Untuk jenis mobil kelas muatan ringan hingga menengah baik yang penumpang dan bermuatan barang bila masih menggunakan sistem rem hidrolik tentunya tidak asing lagi dengan masalah satu ini yaitu penyebab pedal rem mobil dalam dan rem mobil nyeplos saat berkendara pastinya tentu saja setiap pemilik mobil yang menggunakan sistem rem ini akan merasakanya namun sebagian pemilik mobil belum tahu dimana permasalahannya,semoga artikel ini bisa mengedukasi mereka yang membutuhkan informasinya.
secara umum penyebab pedal rem dalam,injakan rendah dan bahkan rem nyeplos,dalam arti disini adalah bukan blong rem nya tapi lebih dominan rem mobil injakan rendah saat kita injak posisi pelan seperti kita akan berhenti di lampu merah ,rem terasa dalam dan nyeplos dan akan terasa pengeremannya saat kita mengocok pedal rem dua hingga beberapa kali kocokan baru terasa pengeremannya,masalah ini bersumber langsung pada pompa hidrolik nya yaitu master rem atas kenapa demikian biasanya masalah ini timbul bila tidak terjadi kebocoran pada komponen rem lainnya seperti master rem bawah roda selang pecah intinya tidak ada kebocoran nyata namun rem mengalami masalah demikian,biasanya ciri-ciri master rem atas bermasalah adalah :
1.rem terasa nyeplos bila diinjak langsung dalam arti rem turun kebawah dn rem hilang, namun tidak terjadi kebocoran pada komponen lainnya.
2.rem akan terasa bila pedal rem diinjak dua kali bahkan lebih atau kita kocok-kocok pedal rem maka rem akan terasa tinggi.
3.rem terasa rendah bila kita terlalu lama menginjak pedal rem,jadi pedal rem akan turun dengan sendirinya namun bila kita menginjak beberapa kali maka rem akan tinggi kembali.
4.tidak ada tekanan hidrolik atau tekanan fluida dari minyak rem di roda-roda.
5.roda depan mobil macet saat melakukan pengereman,pernah kejadian saat kita membuang udara di baut pembuangan bawah makan rem akan kembali normal dan nanti sebaliknya rem akan macet kembali setelah melakukan perjalanan kembali.
itulah beberapa ciri-ciri versi pengalaman saya saat menangani permasalahan ini,dan masalah ini akan terjadi pada mobil yang menggunakan sistem rem hidrolik.
untuk solusinya yaitu anda bisa mengganti isi dalam master rem atas tersebut dengan yang baru bila masih dirasakan layak dipergunakan ,namun bila sudah terlihat cacat atau luka pada bagian dalam silindernya maka perlu penggantian satu seat,untuk pemasangannya terlebih dahulu anda perlu membuang udara terlebih dahulu sebelum membuang udara pada bagian bawah pembuangan di roda jadi kita jadikan dulu hidroliknya dari pompa master rem atas dulu baru buang udara di seluruh roda ini bertujuan agar pembuangan udara di master rem di roda tidak terlalu lama untuk membentuk hidrolik yang akan menggerakan kampas rem di roda jadi bila hidrolik di master rem atas telah ada maka akan mudahkan terjadinya tekanan hidrolik ke seluruh roda-roda,untuk pembuangan udaranya bisa cek video dibawah ini.
di video diatas saya contohkan pada mobil misubishi canter dan cara di video tersebut terbukti berhasil dan bisa mempermudah membentuk hidrolik di rem mobil,yang perlu diperhatikan adalah langkah-langkahnya jangan dilewatkan satu persatu hingga selesai untuk mendapatkan hasil yang maksimal,semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel lainnya.
secara umum penyebab pedal rem dalam,injakan rendah dan bahkan rem nyeplos,dalam arti disini adalah bukan blong rem nya tapi lebih dominan rem mobil injakan rendah saat kita injak posisi pelan seperti kita akan berhenti di lampu merah ,rem terasa dalam dan nyeplos dan akan terasa pengeremannya saat kita mengocok pedal rem dua hingga beberapa kali kocokan baru terasa pengeremannya,masalah ini bersumber langsung pada pompa hidrolik nya yaitu master rem atas kenapa demikian biasanya masalah ini timbul bila tidak terjadi kebocoran pada komponen rem lainnya seperti master rem bawah roda selang pecah intinya tidak ada kebocoran nyata namun rem mengalami masalah demikian,biasanya ciri-ciri master rem atas bermasalah adalah :
1.rem terasa nyeplos bila diinjak langsung dalam arti rem turun kebawah dn rem hilang, namun tidak terjadi kebocoran pada komponen lainnya.
2.rem akan terasa bila pedal rem diinjak dua kali bahkan lebih atau kita kocok-kocok pedal rem maka rem akan terasa tinggi.
3.rem terasa rendah bila kita terlalu lama menginjak pedal rem,jadi pedal rem akan turun dengan sendirinya namun bila kita menginjak beberapa kali maka rem akan tinggi kembali.
4.tidak ada tekanan hidrolik atau tekanan fluida dari minyak rem di roda-roda.
5.roda depan mobil macet saat melakukan pengereman,pernah kejadian saat kita membuang udara di baut pembuangan bawah makan rem akan kembali normal dan nanti sebaliknya rem akan macet kembali setelah melakukan perjalanan kembali.
itulah beberapa ciri-ciri versi pengalaman saya saat menangani permasalahan ini,dan masalah ini akan terjadi pada mobil yang menggunakan sistem rem hidrolik.
untuk solusinya yaitu anda bisa mengganti isi dalam master rem atas tersebut dengan yang baru bila masih dirasakan layak dipergunakan ,namun bila sudah terlihat cacat atau luka pada bagian dalam silindernya maka perlu penggantian satu seat,untuk pemasangannya terlebih dahulu anda perlu membuang udara terlebih dahulu sebelum membuang udara pada bagian bawah pembuangan di roda jadi kita jadikan dulu hidroliknya dari pompa master rem atas dulu baru buang udara di seluruh roda ini bertujuan agar pembuangan udara di master rem di roda tidak terlalu lama untuk membentuk hidrolik yang akan menggerakan kampas rem di roda jadi bila hidrolik di master rem atas telah ada maka akan mudahkan terjadinya tekanan hidrolik ke seluruh roda-roda,untuk pembuangan udaranya bisa cek video dibawah ini.
di video diatas saya contohkan pada mobil misubishi canter dan cara di video tersebut terbukti berhasil dan bisa mempermudah membentuk hidrolik di rem mobil,yang perlu diperhatikan adalah langkah-langkahnya jangan dilewatkan satu persatu hingga selesai untuk mendapatkan hasil yang maksimal,semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel lainnya.
Komentar