Cara mengatasi Mesin gran max cepat panas, setelah kuras air radiator dan bongkar mesin, ini solusinya.
Banyak dari sebagian orang bingung mengatasi mesin daihatsu gran max panas tiba-tiba, setelah kuras air radiator atau setelah bongkar mesin, ini menjadi banyak pertanyaan, penyebabnya karena secara sadar kadang pengguna mobil ini belum tahu cara membuangnya yang sebenarnya sudah di beri petunjuk di bagian depan sebelah kiri dalam kap ruang radiator yang sebenarnya sudah lengkap petunjuknya, bahkan kurangnya memperhatikan dan membaca buku pedoman bawaan pabrikan mobil tersebut, sehingga kurangnya wawasan mengerjakan mobil tersebut sehingga malah timbul masalah.
Baik di artikel kali ini saya akan bahas solusinya bila anda menemukan masalah ini agar panas mesin tidak berlarut-larut sehingga membahayakan mesin mobil itu sendiri sehingga mengakibatkan biaya perbaikan yang lebih besar lagi nantinya.
Menurut konstruksinya mesin ini terletak di bagian bawah pengemudi dan penumpang sebelah kiri depan, dan jarak antara radiator dan mesi cukup jauh dan harus banyak melewati selang panjang yang berbentuk dari atas melengkung ke bawah dan naik lagi ke atas sehingga jarak air yang akan sirkulasi dari radiator ke mesin cukup jauh dan dibutuhkan tendangan pompa air yang kuat untuk menghisap air dari radiator ke mesin, nah bagaimana jadinya bila air dari radiator ke mesin tidak bersirkulasi dengan baik karena udara didalam selang tersebut yang mengganggu air yang akan dituang kan ke radiator ke mesin sehingga air tidak terisi penuh didalamnya, saat diisi air terlihat penuh di pengisian radiator namun saat hidup mesin air akan masuk dan volume air didalam mesin berkurang sehingga mengganggu kinerja pompa air sedangkan pengemudi tidak memeriksa lagi volume air tersebut sehingga mengakibatkan temperatur panas mesin naik dan menyebabkan mobil tersebut panas, lebih jelas nya bisa cek video dibawah ini cara membuang angin didalam ruang mesin pada mobil daihatsu gran max.
Untuk lebih jelasnya berikut langkah cara membuang udara di ruang air pada mobil daihatsu gran max, yang masih belum tahu cara membuangnya
Metode ini dilakukan bila melakukan pengurasan habis pada air radiator nya atau setelan habis bongkar mesin menguras habis air radiator sehingga ruang air didalam mesin kosong dan hampa udara saat diisi air radiator lagi, berikut tipsnya :
1.siap kan air radiator dan minta bantuan teman untuk siap mengisi air radiator dengan instruksi anda.
2.buka baut pembuangan air di block mesin letaknya di bawah dekat tali kopling.
3.buka baut tersebut dengan diameter kunci 17mm gunakan kunci shock agar lebih mudah membukanya.
4.beri instruksi teman anda untuk mengisi air radiator hingga sampai air radiator mengalir lewat baut pembuangan tersebut, maka akan ada gelembung udara yang akan keluar dari sana, dan pembuangan udara yang tepat yaitu air akan keluar deras dari baut pembuangan tersebut sehingga tidak ada lagi gelembung udara yang keluar.
5.selanjutnya buka baut pembuangan udara di cilynder head dengan diameter baut pembuangan 10mm, buka baut tersebut dan isi kembali air radiator sampai gelembung udara di head cilynder habis dan tutup kembali setelah udara didalam head cilynder habis.
Setelah selesai membuang udara atau angin didalam ruang mesin hidupkan mesin sampai temperatur berada di setengah untuk normalnya.
dan rasakan apakah panas antara selang radiator atas dan bawah panas merata dan bila kipas radiator berputar secara periodik dalam arti kipas akan berputar secara berkala, namun bila kipas berputar dan tidak secara periodik itu pertanda mesin masih panas, karena air di dalam mesin tidak bersirkulasi ke radiator dikarenakan masih ada udara yang mengganggu kinerja pompa untuk menghisap air radiator ke mesin dan mengembalikan kembali ke radiator saat thermostat telah membuka untuk didinginkan bila setelah thermostat membuka, walaupun indikator temperatur tetap pada setengah namun mesin tetap panas, berarti pembuangan udara harus di lakukan ulang sampai kipas radiator bisa berputar secara periodik sebagai tanda bahwa udara diruang mesin telah habis dan air dari radiator ke mesin telah bersirkulasi dengan baik,ini sangat sepele namun banyak orang belum tahu, sehingga mengakibatkan hal fatal terjadi di mobil tersebut, semoga menginspirasi anda dan dapat mencobanya, silahkan lihat-lihat artikel lainnya sudah banyak dibahas di blog ini tentang mesin mobil yang panas semoga memberikan solusi jalan keluar bagi anda yang membaca artikel ini yang sedang mengalami hal tersebut.
Komentar