Penyebab bunyi berisik di suspensi roda belakang saat melewati jalan rusak atau tidak rata bukan saja berasal dari karet stabilizer belakang saja atau karet-karet suspensi lainya,namun komponen satu ini pun cukup sering bermasalah yaitu karet anting per daun,biasanya akan kita jumpai pada mobil bersuspensi rigid,seperti pada mobil daihatsu zebra,suzuki carry futura 1.0 dan 1.5,toyota kijang super,grand dan kapsul dan lainya yang memiliki kesamaan pada suspensi belakangnya termasuk pada mobil isuzu panther yang juga sering bermasalah pada karet ini,biasanya bila karet ini bermasalah hal pertama yang kita rasakan adalah terdengar bunyi-bunyi aneh di bagian belakang seperti bunyi kringit-kringit,kreket-kreket hingga bunyi seperti antara dua besi yang beradu saat melewati jalan tidak rata,ciri kedua yaitu terlihat jelas saat kita melongok ke bagian bawah suspensi roda belakang terlihat karet telah pecah dengan bagian baut anting telah terlihat turun dan tidak rata merupakan ciri-ciri yang jelas,di pembahasan kali ini saya akan membahas karet anting per daun rusak penyebab suspensi roda belakang bunyi-bunyi,selengkapnya berikut video cara mengganti karet per daun mobil, saya contohkan pada mobil daihatsu zebra espass simak video dibawah ini.
penyebab pada karet anting per daun rusak banyak penyebabnya
1.seringnya melewati jalan rusak dan terjal
2.muatan yang selalu berlebih
3.pemakaian atau penggantian karet baru karet berkualitas rendah
4.karet stopper per daun tidak ada atau rusak,sehingga saat ada beban pada mobil tersebut kapasitas per daun berlebih sehingga tidak terbantu dari karet stopper,beban bertumpu pada karet anting sehingga terjadi keausan pada karet antingnya pun terjadi.
5.bila mobil tidak selalu bermuatan berlebih namun karet pecah biasanya itu faktor umur pake saja.
karet anting per daun mudah sekali rusak biasanya terjadi pada mobil jenis pick up,untuk minibus jarang sekali rusak dikarenakan daya angkut yang tidak over hanya mengangkut orang saja sehingga untuk terjadi ke ausan pada karet antingnya sangatlah minim sekali rusak,berikut adalah cara penggantian karet anting pada mobil ada beberapa langkah menggantianya berikut ulasanya.
1.siapkan dongkrak,disarankan gunakan dongkrak botol sistem ulir agar mempermudah memasukan dongkrak pada sela antara sasis dan per daunnya seperti pada video di atas.
2.siapkan kunci ukuran sesuai pada baut pengikat antingan per daunya sesuaikan jenis mobilnya biasanya setiap mobil tidak sama.
3.kendorkan mur baut anting per daun hingga terlepas dan lepaskan sebagian penunjang anting tersebut.
4.masukan dongkarak di sela antara per daun dan sasis mobil dan naikan dongkraknya hingga baut bagian anting terangkat dan mudah untuk dilepaskan.
5.setelah baut anting dan karet lama yang telah pecah terlepas ganti karet anting dengan yang baru
6.pasang kembali baut anting dan plat tunjang yang telah kita pasang tadi dan masukan mur baut antingnya,pasang kebalikan dari pembongkaran.
7.setelah semua terpasang dengan baik dan benar selanjutnya kita turunkan dongkrak yang berada di sela antara per dan sasis tadi,dengan menurunkan dongkrak tersebut maka selesailah sudah pekerjaan kita.
sangat mudah bukan cara mengganti karet per daun pada mobil,semoga bermanfaat informasinya sampai jumpa lagi di artikel lainnya.
penyebab pada karet anting per daun rusak banyak penyebabnya
1.seringnya melewati jalan rusak dan terjal
2.muatan yang selalu berlebih
3.pemakaian atau penggantian karet baru karet berkualitas rendah
4.karet stopper per daun tidak ada atau rusak,sehingga saat ada beban pada mobil tersebut kapasitas per daun berlebih sehingga tidak terbantu dari karet stopper,beban bertumpu pada karet anting sehingga terjadi keausan pada karet antingnya pun terjadi.
5.bila mobil tidak selalu bermuatan berlebih namun karet pecah biasanya itu faktor umur pake saja.
karet anting per daun mudah sekali rusak biasanya terjadi pada mobil jenis pick up,untuk minibus jarang sekali rusak dikarenakan daya angkut yang tidak over hanya mengangkut orang saja sehingga untuk terjadi ke ausan pada karet antingnya sangatlah minim sekali rusak,berikut adalah cara penggantian karet anting pada mobil ada beberapa langkah menggantianya berikut ulasanya.
1.siapkan dongkrak,disarankan gunakan dongkrak botol sistem ulir agar mempermudah memasukan dongkrak pada sela antara sasis dan per daunnya seperti pada video di atas.
2.siapkan kunci ukuran sesuai pada baut pengikat antingan per daunya sesuaikan jenis mobilnya biasanya setiap mobil tidak sama.
3.kendorkan mur baut anting per daun hingga terlepas dan lepaskan sebagian penunjang anting tersebut.
4.masukan dongkarak di sela antara per daun dan sasis mobil dan naikan dongkraknya hingga baut bagian anting terangkat dan mudah untuk dilepaskan.
5.setelah baut anting dan karet lama yang telah pecah terlepas ganti karet anting dengan yang baru
6.pasang kembali baut anting dan plat tunjang yang telah kita pasang tadi dan masukan mur baut antingnya,pasang kebalikan dari pembongkaran.
7.setelah semua terpasang dengan baik dan benar selanjutnya kita turunkan dongkrak yang berada di sela antara per dan sasis tadi,dengan menurunkan dongkrak tersebut maka selesailah sudah pekerjaan kita.
sangat mudah bukan cara mengganti karet per daun pada mobil,semoga bermanfaat informasinya sampai jumpa lagi di artikel lainnya.
Komentar