ini adalah cara mudah dilakukan hanya bermodal kabel kurang dari sekilan saja sudah bisa mengetahui permasalahan pada mobil efi injeksi pada mobil toyota great corolla,toyota soluna dan kijang kapsul efi khususnya yang telah bermesin efi dan yang memiliki soket diagnosis manual sistem efi mobil toyota pada mesinnya bisa digunakan cara ini,untuk lebih paham lagi bisa simak video dibawah ini agar lebih jelas lagi cara mengerjakanya.
pengerjaan inibisa dilakukan karena jenis teknologi ini masih menggunakan soket diagnosis satu yang berada di sebelah kiri mesin tepatnya sebelah aki mobil seperti gambar di bawah ini.
yaitu jumper pada pin conector dengan kode TE1 yaitu signal dari ecu dengan E1 groud dengan mengesortkan ke ground maka akan terjadi kedipan lampu seperti kode morse pada lampu engine,seperti divideo di atas.
ada beberapa langkah yang perlu anda lakukan untuk bisa melakukan diagnosis dengan cara ini.
1.lihat kotak soket diagnosis di sebelah kiri bagian dalam ruang mesin dekat aki.
2.buka tutup pada soket diagnosis tersebut dan lihat pada bagian dalam tutup ada tulisan kode pada soket tersebut dan pilih kode TE1 dan E1 jumper kedua pin terminal tersebut.
3.anda masuk keruang kemudi di mobil anda dan putar kunci kontak posisi ON.
4.lihatlah kedipan lampu engine,disetiap kedipanya akan menunjukan kode yang akan di tunjukan contoh: lampu engine akan berkedip cepat dua kali dan ada jeda sekitar 3 detik dan akan berkedip lebih cepat,nah di setiap kedipanya akan menunjukan kode trouble pada mobil tersebut,misalnya lampu engine berkedip satu kali dan jeda 3 detik berkedip lagi empat kali jadi kita telah mendapatkan 1 kode trouble di mobil tersebut yaitu kode 14 nah kita bisa lihat permasalahan kode tersebut dengan melihat buku pedoman seperti terlampir di bawah ini.
1.untuk berkedip sekali secara berulang dipastikan ecu normal dan tidak ada trouble pada mesin tersebut.
2.kode 11 : momentary intrupption in power supply to ecu(ecu).
3.kode 12 : engine revolution signal missing dan biasanya ini masih berhubungan dengan distributornya tepatnya cdi nya yang rusak didalam delco.
4.kode 13 : rpm signal to ecu missing above 1000 rpm masih bermasalah di delco juga.
5.kode 14 : igniter signal to ecu missing permasalahan biasanya coil mati atau kabel putus yang menuju ke delco.
6.kode 16 : A/T control signal missing from ecu atau sensor maticnya yang bermasalah.
7.kode 21 : main oxygen sensor signal fault itu pada sensor oksigenya yang bermasalah atau rusak kl untuk jenis mobil efi ini biasanya masih berbentuk sensor yang bisa di atur durasinya dan letaknya biasanya di sebelah kiri mesin dekat aki.
8.kode 22 : water temperature sensor masalah ini bisa dua macam bisa di sensor wts nya dan thermostat bocor tidak menutup sempurna dan terletak di outlet air tempat duduknya thermostat.
9.kode 23 dan 24 : intake air temperature sensor signal atau bisa jadi apa sensor air flow,dan maf sensor yang terletak di rumahan saringan udara atau intake monifold.
10.kode 25,26,27,28: air fuel ratio bermasalah pada sensor co atau oxygen.
11.kode 31 dan 32 : air flow meter circuit or vacuum sensor atau pada map sensor yang terletak di intek monifold atau rumahan saringan udara.
12.kode 34 dan 36 : turbo charging pressure signal fault
13.kode 35 : altitude compensation sensor signal fault bermasalah di throttle body
14.kode 41 : throttle position circuit fault bermasalah pada sensor tps yang berada di skep gas throttle body.
15.kode 42 : vehicle speed sensor circuit bermasalah pada sensor vss atau tali speedometer putus.
16.kode 43 : no stater signal to the ecu bermasalah pada dinamo stater atau sekeringnya.
17.kode 52,53 dan 55 : knock sensor fault bermasalah pada sensor knock sensor dan biasanya pada jenis mesin efi lama belum menggunakan sensor ini.
18.kode 71 : EGR sistem malfunction atau bermasalah pada sensor egr terletak di manifold knalpot dan untuk mesin efi di indonesia biasanya belum menyeluruh menggunakan sistem ini khususnya pada mesin efi lawas.
19.kode 72 : fuel cut solenoid signal fault bermasalah pada solenoid karburator.
20.kode 78 : fuel pump control signal fault bermasalah pada fuel pump atau pompa bensin didalam tanki bbm.
21kode 81,83,84 dan 85 : TCM communication fault bermasalah pada transmisi mobil.
cara ini bisa dikerjakan oleh siapa saja asal ada buku pedomannya saja dan lakukan langkah caranya dan petunjuknya dengan benar agar cara mendiagnosisnya sempurna dengan baik ,oke segitu saja dulu informasinya semoga bermanfaat bagai anda yang sedang mencari informasi ini semoga ilmunya bisa di praktekan dan bermanfaat bagi yang membaca sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.
pengerjaan inibisa dilakukan karena jenis teknologi ini masih menggunakan soket diagnosis satu yang berada di sebelah kiri mesin tepatnya sebelah aki mobil seperti gambar di bawah ini.
yaitu jumper pada pin conector dengan kode TE1 yaitu signal dari ecu dengan E1 groud dengan mengesortkan ke ground maka akan terjadi kedipan lampu seperti kode morse pada lampu engine,seperti divideo di atas.
ada beberapa langkah yang perlu anda lakukan untuk bisa melakukan diagnosis dengan cara ini.
1.lihat kotak soket diagnosis di sebelah kiri bagian dalam ruang mesin dekat aki.
2.buka tutup pada soket diagnosis tersebut dan lihat pada bagian dalam tutup ada tulisan kode pada soket tersebut dan pilih kode TE1 dan E1 jumper kedua pin terminal tersebut.
3.anda masuk keruang kemudi di mobil anda dan putar kunci kontak posisi ON.
4.lihatlah kedipan lampu engine,disetiap kedipanya akan menunjukan kode yang akan di tunjukan contoh: lampu engine akan berkedip cepat dua kali dan ada jeda sekitar 3 detik dan akan berkedip lebih cepat,nah di setiap kedipanya akan menunjukan kode trouble pada mobil tersebut,misalnya lampu engine berkedip satu kali dan jeda 3 detik berkedip lagi empat kali jadi kita telah mendapatkan 1 kode trouble di mobil tersebut yaitu kode 14 nah kita bisa lihat permasalahan kode tersebut dengan melihat buku pedoman seperti terlampir di bawah ini.
1.untuk berkedip sekali secara berulang dipastikan ecu normal dan tidak ada trouble pada mesin tersebut.
2.kode 11 : momentary intrupption in power supply to ecu(ecu).
3.kode 12 : engine revolution signal missing dan biasanya ini masih berhubungan dengan distributornya tepatnya cdi nya yang rusak didalam delco.
4.kode 13 : rpm signal to ecu missing above 1000 rpm masih bermasalah di delco juga.
5.kode 14 : igniter signal to ecu missing permasalahan biasanya coil mati atau kabel putus yang menuju ke delco.
6.kode 16 : A/T control signal missing from ecu atau sensor maticnya yang bermasalah.
7.kode 21 : main oxygen sensor signal fault itu pada sensor oksigenya yang bermasalah atau rusak kl untuk jenis mobil efi ini biasanya masih berbentuk sensor yang bisa di atur durasinya dan letaknya biasanya di sebelah kiri mesin dekat aki.
8.kode 22 : water temperature sensor masalah ini bisa dua macam bisa di sensor wts nya dan thermostat bocor tidak menutup sempurna dan terletak di outlet air tempat duduknya thermostat.
9.kode 23 dan 24 : intake air temperature sensor signal atau bisa jadi apa sensor air flow,dan maf sensor yang terletak di rumahan saringan udara atau intake monifold.
10.kode 25,26,27,28: air fuel ratio bermasalah pada sensor co atau oxygen.
11.kode 31 dan 32 : air flow meter circuit or vacuum sensor atau pada map sensor yang terletak di intek monifold atau rumahan saringan udara.
12.kode 34 dan 36 : turbo charging pressure signal fault
13.kode 35 : altitude compensation sensor signal fault bermasalah di throttle body
14.kode 41 : throttle position circuit fault bermasalah pada sensor tps yang berada di skep gas throttle body.
15.kode 42 : vehicle speed sensor circuit bermasalah pada sensor vss atau tali speedometer putus.
16.kode 43 : no stater signal to the ecu bermasalah pada dinamo stater atau sekeringnya.
17.kode 52,53 dan 55 : knock sensor fault bermasalah pada sensor knock sensor dan biasanya pada jenis mesin efi lama belum menggunakan sensor ini.
18.kode 71 : EGR sistem malfunction atau bermasalah pada sensor egr terletak di manifold knalpot dan untuk mesin efi di indonesia biasanya belum menyeluruh menggunakan sistem ini khususnya pada mesin efi lawas.
19.kode 72 : fuel cut solenoid signal fault bermasalah pada solenoid karburator.
20.kode 78 : fuel pump control signal fault bermasalah pada fuel pump atau pompa bensin didalam tanki bbm.
21kode 81,83,84 dan 85 : TCM communication fault bermasalah pada transmisi mobil.
cara ini bisa dikerjakan oleh siapa saja asal ada buku pedomannya saja dan lakukan langkah caranya dan petunjuknya dengan benar agar cara mendiagnosisnya sempurna dengan baik ,oke segitu saja dulu informasinya semoga bermanfaat bagai anda yang sedang mencari informasi ini semoga ilmunya bisa di praktekan dan bermanfaat bagi yang membaca sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.
Komentar