Langsung ke konten utama

penyebab mesin mobil avanza non vvt-i bergetar,pincang,rpm cenderung naik turun bahkan asap hitam sehingga selalu mengotori busi.


Oke artikel kali ini saya akan berbagi pengalaman seputar toyota avanza non vvt-i yang memiliki permasalahan mesin bergetar,pincang,rpm naik turun dan idle tidak stabil hingga asap mobil berwarna hitam sehingga selalu mengotori busi karena untuk mendapatkan pembakaran sempurna jauh dari harapan, yang memungkinkan borosnya bahan bakar premium,masalah ini sebenarnya bukan masalah trouble alami yang biasa dialami sejumlah pemilik mobil toyota avanza non vvt-i,ini hanya sebuah kesalahan kecil yang mungkin seharusnya tidak dilakaukan namun karena kurangnya ketelitian dan pemahaman yang menjadi kendala munculnya permasalahan ini.

apa itu permasalahnnya? ada sebagian komponen mesin di mobil toyota avanza non vvt-i yang berbeda dengan toyota avanza vvt-i yaitu di bagian :

1. vvt-i controller yang berada di bagian di camshaft position sensor tepatnya di gambar dibawah ini           

nah ini contoh valve vvt-i controller toyota avanza  vvt-i dan bentuknya telah jauh berbeda dengan toyota avanza non vvt-i yang nanti akan kita bahas selanjutnya,yang cara kerjanya adalah bila didalam valve controller tersebut mendapati tekanan oli yang masuk melalui lubang oli yang terdapat di noken as,maka oli akan masuk ke dalam vvt-i controller dan mendorong baling-baling noken as yang diatur oleh oil control valve sensor yang terdapat di samping nya yang berfungsi memberikan informasi data ke ecu bila terjadi perubahan noken as sehingga ecu akan menyesuaikan bahan bakar dan pengapian yang dibutuhkan mesin sehingga tenaga mesin tetap pada porsinya menyesuaikan buka tutup katup.

jadi jelas untuk mesin toyota avanza vvt-i sudah sangat amat rumit untuk cara kerjanya karena peranti yang di gunakan sudah melewati sistem yang tidak pada mobil injeksi biasanya contohnya pada mesin EFI.

pada bagian mesin toyota avanza non vvt-i jelas tidak ada valve vvt-i contollernya sehingga cara kerjanya pun berbeda dengan vvt-i seperti gambar disamping ini,mesin avanza non vvt-i hanya bekerja sesuai buka katup noken as saja dan tidak bisa merubah durasi camshaftnya setiap putaran mesinnya istilah nya avanza non vvt-i masih menganut sistem lama yaitu teknologi EFI yang mana cara kerjanya masih konvensional seperti mobil efi lama,di bagian mekanis katupnya,berbedanya di toyota avanza tidak ada pengatur kerenggangan katupnya karena telah menggunakan sistem lifter valve yang telah di ukur paten oleh pihak pabrikan,jadi jelas untuk toyota avanza non vvt-i dan toyota avanza vvt-i sudah berbeda cara kerjanya.

nah apa jadinya bila dalam sistem tersebut tertukar komponennya vvt-i di non vvt-i seperti gambar dibawah ini.                                    

pastinya untuk kerja mesin menjadi rancu dan tidak sesuai dengan kerja ecu sehingga menyebabkan bahan bakar tidak bisa terbakar dengan sempurna sehingga sisa pembakaran selalu mengotori busi dan asap hitam tebal sebagai indikator pembakar tidak sempurna dan imbasnya ke bahan bakar menjadi boros dan mesin sedikit kasar saat idle di pagi hari,mesin pun dipaksa bekerja sehingga mesin menjadi timbul bergetar,pincang,rpm naik turun bahkan tidak bisa di pungkiri gejala ini akan sangat terasa pada saat mesin dingin,idle mesin sulit didapat karena berlebihnya bahan bakar yang tidak terbakar dengan sempurna,ini murni pengalaman saya sendiri bila mesin mobil telah di optimasi seperti apapun tetapi mesin tidak kunjung baik coba perhatikan pada komponen ini siapa tahu terselip dari ketelitian kita yang penting sesuai gejalanya seperti apa yang saya tulis di artikel ini sebagai bahan edukasi solusi permasalahannya.

jadi bagaimana solusinya untuk mengatasi masalah ini,mau tidak mau anda harus mengembalikan komponen original non vvt-i tersebut yaitu gear valve controller dari vvt-i ke non vvti seperti video di bawah ini :


jadi masalah ini timbul karena mungkin kurangnya pemahaman kepada kedua sistem mobil tersebut terlihat sama namun berbeda sistem injeksinya,intinya untuk avanza non vvt-i masih menganut mesin injeksi efi lama,sedangkan bila telah menggunakan valve vvt-i controller berarti telah sistem vvt-i keduanya sama-sama mesin efi namun sistem cara kerjanya yang telah berbeda,semoga artikel ini bermanfaat terutama buat mekanik mobil pemula yang belum paham tentang perbedaan antara non vvt-i dan vvt-i karena kedua sistem tersebut berbeda dari cara kerjanya sehingga dampaknya pasti akan ada. 

semoga memotivasi buat sobat otomotif sebagai bahan edukasi yang sumbernya adalah dari pengalaman saya sendiri dan hasilnya memuaskan. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

cara mengatasi indikator amper temperatur panas mobil tidak berfungsi.

pernah kah anda mengalami indikator amper temperatur panas mobil tidak berfungsi alias mati,error, pastinya sangatlah tidak menyenangkan hati saat mengendarainya oleh sebab itu diperlukan perbaikan pada seluruh komponen yang berhubungan dengan indikator amper panas tersebut,mulai dari switch panas,kabel,hingga pada amper panasnya tersebut dan ada beberapa ciri-ciri yang menyebabkan indikator amper panas mesin mobil mati dan bagaimana cara mengatasi indikator amper temperatur panas mobil tidak berfungsi,ada beberapa hal yang membuat indikator ini mati berikut adalah ulasanya. 1.switch panas rusak switch panas ini biasanya terletak di outlet pipa-pipa air diselang radiator,menempel di head cylinder bahkan hingga menempel pada tutup thermostat mobil,biasanya bila bermasalah dibagian ini adalah indikator amper temperatur panas akan mati sama sekali bahkan terkadang panas tidak bisa menunjukan batas normal terkadang tinggi sampai full terkadang juga lambat menunjukan panas mesin hing

cara mendiagnosa mesin efi cara manual suzuki baleno 97 untuk membaca lampu engine menyala

cara sederhana tanpa banyak biaya yang besar cukup bermodalkan kabel sepotong saja bisa melihat kode trouble lampu engine menyala di khususkan pada suzuki baleno tahun 97 yang mana masih menggunakan scan manual tanpa soket obd 2 seperti baleno tahun 2000an,yang mana mobil tersebut telah menggunakan soket obd 2 yang bisa dihubungkan ke engine scanner,walaupun scan manualnya tidak dihilangkan,nah di artikel kali ini saya akan mmembahas khusus baleno tahun 97 saja yaitu,cara mendiagnosa mesin efi cara manual suzuki baleno 97 untuk membaca lampu engine menyala,diartikel ini akan diberi tahu langkah dan cara-cara mendiagnosanya,cara mengatasinya hingga pada perbaikanya,lebih jelasnya bisa cek video dibawah ini. berikut cara dan langkah-langkah cara mendiagnosanya 1.buka tutup sekering letaknya di bagian kiri dalam ruang mesin dan cari tulisan di kotak sekeringnya bertuliskan  (DIAG 1). 2.pasang kabel jumper pada terminal DIAG 1 dengan cara menjumper kedua pin terminal seperti gamba

penyebab busi pijar cepat mati dan solusi masalah busi pijar cepat mati pada mobil mitsubhisi l300

sering kali para pengguna mobil mesin diesel tentunnya yang masih menggunakan sistem busi pijar atau busi pemanas kesulitan menghidupkan mesin,apakah yang menyebabkan mobil yang mesinnya masih menggunakan busi pijar atau busi pemanas sangat sulit dihidupkan terlebih saat pagi hari,menurut beberapa pengalaman saya ada beberapa macam yang bisa menimbulkan mesin diesel jenis ini sulit dihidupkan berikut ulasannya,akan di bahas penyebab permasalahannya hingga solusi penanganannya. 1.busi pijar mati karena faktor umur pake ini merupakan permasalahan normal karena usia pake busi pijar telah lama,dan untuk perawatanya penggantiannya setiap kilometer yang ditentukan pabrikanya,maka dari itu untuk perawatanya harus rutin paling tidak perlu pengecekan berkala, untuk cara pengecekannya nanti akan dibahas di artikel lainya,setidaknya untuk perawatan secara berkalanya itu biasanya jarang dilakaukan namun dengan penggunakan bahan bakar yang berkualitas baik akan membantu keawetan businya ka

cara tepat dan benar mengatasi mesin panas daihatsu zebra

mesin mobil panas adalah hal yang sering dijumpai pada setiap mobil,namun disini akan dibahas hanya pada mobil daihatsu zebra tentunya pada mobil zebra espass yang banyak mengeluhkan banyaknya masalah pada mesinya terutama pada mesinya yang panas,disini akan dibahas secara mendetail apa saja yang menyebabkan mesin daihatsu zebra panas dan bagaimana cara memperbaikinya,dan bagaimana tips solusi agar mesin daihatsu zebra tetap dingin temperatur panasnya agar mesin daihatsu zebra yang dikenal super irit ini kembali bekerja dengan baik dan optimal tanpa mesinya panas,berikut penyebab mesin daihatsu zebra panas. 1.pipasegitiga tersumbat pipa  ini berada di bagian atas mesin yaitu menghubungkan 3 cabang yaitu masuk ke outlet air, ke monifold air dan ke radiator,fungsi dari pipa ini sebagai pembagi karena posisinya tidak didalam mesin langsung atau dekat pompa air by pass nya, maka antara air di oulet yang menuju ke head cylinder yang akan kembali ke radiator yang melalui

bingung dimana letak nomer mesin dan nomer rangka buat persyaratan bayar pajak mobil ini solusinya.

Lama tidak update artikel, baik pembahasan blog kali ini saya akan bahas mengenai letak nomer mesin dan letak nomer rangka mobil memang tidak lengkap sepenuhnya namun semoga membantu bagi para pembaca artikel ini.  Disini akan di bahas letak dan posisi nomer mesin dan rangka yang tepat dan sekaligus akan di berikan videonya agar lebih mudah membantu memberikan berikut videonya.  Baik ini adalah beberapa nomer mesin dan nomer rangka mobil yang telah tercatat dan yang telah diterima informasinya,ini akurat karena ini hasil langsung ke objek yang telah ditentukan,berikut ulasannya.  1.Mitsubhisi L300 dan kuda diesel Nomer mesin : sebelah kiri mesin sedikit kebelakang tepatnya di atas dinamo stater Nomer rangka : belakang kanan mobil tepatnya di sasis ban mobil 2.Daihatsu gran max pick up dan minibus Nomer mesin : kanan mesin sedikit kebelakang tepatnya antara sambungan mesin dan transmisi.  Nomer rangka : di kap depan tepatnya menempel di dinding menghadap kebawah.  3.toyota kijang super

penyebab lampu depan mobil mati,lampu jarak jauh dan lampu jarak dekat mati

Pada mobil tentunya jenis mobil apapun lampu depan atau lampu utama sangat lah penting perannya sebagai penerangan selain itu sebagai keselamatan saat mengemudi dimalam hari,untuk permasalahanya sering kali menyulitkan pengemudinya,nah di artikel kali ini saya akan membahas penyebab lampu depan mobil mati,lampu jarak jauh dan lampu jarak dekat mati,memang untuk permasalahan mati lampu depan ini tidak berbarengan antara lampu jarak jauh dan lampu dekat ini mati bersamaan terkadang lampu dekatnya yang mati dan kadang lampu jarak jauhnya yang mati,kadang mati sebelah saja dan kadang mati bersamaan untuk lampu jarak dekat atau jauhnya intinya bila mati total berarti arus yang masuk ke saklar lampu hilang simak video ini agar bisa membantu pemahaman anda lebih dalam. berikut ada beberapa yang menyebabkan lampu depan atau lampu utama mati baik pada lampu dekat atau lampu jauh. 1.sekering putus biasanya sekering putus bisa mati total pada lampunya dan terkadang lampu mati sebelah mas

penyebab indikator lampu aki tidak menyala saat posisi kunci kontak ON

Ini adalah kebalikan dari permasalahan lampu indikator aki menyala terus saat mesin hidup dipastikan masalah tersebut berasal dari kabel dan alternator atau dinamo charger aki,problem ini dapat muncul di semua jenis mobil baik bensin,mobil diesel pun sama memiliki permasalahan yang sama karena jenis kontruksi alternatornya sama saja cara kerjanya.   Baik kesempatan kali ini saya akan mengupas penyebab indikator lampu aki tidak menyala saat kunci kontak di on kan,jadi mesin belum dihidupkan dan baru menyalakan semua lampu indikator di panel speedometer mobil dan lampu berlambang aki yang berfungsi sebagai petunjuk bermasalahnya pada sistem pengisian mobil,jadi saat normalnya yaitu lampu indikator aki akan menyala saat kunci kontak posisi on dan akan mati setelah mesin hidup pertanda arus N dari alternator telah keluar dan menuju terminal N regulator sehingga arus N akan masuk ke kumparan atau eletronik regulator sehingga jangkar yang masih terhubung dari massa alternator akan menghisap

penyebab mobil daihatsu zebra susah hidup karburator bermasalah

bermasalah pada mobil daihatsu zebra adalah hal lumrah yang sering dihadapi para penggunanya,mulai dari mesin panas,mogok saat melewati genangan air,saat hujan turun,pompa bensin rotax rusak,hingga pada karburator yang bermasalah,namun semua itu ada solusinya di artikel ini akan dibahas tuntas membahas permasalahan pada karburator,daihatsu zebra dan penyebab mobil daihatsu zebra susah hidup,ada beberapa hal yang menyebabkan karburator zebra bermasalah tentunya pada zebra espass tentunya yang sering sekali mengalami hal seperti ini,informasi ini bersumber langsung pada pengalaman saya sendiri sebagai media yang bisa membantu permasalahan kepada pengguna mobil zebra espass ini,berikut beberapa permasalahan yang sering bermasalah pada mobil zebra ini atau cek video dibawah ini. 1.karburator mudah sekali banjir   ini biasanya bermasalah setelah pembongkaran karburator dan mengganti part isi dalamnya bukan menggunakan part original pabrikan,bermasalahnya biasanya pada jarum pelampun

penyebab suzuki futura injeksi 1.5 mesin pincang dan brebet

penyebab mesin pincang pada mobil suzuki futura injeksi 1.5,adalah masalah yang sering terjadi pada jenis mobil ini,terutama sering bermasalah pada sistem pengapianya,coil sering kali mati pada bagian depan untuk busi nomer 2 dan 3,secara spesifik nya belum jelas dari mana sumber penyebab coil mobil bisa lemah atau mati,secara analisa ada beberapa penyebab coil bisa cepat mati menurut analisa yang sering di jumpai,bisa cek video ini agar lebih jelasnya. 1.pemakaian busi yang salah pada komponen ini sering sekali dijumpai pemakaian busi yang asal-asalan atau sembarangan tidak mengikuti prosedur bawaan pabrikan sehingga pengapian pada mobil ini terganggu akibat pemakaian busi yang tidak tepat akhirnya terjadinya misfire,pada busi yang mengakibatkan beban coil semakin berat, akibat pemakaian busi yang tidak tepat,secara umum busi pada suzuki futura injeksi 1.5 adalah berkode DENSO:K20PR-U NGK:BKR6E terkadang sering dijumpai menggunakan busi bukan standar pabrikan seperti kodeK20

Cara mengatasi Mesin gran max cepat panas, setelah kuras air radiator dan bongkar mesin, ini solusinya.

Banyak dari sebagian orang bingung mengatasi mesin daihatsu gran max panas tiba-tiba, setelah kuras air radiator atau setelah bongkar mesin, ini menjadi banyak pertanyaan, penyebabnya karena secara sadar kadang pengguna mobil ini belum tahu cara membuangnya yang sebenarnya sudah di beri petunjuk di bagian depan sebelah kiri dalam kap ruang radiator yang sebenarnya sudah lengkap petunjuknya, bahkan kurangnya memperhatikan dan membaca buku pedoman bawaan pabrikan mobil tersebut, sehingga kurangnya wawasan mengerjakan mobil tersebut sehingga malah timbul masalah. Baik di artikel kali ini saya akan bahas solusinya bila anda menemukan masalah ini agar panas mesin tidak berlarut-larut sehingga membahayakan mesin mobil itu sendiri sehingga mengakibatkan biaya perbaikan yang lebih besar lagi nantinya.  Menurut konstruksinya mesin ini terletak di bagian bawah pengemudi dan penumpang sebelah kiri depan, dan jarak antara radiator dan mesi  cukup jauh dan harus banyak melewati selang panjang yan