Memanaskan mesin mobil saat pagi hari merupakan pekerjaan penting yang harus dilakukan sebelum memakai mobil tersebut dengan tujuan agar dipastikan kondisi kinerja mesin mobil tetap optimal saat dikendarakan,terus bagaimana sih yang baik dan benar cara memanaskan injeksi yang baik dan benar pada mobil,pada saat mesin mobil akan kita kendarakan,simak video dibawah ini untuk tahu lebih lanjut cara menghidupkan mesin mobil bensin injeksi saat pagi hari dan akan di gunakan.
ada beberapa orang mengatakan bahwa memanaskan mobil mesin injeksi itu jangan terlalu lama dan ada juga yang mengatakan mobil mesin injeksi itu perlu beberapa menit saja sudah siap dijalankan,sebenarnya persepsi itu tidak salah namun dirasa kurang tepat saja,berikut ulasanya mengenai cara memanaskan mobil injeksi yang benar khususnya mesin bensin injeksi.
1.setelah kita memutar kunci kontak pertama kali dipastikan kita tunggu beberapa detik untuk mengaktifkan pompa untuk memberikan tekanan bahan bakar menuju ke injector nozzle saat kita menghidupkan mesin maka tekanan bahan bakar telah tersedia pada saluran bahan bakar menuju ke injector nozzle,biasanya ini berlaku untuk jenis mesin bensin injeksi mulai dari tahun 2004 keatas,bermesin sistem mpi,vvt,vvti,non vvti,vtec,i-vtec dan jenis mesin idsi,namun ada sebagian mobil injeksi yang langsung saja menstater mesin saja,karena bahan bakar saat distater akan keluar jadi tidak menggunakan timer untuk menaikan bensinnya.biasanya ini masih digunakan pada mobil jenis efi lawas biasanya pada mobil toyota kijang efi dan lainnya.
2.setelah cara diatas telah dilakukan maka lakukan cara kedua ini yaitu menghidupkan mesin yang pada normalnya saat mesin bensin injeksi dihidupkan maka rpm mobil akan tinggi dikisaran 1.200 rpm hingga 1.500 rpm dan akan turun dengan sendirinya menyesuaikan suhu panas air didalam ruang mesin,biasanya patokan mesin rpm mesin akan turun di barengi dengan amper bensin akan naik dengan sendirinya dengan catatan posisi ideal panas temperatur mesin pas di setengah tidak boleh lebih atau kurang dari suhu panas mesin tersebut,jadi makanya sangat hati-hati pada mobil injeksi untuk jangan sembarangan membuka thermostatnya karena bisa berpengaruh langsung pada rpm mobil tersebut karena untuk mengaktifkan sensor idle up itu ecu mendapatkan perintah dari sensor ect yang telah mendeteksi panas suhu air di dalam ruang mesin,bila kita melepas thermostat maka air didalam ruang water jaket akan terus masuk ke radiator,alhasil air selalu didinginkan oleh radiator sehingga air mesin akan selalu dingin dan pada akhirnya sensor ect tidak bisa mendeteksi panas suhu air didalam mesin,sehingga sensor ect tidak akan memberi perintah ke ecu untuk mengaktifkan sensor idle up di trottle body sehingga rpm mobil akan sulit turun karena sensor ect menganggap suhu panas air didalam mesin mobil tersebut belum tercapai,sehingga mesin akan selalu warming up,pastikan idle up telah dibawah seribu pada rpm normalnya.
3.setelah rpm telah dibawah seribu kisaran 750 rpm-800 rpm maka tugas terakhir kita adalah menunggu kipas motor fan menyala telebih dahulu sebelum menjalankan mesin dan tunggu motor fan menyala dan mati dengan secara otomatis dan secara periodik untuk memastikan suhu panas mesin di didalam mobil tersebut telah tercapai dengan baik.
itulah tiga langkah mudah cara memanaskan mesin mobil bensin injeksi modern yang baik dan benar sesuai prosedur,jangan sesekali memanaskan mesin mobil terlalu lama yang nantinya akan berimbas pada borosnya bahan bakar,polusi udara dan bila mobil tersebut sudah dilengkapi sensor catalytic sensor oxigen maka akan berimbas sensor tersebut mudah rusak akibat pemanasan mesin telalu lama yaitu ujung kepala sensor tersebut akan menjadi bara di ujung sensornya,sehingga akan memperpendek masa umur pakainya karena panas yang terlalu berlebih sehingga sensor tersebut akan putus dan rusak akibat panas berlebih yang dialami sensor tersebut, saat melakukan pemanasan apalagi bila penggunaan bahan bakar tidak sesuai standar oktanya sehingga akan mempercepat sensor mobil tersebut akan cepat rusak,oke itulah informasi yang bisa sampaikan di artikel kali ini semoga bermanfaat bagi para pembaca artikel ini.
ada beberapa orang mengatakan bahwa memanaskan mobil mesin injeksi itu jangan terlalu lama dan ada juga yang mengatakan mobil mesin injeksi itu perlu beberapa menit saja sudah siap dijalankan,sebenarnya persepsi itu tidak salah namun dirasa kurang tepat saja,berikut ulasanya mengenai cara memanaskan mobil injeksi yang benar khususnya mesin bensin injeksi.
1.setelah kita memutar kunci kontak pertama kali dipastikan kita tunggu beberapa detik untuk mengaktifkan pompa untuk memberikan tekanan bahan bakar menuju ke injector nozzle saat kita menghidupkan mesin maka tekanan bahan bakar telah tersedia pada saluran bahan bakar menuju ke injector nozzle,biasanya ini berlaku untuk jenis mesin bensin injeksi mulai dari tahun 2004 keatas,bermesin sistem mpi,vvt,vvti,non vvti,vtec,i-vtec dan jenis mesin idsi,namun ada sebagian mobil injeksi yang langsung saja menstater mesin saja,karena bahan bakar saat distater akan keluar jadi tidak menggunakan timer untuk menaikan bensinnya.biasanya ini masih digunakan pada mobil jenis efi lawas biasanya pada mobil toyota kijang efi dan lainnya.
2.setelah cara diatas telah dilakukan maka lakukan cara kedua ini yaitu menghidupkan mesin yang pada normalnya saat mesin bensin injeksi dihidupkan maka rpm mobil akan tinggi dikisaran 1.200 rpm hingga 1.500 rpm dan akan turun dengan sendirinya menyesuaikan suhu panas air didalam ruang mesin,biasanya patokan mesin rpm mesin akan turun di barengi dengan amper bensin akan naik dengan sendirinya dengan catatan posisi ideal panas temperatur mesin pas di setengah tidak boleh lebih atau kurang dari suhu panas mesin tersebut,jadi makanya sangat hati-hati pada mobil injeksi untuk jangan sembarangan membuka thermostatnya karena bisa berpengaruh langsung pada rpm mobil tersebut karena untuk mengaktifkan sensor idle up itu ecu mendapatkan perintah dari sensor ect yang telah mendeteksi panas suhu air di dalam ruang mesin,bila kita melepas thermostat maka air didalam ruang water jaket akan terus masuk ke radiator,alhasil air selalu didinginkan oleh radiator sehingga air mesin akan selalu dingin dan pada akhirnya sensor ect tidak bisa mendeteksi panas suhu air didalam mesin,sehingga sensor ect tidak akan memberi perintah ke ecu untuk mengaktifkan sensor idle up di trottle body sehingga rpm mobil akan sulit turun karena sensor ect menganggap suhu panas air didalam mesin mobil tersebut belum tercapai,sehingga mesin akan selalu warming up,pastikan idle up telah dibawah seribu pada rpm normalnya.
3.setelah rpm telah dibawah seribu kisaran 750 rpm-800 rpm maka tugas terakhir kita adalah menunggu kipas motor fan menyala telebih dahulu sebelum menjalankan mesin dan tunggu motor fan menyala dan mati dengan secara otomatis dan secara periodik untuk memastikan suhu panas mesin di didalam mobil tersebut telah tercapai dengan baik.
itulah tiga langkah mudah cara memanaskan mesin mobil bensin injeksi modern yang baik dan benar sesuai prosedur,jangan sesekali memanaskan mesin mobil terlalu lama yang nantinya akan berimbas pada borosnya bahan bakar,polusi udara dan bila mobil tersebut sudah dilengkapi sensor catalytic sensor oxigen maka akan berimbas sensor tersebut mudah rusak akibat pemanasan mesin telalu lama yaitu ujung kepala sensor tersebut akan menjadi bara di ujung sensornya,sehingga akan memperpendek masa umur pakainya karena panas yang terlalu berlebih sehingga sensor tersebut akan putus dan rusak akibat panas berlebih yang dialami sensor tersebut, saat melakukan pemanasan apalagi bila penggunaan bahan bakar tidak sesuai standar oktanya sehingga akan mempercepat sensor mobil tersebut akan cepat rusak,oke itulah informasi yang bisa sampaikan di artikel kali ini semoga bermanfaat bagi para pembaca artikel ini.
Komentar