Langsung ke konten utama

penyebab sering kali kabel body mobil dimakan tikus dan ini solusi mengatasinya.

Sering kali terdengar dari beberapa pengguna mobil jenis apapun itu mobil tahun tua maupun mobil tahun muda sama-sama pernah mengalami hal seperti ini yaitu kabel body mobil dimakan tikus, ada beberapa penyebab seringnya kabel body mobil dimakan tikus, Walaupun sering diperbaiki kabel mobil tersebut masih saja dimakan disekitaran tempat kabel yang dimakannya itu,seperti pada mobil satu ini yaitu mobil toyota kijang innova diesel yang mesinnya kehilangan tenaga,lampu check engine menyala dan mobil tidak bisa digas, ada beberapa kabel yang dimakan tikus tersebut terutama pada kabel sensor map dan sebagian pada kabel injector nozzle yang merupakan sebagai kabel yang untuk mengaktifkan penyemprotan bahan bakar ke ruang mesin diesel tersebut,lebih jelas dan lebih lanjut silakan  tonton video ini. 




Dari permasalahan upnormal ini ada beberapa penyebab utama kenapa seringkali kabel body mobil dimakan tikus, apakah tikus itu lapar, bisa kemungkinkan atau pun tidak, menurut analisa yang diperoleh penyebab utama kabel body seringkali dimakan tikus adalah sebagai berikut :

1.mobil tertutup dalam ruang garasi 
Ini merupakan sering sekali yang dialami pengguna mobil, faktor utama kenapa seringkali kabel body mobil dimakan di garasi tertutup, karena udara diluar,sering kali berubah bisa panas atau dingin sehingga tikus akan senang tinggal di area mobil karena suhu didalam ruang mesin sedikit lebih lembab saat musim hujan sehingga tikus akan nyaman didalamnya sehingga saat tikus merasa lapar dan tidak bisa keluar akibat hujan,kemungkinan di sekitaran kabel body mobil yang di rusak terlebih dahulu sebelum si tikus bisa keluar setelah hujan usai. 

2.ruang garasi yang kotor dan berantakan  
Dan  permasalahan satu ini sangat jelas karena garasi mobil yang berantakan dan sempit merupakan tempat favorit tikus kenapa tidak, selain tikus mencari makanannya, tikus pun akan tinggal disana termasuk di dalam ruang mesin yang hangat bahkan sedikit lembab, sehingga dengan adanya tempat yang sudah sering mereka tinggali makan sebagian kabel mesin merupakan salah satu yang akan mereka prioritaskan untuk di rusaknya baik dimakan ataupun hanya di rusaknya 

3.penerangan garasi mobil kurang
Garasi gelap tanpa lampu merupakan tempat favorit tikus untuk menghuni di garasi baik di barang berantakan atau di dalam ruang mesin dan tikus akan suka di tempat gelap dan selalu tempat nyaman didalamnya sehingga kabel merupakan kabel favorit yang dirusak karena dianggap sebagai tempat makannya.
 
4.tikus buang kotoran dan kencing didalam ruang mesin
 Kenapa tikus bisa berulang kali merusak bagian kabel yang sama, kencing dan kotoran merupakan  indikator utama tikus akan kembali ke ruang mesin anda karena telah tahu jejak kakinya, bau kotoran dan kencingnya merupakan indikatornya untuk kembali ke ruang mesin mobil anda saat waktu tertentu setelah merupakan, makanya kenapa tikus akan selalu kembali dan merusak kabel ditempat yang sama. 

5.sekitaran rumah dan mobil bau amis 
Mungkin tempat tinggalmu untuk dapur untuk berjualan makanan terutama hal yang berbau amis seperti daging ayam, daging bebek, ikan dan bahan makanan yang bisa mengundang tikus dan berpotensi mencari makanan didalam rumah, garasi dan ruang mobil yang berbau amis ini merupakan pemicu awal datangnya tikus dan yang akan berpotensi merusak barang didalam ruang mesin baik 
komponen plastik ataupun kabel. 

6.mobil jarang keluar dan lama parkir di garasi
Tikus akan senang tinggal di garasi karena mobil jarang sekali keluar sehingga selain mobil rusak dan keropos akibat lama parkir tikus pun akan ikut merusak bagian yang bisa dirusak dan dimakannya seperti karet,dan kabel body mobil baik kabel mesin maupun lampu-lampu. 

Nah bagaimana cara mengatasinya bila tikus sering kali merusak kabel body mobil bahkan sering kembali lagi dan merusak bagian yang sama, berikut solusinya dan bisa dicoba dirumah buat dipraktekan bila telah tahu caranya. 

1.beri kapur barus di sekitaran yang sering rawan dimasukin tikus, dan bau kapur yang sangat menyengat akan membuat tikus tidak nyaman dan akan memutuskan pergi dari tempat yang biasa di tempatnya. 
2.cuci bagian yang telah di kencingi dan kotorannya, dengan  sabun atau solar yang bisa menghilangkan jejak kakinya,kencingnya, dan kotorannya baunya sehingga tikus tidak akan kembali lagi bila tempat tersebut telah dibersihkan. 
3.beri bunga lavender di ruang mesin terutama bekas yang tikus tempati, karena tikus tidak akan suka bau dan aroma yang dikeluarkan oleh bau bunga lavender tersebut. 
4.buka kap mobil, penting sekali untuk tikus tidak mau menghuni ditempat yang terbuka dan banyak pencahayaan. 

Itu merupakan beberapa permasalahan yang sering terjadi,apalagi kabel body selalu rusak dimakan tikus,semoga dengan  adanya artikel ini anda bisa coba dan bermanfaat buat pembacanya. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

cara mengatasi indikator amper temperatur panas mobil tidak berfungsi.

pernah kah anda mengalami indikator amper temperatur panas mobil tidak berfungsi alias mati,error, pastinya sangatlah tidak menyenangkan hati saat mengendarainya oleh sebab itu diperlukan perbaikan pada seluruh komponen yang berhubungan dengan indikator amper panas tersebut,mulai dari switch panas,kabel,hingga pada amper panasnya tersebut dan ada beberapa ciri-ciri yang menyebabkan indikator amper panas mesin mobil mati dan bagaimana cara mengatasi indikator amper temperatur panas mobil tidak berfungsi,ada beberapa hal yang membuat indikator ini mati berikut adalah ulasanya. 1.switch panas rusak switch panas ini biasanya terletak di outlet pipa-pipa air diselang radiator,menempel di head cylinder bahkan hingga menempel pada tutup thermostat mobil,biasanya bila bermasalah dibagian ini adalah indikator amper temperatur panas akan mati sama sekali bahkan terkadang panas tidak bisa menunjukan batas normal terkadang tinggi sampai full terkadang juga lambat menunjukan panas mesin hing

cara mendiagnosa mesin efi cara manual suzuki baleno 97 untuk membaca lampu engine menyala

cara sederhana tanpa banyak biaya yang besar cukup bermodalkan kabel sepotong saja bisa melihat kode trouble lampu engine menyala di khususkan pada suzuki baleno tahun 97 yang mana masih menggunakan scan manual tanpa soket obd 2 seperti baleno tahun 2000an,yang mana mobil tersebut telah menggunakan soket obd 2 yang bisa dihubungkan ke engine scanner,walaupun scan manualnya tidak dihilangkan,nah di artikel kali ini saya akan mmembahas khusus baleno tahun 97 saja yaitu,cara mendiagnosa mesin efi cara manual suzuki baleno 97 untuk membaca lampu engine menyala,diartikel ini akan diberi tahu langkah dan cara-cara mendiagnosanya,cara mengatasinya hingga pada perbaikanya,lebih jelasnya bisa cek video dibawah ini. berikut cara dan langkah-langkah cara mendiagnosanya 1.buka tutup sekering letaknya di bagian kiri dalam ruang mesin dan cari tulisan di kotak sekeringnya bertuliskan  (DIAG 1). 2.pasang kabel jumper pada terminal DIAG 1 dengan cara menjumper kedua pin terminal seperti gamba

penyebab busi pijar cepat mati dan solusi masalah busi pijar cepat mati pada mobil mitsubhisi l300

sering kali para pengguna mobil mesin diesel tentunnya yang masih menggunakan sistem busi pijar atau busi pemanas kesulitan menghidupkan mesin,apakah yang menyebabkan mobil yang mesinnya masih menggunakan busi pijar atau busi pemanas sangat sulit dihidupkan terlebih saat pagi hari,menurut beberapa pengalaman saya ada beberapa macam yang bisa menimbulkan mesin diesel jenis ini sulit dihidupkan berikut ulasannya,akan di bahas penyebab permasalahannya hingga solusi penanganannya. 1.busi pijar mati karena faktor umur pake ini merupakan permasalahan normal karena usia pake busi pijar telah lama,dan untuk perawatanya penggantiannya setiap kilometer yang ditentukan pabrikanya,maka dari itu untuk perawatanya harus rutin paling tidak perlu pengecekan berkala, untuk cara pengecekannya nanti akan dibahas di artikel lainya,setidaknya untuk perawatan secara berkalanya itu biasanya jarang dilakaukan namun dengan penggunakan bahan bakar yang berkualitas baik akan membantu keawetan businya ka

cara tepat dan benar mengatasi mesin panas daihatsu zebra

mesin mobil panas adalah hal yang sering dijumpai pada setiap mobil,namun disini akan dibahas hanya pada mobil daihatsu zebra tentunya pada mobil zebra espass yang banyak mengeluhkan banyaknya masalah pada mesinya terutama pada mesinya yang panas,disini akan dibahas secara mendetail apa saja yang menyebabkan mesin daihatsu zebra panas dan bagaimana cara memperbaikinya,dan bagaimana tips solusi agar mesin daihatsu zebra tetap dingin temperatur panasnya agar mesin daihatsu zebra yang dikenal super irit ini kembali bekerja dengan baik dan optimal tanpa mesinya panas,berikut penyebab mesin daihatsu zebra panas. 1.pipasegitiga tersumbat pipa  ini berada di bagian atas mesin yaitu menghubungkan 3 cabang yaitu masuk ke outlet air, ke monifold air dan ke radiator,fungsi dari pipa ini sebagai pembagi karena posisinya tidak didalam mesin langsung atau dekat pompa air by pass nya, maka antara air di oulet yang menuju ke head cylinder yang akan kembali ke radiator yang melalui

penyebab lampu depan mobil mati,lampu jarak jauh dan lampu jarak dekat mati

Pada mobil tentunya jenis mobil apapun lampu depan atau lampu utama sangat lah penting perannya sebagai penerangan selain itu sebagai keselamatan saat mengemudi dimalam hari,untuk permasalahanya sering kali menyulitkan pengemudinya,nah di artikel kali ini saya akan membahas penyebab lampu depan mobil mati,lampu jarak jauh dan lampu jarak dekat mati,memang untuk permasalahan mati lampu depan ini tidak berbarengan antara lampu jarak jauh dan lampu dekat ini mati bersamaan terkadang lampu dekatnya yang mati dan kadang lampu jarak jauhnya yang mati,kadang mati sebelah saja dan kadang mati bersamaan untuk lampu jarak dekat atau jauhnya intinya bila mati total berarti arus yang masuk ke saklar lampu hilang simak video ini agar bisa membantu pemahaman anda lebih dalam. berikut ada beberapa yang menyebabkan lampu depan atau lampu utama mati baik pada lampu dekat atau lampu jauh. 1.sekering putus biasanya sekering putus bisa mati total pada lampunya dan terkadang lampu mati sebelah mas

bingung dimana letak nomer mesin dan nomer rangka buat persyaratan bayar pajak mobil ini solusinya.

Lama tidak update artikel, baik pembahasan blog kali ini saya akan bahas mengenai letak nomer mesin dan letak nomer rangka mobil memang tidak lengkap sepenuhnya namun semoga membantu bagi para pembaca artikel ini.  Disini akan di bahas letak dan posisi nomer mesin dan rangka yang tepat dan sekaligus akan di berikan videonya agar lebih mudah membantu memberikan berikut videonya.  Baik ini adalah beberapa nomer mesin dan nomer rangka mobil yang telah tercatat dan yang telah diterima informasinya,ini akurat karena ini hasil langsung ke objek yang telah ditentukan,berikut ulasannya.  1.Mitsubhisi L300 dan kuda diesel Nomer mesin : sebelah kiri mesin sedikit kebelakang tepatnya di atas dinamo stater Nomer rangka : belakang kanan mobil tepatnya di sasis ban mobil 2.Daihatsu gran max pick up dan minibus Nomer mesin : kanan mesin sedikit kebelakang tepatnya antara sambungan mesin dan transmisi.  Nomer rangka : di kap depan tepatnya menempel di dinding menghadap kebawah.  3.toyota kijang super

penyebab indikator lampu aki tidak menyala saat posisi kunci kontak ON

Ini adalah kebalikan dari permasalahan lampu indikator aki menyala terus saat mesin hidup dipastikan masalah tersebut berasal dari kabel dan alternator atau dinamo charger aki,problem ini dapat muncul di semua jenis mobil baik bensin,mobil diesel pun sama memiliki permasalahan yang sama karena jenis kontruksi alternatornya sama saja cara kerjanya.   Baik kesempatan kali ini saya akan mengupas penyebab indikator lampu aki tidak menyala saat kunci kontak di on kan,jadi mesin belum dihidupkan dan baru menyalakan semua lampu indikator di panel speedometer mobil dan lampu berlambang aki yang berfungsi sebagai petunjuk bermasalahnya pada sistem pengisian mobil,jadi saat normalnya yaitu lampu indikator aki akan menyala saat kunci kontak posisi on dan akan mati setelah mesin hidup pertanda arus N dari alternator telah keluar dan menuju terminal N regulator sehingga arus N akan masuk ke kumparan atau eletronik regulator sehingga jangkar yang masih terhubung dari massa alternator akan menghisap

penyebab mobil daihatsu zebra susah hidup karburator bermasalah

bermasalah pada mobil daihatsu zebra adalah hal lumrah yang sering dihadapi para penggunanya,mulai dari mesin panas,mogok saat melewati genangan air,saat hujan turun,pompa bensin rotax rusak,hingga pada karburator yang bermasalah,namun semua itu ada solusinya di artikel ini akan dibahas tuntas membahas permasalahan pada karburator,daihatsu zebra dan penyebab mobil daihatsu zebra susah hidup,ada beberapa hal yang menyebabkan karburator zebra bermasalah tentunya pada zebra espass tentunya yang sering sekali mengalami hal seperti ini,informasi ini bersumber langsung pada pengalaman saya sendiri sebagai media yang bisa membantu permasalahan kepada pengguna mobil zebra espass ini,berikut beberapa permasalahan yang sering bermasalah pada mobil zebra ini atau cek video dibawah ini. 1.karburator mudah sekali banjir   ini biasanya bermasalah setelah pembongkaran karburator dan mengganti part isi dalamnya bukan menggunakan part original pabrikan,bermasalahnya biasanya pada jarum pelampun

penyebab suzuki futura injeksi 1.5 mesin pincang dan brebet

penyebab mesin pincang pada mobil suzuki futura injeksi 1.5,adalah masalah yang sering terjadi pada jenis mobil ini,terutama sering bermasalah pada sistem pengapianya,coil sering kali mati pada bagian depan untuk busi nomer 2 dan 3,secara spesifik nya belum jelas dari mana sumber penyebab coil mobil bisa lemah atau mati,secara analisa ada beberapa penyebab coil bisa cepat mati menurut analisa yang sering di jumpai,bisa cek video ini agar lebih jelasnya. 1.pemakaian busi yang salah pada komponen ini sering sekali dijumpai pemakaian busi yang asal-asalan atau sembarangan tidak mengikuti prosedur bawaan pabrikan sehingga pengapian pada mobil ini terganggu akibat pemakaian busi yang tidak tepat akhirnya terjadinya misfire,pada busi yang mengakibatkan beban coil semakin berat, akibat pemakaian busi yang tidak tepat,secara umum busi pada suzuki futura injeksi 1.5 adalah berkode DENSO:K20PR-U NGK:BKR6E terkadang sering dijumpai menggunakan busi bukan standar pabrikan seperti kodeK20

Cara mengatasi Mesin gran max cepat panas, setelah kuras air radiator dan bongkar mesin, ini solusinya.

Banyak dari sebagian orang bingung mengatasi mesin daihatsu gran max panas tiba-tiba, setelah kuras air radiator atau setelah bongkar mesin, ini menjadi banyak pertanyaan, penyebabnya karena secara sadar kadang pengguna mobil ini belum tahu cara membuangnya yang sebenarnya sudah di beri petunjuk di bagian depan sebelah kiri dalam kap ruang radiator yang sebenarnya sudah lengkap petunjuknya, bahkan kurangnya memperhatikan dan membaca buku pedoman bawaan pabrikan mobil tersebut, sehingga kurangnya wawasan mengerjakan mobil tersebut sehingga malah timbul masalah. Baik di artikel kali ini saya akan bahas solusinya bila anda menemukan masalah ini agar panas mesin tidak berlarut-larut sehingga membahayakan mesin mobil itu sendiri sehingga mengakibatkan biaya perbaikan yang lebih besar lagi nantinya.  Menurut konstruksinya mesin ini terletak di bagian bawah pengemudi dan penumpang sebelah kiri depan, dan jarak antara radiator dan mesi  cukup jauh dan harus banyak melewati selang panjang yan