Langsung ke konten utama

diagnosis manual sistem efi mobil toyota

ini adalah cara mudah dilakukan hanya bermodal kabel kurang dari sekilan saja sudah bisa mengetahui permasalahan pada mobil efi injeksi pada mobil toyota great corolla,toyota soluna dan kijang kapsul efi khususnya yang telah bermesin efi dan yang memiliki soket diagnosis manual sistem efi mobil toyota pada mesinnya bisa digunakan cara ini,untuk lebih paham lagi bisa simak video dibawah ini agar lebih jelas lagi cara mengerjakanya.


pengerjaan inibisa dilakukan karena jenis teknologi ini masih menggunakan soket diagnosis satu yang berada di sebelah kiri mesin tepatnya sebelah aki mobil seperti gambar di bawah ini.

yaitu jumper pada pin conector dengan kode TE1 yaitu signal dari ecu dengan E1 groud dengan mengesortkan ke ground maka akan terjadi kedipan lampu seperti kode morse pada lampu engine,seperti divideo di atas.

ada beberapa langkah yang perlu anda lakukan untuk bisa melakukan diagnosis dengan cara ini.

1.lihat kotak soket diagnosis di sebelah kiri bagian dalam ruang mesin dekat aki.

2.buka tutup pada soket diagnosis tersebut dan lihat pada bagian dalam tutup ada tulisan kode pada soket tersebut dan pilih kode TE1 dan E1 jumper kedua pin terminal tersebut.

3.anda masuk keruang kemudi di mobil anda dan putar kunci kontak posisi ON.

4.lihatlah kedipan lampu engine,disetiap kedipanya akan menunjukan kode yang akan di tunjukan contoh: lampu engine akan berkedip cepat dua kali dan ada jeda sekitar 3 detik dan akan berkedip lebih cepat,nah di setiap kedipanya akan menunjukan kode trouble pada mobil tersebut,misalnya lampu engine berkedip satu kali dan jeda 3 detik berkedip lagi empat kali jadi kita telah mendapatkan 1 kode trouble di mobil tersebut yaitu kode 14 nah kita bisa lihat permasalahan kode tersebut dengan melihat  buku pedoman seperti terlampir di bawah ini.

1.untuk berkedip sekali secara berulang dipastikan ecu normal dan tidak ada trouble pada mesin tersebut.

2.kode 11 : momentary intrupption in power supply to ecu(ecu).

3.kode 12 : engine revolution signal missing dan biasanya ini masih berhubungan dengan distributornya tepatnya cdi nya yang rusak didalam delco.

4.kode 13 : rpm signal to ecu missing above 1000 rpm masih bermasalah di delco juga.

5.kode 14 : igniter signal to ecu missing  permasalahan biasanya coil mati atau kabel putus yang menuju ke delco.

6.kode 16 : A/T control signal missing from ecu atau sensor maticnya yang bermasalah.

7.kode 21 : main oxygen sensor signal fault itu pada sensor oksigenya yang bermasalah atau rusak kl untuk jenis mobil efi ini biasanya masih berbentuk sensor yang bisa di atur durasinya dan letaknya biasanya di sebelah kiri mesin dekat aki.

8.kode 22 : water temperature sensor masalah ini bisa dua macam bisa di sensor wts nya dan thermostat bocor tidak menutup sempurna dan terletak di outlet air tempat duduknya thermostat.

9.kode 23 dan 24 : intake air temperature sensor signal atau bisa jadi apa sensor air flow,dan maf sensor yang terletak di rumahan saringan udara atau intake monifold.

10.kode 25,26,27,28: air fuel ratio bermasalah pada sensor co atau oxygen.

11.kode 31  dan 32 : air flow meter circuit or vacuum sensor  atau pada map sensor yang terletak di intek monifold atau rumahan saringan udara.

12.kode 34 dan 36 : turbo charging pressure signal fault

13.kode 35 : altitude compensation  sensor signal fault bermasalah di throttle body

14.kode 41 : throttle position circuit  fault bermasalah pada sensor tps yang berada di skep gas throttle body.

15.kode 42 : vehicle speed sensor circuit  bermasalah pada sensor vss atau tali speedometer putus.

16.kode 43 : no stater signal to the ecu bermasalah pada dinamo stater atau sekeringnya.

17.kode 52,53 dan 55 : knock sensor fault bermasalah pada sensor knock sensor dan biasanya pada jenis mesin efi lama belum menggunakan sensor ini.

18.kode 71 : EGR  sistem malfunction atau bermasalah pada sensor egr terletak di manifold knalpot dan untuk mesin efi di indonesia biasanya belum menyeluruh menggunakan sistem ini khususnya pada mesin efi lawas.

19.kode 72 : fuel cut solenoid signal fault bermasalah pada solenoid karburator.

20.kode 78 : fuel pump control signal fault bermasalah pada fuel pump atau pompa bensin didalam tanki bbm.

21kode 81,83,84 dan 85 : TCM communication fault bermasalah pada transmisi mobil.

cara ini bisa dikerjakan oleh siapa saja asal ada buku pedomannya saja dan lakukan langkah caranya dan petunjuknya dengan benar agar cara mendiagnosisnya sempurna dengan baik ,oke segitu saja dulu informasinya semoga bermanfaat bagai anda yang sedang mencari informasi ini semoga ilmunya bisa di praktekan dan bermanfaat bagi yang membaca sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.

Komentar

Unknown mengatakan…
Assalamualaikum bos apakah ada solusi silain dari mengganti sensor iac
Unknown mengatakan…
untuk kijang lgx efi.. sdh saya jamper untuk socketnya .dan chek engine brkedip secara interfal.. saya tunggu smpe 10 mnit an kedip e trus menerus tanpa ada keda lama atau sebentar... saat mesin dihidupkan ttp saja berkedip.. kira kira apa ya mas...? saat saya lepas - acu hilang... tapi bbrp mnit berkedip lagi... kronologi.. saat kendaraan diparkirkan diarea pans bgt saat mulai dipakai berkedip.. tapi ktika sdh jalan kondisi cap mesin tergembus udara(dingin) akan mati sndiri...?

Postingan populer dari blog ini

cara mengatasi indikator amper temperatur panas mobil tidak berfungsi.

pernah kah anda mengalami indikator amper temperatur panas mobil tidak berfungsi alias mati,error, pastinya sangatlah tidak menyenangkan hati saat mengendarainya oleh sebab itu diperlukan perbaikan pada seluruh komponen yang berhubungan dengan indikator amper panas tersebut,mulai dari switch panas,kabel,hingga pada amper panasnya tersebut dan ada beberapa ciri-ciri yang menyebabkan indikator amper panas mesin mobil mati dan bagaimana cara mengatasi indikator amper temperatur panas mobil tidak berfungsi,ada beberapa hal yang membuat indikator ini mati berikut adalah ulasanya. 1.switch panas rusak switch panas ini biasanya terletak di outlet pipa-pipa air diselang radiator,menempel di head cylinder bahkan hingga menempel pada tutup thermostat mobil,biasanya bila bermasalah dibagian ini adalah indikator amper temperatur panas akan mati sama sekali bahkan terkadang panas tidak bisa menunjukan batas normal terkadang tinggi sampai full terkadang juga lambat menunjukan panas mesin hing

cara mendiagnosa mesin efi cara manual suzuki baleno 97 untuk membaca lampu engine menyala

cara sederhana tanpa banyak biaya yang besar cukup bermodalkan kabel sepotong saja bisa melihat kode trouble lampu engine menyala di khususkan pada suzuki baleno tahun 97 yang mana masih menggunakan scan manual tanpa soket obd 2 seperti baleno tahun 2000an,yang mana mobil tersebut telah menggunakan soket obd 2 yang bisa dihubungkan ke engine scanner,walaupun scan manualnya tidak dihilangkan,nah di artikel kali ini saya akan mmembahas khusus baleno tahun 97 saja yaitu,cara mendiagnosa mesin efi cara manual suzuki baleno 97 untuk membaca lampu engine menyala,diartikel ini akan diberi tahu langkah dan cara-cara mendiagnosanya,cara mengatasinya hingga pada perbaikanya,lebih jelasnya bisa cek video dibawah ini. berikut cara dan langkah-langkah cara mendiagnosanya 1.buka tutup sekering letaknya di bagian kiri dalam ruang mesin dan cari tulisan di kotak sekeringnya bertuliskan  (DIAG 1). 2.pasang kabel jumper pada terminal DIAG 1 dengan cara menjumper kedua pin terminal seperti gamba

penyebab busi pijar cepat mati dan solusi masalah busi pijar cepat mati pada mobil mitsubhisi l300

sering kali para pengguna mobil mesin diesel tentunnya yang masih menggunakan sistem busi pijar atau busi pemanas kesulitan menghidupkan mesin,apakah yang menyebabkan mobil yang mesinnya masih menggunakan busi pijar atau busi pemanas sangat sulit dihidupkan terlebih saat pagi hari,menurut beberapa pengalaman saya ada beberapa macam yang bisa menimbulkan mesin diesel jenis ini sulit dihidupkan berikut ulasannya,akan di bahas penyebab permasalahannya hingga solusi penanganannya. 1.busi pijar mati karena faktor umur pake ini merupakan permasalahan normal karena usia pake busi pijar telah lama,dan untuk perawatanya penggantiannya setiap kilometer yang ditentukan pabrikanya,maka dari itu untuk perawatanya harus rutin paling tidak perlu pengecekan berkala, untuk cara pengecekannya nanti akan dibahas di artikel lainya,setidaknya untuk perawatan secara berkalanya itu biasanya jarang dilakaukan namun dengan penggunakan bahan bakar yang berkualitas baik akan membantu keawetan businya ka

cara tepat dan benar mengatasi mesin panas daihatsu zebra

mesin mobil panas adalah hal yang sering dijumpai pada setiap mobil,namun disini akan dibahas hanya pada mobil daihatsu zebra tentunya pada mobil zebra espass yang banyak mengeluhkan banyaknya masalah pada mesinya terutama pada mesinya yang panas,disini akan dibahas secara mendetail apa saja yang menyebabkan mesin daihatsu zebra panas dan bagaimana cara memperbaikinya,dan bagaimana tips solusi agar mesin daihatsu zebra tetap dingin temperatur panasnya agar mesin daihatsu zebra yang dikenal super irit ini kembali bekerja dengan baik dan optimal tanpa mesinya panas,berikut penyebab mesin daihatsu zebra panas. 1.pipasegitiga tersumbat pipa  ini berada di bagian atas mesin yaitu menghubungkan 3 cabang yaitu masuk ke outlet air, ke monifold air dan ke radiator,fungsi dari pipa ini sebagai pembagi karena posisinya tidak didalam mesin langsung atau dekat pompa air by pass nya, maka antara air di oulet yang menuju ke head cylinder yang akan kembali ke radiator yang melalui

bingung dimana letak nomer mesin dan nomer rangka buat persyaratan bayar pajak mobil ini solusinya.

Lama tidak update artikel, baik pembahasan blog kali ini saya akan bahas mengenai letak nomer mesin dan letak nomer rangka mobil memang tidak lengkap sepenuhnya namun semoga membantu bagi para pembaca artikel ini.  Disini akan di bahas letak dan posisi nomer mesin dan rangka yang tepat dan sekaligus akan di berikan videonya agar lebih mudah membantu memberikan berikut videonya.  Baik ini adalah beberapa nomer mesin dan nomer rangka mobil yang telah tercatat dan yang telah diterima informasinya,ini akurat karena ini hasil langsung ke objek yang telah ditentukan,berikut ulasannya.  1.Mitsubhisi L300 dan kuda diesel Nomer mesin : sebelah kiri mesin sedikit kebelakang tepatnya di atas dinamo stater Nomer rangka : belakang kanan mobil tepatnya di sasis ban mobil 2.Daihatsu gran max pick up dan minibus Nomer mesin : kanan mesin sedikit kebelakang tepatnya antara sambungan mesin dan transmisi.  Nomer rangka : di kap depan tepatnya menempel di dinding menghadap kebawah.  3.toyota kijang super

penyebab lampu depan mobil mati,lampu jarak jauh dan lampu jarak dekat mati

Pada mobil tentunya jenis mobil apapun lampu depan atau lampu utama sangat lah penting perannya sebagai penerangan selain itu sebagai keselamatan saat mengemudi dimalam hari,untuk permasalahanya sering kali menyulitkan pengemudinya,nah di artikel kali ini saya akan membahas penyebab lampu depan mobil mati,lampu jarak jauh dan lampu jarak dekat mati,memang untuk permasalahan mati lampu depan ini tidak berbarengan antara lampu jarak jauh dan lampu dekat ini mati bersamaan terkadang lampu dekatnya yang mati dan kadang lampu jarak jauhnya yang mati,kadang mati sebelah saja dan kadang mati bersamaan untuk lampu jarak dekat atau jauhnya intinya bila mati total berarti arus yang masuk ke saklar lampu hilang simak video ini agar bisa membantu pemahaman anda lebih dalam. berikut ada beberapa yang menyebabkan lampu depan atau lampu utama mati baik pada lampu dekat atau lampu jauh. 1.sekering putus biasanya sekering putus bisa mati total pada lampunya dan terkadang lampu mati sebelah mas

penyebab indikator lampu aki tidak menyala saat posisi kunci kontak ON

Ini adalah kebalikan dari permasalahan lampu indikator aki menyala terus saat mesin hidup dipastikan masalah tersebut berasal dari kabel dan alternator atau dinamo charger aki,problem ini dapat muncul di semua jenis mobil baik bensin,mobil diesel pun sama memiliki permasalahan yang sama karena jenis kontruksi alternatornya sama saja cara kerjanya.   Baik kesempatan kali ini saya akan mengupas penyebab indikator lampu aki tidak menyala saat kunci kontak di on kan,jadi mesin belum dihidupkan dan baru menyalakan semua lampu indikator di panel speedometer mobil dan lampu berlambang aki yang berfungsi sebagai petunjuk bermasalahnya pada sistem pengisian mobil,jadi saat normalnya yaitu lampu indikator aki akan menyala saat kunci kontak posisi on dan akan mati setelah mesin hidup pertanda arus N dari alternator telah keluar dan menuju terminal N regulator sehingga arus N akan masuk ke kumparan atau eletronik regulator sehingga jangkar yang masih terhubung dari massa alternator akan menghisap

penyebab mobil daihatsu zebra susah hidup karburator bermasalah

bermasalah pada mobil daihatsu zebra adalah hal lumrah yang sering dihadapi para penggunanya,mulai dari mesin panas,mogok saat melewati genangan air,saat hujan turun,pompa bensin rotax rusak,hingga pada karburator yang bermasalah,namun semua itu ada solusinya di artikel ini akan dibahas tuntas membahas permasalahan pada karburator,daihatsu zebra dan penyebab mobil daihatsu zebra susah hidup,ada beberapa hal yang menyebabkan karburator zebra bermasalah tentunya pada zebra espass tentunya yang sering sekali mengalami hal seperti ini,informasi ini bersumber langsung pada pengalaman saya sendiri sebagai media yang bisa membantu permasalahan kepada pengguna mobil zebra espass ini,berikut beberapa permasalahan yang sering bermasalah pada mobil zebra ini atau cek video dibawah ini. 1.karburator mudah sekali banjir   ini biasanya bermasalah setelah pembongkaran karburator dan mengganti part isi dalamnya bukan menggunakan part original pabrikan,bermasalahnya biasanya pada jarum pelampun

penyebab suzuki futura injeksi 1.5 mesin pincang dan brebet

penyebab mesin pincang pada mobil suzuki futura injeksi 1.5,adalah masalah yang sering terjadi pada jenis mobil ini,terutama sering bermasalah pada sistem pengapianya,coil sering kali mati pada bagian depan untuk busi nomer 2 dan 3,secara spesifik nya belum jelas dari mana sumber penyebab coil mobil bisa lemah atau mati,secara analisa ada beberapa penyebab coil bisa cepat mati menurut analisa yang sering di jumpai,bisa cek video ini agar lebih jelasnya. 1.pemakaian busi yang salah pada komponen ini sering sekali dijumpai pemakaian busi yang asal-asalan atau sembarangan tidak mengikuti prosedur bawaan pabrikan sehingga pengapian pada mobil ini terganggu akibat pemakaian busi yang tidak tepat akhirnya terjadinya misfire,pada busi yang mengakibatkan beban coil semakin berat, akibat pemakaian busi yang tidak tepat,secara umum busi pada suzuki futura injeksi 1.5 adalah berkode DENSO:K20PR-U NGK:BKR6E terkadang sering dijumpai menggunakan busi bukan standar pabrikan seperti kodeK20

Cara mengatasi Mesin gran max cepat panas, setelah kuras air radiator dan bongkar mesin, ini solusinya.

Banyak dari sebagian orang bingung mengatasi mesin daihatsu gran max panas tiba-tiba, setelah kuras air radiator atau setelah bongkar mesin, ini menjadi banyak pertanyaan, penyebabnya karena secara sadar kadang pengguna mobil ini belum tahu cara membuangnya yang sebenarnya sudah di beri petunjuk di bagian depan sebelah kiri dalam kap ruang radiator yang sebenarnya sudah lengkap petunjuknya, bahkan kurangnya memperhatikan dan membaca buku pedoman bawaan pabrikan mobil tersebut, sehingga kurangnya wawasan mengerjakan mobil tersebut sehingga malah timbul masalah. Baik di artikel kali ini saya akan bahas solusinya bila anda menemukan masalah ini agar panas mesin tidak berlarut-larut sehingga membahayakan mesin mobil itu sendiri sehingga mengakibatkan biaya perbaikan yang lebih besar lagi nantinya.  Menurut konstruksinya mesin ini terletak di bagian bawah pengemudi dan penumpang sebelah kiri depan, dan jarak antara radiator dan mesi  cukup jauh dan harus banyak melewati selang panjang yan