Dinamo stater atau sering disebut motor stater merupakan peranti kelistrikan yang berfungsi sebagai alat untuk menghidupkan mesin pada mesin mobil atau sepeda motor anda,namun disini kita akan membahas pada dinamo stater mobil,nah bagaimana cara mengetahui ciri-ciri bila dinamo stater mobil rusak atau bermasalah,maka akan dibahas di artikel ini,untuk lebih jelasnya simak video di bawah ini cara memperbaiki dinamo stater pada mobil.
ada beberapa ciri-ciri dinamo stater mobil mulai rusak atau bermasalah biasanya kan timbul gejala atau tanda-tanda yang signifikan yang perlu anda ketahui dan apakah itu bermasalah pada kabel, akinya atau pada dinamo stater tersebut yang rusak.
berikut adalah ciri-ciri dinamo stater pada mobil mulai rusak.
1.mobil akan sulit stater pada saat mesin telah panas namun saat pagi hari atau saat mesin dingin mesin akan hidup dengan normal seperti biasanya,yaitu saat panas tarikan mesin terasa berat.
2.mesin mobil tarikan mesin kadang berat dan kadang enteng biasanya akan terjadi tanda-tanda dinamo stater akan rusak.
3.dinamo stater cuma bunyi cletak cletek ini biasanya hanya selenoid staternya saja yang berfungsi namun pada motor dinamo staternya telah rusak dan bunyi ini biasanya lebih nyaring dan kuat.
4. di relay stater hanya bunyi tik..tik... saja namun sambaran tarikan mesin tidak ada bila diperiksa pada kabel dari soket kunci kontak ada arus 12 volt nya maka bisa jadi dinamo stater sudah tidak berfungsi lagi alias rusak.
5. tarikan mesin dari dinamo stater los atau lewat saja,biasanya masalah ini pada gigi bendix stater yang telah rusak
6.bunyi kasar saat stater bisa jadi gigi-gigi planetery atau gigi reduction pada gigi stater mulai aus atau kering sehingga saat stater suara dinamo stater menjadi sangat kasar.
7.saat distater akan lengket sendiri staternya ini akibat dari alur gigi pada bendix stater kering atau macet karena tidak ada pelumas atau pada selenoid staternya yang bermasalah.
bagaimana solusinya bila mengalami ciri-ciri diatas,segeralah ke bengkel dinamo untuk segera memperbaikinya,dan ada beberapa masalah yang mengganggu kerja dinamo stater sehingga mesin akan sulit distater berikut masalah diluar dinamo stater yang menganggu kinerja dinamo stater saat untuk menghidupkan mesin.
1.mesin bunyi clek..clekkk..dan kadang tarikan dinamo hilang saat kunci kontak di putar dan masalah ini biasanya terjadi karena arus dari kunci kontak ke dinamo stater arus kurang dari 12 volt,sehingga arus tersebut tidak bisa untuk mengaktifkan dinamo stater sehingga stater hanya bunyi clekk...clekkk saja dan kadang pun tidak ada reaksi apa-apa.
2.saat kunci kontak di putar mesin tidak ada reaksi apa-apa atau alias kosong,masalah ini biasanya bermasalah karena,kabel massa aki putus,sekering stater putus,kunci kontak rusak atau kabel dari kunci kontak putus atau relay stater nya yang rusak atau bermasalah.
3.saat mesin dingin atau pagi hari atau saat lama parkir mobil tidak mau stater,ini biasanya bermasalah karena aki pada mobil anda telah rusak akibat aki terlalu lama nganggur atau mobil jarang berjalan sehingga air aki di dalam aki akan membuat lempengan timah di dalam sel-sel pada aki akan mengkristal, membeku akibat zat sulfur pada air aki sehingga sel-sel didalam aki tersebut akibat dari arus aki yang tersimpan tidak tersalur secara periodik yaitu bergantian.
4.saat mesin dingin atau mesin panas mesin tidak mau stater sama sekali bahkan kosong ini diakibatkan karena sistem pengisian pada alternator mobil bermasalah sehingga pasokan arus ke aki untuk menghidupkan mesin telah habis sehingga saat mesin lama hidup pun akan sia-sia karena arus sudah tidak bisa lagi dipakai baik untuk dinamo stater,panel dasbort,hingga kelistrikan lain pun tidak ikut berfungsi,akibat aki tidak terisi ulang kembali dari alternator.
5.mesin tidak ada tarikan cuma hanya bunyi relay stater saja ti..tikk ini pertanda ada masalah pada relay atau arus dari aki ke relay sehingga saat distater hanya relay saja yang aktif namun tidak menyelurkan arus yang menuju ke dinamo stater.
itulah beberapa ciri-ciri dinamo stater rusak hingga masalah yang di luarnya semoga bermanfaat informasinya dan bisa membantu para pembaca artikel ini.
ada beberapa ciri-ciri dinamo stater mobil mulai rusak atau bermasalah biasanya kan timbul gejala atau tanda-tanda yang signifikan yang perlu anda ketahui dan apakah itu bermasalah pada kabel, akinya atau pada dinamo stater tersebut yang rusak.
berikut adalah ciri-ciri dinamo stater pada mobil mulai rusak.
1.mobil akan sulit stater pada saat mesin telah panas namun saat pagi hari atau saat mesin dingin mesin akan hidup dengan normal seperti biasanya,yaitu saat panas tarikan mesin terasa berat.
2.mesin mobil tarikan mesin kadang berat dan kadang enteng biasanya akan terjadi tanda-tanda dinamo stater akan rusak.
3.dinamo stater cuma bunyi cletak cletek ini biasanya hanya selenoid staternya saja yang berfungsi namun pada motor dinamo staternya telah rusak dan bunyi ini biasanya lebih nyaring dan kuat.
4. di relay stater hanya bunyi tik..tik... saja namun sambaran tarikan mesin tidak ada bila diperiksa pada kabel dari soket kunci kontak ada arus 12 volt nya maka bisa jadi dinamo stater sudah tidak berfungsi lagi alias rusak.
5. tarikan mesin dari dinamo stater los atau lewat saja,biasanya masalah ini pada gigi bendix stater yang telah rusak
6.bunyi kasar saat stater bisa jadi gigi-gigi planetery atau gigi reduction pada gigi stater mulai aus atau kering sehingga saat stater suara dinamo stater menjadi sangat kasar.
7.saat distater akan lengket sendiri staternya ini akibat dari alur gigi pada bendix stater kering atau macet karena tidak ada pelumas atau pada selenoid staternya yang bermasalah.
bagaimana solusinya bila mengalami ciri-ciri diatas,segeralah ke bengkel dinamo untuk segera memperbaikinya,dan ada beberapa masalah yang mengganggu kerja dinamo stater sehingga mesin akan sulit distater berikut masalah diluar dinamo stater yang menganggu kinerja dinamo stater saat untuk menghidupkan mesin.
1.mesin bunyi clek..clekkk..dan kadang tarikan dinamo hilang saat kunci kontak di putar dan masalah ini biasanya terjadi karena arus dari kunci kontak ke dinamo stater arus kurang dari 12 volt,sehingga arus tersebut tidak bisa untuk mengaktifkan dinamo stater sehingga stater hanya bunyi clekk...clekkk saja dan kadang pun tidak ada reaksi apa-apa.
2.saat kunci kontak di putar mesin tidak ada reaksi apa-apa atau alias kosong,masalah ini biasanya bermasalah karena,kabel massa aki putus,sekering stater putus,kunci kontak rusak atau kabel dari kunci kontak putus atau relay stater nya yang rusak atau bermasalah.
3.saat mesin dingin atau pagi hari atau saat lama parkir mobil tidak mau stater,ini biasanya bermasalah karena aki pada mobil anda telah rusak akibat aki terlalu lama nganggur atau mobil jarang berjalan sehingga air aki di dalam aki akan membuat lempengan timah di dalam sel-sel pada aki akan mengkristal, membeku akibat zat sulfur pada air aki sehingga sel-sel didalam aki tersebut akibat dari arus aki yang tersimpan tidak tersalur secara periodik yaitu bergantian.
4.saat mesin dingin atau mesin panas mesin tidak mau stater sama sekali bahkan kosong ini diakibatkan karena sistem pengisian pada alternator mobil bermasalah sehingga pasokan arus ke aki untuk menghidupkan mesin telah habis sehingga saat mesin lama hidup pun akan sia-sia karena arus sudah tidak bisa lagi dipakai baik untuk dinamo stater,panel dasbort,hingga kelistrikan lain pun tidak ikut berfungsi,akibat aki tidak terisi ulang kembali dari alternator.
5.mesin tidak ada tarikan cuma hanya bunyi relay stater saja ti..tikk ini pertanda ada masalah pada relay atau arus dari aki ke relay sehingga saat distater hanya relay saja yang aktif namun tidak menyelurkan arus yang menuju ke dinamo stater.
itulah beberapa ciri-ciri dinamo stater rusak hingga masalah yang di luarnya semoga bermanfaat informasinya dan bisa membantu para pembaca artikel ini.
Komentar