Lampu indikator check engine pada mobil memiliki peran penting untuk bisa mengetahui
kondisi mesin apakah kondisi mesin baik atau tidak kinerjanya dan
biasanya lampu indikator check engine ini hanya bisa mendeteksi peranti sensor saja
diluar itu lampu ini tidak akan bisa mendeteksi permasalahannya,baik di
artikel kali ini saya akan membahas fungsi lampu indikator check engine mobil dan cara
mengatasi lampu indikator check engine menyala,berikut videonya lebih lanjut akan lebih
tahu secara mendetail informasinya.
pengertian lampu indikator check engine atau MIL secara denifisi adalah sebuah lampu indikator yang berfungsi sebagai lampu penunjuk bahwasanya ada masalah di peranti elektronik mesin mobil injeksi bensin atau solar yang untuk sekarang ini telah menggunakan ecu(elektronik control unit)sebagai otak dari semua penggerak mesin tersebut,jadi lampu indikator check engine atau MIL hanya sebatas lampu indikator yang memberikan informasi kondisi mesin tentunya pada peranti elektronik sensor lainnya,jadi fungsi lampu indikator check engine adalah sebagai media yang mewakili bermacam-macam sensor mobil yang bermasalah.
saat normal lampu indikator check engine akan menyala saat kita memutar kunci kontak posisi ON dan akan mati setelah mesin hidup kondisi ini menunjukan bahwa tidak ada masalah di mesin mobil injeksi anda,namun bila saat mesin hidup namun lampu indikator check engine atau MIL masih menyala itu kemungkinan besar disebabkan adanya masalah di sistem peranti elektronik yang hanya bisa dilihat masalahnya dengan melakukan engine scanner,jadi disini ada dua cara mendiagnosis engine yaitu:
1.lakukan diagnosis 1 atau secara manual pada mesin
nah cara ini dapat dilakukan tanpa peralatan khusus pastinya yang jelas hanya bermodalkan kabel saja anda bisa mendiagnosisnya yaitu dengan cara menjumper dua buah pin connector soket diagnosis TE1 dan E1,jadi cara ini dapat dilakukan pada jenis mobil tertentu biasanya pada jenis mobil kijang efi 1.8,great corolla,all new twincam,soluna,all new corolla 1.8,honda cielo,honda century,avanza tahun 2004 hingga 2014 dan lainnya,cara ini yaitu dengan cara membaca kode kedipan lampu indikator check engine saat kunci kontak posisi ON untuk cara membacanya sudah dibahas di artikel sebelumnya silahkan anda cek kembali.
2.lakukan engine scanner dengan peralatan khusus melalui soket conector OBD 2
pada cara ini biasanya dilakukan menggunakan sebuah tool seat atau spesialis tool atau alat khusus untuk mendeteksi trouble code yang di tampilkan melalui lampu indikator check engine tersebut,nantinya saat kita lakukan engine scanner maka alat tersebut akan membaca sekaligus menampilkan kode trouble dan nama permasalahannya,dan kita harus membutuhkan sebuah alat scanner untuk mengerjakannya,cara ini yaitu dengan membeli alat scanner ini dengan harga yang tidak murah dan diperlukan biaya untuk membelinya.
setelah tahu cara mendeteksi permasalahnnya maka permasalahan apa saja yang bisa terdeteksi oleh lampu indikator check engine ini berikut permasalahan yang bisa terdeteksi lampu indikator check engine.
1.minyak boros bahan bakar
minyak boros ini bisa akan terdeteksi masalahnya bila lampu indikator check engine menyala penyebabnya biasanya adalah pada sensor map,maf dan sensor oksigen atau 02,ini biasanya penyebab mesin boros bahan bakar namun biasanya akan terdeteksi bila lampu indikator check engine menyala,namun bila lampu indikator check engine tidak menyala dipastikan tidak akan bila dilakukan diagnosis atau engine scanner.
2.mesin tersendat
mesin tersendat pun akan terdeteksi masalahnnya bila lampu indikator check engine menyala biasanya tersendat ini mengindikasikan bahwa sensor throttle position sensor bermasalah dan juga biasanya penggunakan kode busi yang salah pun akan terdeteksi oleh lampu indikator check engine,namun lagi-lagi masalah tidak akan terdeteksi bila lampu indikator check engine tidak menyala.
3.mesin brebet
mesin brebet pun akan terindikasi masalahnya bila lampu indikator check engine menyala mesin brebet biasanya bermasalah pada sensor servo dan masalah ini biasanya bermasalah pada mesin jenis mitsubhisi yang menggunakan servo,dan brebet pun tidak akan terindikasi masalahnya bila lampu indikator check engine tidak menyala.
pada intinya semua masalah akan terindikasi melalui diagnosis manual dan menggunakan alat scanner dengan syarat lampu indikator check engine menyala,namun sebaliknya bila lampu indikator check engine tidak menyala namun ada masalah pada mesinnya dan di diagnosis manual dan scanner tidak bisa, permasalahan ini biasanya masalahnya di luar peranti sensor yang langsung terdeteksi oleh ecu.
berikut adalah beberapa masalah yang tidak terdeteksi oleh lampu indikator check engine atau lampu MIL
1.bermasalah pada pompa bensin injeksi
2.bermasalah pada bunyi-bunyi dimesin
3.bermasalah bila mesin gas ngempos
4.bermasalah bila mesin tidak lamsan atau susah idle
5.rpm mesin drop saat hidup ac dan lain sebagainya
untuk membedakan permasalahan bisa diketahui melalui diagnosis atau scanner adalah dari lampu indikator check enginenya kalau lampu indikator check engine menyala berarti bisa di scanner atau diagnosis 1 kalau lampu indikator check engine tidak menyala dipastikan masalah ini tidak bisa dilakukan melalui diagnosis 1 dan melalui alat scanner dalam arti masalahnya diluar peranti elektronik ecu pada mesinnya,jadi harus dilakukan diagnosis lainnya yaitu dengan bantuan analisa kita untuk bisa menemukan masalahnnya.
semoga artikel ini membantu anda agar bisa tahu fungsi dari lampu indikator check engine mobil anda agar suatu saat ada masalah anda sudah tahu harus berbuat apa,semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi diartikel lainnya.
Komentar