Pemasangan menambah relay starter tambahan dilakukan bila gejala mesin mobil sulit dihidupkan dan mobil memang benar-benar tidak ada relay bawaan mobil,dan gejala nyata bila kita perlu menambahkan relay starter tambahan adalah terjadi masalah seperti starter mobil tidak langsung nyamber dan kadang saat distarter kosong seperti tidak ada arus 12 volt dari kunci kontak,cara mengatasi starter mobil lemah,starter mobil bunyi tek tek dan terkadang starter mobil kosong,masalah ini ada tiga macam:
1.plat tembaga dalam kunci kontak sudah mulai rusak
dengan bermasalahnya plat tembaga didalam kunci kontak mobil sebagai media penghantar arus 12 volt dari aki ke dinamo stater maka arus dari kunci kontak terkadang sampai terkadang tidak makanya terkadang starter kosong seperti tidak ada arus menuju switch dinamo starter.
2.kabel arus dari kunci kontak ke switch otomatis stater short.
masalah ini jarang sekali terjadi tapi bisa kemungkinan terjadi,kronologisnya bila kabel ini short maka arus 12volt dari kunci kontak ke switch dinamo starter arusnya berkurang yang seharusnya arus 12 volt sampai ke switch dinamo stater maka bila kabel short tegangannya akan kurang dari 12 volt,ini bukanya putus tapi penghantar konduktor di dalam kabel sudah mulai lemah sehingga tidak dapat dengan baik menghantarkan arus 12 volt dari kunci kontak.
3.switch dinamo starter atau selenoid stater mobil kumparan mulai short
ini dikarenakan faktor usia pakai mobil,biasanya terjadi pada switch dinamo starter bawaan asli pabrikan mobil,bahkan ini bisa terjadi pada selenoid dinamo starter gantian biasanya pada selenoid dinamo starter bukan bawaan aslinya,intinya gulungan kumparan switch dinamo starter kurang kuat saat akan menghisap pelatuk jangkar stater untuk mendorong gigi bendix stater,sehingga akan terdengar bunyi cletak cletek,cetak cetek dan lain sebagainya.
itu merupakan gejala nyata pada mobil yang perlu melakukan penambahan relay dinamo starter apalagi pada mobil jenis lawas,namun tidak menutup kemungkinan permasalahan ini terjadi pada mobil modern saat ini karena masalah ini bisa saja terjadi kapan pun dan jenis mobil apapun,lebih jelasnya simak video dibawah ini untuk lebih lanjut lagi.
berikut artikel lengkapnya bagaimana cara memasang relay starter pada mobil.
siapkan bahan yang dipakai seperti :
- kabel sesuai dengan jarak antara dinamo starter dan dudukan relaynya.
- socket relay.
- terminal jantan satu buah yang nanti akan dihubungkan ke terminal socket selenoid starter.
- terminal betina satu buah yang nanti akan dihubungkan ke terminal jantan di selenoid starter
.
-scun kabel ukuran 10mm satu buah yang nantinya akan dipasang di massa aki atau massa bodi
mobil.
-scun ukuran 12mm yang nantinya akan dipasang di terminal 12 volt dari aki yang nantinya akan dipasang di baut 12mm di selenoid starter bisa tonton video diatas.
cara pemasangan relay :
1.hubungkan kabel dan scun ukuran 12mm kabel ke terminal relay 87 menuju ke switch starter
2.hubungkan kabel dan scun ukuran 10mm kabel ke terminal relay 86 menuju ke massa aki atau
massa bodi mobil.
3.hubungkan kabel dan terminal jantan kabel ke terminal relay 85 menuju ke socket dari kunci kontak 12 volt.
4.hubungkan kabel relay terminal 30 dari relay menuju ke B+ aki.
sebelumnya pasang terlebih dahulu socket relaynya dan sambung satu persatu kabelnya dan lakukan pengetesan,biasanya bila pemasangan benar maka biasanya akan langsung berhasil cara ini aman dan bisa dilakukan oleh pemula yang baru belajar semoga artikel ini mambantu dan semoga bermanfaat bagi pembacannya.
1.plat tembaga dalam kunci kontak sudah mulai rusak
dengan bermasalahnya plat tembaga didalam kunci kontak mobil sebagai media penghantar arus 12 volt dari aki ke dinamo stater maka arus dari kunci kontak terkadang sampai terkadang tidak makanya terkadang starter kosong seperti tidak ada arus menuju switch dinamo starter.
2.kabel arus dari kunci kontak ke switch otomatis stater short.
masalah ini jarang sekali terjadi tapi bisa kemungkinan terjadi,kronologisnya bila kabel ini short maka arus 12volt dari kunci kontak ke switch dinamo starter arusnya berkurang yang seharusnya arus 12 volt sampai ke switch dinamo stater maka bila kabel short tegangannya akan kurang dari 12 volt,ini bukanya putus tapi penghantar konduktor di dalam kabel sudah mulai lemah sehingga tidak dapat dengan baik menghantarkan arus 12 volt dari kunci kontak.
3.switch dinamo starter atau selenoid stater mobil kumparan mulai short
ini dikarenakan faktor usia pakai mobil,biasanya terjadi pada switch dinamo starter bawaan asli pabrikan mobil,bahkan ini bisa terjadi pada selenoid dinamo starter gantian biasanya pada selenoid dinamo starter bukan bawaan aslinya,intinya gulungan kumparan switch dinamo starter kurang kuat saat akan menghisap pelatuk jangkar stater untuk mendorong gigi bendix stater,sehingga akan terdengar bunyi cletak cletek,cetak cetek dan lain sebagainya.
itu merupakan gejala nyata pada mobil yang perlu melakukan penambahan relay dinamo starter apalagi pada mobil jenis lawas,namun tidak menutup kemungkinan permasalahan ini terjadi pada mobil modern saat ini karena masalah ini bisa saja terjadi kapan pun dan jenis mobil apapun,lebih jelasnya simak video dibawah ini untuk lebih lanjut lagi.
berikut artikel lengkapnya bagaimana cara memasang relay starter pada mobil.
siapkan bahan yang dipakai seperti :
- kabel sesuai dengan jarak antara dinamo starter dan dudukan relaynya.
- socket relay.
- terminal jantan satu buah yang nanti akan dihubungkan ke terminal socket selenoid starter.
- terminal betina satu buah yang nanti akan dihubungkan ke terminal jantan di selenoid starter
.
-scun kabel ukuran 10mm satu buah yang nantinya akan dipasang di massa aki atau massa bodi
mobil.
-scun ukuran 12mm yang nantinya akan dipasang di terminal 12 volt dari aki yang nantinya akan dipasang di baut 12mm di selenoid starter bisa tonton video diatas.
cara pemasangan relay :
1.hubungkan kabel dan scun ukuran 12mm kabel ke terminal relay 87 menuju ke switch starter
2.hubungkan kabel dan scun ukuran 10mm kabel ke terminal relay 86 menuju ke massa aki atau
massa bodi mobil.
3.hubungkan kabel dan terminal jantan kabel ke terminal relay 85 menuju ke socket dari kunci kontak 12 volt.
4.hubungkan kabel relay terminal 30 dari relay menuju ke B+ aki.
sebelumnya pasang terlebih dahulu socket relaynya dan sambung satu persatu kabelnya dan lakukan pengetesan,biasanya bila pemasangan benar maka biasanya akan langsung berhasil cara ini aman dan bisa dilakukan oleh pemula yang baru belajar semoga artikel ini mambantu dan semoga bermanfaat bagi pembacannya.
Komentar