Langsung ke konten utama

penyebab mesin brebet,pincang dan mogok pada mobil kijang karena platina bermasalah

Pada era kemunculannya jenis mobil ini sangat diminati di Indonesia selain simple dan sparepart mudah di dapat dan perawatan dan perbaikannya pun sangat lah mudah, sehingga sangat disukai masyarakat Indonesia karena kuat bandel dan tahan lama dengan segudang kelebihannya sehingga hampir menutupi kekurangannya. 

Hingga saat ini jenis mobil ini masih di pakai hingga sekarang ini hingga beberapa generasi kemunculannya dari kijang betok mesin 3k, kijang kotak mesin 4k, kijang super mesin 5k dan hingga kijang kapsul mesin 7k, semua itu bermesin konvensional sistem karburator. 

Artikel kali ini kita akan bahas permasalahan mendasar mesin mobil ini yang kerap bermasalah dan menjadi problem yang harus diketahui pengguna mobil ini mulai gejala masalahnya, cara mengatasinya dan cara setel dan menggantinya. 



Untuk sistem pengapian mobil ini pun masih jenis pengapian konvensional yang masih menggunakan braker point atau biasa di sebut platina, yang mana part ini memiliki umur pakai yang mana akan bermasalah bila waktunya akan diganti jadi sifatnya tidak permanen seperti cdi, jadi perlu ketelitian khusus untuk cara mengganti dan menyetel platina tersebut agar pemasangan dan pengapian nya sempurna. 

Berikut ciri-ciri bila braker point atau platina bermasalah :
1.mesin brebet saat digas dan cenderung akan mudah mati. 
2.mesin sulit hidup dan stater panjang dan kadang hidup dan juga tidak. 
3.lansam mesin kacau bergetar, bergoyang bahkan mesin tidak datar dan suara mesin sedikit kasar. 
4.api busi merah dan kecil. 
5.api busi hilang sama sekali atau mati total dalam arti mesin mogok. 
6.mesin hidup pincang. 

Kenapa ini bisa terjadi dikarenakan faktor umur pakai part tersebut yang memang seharusnya diganti atau saat penggantian platina baru tidak dibarengi dengan kondensor nya, karena bermasalah nya platina biasanya bermasalah terlebih dahulu di kondensor nya, jadi penggantian harus dibarengi dengan penggantian platina dan kondensornya. 

Solusinya ya harus melakukan  penggantian pada part ini, bila masih bisa di rekondisi bisa anda buka dan di amplas pada bagian plat kontaknya tapi jangan lupa bersihkan terlebih dahulu bekas amplasannya untuk menghindari plat kontaknya tidak menghubungkan arus api karena terhalang sisa amplasannya. 

Baik ini bagian penting yang harus tahu saat penggantian braker point atau platina yaitu cara memasang dan menyetel nya berikut ulasannya :
A. Membuka dan memasang 
1.buka baut kabel platina berukuran mur 7-8mm.
2.tarik kabel platina dari baut tersebut. 
3.buka baut skrup obeng plus kedua sisi platina kendorkan saja dan angkat platina maka platina akan terlepas dari dudukan nya. 
4.masukan platina yang baru yang akan dipasang dan dudukan di posisinya ingat baut skrup obeng plus tersebut jangan langsung di ikat mati jadi rapatkan saja dan posisi nok bawah plat dudukan platina tepat pada lubang didudukan platina nya untuk menghindari sulitnya penyetelan kerenggangan plat kontak platinanya. 
5.pasang kabel di baut ukuran 7-8mm dan ikat mati. 
 
Oke langkah membuka dan memasang telah selesai langkah selanjutnya kita lakukan langkah penyetelan nya, langkah penyetelan nya ada dua metode 

A. Langkah penyetelan secara umum. 
Langkah ini biasanya dipakai bengkel umum pada biasanya yaitu dengan cara memutar pulley mesin dan posisikan pada benjolan nok as pada delco atau distributor pada posisi tertinggi yang nantinya untuk menyetel kerapatan dan kerenggangan pada plat kontak platina tersebut yang akan bersentuhan dengan rubbing block atau blok karet di platina, dan atur kerapatan kerenggangan platina dengan menggunakan obeng minus dengan cara menggeser sisi slot plat dudukan platina disisi plat dudukan tersebut, cara ini tidak menggunakan ukuran khusus cukup memakai filling mekanik dan teknisi saja jadi cara ini dibutuhkan skill yang sangat tinggi untuk menentukan kerapatan dan kerenggangan nya. 

B. Penyetelan cara standar pabrikan mobil
Cara ini sangatlah jarang sekali digunakan karena keterbatasan pengetahuan dan basic para mekanik memiliki cara Masing-masing sehingga cara ini sangat jarang dilakukan, cara ini yaitu cara aman standar pabrikan mobil berikut cara menyetel nya :
1.putar pulley mesin atau poros engkol dengan menggunakan kunci ukuran 17mm bila di mesin kijang lama sampai nok sejajar dengan rubbing block (blok karet). 
2.masukan alat ukur ketebalan atau fuller gauge yang telah disiapkan. 
3.masukan obeng minus ke slot pada plat platina dan lakukan penyetelan dengan memutar plat platina sampai platina berada  pada posisi akan membuka dan ukuran celah rubbing block atau blok karet pada platina kisaran (0,45 mm) ukuran pada fuller gauge nya. 
4.di rasakan setelan telah didapat lakukan pengencangan terakhir terhadap kedua baut skrup pada plat platina, dan periksa sekali lagi besar celahnya. 

Itulah cara membuka dan mengganti braker point atau platina dan cara menyetel nya kembali, pada mobil toyota kijang lama bermesin konvensional karburator mulai mesin 3k, 4k, 5k dan 7k, cara penyetelan nya sama dan jenis platinanya pun sama semoga bermanfaat informasinya dan berguna bagi anda yang membaca artikel ini Terima kasih. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

cara mengatasi indikator amper temperatur panas mobil tidak berfungsi.

pernah kah anda mengalami indikator amper temperatur panas mobil tidak berfungsi alias mati,error, pastinya sangatlah tidak menyenangkan hati saat mengendarainya oleh sebab itu diperlukan perbaikan pada seluruh komponen yang berhubungan dengan indikator amper panas tersebut,mulai dari switch panas,kabel,hingga pada amper panasnya tersebut dan ada beberapa ciri-ciri yang menyebabkan indikator amper panas mesin mobil mati dan bagaimana cara mengatasi indikator amper temperatur panas mobil tidak berfungsi,ada beberapa hal yang membuat indikator ini mati berikut adalah ulasanya. 1.switch panas rusak switch panas ini biasanya terletak di outlet pipa-pipa air diselang radiator,menempel di head cylinder bahkan hingga menempel pada tutup thermostat mobil,biasanya bila bermasalah dibagian ini adalah indikator amper temperatur panas akan mati sama sekali bahkan terkadang panas tidak bisa menunjukan batas normal terkadang tinggi sampai full terkadang juga lambat menunjukan panas mesin hing...

cara mendiagnosa mesin efi cara manual suzuki baleno 97 untuk membaca lampu engine menyala

cara sederhana tanpa banyak biaya yang besar cukup bermodalkan kabel sepotong saja bisa melihat kode trouble lampu engine menyala di khususkan pada suzuki baleno tahun 97 yang mana masih menggunakan scan manual tanpa soket obd 2 seperti baleno tahun 2000an,yang mana mobil tersebut telah menggunakan soket obd 2 yang bisa dihubungkan ke engine scanner,walaupun scan manualnya tidak dihilangkan,nah di artikel kali ini saya akan mmembahas khusus baleno tahun 97 saja yaitu,cara mendiagnosa mesin efi cara manual suzuki baleno 97 untuk membaca lampu engine menyala,diartikel ini akan diberi tahu langkah dan cara-cara mendiagnosanya,cara mengatasinya hingga pada perbaikanya,lebih jelasnya bisa cek video dibawah ini. berikut cara dan langkah-langkah cara mendiagnosanya 1.buka tutup sekering letaknya di bagian kiri dalam ruang mesin dan cari tulisan di kotak sekeringnya bertuliskan  (DIAG 1). 2.pasang kabel jumper pada terminal DIAG 1 dengan cara menjumper kedua pin terminal seperti g...

penyebab busi pijar cepat mati dan solusi masalah busi pijar cepat mati pada mobil mitsubhisi l300

sering kali para pengguna mobil mesin diesel tentunnya yang masih menggunakan sistem busi pijar atau busi pemanas kesulitan menghidupkan mesin,apakah yang menyebabkan mobil yang mesinnya masih menggunakan busi pijar atau busi pemanas sangat sulit dihidupkan terlebih saat pagi hari,menurut beberapa pengalaman saya ada beberapa macam yang bisa menimbulkan mesin diesel jenis ini sulit dihidupkan berikut ulasannya,akan di bahas penyebab permasalahannya hingga solusi penanganannya. 1.busi pijar mati karena faktor umur pake ini merupakan permasalahan normal karena usia pake busi pijar telah lama,dan untuk perawatanya penggantiannya setiap kilometer yang ditentukan pabrikanya,maka dari itu untuk perawatanya harus rutin paling tidak perlu pengecekan berkala, untuk cara pengecekannya nanti akan dibahas di artikel lainya,setidaknya untuk perawatan secara berkalanya itu biasanya jarang dilakaukan namun dengan penggunakan bahan bakar yang berkualitas baik akan membantu keawetan businya ka...

cara tepat dan benar mengatasi mesin panas daihatsu zebra

mesin mobil panas adalah hal yang sering dijumpai pada setiap mobil,namun disini akan dibahas hanya pada mobil daihatsu zebra tentunya pada mobil zebra espass yang banyak mengeluhkan banyaknya masalah pada mesinya terutama pada mesinya yang panas,disini akan dibahas secara mendetail apa saja yang menyebabkan mesin daihatsu zebra panas dan bagaimana cara memperbaikinya,dan bagaimana tips solusi agar mesin daihatsu zebra tetap dingin temperatur panasnya agar mesin daihatsu zebra yang dikenal super irit ini kembali bekerja dengan baik dan optimal tanpa mesinya panas,berikut penyebab mesin daihatsu zebra panas. 1.pipasegitiga tersumbat pipa  ini berada di bagian atas mesin yaitu menghubungkan 3 cabang yaitu masuk ke outlet air, ke monifold air dan ke radiator,fungsi dari pipa ini sebagai pembagi karena posisinya tidak didalam mesin langsung atau dekat pompa air by pass nya, maka antara air di oulet yang menuju ke head cylinder yang akan kembali ke radiator yang mela...

bingung dimana letak nomer mesin dan nomer rangka buat persyaratan bayar pajak mobil ini solusinya.

Lama tidak update artikel, baik pembahasan blog kali ini saya akan bahas mengenai letak nomer mesin dan letak nomer rangka mobil memang tidak lengkap sepenuhnya namun semoga membantu bagi para pembaca artikel ini.  Disini akan di bahas letak dan posisi nomer mesin dan rangka yang tepat dan sekaligus akan di berikan videonya agar lebih mudah membantu memberikan berikut videonya.  Baik ini adalah beberapa nomer mesin dan nomer rangka mobil yang telah tercatat dan yang telah diterima informasinya,ini akurat karena ini hasil langsung ke objek yang telah ditentukan,berikut ulasannya.  1.Mitsubhisi L300 dan kuda diesel Nomer mesin : sebelah kiri mesin sedikit kebelakang tepatnya di atas dinamo stater Nomer rangka : belakang kanan mobil tepatnya di sasis ban mobil 2.Daihatsu gran max pick up dan minibus Nomer mesin : kanan mesin sedikit kebelakang tepatnya antara sambungan mesin dan transmisi.  Nomer rangka : di kap depan tepatnya menempel di dinding menghadap kebawah....

penyebab lampu depan mobil mati,lampu jarak jauh dan lampu jarak dekat mati

Pada mobil tentunya jenis mobil apapun lampu depan atau lampu utama sangat lah penting perannya sebagai penerangan selain itu sebagai keselamatan saat mengemudi dimalam hari,untuk permasalahanya sering kali menyulitkan pengemudinya,nah di artikel kali ini saya akan membahas penyebab lampu depan mobil mati,lampu jarak jauh dan lampu jarak dekat mati,memang untuk permasalahan mati lampu depan ini tidak berbarengan antara lampu jarak jauh dan lampu dekat ini mati bersamaan terkadang lampu dekatnya yang mati dan kadang lampu jarak jauhnya yang mati,kadang mati sebelah saja dan kadang mati bersamaan untuk lampu jarak dekat atau jauhnya intinya bila mati total berarti arus yang masuk ke saklar lampu hilang simak video ini agar bisa membantu pemahaman anda lebih dalam. berikut ada beberapa yang menyebabkan lampu depan atau lampu utama mati baik pada lampu dekat atau lampu jauh. 1.sekering putus biasanya sekering putus bisa mati total pada lampunya dan terkadang lampu mati sebelah mas...

penyebab indikator lampu aki tidak menyala saat posisi kunci kontak ON

Ini adalah kebalikan dari permasalahan lampu indikator aki menyala terus saat mesin hidup dipastikan masalah tersebut berasal dari kabel dan alternator atau dinamo charger aki,problem ini dapat muncul di semua jenis mobil baik bensin,mobil diesel pun sama memiliki permasalahan yang sama karena jenis kontruksi alternatornya sama saja cara kerjanya.   Baik kesempatan kali ini saya akan mengupas penyebab indikator lampu aki tidak menyala saat kunci kontak di on kan,jadi mesin belum dihidupkan dan baru menyalakan semua lampu indikator di panel speedometer mobil dan lampu berlambang aki yang berfungsi sebagai petunjuk bermasalahnya pada sistem pengisian mobil,jadi saat normalnya yaitu lampu indikator aki akan menyala saat kunci kontak posisi on dan akan mati setelah mesin hidup pertanda arus N dari alternator telah keluar dan menuju terminal N regulator sehingga arus N akan masuk ke kumparan atau eletronik regulator sehingga jangkar yang masih terhubung dari massa alternator akan menghi...

penyebab mobil daihatsu zebra susah hidup karburator bermasalah

bermasalah pada mobil daihatsu zebra adalah hal lumrah yang sering dihadapi para penggunanya,mulai dari mesin panas,mogok saat melewati genangan air,saat hujan turun,pompa bensin rotax rusak,hingga pada karburator yang bermasalah,namun semua itu ada solusinya di artikel ini akan dibahas tuntas membahas permasalahan pada karburator,daihatsu zebra dan penyebab mobil daihatsu zebra susah hidup,ada beberapa hal yang menyebabkan karburator zebra bermasalah tentunya pada zebra espass tentunya yang sering sekali mengalami hal seperti ini,informasi ini bersumber langsung pada pengalaman saya sendiri sebagai media yang bisa membantu permasalahan kepada pengguna mobil zebra espass ini,berikut beberapa permasalahan yang sering bermasalah pada mobil zebra ini atau cek video dibawah ini. 1.karburator mudah sekali banjir   ini biasanya bermasalah setelah pembongkaran karburator dan mengganti part isi dalamnya bukan menggunakan part original pabrikan,bermasalahnya biasanya pada jarum...

penyebab suzuki futura injeksi 1.5 mesin pincang dan brebet

penyebab mesin pincang pada mobil suzuki futura injeksi 1.5,adalah masalah yang sering terjadi pada jenis mobil ini,terutama sering bermasalah pada sistem pengapianya,coil sering kali mati pada bagian depan untuk busi nomer 2 dan 3,secara spesifik nya belum jelas dari mana sumber penyebab coil mobil bisa lemah atau mati,secara analisa ada beberapa penyebab coil bisa cepat mati menurut analisa yang sering di jumpai,bisa cek video ini agar lebih jelasnya. 1.pemakaian busi yang salah pada komponen ini sering sekali dijumpai pemakaian busi yang asal-asalan atau sembarangan tidak mengikuti prosedur bawaan pabrikan sehingga pengapian pada mobil ini terganggu akibat pemakaian busi yang tidak tepat akhirnya terjadinya misfire,pada busi yang mengakibatkan beban coil semakin berat, akibat pemakaian busi yang tidak tepat,secara umum busi pada suzuki futura injeksi 1.5 adalah berkode DENSO:K20PR-U NGK:BKR6E terkadang sering dijumpai menggunakan busi bukan standar pabrikan seperti kodeK20...

Cara mengatasi Mesin gran max cepat panas, setelah kuras air radiator dan bongkar mesin, ini solusinya.

Banyak dari sebagian orang bingung mengatasi mesin daihatsu gran max panas tiba-tiba, setelah kuras air radiator atau setelah bongkar mesin, ini menjadi banyak pertanyaan, penyebabnya karena secara sadar kadang pengguna mobil ini belum tahu cara membuangnya yang sebenarnya sudah di beri petunjuk di bagian depan sebelah kiri dalam kap ruang radiator yang sebenarnya sudah lengkap petunjuknya, bahkan kurangnya memperhatikan dan membaca buku pedoman bawaan pabrikan mobil tersebut, sehingga kurangnya wawasan mengerjakan mobil tersebut sehingga malah timbul masalah. Baik di artikel kali ini saya akan bahas solusinya bila anda menemukan masalah ini agar panas mesin tidak berlarut-larut sehingga membahayakan mesin mobil itu sendiri sehingga mengakibatkan biaya perbaikan yang lebih besar lagi nantinya.  Menurut konstruksinya mesin ini terletak di bagian bawah pengemudi dan penumpang sebelah kiri depan, dan jarak antara radiator dan mesi  cukup jauh dan harus banyak melewati selang pa...