bagaimana bila anda mempunyai mobil jenis injeksi mogok namun ecu sudah di vonis rusak, padahal diagnosa belum jelas dimana permasalahanya,bukan tambah bagus masalahnya malah menambah biaya yang tidak sedikit untuk membeli ecu padahal masalah belum tentu disana karena diagnosa pada mesinya yang belum pasti dimana permasalahan yang sebenarnya jadi seperti asal tebak namun permasalahan belum tahu sebenarnya dimana, disini ada sedikit cerita mobil suzuki carry futura injeksi yang dimiliki oleh orang tinggal didaerah perdesaan yang mana keterbatasan kemampuan tenaga ahli mekanik di bidang teknologi sehingga belum mampu untuk memperbaikinya,selain pengalaman bahkan sampai pada peralatan canggih yang belum dimiliki mekanik daerah perdesaan,singkat cerita telah memanggil mekanik di daerah perkotaan dengan membiayai segelintir orang dari mekanik untuk memeriksanya dengan menggunakan alat canggih sejenis scanner engine injeksi namun belum jelas dimana permasalahanya,karena alat tersebut tidak mampu membaca permasalahan yang sebenarnya sehingga telah sana sini diperiksa namun tidak ada hasilnya sehingga langsung saja memvonis ecu yang rusak namun belum ada kejelasan apakah benar-benar ecu yang rusak saat itu sehingga asal vonis saja dan mobil harus di tarik ke kota untuk penanganan lebih lanjut ternyata mobil tersebut bukan dibawa kebengkel tersebut namun dibawa kebengkel saya sendiri akhirnya menjadi PR terberat saya untuk memperbaikinya,nah dimana kah letak masalahnya berikut adalah bagaimana cara mengatasi mesin injeksi mogok pada mobil suzuki carry futura injeksi bila ecu telah divonis mati dan apa saja yang perlu diperiksa terlebih dahulu dan apa saja yang perlu di cek,lebih jelasnya bisa lihat video dibawah ini.
nah apa saja yang perlu kita periksa dulu sebelum kita memvonis ecu rusak atau tidak berikut yang perlu kita periksa.
1.periksa sekering ecu di kotak sekering di bawah kaki sebelah kiri kemudi bertulisan sekering FI untuk jenis suzuki futura injeksi.
2.setelah diperiksa sekering bagus coba cek pada relaynya apakah relay untuk mengaktifkan lampu injeksi dan pompa bahan bakar telah aktif bila tidak coba tukar dengan yang lain bila dirasakan masih juga tidak ada bunyi masuk kelangkah ke 3
3.lanjut periksa pada sambungan soket kabel ecu bila dirasakan tidak ada masalah kendor atau pun kabel terjebit dan lainya masuk langkah ke 4
4.periksa soket kabel berwarna biru sebelah kiri penumpang di dalam dasbord yang mana disna terletak kabel yang dari arus kunci kontak yanga akan mengaktifkan ecu dan mengaktifkan relay lampu engine dan pompa bensin,kejadian bermasalah pada soket itu akibat korosi,jamur di pin kabel bahkan soket pada pinnya kendor,lakukan pemeriksaan hingga perbaikan pada soket tersebut dengan cara dibersihkan dan tambahkan potongan kabel pada pinnya bila memang soket pin tersebut telah mulai kendor.
5.setelah semua diperiksa coba lihat apakah lampu engine telah menyala,karena indikasi masalah ini mirip ecu rusak yaitu lampu engine tidak menyala saat dihidupkan kunci kontaknya,lampu engine tidak tampil.
6.setelah kunci kontak diputar dan lampu engine tampil coba dengarkan apakah pompa bensin telah aktif dan coba langsung saja hidupkan biasanya bila lampu engine telah menyala kembali dan pompa aktif biasanya mesin akan menyala
7.bila telah hidup pastikan mesin kondisi normal saat di hidupkan dan sat mesin di gas-gas untuk mobil siap di gunakan .
itulah beberapa langkah yang perlu anda perisa untuk cara mengatasi mesin injeksi mogok khususnya pada mobil suzuki carry futura injeksi yang ecunya sudah divonis orang rusak,jangan percaya terlebih dahulu apakah benar-benar ecu yang rusak biar nantinya tidak salah penanganan ecu sudah dibeli mesin belum hidup juga lakukan cara ini siapa tahu bermanfaat akhir dari artikel ini selamat mencoba.
nah apa saja yang perlu kita periksa dulu sebelum kita memvonis ecu rusak atau tidak berikut yang perlu kita periksa.
1.periksa sekering ecu di kotak sekering di bawah kaki sebelah kiri kemudi bertulisan sekering FI untuk jenis suzuki futura injeksi.
2.setelah diperiksa sekering bagus coba cek pada relaynya apakah relay untuk mengaktifkan lampu injeksi dan pompa bahan bakar telah aktif bila tidak coba tukar dengan yang lain bila dirasakan masih juga tidak ada bunyi masuk kelangkah ke 3
3.lanjut periksa pada sambungan soket kabel ecu bila dirasakan tidak ada masalah kendor atau pun kabel terjebit dan lainya masuk langkah ke 4
4.periksa soket kabel berwarna biru sebelah kiri penumpang di dalam dasbord yang mana disna terletak kabel yang dari arus kunci kontak yanga akan mengaktifkan ecu dan mengaktifkan relay lampu engine dan pompa bensin,kejadian bermasalah pada soket itu akibat korosi,jamur di pin kabel bahkan soket pada pinnya kendor,lakukan pemeriksaan hingga perbaikan pada soket tersebut dengan cara dibersihkan dan tambahkan potongan kabel pada pinnya bila memang soket pin tersebut telah mulai kendor.
5.setelah semua diperiksa coba lihat apakah lampu engine telah menyala,karena indikasi masalah ini mirip ecu rusak yaitu lampu engine tidak menyala saat dihidupkan kunci kontaknya,lampu engine tidak tampil.
6.setelah kunci kontak diputar dan lampu engine tampil coba dengarkan apakah pompa bensin telah aktif dan coba langsung saja hidupkan biasanya bila lampu engine telah menyala kembali dan pompa aktif biasanya mesin akan menyala
7.bila telah hidup pastikan mesin kondisi normal saat di hidupkan dan sat mesin di gas-gas untuk mobil siap di gunakan .
itulah beberapa langkah yang perlu anda perisa untuk cara mengatasi mesin injeksi mogok khususnya pada mobil suzuki carry futura injeksi yang ecunya sudah divonis orang rusak,jangan percaya terlebih dahulu apakah benar-benar ecu yang rusak biar nantinya tidak salah penanganan ecu sudah dibeli mesin belum hidup juga lakukan cara ini siapa tahu bermanfaat akhir dari artikel ini selamat mencoba.
Komentar