Bocor-bocor oli mesin merupakan hal biasa ada karena faktor umur pakai motor ada juga sebagai indikasi mesin telah bermasalah atau bahkan kelalaian pengguna motor tersebut,baik di artikel kali ini saya akan menunjukan beberapa penyebab mesin motor bocor oli dan ada beberapa hal yang membuat mesin motor bocor oli mesin,berikut video cara memperbaiki oli bocor pada mesin honda supra.
berikut beberapa yang menyebabkan bocor oli mesin motor tergantung dengan kondisinya.
1.faktor umur pakai motor
sangat wajar bila ini terjadi pada motor anda yaitu oli mesin motor bocor sesuai umur pakai sangat wajar sekali semakin bertambah umur kendaraan maka seal karet pada seal-seal mesin akan mulai mengeras dan bocor ini akan datang secara alami menyesuaikan kualitas part yang dipakai sesuai umur pakai kadaluwarsanya.
2.kelalaian pengguna sepeda motor
biasanya pada bagian ini yaitu terlalu seringnya pengguna atau pemilik motor tersebut mengisi oli berlebih tidak sesuai takaran dan bahkan malas mengganti oli dan hanya menambah-nambah saja sehingga menjadikan ruang mesin motor hampa udara, penguapan sehingga menyebabkan uap mesin mulai memaksa seal saat mesin bekerja karena minimnya ruang untuk penguapan karena banyaknya oli yang lewat dari takaran sehingga oli dipaksa keluar oli uap mesin, sebagai akibat ruang penguapan sangat sedikit sehingga imbasnya seal akan selalu mendapat tekanan dan dapat semakin mudah oli seal akan bocor.
3.indikasi mesin motor bermasalah.
mesin bocor oli bisa juga sebagai indikasi mesin sudah mulai bermasalah sama penjelasanya seperti oli terlalu berlebih karena bocornya ring oli mengakibatkan oli akan ikut terbakar dan menimbulkan sisa oli yang terbakar akan menghasilakan uap oli yang nantinya akan mempengaruhi ruang oli dan akan membentuk uap oli yang akan menghasilkan tekanan di ruang oli dan akan semakin banyak tekanan apabila mesin bekerja lebih extra lagi sehingga tidak menutup kemungkinan semua bahan seal yang terbuat dari karet mulai dari O ring tutup klep mesin,seal engkol,seal transmisi dan oli akan naik dan mengotori karburator atau sistem injeksinya,sehingga mesin akan terlihat lebih kotor dari biasanya
jadi sangat penting sekali untuk tahu informasi ini agar kita tidak sembarang memperlakukan motor kita agar mesin tidak akan lebih parah lagi kebocoranya,sebisa mungkin hindari tiga masalah diatas agar imbasnya tidak langsung ke mesin motor anda yang pastinya biaya perbaikanya tidak sedikit maka dari itu perlu sekali pengetahuan ini untuk sebagai pedoman agar tidak terlanjur parah nantinya bocor pada mesin motor anda.
sebisa mungkin perlakukanlah motor anda dengan baik bila ingin kelangsungan motor anda akan bertahan lama,semoga bermanfaat ilmunya,bila anda tidak bisa mengerjakan sendiri setidaknya anda minta bantuan pada bengkel motor kepercayaan anda.
berikut beberapa yang menyebabkan bocor oli mesin motor tergantung dengan kondisinya.
1.faktor umur pakai motor
sangat wajar bila ini terjadi pada motor anda yaitu oli mesin motor bocor sesuai umur pakai sangat wajar sekali semakin bertambah umur kendaraan maka seal karet pada seal-seal mesin akan mulai mengeras dan bocor ini akan datang secara alami menyesuaikan kualitas part yang dipakai sesuai umur pakai kadaluwarsanya.
2.kelalaian pengguna sepeda motor
biasanya pada bagian ini yaitu terlalu seringnya pengguna atau pemilik motor tersebut mengisi oli berlebih tidak sesuai takaran dan bahkan malas mengganti oli dan hanya menambah-nambah saja sehingga menjadikan ruang mesin motor hampa udara, penguapan sehingga menyebabkan uap mesin mulai memaksa seal saat mesin bekerja karena minimnya ruang untuk penguapan karena banyaknya oli yang lewat dari takaran sehingga oli dipaksa keluar oli uap mesin, sebagai akibat ruang penguapan sangat sedikit sehingga imbasnya seal akan selalu mendapat tekanan dan dapat semakin mudah oli seal akan bocor.
3.indikasi mesin motor bermasalah.
mesin bocor oli bisa juga sebagai indikasi mesin sudah mulai bermasalah sama penjelasanya seperti oli terlalu berlebih karena bocornya ring oli mengakibatkan oli akan ikut terbakar dan menimbulkan sisa oli yang terbakar akan menghasilakan uap oli yang nantinya akan mempengaruhi ruang oli dan akan membentuk uap oli yang akan menghasilkan tekanan di ruang oli dan akan semakin banyak tekanan apabila mesin bekerja lebih extra lagi sehingga tidak menutup kemungkinan semua bahan seal yang terbuat dari karet mulai dari O ring tutup klep mesin,seal engkol,seal transmisi dan oli akan naik dan mengotori karburator atau sistem injeksinya,sehingga mesin akan terlihat lebih kotor dari biasanya
jadi sangat penting sekali untuk tahu informasi ini agar kita tidak sembarang memperlakukan motor kita agar mesin tidak akan lebih parah lagi kebocoranya,sebisa mungkin hindari tiga masalah diatas agar imbasnya tidak langsung ke mesin motor anda yang pastinya biaya perbaikanya tidak sedikit maka dari itu perlu sekali pengetahuan ini untuk sebagai pedoman agar tidak terlanjur parah nantinya bocor pada mesin motor anda.
sebisa mungkin perlakukanlah motor anda dengan baik bila ingin kelangsungan motor anda akan bertahan lama,semoga bermanfaat ilmunya,bila anda tidak bisa mengerjakan sendiri setidaknya anda minta bantuan pada bengkel motor kepercayaan anda.
Komentar