Langsung ke konten utama

ini adalah merupakan ciri-ciri delco mobil suzuki carry futura karburator bermasalah dan berikut cara membuka dan memasangnya.

Pada kasus yang sudah saya alami pada mobil suzuki carry futura 1.5 karburator, penyebab utama mesin mogok pada mobil ini adalah sebagian besar mengarah ke cdi, untuk coil sendiri jarang bermasalah pada komponen pengapian satu ini, penyebab utama adalah adanya kebocoran oli yaitu pada seal delco bagian ujung pada asnya yang sering bocor membasahi sekitaran dalam delco ada pun penyebab lain konslet akibat air masuk setelah mencuci mesin yaitu air masuk lewat celah tutup delco, apalagi bila karet tutup delco tidak ada bahkan ada tapi karet telah mengeras dan rusak, itulah kenapa air akan masuk dan bisa hanya membuka mesin sulit hidup bahkan sampai merusak komponen cdi satu ini, kasus lain adalah faktor umur pakai yaitu telah melemahnya bagian sensor hall atau pulsernya yang kimparan didalamnya telah rusak dan terbakar bahkan pada komponen dalam cdi tersebut. 

Oke berikut kita akan ulas ciri-ciri delco mobil suzuki carry futura karburator rusak dan berikut cara membuka dan memasangnya. 

Ciri-ciri delco mobil ini bermasalah adalah:
1.mesin mogok saat mobil sedang berjalan tetap tidak ada gejala tersendat dan setelah di stater ulang mesin akan hidup lagi, jadi seperti bahan bakar memutus. 
2.mesin mobil brebet bisa di tarikan bawah saja atau bahkan sampai tarikan atas lebih detilnya mobil seperti bocor pengapian kabel busi tersendat-sendat bahkan hingga mesin sulit lansam. 
3.mesin sulit hidup saat mesin dingin dan mobil terasa boros bahan bakar dan tenaga kurang bahkan nembak-nembak dari knalpot dan terdengar bunyi mesin bug... Bug... Bug sesekali saja, mirip kabel busi bocor. 
4.mesin mati total dan di cek di ujung busi tidak ada ketikan bunga api padahal komponen kelistrikan lain seperti sekering bagus, kabel ke delco bagus hingga arus 12 volt pun sampai ke delco maka bisa jadi penyebabnya pada delco nya. 

Nah bagaimana baiknya mengatasi masalah ini apakah harus beli satu set delco atau kah hanya beli cdi nya saja, pengalaman  saya belilah satu set delco untuk jenis mobil carrt futura karburator dan colt ss, karena pernah mengalami gagal saat membeli cdi nya saja ditakutkan salah pemasangan instalasi kabel delco nya, jadi simplenya beli delco satu set dan tinggal tempel dan mesin langsung hidup. 

Oke berikut ini adalah cara membuka delconya
1.buka kabel positif 12 volt dari kabel arus ON. 
2.buka tutup delco beserta kabelnya. 
3.tandai terlebih dahulu pada posisi baik sebelum delco dilepas cara ini boleh dilakukan atau tidak nanti tergantung saat pemasangan hasilnya bila kurang baik nanti bisa di geser lagi. 
4.buka baut pengikat delco, kl yang masih originalnya menggunakan baut tipe L , jadi perlu menggunakan  kunci L buat membukanya. 
5.setelah terbuka baut kunci L tersebut cabut saja langsung langkah ini tidak perlu mengepaskan top timing pengapian dulu karena jenis mobil suzuki carry futura karburator sudah diseat pas pada ujung as delco nya jadi bila tidak pas saat memasangnya maka delco tidak akan masuk. 

Dan berikut adalah cara memasang delco nya
1.langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memasang delco nya terlebih dahulu, tepatkan as delco ke noken as pasa dudukan delco, dan sambil diputar perlahan hingga nok dudukan delco asnya akan klop sehingga delco akan masuk dengan sendirinya. 
2.setelah delco masuk pada dudukannya,langkah selanjutnya kita pas kan tanda yang kita buat, bila tidak ditandai ya silakan langsung pasang baut pengikat kedua sisi delco. 
3.setelah baut terikat kl bisa jangan terlalu kuat dulu, ini bertujuan untuk melakukan  setel ulang delco kl setelan delco pertama telah berubah. 
4.pasang kabel positif 12 volt ON dan tutup delco beserta kabel busi nya jangan lupa ikat baut tutup delco dan pasang seal O ring delco nya untuk menghindari air masuk saat mencuci mesin. 
5. Setelah terpasang semua coba hidupkan mesin mobil apakah mesin hidup langsung normal bila mesin masih terasa berat tarikanya atau mesin sedikit nglitik bisa lakukan  setel delco karena baut delco tersebut belum kencang, setelah setelan delco telah tepat silakan ikat baut delco dan pekerjaan telah selesai. 

Dari semua urutan dari penyebab dan cara membuka dan memasangnya lebih jelas lagi bisa lihat video dibawah ini agar lebih memudahkan Anda saat mencobanya. 
  

                                          

                                    

Itulah beberapa tips untuk mengetahui ciri-ciri delco mobil Rusak dan bermasalah pada mobil suzuki carry futura karburator 1.5 cc yang merupakan menjadi masalah utama saat mesin mobil bermasalah dan informasi ini semoga bermanfaat bagi pembacanya. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

cara mengatasi indikator amper temperatur panas mobil tidak berfungsi.

pernah kah anda mengalami indikator amper temperatur panas mobil tidak berfungsi alias mati,error, pastinya sangatlah tidak menyenangkan hati saat mengendarainya oleh sebab itu diperlukan perbaikan pada seluruh komponen yang berhubungan dengan indikator amper panas tersebut,mulai dari switch panas,kabel,hingga pada amper panasnya tersebut dan ada beberapa ciri-ciri yang menyebabkan indikator amper panas mesin mobil mati dan bagaimana cara mengatasi indikator amper temperatur panas mobil tidak berfungsi,ada beberapa hal yang membuat indikator ini mati berikut adalah ulasanya. 1.switch panas rusak switch panas ini biasanya terletak di outlet pipa-pipa air diselang radiator,menempel di head cylinder bahkan hingga menempel pada tutup thermostat mobil,biasanya bila bermasalah dibagian ini adalah indikator amper temperatur panas akan mati sama sekali bahkan terkadang panas tidak bisa menunjukan batas normal terkadang tinggi sampai full terkadang juga lambat menunjukan panas mesin hing

cara mendiagnosa mesin efi cara manual suzuki baleno 97 untuk membaca lampu engine menyala

cara sederhana tanpa banyak biaya yang besar cukup bermodalkan kabel sepotong saja bisa melihat kode trouble lampu engine menyala di khususkan pada suzuki baleno tahun 97 yang mana masih menggunakan scan manual tanpa soket obd 2 seperti baleno tahun 2000an,yang mana mobil tersebut telah menggunakan soket obd 2 yang bisa dihubungkan ke engine scanner,walaupun scan manualnya tidak dihilangkan,nah di artikel kali ini saya akan mmembahas khusus baleno tahun 97 saja yaitu,cara mendiagnosa mesin efi cara manual suzuki baleno 97 untuk membaca lampu engine menyala,diartikel ini akan diberi tahu langkah dan cara-cara mendiagnosanya,cara mengatasinya hingga pada perbaikanya,lebih jelasnya bisa cek video dibawah ini. berikut cara dan langkah-langkah cara mendiagnosanya 1.buka tutup sekering letaknya di bagian kiri dalam ruang mesin dan cari tulisan di kotak sekeringnya bertuliskan  (DIAG 1). 2.pasang kabel jumper pada terminal DIAG 1 dengan cara menjumper kedua pin terminal seperti gamba

penyebab busi pijar cepat mati dan solusi masalah busi pijar cepat mati pada mobil mitsubhisi l300

sering kali para pengguna mobil mesin diesel tentunnya yang masih menggunakan sistem busi pijar atau busi pemanas kesulitan menghidupkan mesin,apakah yang menyebabkan mobil yang mesinnya masih menggunakan busi pijar atau busi pemanas sangat sulit dihidupkan terlebih saat pagi hari,menurut beberapa pengalaman saya ada beberapa macam yang bisa menimbulkan mesin diesel jenis ini sulit dihidupkan berikut ulasannya,akan di bahas penyebab permasalahannya hingga solusi penanganannya. 1.busi pijar mati karena faktor umur pake ini merupakan permasalahan normal karena usia pake busi pijar telah lama,dan untuk perawatanya penggantiannya setiap kilometer yang ditentukan pabrikanya,maka dari itu untuk perawatanya harus rutin paling tidak perlu pengecekan berkala, untuk cara pengecekannya nanti akan dibahas di artikel lainya,setidaknya untuk perawatan secara berkalanya itu biasanya jarang dilakaukan namun dengan penggunakan bahan bakar yang berkualitas baik akan membantu keawetan businya ka

cara tepat dan benar mengatasi mesin panas daihatsu zebra

mesin mobil panas adalah hal yang sering dijumpai pada setiap mobil,namun disini akan dibahas hanya pada mobil daihatsu zebra tentunya pada mobil zebra espass yang banyak mengeluhkan banyaknya masalah pada mesinya terutama pada mesinya yang panas,disini akan dibahas secara mendetail apa saja yang menyebabkan mesin daihatsu zebra panas dan bagaimana cara memperbaikinya,dan bagaimana tips solusi agar mesin daihatsu zebra tetap dingin temperatur panasnya agar mesin daihatsu zebra yang dikenal super irit ini kembali bekerja dengan baik dan optimal tanpa mesinya panas,berikut penyebab mesin daihatsu zebra panas. 1.pipasegitiga tersumbat pipa  ini berada di bagian atas mesin yaitu menghubungkan 3 cabang yaitu masuk ke outlet air, ke monifold air dan ke radiator,fungsi dari pipa ini sebagai pembagi karena posisinya tidak didalam mesin langsung atau dekat pompa air by pass nya, maka antara air di oulet yang menuju ke head cylinder yang akan kembali ke radiator yang melalui

penyebab lampu depan mobil mati,lampu jarak jauh dan lampu jarak dekat mati

Pada mobil tentunya jenis mobil apapun lampu depan atau lampu utama sangat lah penting perannya sebagai penerangan selain itu sebagai keselamatan saat mengemudi dimalam hari,untuk permasalahanya sering kali menyulitkan pengemudinya,nah di artikel kali ini saya akan membahas penyebab lampu depan mobil mati,lampu jarak jauh dan lampu jarak dekat mati,memang untuk permasalahan mati lampu depan ini tidak berbarengan antara lampu jarak jauh dan lampu dekat ini mati bersamaan terkadang lampu dekatnya yang mati dan kadang lampu jarak jauhnya yang mati,kadang mati sebelah saja dan kadang mati bersamaan untuk lampu jarak dekat atau jauhnya intinya bila mati total berarti arus yang masuk ke saklar lampu hilang simak video ini agar bisa membantu pemahaman anda lebih dalam. berikut ada beberapa yang menyebabkan lampu depan atau lampu utama mati baik pada lampu dekat atau lampu jauh. 1.sekering putus biasanya sekering putus bisa mati total pada lampunya dan terkadang lampu mati sebelah mas

bingung dimana letak nomer mesin dan nomer rangka buat persyaratan bayar pajak mobil ini solusinya.

Lama tidak update artikel, baik pembahasan blog kali ini saya akan bahas mengenai letak nomer mesin dan letak nomer rangka mobil memang tidak lengkap sepenuhnya namun semoga membantu bagi para pembaca artikel ini.  Disini akan di bahas letak dan posisi nomer mesin dan rangka yang tepat dan sekaligus akan di berikan videonya agar lebih mudah membantu memberikan berikut videonya.  Baik ini adalah beberapa nomer mesin dan nomer rangka mobil yang telah tercatat dan yang telah diterima informasinya,ini akurat karena ini hasil langsung ke objek yang telah ditentukan,berikut ulasannya.  1.Mitsubhisi L300 dan kuda diesel Nomer mesin : sebelah kiri mesin sedikit kebelakang tepatnya di atas dinamo stater Nomer rangka : belakang kanan mobil tepatnya di sasis ban mobil 2.Daihatsu gran max pick up dan minibus Nomer mesin : kanan mesin sedikit kebelakang tepatnya antara sambungan mesin dan transmisi.  Nomer rangka : di kap depan tepatnya menempel di dinding menghadap kebawah.  3.toyota kijang super

penyebab indikator lampu aki tidak menyala saat posisi kunci kontak ON

Ini adalah kebalikan dari permasalahan lampu indikator aki menyala terus saat mesin hidup dipastikan masalah tersebut berasal dari kabel dan alternator atau dinamo charger aki,problem ini dapat muncul di semua jenis mobil baik bensin,mobil diesel pun sama memiliki permasalahan yang sama karena jenis kontruksi alternatornya sama saja cara kerjanya.   Baik kesempatan kali ini saya akan mengupas penyebab indikator lampu aki tidak menyala saat kunci kontak di on kan,jadi mesin belum dihidupkan dan baru menyalakan semua lampu indikator di panel speedometer mobil dan lampu berlambang aki yang berfungsi sebagai petunjuk bermasalahnya pada sistem pengisian mobil,jadi saat normalnya yaitu lampu indikator aki akan menyala saat kunci kontak posisi on dan akan mati setelah mesin hidup pertanda arus N dari alternator telah keluar dan menuju terminal N regulator sehingga arus N akan masuk ke kumparan atau eletronik regulator sehingga jangkar yang masih terhubung dari massa alternator akan menghisap

penyebab mobil daihatsu zebra susah hidup karburator bermasalah

bermasalah pada mobil daihatsu zebra adalah hal lumrah yang sering dihadapi para penggunanya,mulai dari mesin panas,mogok saat melewati genangan air,saat hujan turun,pompa bensin rotax rusak,hingga pada karburator yang bermasalah,namun semua itu ada solusinya di artikel ini akan dibahas tuntas membahas permasalahan pada karburator,daihatsu zebra dan penyebab mobil daihatsu zebra susah hidup,ada beberapa hal yang menyebabkan karburator zebra bermasalah tentunya pada zebra espass tentunya yang sering sekali mengalami hal seperti ini,informasi ini bersumber langsung pada pengalaman saya sendiri sebagai media yang bisa membantu permasalahan kepada pengguna mobil zebra espass ini,berikut beberapa permasalahan yang sering bermasalah pada mobil zebra ini atau cek video dibawah ini. 1.karburator mudah sekali banjir   ini biasanya bermasalah setelah pembongkaran karburator dan mengganti part isi dalamnya bukan menggunakan part original pabrikan,bermasalahnya biasanya pada jarum pelampun

penyebab suzuki futura injeksi 1.5 mesin pincang dan brebet

penyebab mesin pincang pada mobil suzuki futura injeksi 1.5,adalah masalah yang sering terjadi pada jenis mobil ini,terutama sering bermasalah pada sistem pengapianya,coil sering kali mati pada bagian depan untuk busi nomer 2 dan 3,secara spesifik nya belum jelas dari mana sumber penyebab coil mobil bisa lemah atau mati,secara analisa ada beberapa penyebab coil bisa cepat mati menurut analisa yang sering di jumpai,bisa cek video ini agar lebih jelasnya. 1.pemakaian busi yang salah pada komponen ini sering sekali dijumpai pemakaian busi yang asal-asalan atau sembarangan tidak mengikuti prosedur bawaan pabrikan sehingga pengapian pada mobil ini terganggu akibat pemakaian busi yang tidak tepat akhirnya terjadinya misfire,pada busi yang mengakibatkan beban coil semakin berat, akibat pemakaian busi yang tidak tepat,secara umum busi pada suzuki futura injeksi 1.5 adalah berkode DENSO:K20PR-U NGK:BKR6E terkadang sering dijumpai menggunakan busi bukan standar pabrikan seperti kodeK20

Cara mengatasi Mesin gran max cepat panas, setelah kuras air radiator dan bongkar mesin, ini solusinya.

Banyak dari sebagian orang bingung mengatasi mesin daihatsu gran max panas tiba-tiba, setelah kuras air radiator atau setelah bongkar mesin, ini menjadi banyak pertanyaan, penyebabnya karena secara sadar kadang pengguna mobil ini belum tahu cara membuangnya yang sebenarnya sudah di beri petunjuk di bagian depan sebelah kiri dalam kap ruang radiator yang sebenarnya sudah lengkap petunjuknya, bahkan kurangnya memperhatikan dan membaca buku pedoman bawaan pabrikan mobil tersebut, sehingga kurangnya wawasan mengerjakan mobil tersebut sehingga malah timbul masalah. Baik di artikel kali ini saya akan bahas solusinya bila anda menemukan masalah ini agar panas mesin tidak berlarut-larut sehingga membahayakan mesin mobil itu sendiri sehingga mengakibatkan biaya perbaikan yang lebih besar lagi nantinya.  Menurut konstruksinya mesin ini terletak di bagian bawah pengemudi dan penumpang sebelah kiri depan, dan jarak antara radiator dan mesi  cukup jauh dan harus banyak melewati selang panjang yan