kampas rem bagian depan adalah termasuk kampas rem yang sangat rawan sekali habis dikarenakan posisinya yang cukup terbuka dan rentan sekali kemasukan kotoran berikut beberapa penyebab kampas rem cepat habis dan cara mengganti kampas rem motor yang baru bagian rem depan atau rem cakram,simak video di bawah ini sebagai pelajaran awalnya cara mengganti kampas rem depan motor anda.
ada beberapa penyebab kampas rem depan motor cepat habis mungkin ini sebagai sedikit penyebab kampas rem depan motor cepat habis :
1.sering terkena air akibat banjir sehingga melunakkan pada bagian kampas rem sehingga saat melakukan pengereman kampas rem akan terkikis dengan mudahnya.
2.selalu kemasukan debu pasir,lumpur dan kotoran kasar lainya yang menyebabkan cepat habisnya kampas rem saat melakukan pengereman selain kampas rem nya yang cepat habis tetapi piringan cakramnya pun akan mudah sekali rusak.
3.komponen cakramnya rusak atau cacat ini pun penyebab cepat habisnya kampas rem upnormal akibat piringan cakram rusak karena terlambatnya penggantian kampas rem sehingga dasar besi pada kampas rem bersinggungan langsung dengan piringan cakramnya.
4.seringnya melewati daerah turunan ini pun salah satu penyebab rem depan motor anda cepat habis dikarenakan saat melakukan turunan maka komponen rem depan ini untuk membantu mengurangi kecepatan untuk menyeimbangkan beban motor anda agar tidak terlalu over kecepatan saat menurun.
5.macetnya piston rem cakram sehingga saat melakukan pengereman kampas rem tidak kembali pada dudukan semula sehingga akan terjadi gesekan terus menerus dengan piringan cakram sehingga kampas rem akan selalu terkikis saat motor anda melaju saat melakukan perjalanan.
itulah beberapa penyebab kampas rem cepat habis pada motor sebagai permasalahan yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari tentunya bagi pemilik motor kendaraan roda dua,berikut untuk selanjutnya adalah cara memasang kampas rem motor yang baru untuk bagian rem depan atau rem cakram berikut cara menggantinya :
1.siapkan peralatan untuk membuka kampas remnya seperti,kunci L seperti di video di atas,kunci T ukuran 10mm,dan alat pres piston rem bila punya kalau tidak cukup pres saja menggunakan obeng minus besar saja.
2.setelah peralatan siap buka pada baut kunci L nya terdapat 2 buah bagian atas atau bawah.
3.kemudiaan buka pada dudukan rumahan piston rem cakram dengan membuka baut ukuran 10 mm seperti video di atas.
4. setalah itu tarik pada bagian baut pin kunci L tersebut dan lakukan pengepresan piston remnya bisa menggunakan alat pres khusus seperti video diatas atau lakukan pengepresan menggunakan obeng minus besar saja sebagai alat untuk mengepresnya.
5.setelah di pres pasang kampas rem yang baru dan pasang kembali pin pengunci kampas rem seperti sedia kalanya dan jangan lupa kencangkan baut L nya.
6 setelah kampas rem telah terpasang di rumahan cakramnya selanjutnya lumasi pada bagian pin calliper remnya dengan gemuk atau grease secukupnya saja.
7.pasang kembali di dudukan rumahan cakramnya menempel di shock depan beserta rumahnya dan lakukan pengikatan pada baut 10mm menggunakan kunci T 10mm.
8. pencet-pencet secara berulang tuas rem depannya sampai terasa keras kejal dan tinggi menandakan kampas rem telah tinggi.
9.bila tidak kunjung tinggi pada tuas rem depanya bisa lakukan buang udara melalui pipa pembuangan udara di rumahan rem cakramnya dengan mengulang-ulang tuas rem dan menahan tuas rem saat akan membuang udara di dalam minyak rem.
10.setelah dirasakan tinggi tuas remnya selanjutnya lakukan pengetesan dengan cara mengangkat ban depan dan memutarnya dengan sesekali memekan tuas rem depan di haruskan putaran roda harus lancar tidak serat atau macet itu menandakan kampas rem kembali pada posisinya bila setelah menekan tuas remnya.
itulah beberapa tutorial cara mengganti kampas rem motor ini bisa dilakukan pada motor bebek atau motor besar lainya asalkan prosedurnya sama cara ini bisa anda lakukan pada motor jenis apapun,semoga bermanfaat informasi dan ilmu pengetahuannya.
ada beberapa penyebab kampas rem depan motor cepat habis mungkin ini sebagai sedikit penyebab kampas rem depan motor cepat habis :
1.sering terkena air akibat banjir sehingga melunakkan pada bagian kampas rem sehingga saat melakukan pengereman kampas rem akan terkikis dengan mudahnya.
2.selalu kemasukan debu pasir,lumpur dan kotoran kasar lainya yang menyebabkan cepat habisnya kampas rem saat melakukan pengereman selain kampas rem nya yang cepat habis tetapi piringan cakramnya pun akan mudah sekali rusak.
3.komponen cakramnya rusak atau cacat ini pun penyebab cepat habisnya kampas rem upnormal akibat piringan cakram rusak karena terlambatnya penggantian kampas rem sehingga dasar besi pada kampas rem bersinggungan langsung dengan piringan cakramnya.
4.seringnya melewati daerah turunan ini pun salah satu penyebab rem depan motor anda cepat habis dikarenakan saat melakukan turunan maka komponen rem depan ini untuk membantu mengurangi kecepatan untuk menyeimbangkan beban motor anda agar tidak terlalu over kecepatan saat menurun.
5.macetnya piston rem cakram sehingga saat melakukan pengereman kampas rem tidak kembali pada dudukan semula sehingga akan terjadi gesekan terus menerus dengan piringan cakram sehingga kampas rem akan selalu terkikis saat motor anda melaju saat melakukan perjalanan.
itulah beberapa penyebab kampas rem cepat habis pada motor sebagai permasalahan yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari tentunya bagi pemilik motor kendaraan roda dua,berikut untuk selanjutnya adalah cara memasang kampas rem motor yang baru untuk bagian rem depan atau rem cakram berikut cara menggantinya :
1.siapkan peralatan untuk membuka kampas remnya seperti,kunci L seperti di video di atas,kunci T ukuran 10mm,dan alat pres piston rem bila punya kalau tidak cukup pres saja menggunakan obeng minus besar saja.
2.setelah peralatan siap buka pada baut kunci L nya terdapat 2 buah bagian atas atau bawah.
3.kemudiaan buka pada dudukan rumahan piston rem cakram dengan membuka baut ukuran 10 mm seperti video di atas.
4. setalah itu tarik pada bagian baut pin kunci L tersebut dan lakukan pengepresan piston remnya bisa menggunakan alat pres khusus seperti video diatas atau lakukan pengepresan menggunakan obeng minus besar saja sebagai alat untuk mengepresnya.
5.setelah di pres pasang kampas rem yang baru dan pasang kembali pin pengunci kampas rem seperti sedia kalanya dan jangan lupa kencangkan baut L nya.
6 setelah kampas rem telah terpasang di rumahan cakramnya selanjutnya lumasi pada bagian pin calliper remnya dengan gemuk atau grease secukupnya saja.
7.pasang kembali di dudukan rumahan cakramnya menempel di shock depan beserta rumahnya dan lakukan pengikatan pada baut 10mm menggunakan kunci T 10mm.
8. pencet-pencet secara berulang tuas rem depannya sampai terasa keras kejal dan tinggi menandakan kampas rem telah tinggi.
9.bila tidak kunjung tinggi pada tuas rem depanya bisa lakukan buang udara melalui pipa pembuangan udara di rumahan rem cakramnya dengan mengulang-ulang tuas rem dan menahan tuas rem saat akan membuang udara di dalam minyak rem.
10.setelah dirasakan tinggi tuas remnya selanjutnya lakukan pengetesan dengan cara mengangkat ban depan dan memutarnya dengan sesekali memekan tuas rem depan di haruskan putaran roda harus lancar tidak serat atau macet itu menandakan kampas rem kembali pada posisinya bila setelah menekan tuas remnya.
itulah beberapa tutorial cara mengganti kampas rem motor ini bisa dilakukan pada motor bebek atau motor besar lainya asalkan prosedurnya sama cara ini bisa anda lakukan pada motor jenis apapun,semoga bermanfaat informasi dan ilmu pengetahuannya.
Komentar