Kijang diesel keluaran pertama yaitu tepatnya tahun 1997 merupakan kijang diesel pertama rilis dan mendarat diindonesia, tidak heran pada masa nya itu mendapat respon positif dari masyarakat Indonesia tentunya.
Oleh karena itu makin banyak pengguna maka makin banyak pengalaman masalah dari mobil ini,mulai dari mesin kaki-kaki bahkan sampai pada pengerjaan mobil yang terumit sekalipun.
Pengalaman diawal tahun 2009 lalu menangani masalah pada mobil kijang diesel mesin 2L yang sampai pelanggan kecewa nggak mau balik lagi karena selalu masalahnya tidak pernah terpecahkan hingga rugi jutaan rupiah maka dari itu saya ingin berbagi pengalaman melalui artikel ini agar bisa menambah wawasan pada pengemudi tentunya pada jenis mobil ini.
Baik masalah apa saja yang sering menjadi kendala di mesin yang menurut saya efisien ini berikut ulasannya :
1.mesin selalu panas atau overheating
Baik masalah pertama ada di mesin mudah sekali panas,bahkan air di cadangan radiator terkadang penuh dan terkadang kering sama sekali pertanda mesin panas,banyak sudah dicoba pada peranti pendingin mesin ini namun tak kunjung sembuh pada peranti utama radiator, kipas visco atau fan clutch ganti tutup radiator dan pompa air sudah kondisi baik, hingga menyalahkan thermostat sebagai biang masalah dari mesin panas ini pun masih tidak kunjungi membuahkan hasil, hingga pada puncaknya mau tidak mau membuka silinder kop dan mengganti packing silinder kop nya itu pun sampai tidak ada tanda-tanda mesin normal, hingga sampai pada tahap akhir, ternyata penyebab awal mesin panas pada mobil jenis ini bersumber pada dudukan tutup radiator pipa outlet sudah keropos sehingga mengakibatkan saat mesin dingin maka air akan tersedot habis masuk ke mesin hingga tangki cadangan habis dan saat mesin panas maka uap mesin akan naik dan akan mendorong tutup radiator itu normalnya, namun karena bagian dudukan pada tutup radiator keropos maka air akan terus mengalir masuk ke tabung cadangan dan menguras habis air di dalam mesin sehingga sampai titik di mana mesin mobil menjadi panas dengan ditandai dengan amper panas naik tinggi dari biasanya seperti telah dijelaskan didalam video ini.
Solusi masalah ini lihat ciri-ciri mesin panasnya bila sesuai dengan kasusnya bisa ganti outletnya dan gunakan selalu part originalnya agar mesin normal dengan sempurna.
2.mesin bunyi kasar
Mesin bunyi kasar merupakan ciri khas mesin ini, namun bila upnormal merupakan masalah serius yang kan terjadi, bunyi kasar tersebut bersumber pada coin liffter valve atau penggerak mekanis katupnya yang merupakan mesin jenis SOHC atau single overhead camshaft yang as camshaft nya sudah berada di silinder kop nya dan penggeraknya adalah timing belt, biasanya ini terjadi akibat dari usai mesin panas atau overheating maka pada bagian komponen liffter valve nya
telah berubah akibat pemuaian yang terjadi saat mesin terjadi overheating, dan biasanya masalah ini di tandai dengan mesin bunyi kasar dan mesin akan menyala dengan sedikit pincang atau saat melakukan pengecekan dengan menempel kan tangan kita di belalai saringan udara akan terasa menendang bukan menghisap pertanda ukuran katup pada mesin sudah tidak rata lagi ada yang renggang dan ada yang rapat, solusi masalah ini bawa ke bengkel kepercayaan dan lakukan stel ulang pada ukuran klepnya.
3.injektor/nozzle bermasalah bila telah 5 tahun
Ini merupakan masalah alami yang akan terjadi saat mesin mobil telah berumur 5 tahun, ditandai dengan mesin pincang asap sedikit hitam pekat dan tenaga mesin loyo, dan ditandai diujung injektor/nozzle telah mulai keropos akibat lama pemakaian, solusi masalah ini anda cukup bawa ke bengkel bosc pump terdekat untuk kalibrasi ulang injektor/nozzle nya untuk mengatasi masalah ini.
4.alternator, soket B+ alternator dan regulator sering bermasalah.
Masalah satu ini merupakan ciri khas dari mobil kijang diesel mesin 2L,alternator rusak akibat karbon brush habis, kumparan terbakar,soket B+ sering terbakar dan regulator terbakar merupakan masalah yang sering terjadi pada mobil ini dari awal keluarannya yang merupakan masalah rutinitas yang terjadi dimobil ini.
5.lampu solar dan timing belt menyala
Ini termasuk masalah yang rutinitas terjadi bila terjadi pada komponen tersebut misalnya bila lampu solar menyala ini berarti bermasalah di bagian pompa solar dan filter solar yang mendeteksi adanya kadar air disana dan lakukan pengecekan dan lakukan buang air di pompa solarnya, nah bila lampu timing belt menyala ini biasanya terjadi setiap 100 ribu kilometer, ditandai menyalanya lampu timing belt tersebut biasanya bila lampu ini menyala sebagai tanda penggantian sabuk timing belt telah masuk penggantian, namun saat penggantian jangan lupa lakukan reset ulang lampu timing beltnya dengan membuka dasbort dan memindahkan baut di belakang panel speedometer sebagai media reset lampu timing beltnya,bagaimana bila lampu timing belt dan lampu aki dan lampu solar menyala berbarengan ini pun masalah klasik yang sering muncul pada mobil ini karena di sebabkan carbon brush alternator habis jadi menjadi masalah munculnya ketiga lampu ini.
Oke semoga bermanfaat ilmunya, sedikit ulasan yang menjadi referensi anda bila ingin membeli mobil jenis kijang diesel mesin 2L sebagai bekal yang nantinya akan anda temuan dan akan menjadi solusi untuk mobil anda.
Komentar