sering kali para pengguna mobil mesin diesel tentunnya yang masih menggunakan sistem busi pijar atau busi pemanas kesulitan menghidupkan mesin,apakah yang menyebabkan mobil yang mesinnya masih menggunakan busi pijar atau busi pemanas sangat sulit dihidupkan terlebih saat pagi hari,menurut beberapa pengalaman saya ada beberapa macam yang bisa menimbulkan mesin diesel jenis ini sulit dihidupkan berikut ulasannya,akan di bahas penyebab permasalahannya hingga solusi penanganannya.
1.busi pijar mati karena faktor umur pake
ini merupakan permasalahan normal karena usia pake busi pijar telah lama,dan untuk perawatanya penggantiannya setiap kilometer yang ditentukan pabrikanya,maka dari itu untuk perawatanya harus rutin paling tidak perlu pengecekan berkala, untuk cara pengecekannya nanti akan dibahas di artikel lainya,setidaknya untuk perawatan secara berkalanya itu biasanya jarang dilakaukan namun dengan penggunakan bahan bakar yang berkualitas baik akan membantu keawetan businya karena pemanasan mesin tidak perlu melakukan terlalu lama,cukup sekali memanasi mesin bisa langsung hidup.
2.penggantian busi pemanas bukan original pabrikan
tidak menggunakan part busi pijar non original pabrikan adalah bisa jadi penyebab mudah matinya busi pijar karena setiap produk non original spesifikasi ketahanan bahannya pun berbeda,lain halnya produk original pabrikan mobil yang spesifikasinya telah disesuaikan dengan kondisi mesinnya sehingga untuk pemakaian busi jenis original ini di jamin kualitas produknya.
3.timer modul busi pijar error/bermasalah
ini pun bisa jadi penyebab masalah utama yang menjadi penyebab sering matinya busi pijar mobil,menurut pengalaman saya sendiri,timer yang sudah mulai error atau waktu memanaskan busi pijarnya terlampau lama sehingga busi pijar selalu memanasi ruang bakar,sehingga busi pijar akan mudah sekali rusak pada element pemanasanya,secara umumnya normalnya sebuah modul timer pemanas yang memanaskan busi pijar,saat dikontakan kunci kontaknya maka lampu glow akan berwarna merah saat memanaskan busi pemanasnya dan setelah lampu glow berwarna hijau maka siap dihidupkan mesinya,dan bila kita lihat di busi pijarnya menggunakan lampu tespen dc akan terlihat setelah mesin dihidupkan arus masih ada di busi pemanas dengan waktu sekitar 20 detik akan memutus sendiri arusnya,permasalahan pada timer ini biasanya ada gejala lampunya biasanya glow selalu memanaskan tidak hijau-hijau lampunya,terkadang lampu glow cepet sekali memanaskan baru sebentar lampu glow sudah berwarna hijau,terkadang juga arus terlalu lama memutuskan dari busi pemanas setelah lebih dari 20 detik mesin telah dihidupkan,penyebab awal errornya modul timer pemanas nya sendiri belum diketahui hingga saat ini permasalahanya,namun bisa disimpulkan bahwa errornya atau rusaknya timer pemanas diakibatkan karena umur pakai kendaraan ,biasanya timer pemanas busi pijar rusak dijumpai pada mobil yang telah berumur kurang lebih 5 tahun yang memang diharuskan komponen elektronik ini harus melakukan penggantian,untuk rekondisi sendiri tidak disarankan selain biaya yang cukup besar sama dengan harga barunya.
nah dari beberapa masalah diatas bagaimana solusinya bila modul timer pemanas busi pijar mobil l300 anda telah error atau rusak bila belum melakukan penggantian akibat mahalnya komponen elektronik tersebut sehingga untuk membeli yang barunya, anda cukup memikirkan dua kali untuk membelinya,berikut langkahnya bila anda belum bisa membeli timer pemanas bisa dilakukan dengan cara ini sebagai solusi untuk mobil anda.
1.siapkan kabel satu batang dengan panjang 5 meter
2.carilah kabel besar di soket kunci kontak berwarna hitam strip merah
3.pasang kabel yang disiapkan tadi dan sambungkan ke kabel di kunci kontak tersebut
4.hubungkan kabel tersebut ke timer pemanas yaitu kabel kecil berwarna hijau strip hitam
5.untuk timer mobil l300 lawas berada di depan bagian kanan kemudi dan versi terbaru terletak di bagian sebelah kiri penumpang tepatnya di bawah laci
6.potong kabel tersebut dan kabel dari kunci kontak tersebut hubungkan kabel yang mengarah ke relay pemanas,jadi kabel berwarna hijau strip hitam adalah kabel yang menuju ke relay pemanas.
7,pekerjaan telah selesai dan pada akhirnya tinggal melakukan pengetesan saja
8. putar kunci kontak sampai nyala lampu indikatornya dan putar lagi sebelum stater kl terdengar bunyi tek..dibagian bawah kursi jok kemudi maka pekerjaan telah berhasil.
9.coba tes menggunakan tespen dc ke busi pemanasnya dan lakukan seperti langkah nomer 8.bila lampu tespen menyala semua pekerjaan telah berhasil dan siap digunakan.
diatas adalah beberapa permasalahan yang menyebabkan busi pijar cepat mati dan cara-cara langkah solusi permasalahan timer modul rusak adalah untuk mobil jenis mitsubhisi l300 saja namun bila ada kesamaan pada mobil lain bisa anda coba cara saya ini,oke semoga bermanfaat bagi anda yang telah membaca artikel ini untuk menambah wawasan anda agar tahu penyebab dan solusi permasalahan pada mobil jenis bermesin diesel yang masih menggunakan busi pijar tersebut.
1.busi pijar mati karena faktor umur pake
ini merupakan permasalahan normal karena usia pake busi pijar telah lama,dan untuk perawatanya penggantiannya setiap kilometer yang ditentukan pabrikanya,maka dari itu untuk perawatanya harus rutin paling tidak perlu pengecekan berkala, untuk cara pengecekannya nanti akan dibahas di artikel lainya,setidaknya untuk perawatan secara berkalanya itu biasanya jarang dilakaukan namun dengan penggunakan bahan bakar yang berkualitas baik akan membantu keawetan businya karena pemanasan mesin tidak perlu melakukan terlalu lama,cukup sekali memanasi mesin bisa langsung hidup.
2.penggantian busi pemanas bukan original pabrikan
tidak menggunakan part busi pijar non original pabrikan adalah bisa jadi penyebab mudah matinya busi pijar karena setiap produk non original spesifikasi ketahanan bahannya pun berbeda,lain halnya produk original pabrikan mobil yang spesifikasinya telah disesuaikan dengan kondisi mesinnya sehingga untuk pemakaian busi jenis original ini di jamin kualitas produknya.
3.timer modul busi pijar error/bermasalah
ini pun bisa jadi penyebab masalah utama yang menjadi penyebab sering matinya busi pijar mobil,menurut pengalaman saya sendiri,timer yang sudah mulai error atau waktu memanaskan busi pijarnya terlampau lama sehingga busi pijar selalu memanasi ruang bakar,sehingga busi pijar akan mudah sekali rusak pada element pemanasanya,secara umumnya normalnya sebuah modul timer pemanas yang memanaskan busi pijar,saat dikontakan kunci kontaknya maka lampu glow akan berwarna merah saat memanaskan busi pemanasnya dan setelah lampu glow berwarna hijau maka siap dihidupkan mesinya,dan bila kita lihat di busi pijarnya menggunakan lampu tespen dc akan terlihat setelah mesin dihidupkan arus masih ada di busi pemanas dengan waktu sekitar 20 detik akan memutus sendiri arusnya,permasalahan pada timer ini biasanya ada gejala lampunya biasanya glow selalu memanaskan tidak hijau-hijau lampunya,terkadang lampu glow cepet sekali memanaskan baru sebentar lampu glow sudah berwarna hijau,terkadang juga arus terlalu lama memutuskan dari busi pemanas setelah lebih dari 20 detik mesin telah dihidupkan,penyebab awal errornya modul timer pemanas nya sendiri belum diketahui hingga saat ini permasalahanya,namun bisa disimpulkan bahwa errornya atau rusaknya timer pemanas diakibatkan karena umur pakai kendaraan ,biasanya timer pemanas busi pijar rusak dijumpai pada mobil yang telah berumur kurang lebih 5 tahun yang memang diharuskan komponen elektronik ini harus melakukan penggantian,untuk rekondisi sendiri tidak disarankan selain biaya yang cukup besar sama dengan harga barunya.
nah dari beberapa masalah diatas bagaimana solusinya bila modul timer pemanas busi pijar mobil l300 anda telah error atau rusak bila belum melakukan penggantian akibat mahalnya komponen elektronik tersebut sehingga untuk membeli yang barunya, anda cukup memikirkan dua kali untuk membelinya,berikut langkahnya bila anda belum bisa membeli timer pemanas bisa dilakukan dengan cara ini sebagai solusi untuk mobil anda.
1.siapkan kabel satu batang dengan panjang 5 meter
2.carilah kabel besar di soket kunci kontak berwarna hitam strip merah
3.pasang kabel yang disiapkan tadi dan sambungkan ke kabel di kunci kontak tersebut
4.hubungkan kabel tersebut ke timer pemanas yaitu kabel kecil berwarna hijau strip hitam
5.untuk timer mobil l300 lawas berada di depan bagian kanan kemudi dan versi terbaru terletak di bagian sebelah kiri penumpang tepatnya di bawah laci
6.potong kabel tersebut dan kabel dari kunci kontak tersebut hubungkan kabel yang mengarah ke relay pemanas,jadi kabel berwarna hijau strip hitam adalah kabel yang menuju ke relay pemanas.
7,pekerjaan telah selesai dan pada akhirnya tinggal melakukan pengetesan saja
8. putar kunci kontak sampai nyala lampu indikatornya dan putar lagi sebelum stater kl terdengar bunyi tek..dibagian bawah kursi jok kemudi maka pekerjaan telah berhasil.
9.coba tes menggunakan tespen dc ke busi pemanasnya dan lakukan seperti langkah nomer 8.bila lampu tespen menyala semua pekerjaan telah berhasil dan siap digunakan.
diatas adalah beberapa permasalahan yang menyebabkan busi pijar cepat mati dan cara-cara langkah solusi permasalahan timer modul rusak adalah untuk mobil jenis mitsubhisi l300 saja namun bila ada kesamaan pada mobil lain bisa anda coba cara saya ini,oke semoga bermanfaat bagi anda yang telah membaca artikel ini untuk menambah wawasan anda agar tahu penyebab dan solusi permasalahan pada mobil jenis bermesin diesel yang masih menggunakan busi pijar tersebut.
Komentar