpulannya bila bermasalah lampu indikator aki tidak menyala saat baru pertama kali kunci kontak di on kan,itu bukan bermasalah pada alternatornya tapi lebih condong ke kabel E alternator putus,regulator bermasalah,sekering putus dan pada bola lampu indikator itu tersebut,semoga bermanfaat informasi dan pengalamannya dari saya sekian dan teria kasih.
Komentar