Mengganti oli mesin mobil pekerjaan yang menurut saya gampang-gampang susah,kenapa saya bisa berbicara seperti itu dikarenakan cukup mudah cara menggantinya dan bila salah dalam penanganannya maka akan berakibat fatal pada mesin mobil itu sendiri,dalam arti oli tidak boleh berlebih atau pun kurang dari batas standarnya,bagaimana kita bisa tahu oli mesin tersebut kurang atau tidak yaitu harus mengecek melalui stick oli mesin dan harus rutin di cek saat pagi hari dan,di artikel kali ini saya akan berbagi pengalaman yaitu cara mengganti oli mesin mobil yang benar dan aman sesuai dengan prosedur,standar pabrikan mobilnya dan apa-apa saja yang tidak boleh kita lakukan saat penggantian oli,lebih lanjutnya silahkan cek video dibawah ini.
melakukan penggantian oli mesin mobil yang benar sangat berpengaruh pada cara kita melakukan penggantian pada mobil tersebut,berikut adalah hal-hal yang tidak perlu anda lakukan saat penggantian oli mesin mobil.
1.saat membuang oli mesin mobil dipastikan jangan tertumpah kemana-mana karena bisa membuat si pemilik mobil tersebut menjadi bingung akibat oli masih berceceraan dan menetes dari pembuangan oli karena dikira saat kita melakukan penggantian oli mesin masih ada yang bocor ketika kita menggantianya,lakukanlah dengan cara yang benar yaitu bila terjadi kebocoran pada baut pembuangannya lakukan perbaikan dengan menambahkan sumbu kompor minyak pada bautnya,ring tembaga dan bisa juga menggunakan ring aluminium untuk lapisan pada baut pembuangan olinya.
2.saat mengganti oli filter prosedur benar yaitu membuka menggunakan alat spesialis tool khusus untuk membuka filter oli dan saat pemasangan jangan mengencangkan filter oli dengan alat spesialis tool yang nantinya saat membuka filter olinya akan sulit dan bahkan bisa merusak pada oli filter tersebut lakukan pengencangan filter oli dengan menggunakan tangan saja dirasakan bila tidak terputar tangan lagi stop lakukan pengencangannya.
3.jangan menyemprot udara tekanan kompresor saat mengganti oli dengan menyemprotkan udara ke ruang mesin melalui lubang pengisian oli bertujuan mempercepat turunnya oli yang akan berkibat fatal pada mesin mobil anda yaitu air yang terendap didalam kompresor akan naik dengan seiring udara yang dikeluarkan dan air yang hasil dari penguapan didalam kompesor selama ini akan ikut masuk keruang mesin mobil anda dan bisa menyebabkan korosi di bagian komponen mesin yang nantinya akan merusak di bagian-bagian dalam mesin mobil anda,apalagi bila kurangnya perawatan pembuangan air didalam kompresor yang berakibat berbahaya untuk mesin anda,lakukanlah penggantian oli yaitu dengan cukup membuka saja pada baut pembuangan oli hingga menetes habis langsung tutup saja baut pembuangannya.
4.jangan mengganti oli dengan cara membuka baut pembuangan oli lalu didiamkan hingga kering kerontang didalam mesin,ini akan berakibat disaat mobil baru diisi oli yang barunya maka bagian metal mesin akan saling bersinggungan langsung dengan metal-metal tersebut sehingga akan menjadikan goresan pada bagian yang bergesekan seperti besi metal askruk,besi metal as klep,besi metal ring piston yang bila keseringan melakukan ini maka akan mempercepat keausan pada komponen dalam mesinnya sebaiknya lakukan sesuai prosedurnya.
5.menguras seluruh oli dengan cara memasukan solar dengan menghidupkan mesin,yang merupakan solar adalah cairan terlalu tipis dan tidak memiliki daya pelumas yang baik dibanding oli ditakutkan saat kita keenakan mengegas mesin yang bertujuan untuk membersihkan kerak atau geram-geram didalam oli mesin dari sisa metal yang bergesekan menjadi mesin bisa menjadi rusak akibat pembersihan ruang oli yang tidak wajarnya,lakukan cara yang benar saat mengganti oli mesin agar mesin tetap awet dan tahan lama.
6.jangan keseringan mengganti oli mesin dengan melakukan sedot dengan mesin penyedot oli pada mesinnya melalui stick oli yang bila keseringan maka akan membuat aus pada besi metal yang bersinggungan langsung dengan komponen yang besangkutan akibat oli pada celah-celah mesin yang seharusnya masih ada yang berfungsi untuk melumasi saat mesin baru pertama dihidupkan sebelum oli baru naik ,bila keseringan melakuakn cara tersebut maka akan mempercepat keausan pada komponen mesinnya,lakukanlah penggantian oli yang benar.
nah bagaimana caranya ganti oli mesin mobil baik dan benar sesuai prosedur yuk ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut.
1.buka tutup baut pembuangan oli dengan cara membuka dan biarkan oli mengalir keluar dengan sendirinya hingga tersisa menetes saja dan langsung lakukan penutupan pada baut sumbat oli mesinnya.
2.isilah oli mesin sesuai dengan standar oli pabrikan mobil tersebut atau bila kadar SAE nya sama bisa anda gunakan walau tidak harus oli dari pabrikn mobil tersebut.
3.bila anda melakukan penggantian oli lakukan langkah cara penggantianya sesuai dengan keterangan diatas tadi dan jangan lupa lakukan pengolesan oli ke O ring filter olinya dengan tujuan saat melakukan penggantian pada oli filternya akan mudah dilakukan karena karet tidak lengket akibat panas mesin pada dudukanya dan sebagai menghindari rusaknya O ring tersebut saat kita melakukn pemasanganya kembali.
4.lakukan pemeriksaan pada level ketinggian olinya,jangan berlebih atau berkurang dari standarnya,yaitu pas di titik bagian atas stick olinya untuk ukuran standarnya.
5.lakukan penghidupan mesin sekitar 5 menitan dan oli cek kembali,bila mobil anda melakukan penggantian filter oli dipastikan oli akan berkurang dari levelnya di karenakan sebagian oli akan masuk ke filter oli yang baru tadi sehingga level oli akan berkurang dan lakukan penambahan kembali oli mesinnya bila dirasakan oli turun dari levelnya.
itulah prosedur benar dan aman saat kita melakukan penggantian oli mesin,dan informasi di atas berguna untuk semua jenis mobil mulai dari bensin dan solar karena sifatnya umum dan semoga bermanfaat informasinya.
melakukan penggantian oli mesin mobil yang benar sangat berpengaruh pada cara kita melakukan penggantian pada mobil tersebut,berikut adalah hal-hal yang tidak perlu anda lakukan saat penggantian oli mesin mobil.
1.saat membuang oli mesin mobil dipastikan jangan tertumpah kemana-mana karena bisa membuat si pemilik mobil tersebut menjadi bingung akibat oli masih berceceraan dan menetes dari pembuangan oli karena dikira saat kita melakukan penggantian oli mesin masih ada yang bocor ketika kita menggantianya,lakukanlah dengan cara yang benar yaitu bila terjadi kebocoran pada baut pembuangannya lakukan perbaikan dengan menambahkan sumbu kompor minyak pada bautnya,ring tembaga dan bisa juga menggunakan ring aluminium untuk lapisan pada baut pembuangan olinya.
2.saat mengganti oli filter prosedur benar yaitu membuka menggunakan alat spesialis tool khusus untuk membuka filter oli dan saat pemasangan jangan mengencangkan filter oli dengan alat spesialis tool yang nantinya saat membuka filter olinya akan sulit dan bahkan bisa merusak pada oli filter tersebut lakukan pengencangan filter oli dengan menggunakan tangan saja dirasakan bila tidak terputar tangan lagi stop lakukan pengencangannya.
3.jangan menyemprot udara tekanan kompresor saat mengganti oli dengan menyemprotkan udara ke ruang mesin melalui lubang pengisian oli bertujuan mempercepat turunnya oli yang akan berkibat fatal pada mesin mobil anda yaitu air yang terendap didalam kompresor akan naik dengan seiring udara yang dikeluarkan dan air yang hasil dari penguapan didalam kompesor selama ini akan ikut masuk keruang mesin mobil anda dan bisa menyebabkan korosi di bagian komponen mesin yang nantinya akan merusak di bagian-bagian dalam mesin mobil anda,apalagi bila kurangnya perawatan pembuangan air didalam kompresor yang berakibat berbahaya untuk mesin anda,lakukanlah penggantian oli yaitu dengan cukup membuka saja pada baut pembuangan oli hingga menetes habis langsung tutup saja baut pembuangannya.
4.jangan mengganti oli dengan cara membuka baut pembuangan oli lalu didiamkan hingga kering kerontang didalam mesin,ini akan berakibat disaat mobil baru diisi oli yang barunya maka bagian metal mesin akan saling bersinggungan langsung dengan metal-metal tersebut sehingga akan menjadikan goresan pada bagian yang bergesekan seperti besi metal askruk,besi metal as klep,besi metal ring piston yang bila keseringan melakukan ini maka akan mempercepat keausan pada komponen dalam mesinnya sebaiknya lakukan sesuai prosedurnya.
5.menguras seluruh oli dengan cara memasukan solar dengan menghidupkan mesin,yang merupakan solar adalah cairan terlalu tipis dan tidak memiliki daya pelumas yang baik dibanding oli ditakutkan saat kita keenakan mengegas mesin yang bertujuan untuk membersihkan kerak atau geram-geram didalam oli mesin dari sisa metal yang bergesekan menjadi mesin bisa menjadi rusak akibat pembersihan ruang oli yang tidak wajarnya,lakukan cara yang benar saat mengganti oli mesin agar mesin tetap awet dan tahan lama.
6.jangan keseringan mengganti oli mesin dengan melakukan sedot dengan mesin penyedot oli pada mesinnya melalui stick oli yang bila keseringan maka akan membuat aus pada besi metal yang bersinggungan langsung dengan komponen yang besangkutan akibat oli pada celah-celah mesin yang seharusnya masih ada yang berfungsi untuk melumasi saat mesin baru pertama dihidupkan sebelum oli baru naik ,bila keseringan melakuakn cara tersebut maka akan mempercepat keausan pada komponen mesinnya,lakukanlah penggantian oli yang benar.
nah bagaimana caranya ganti oli mesin mobil baik dan benar sesuai prosedur yuk ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut.
1.buka tutup baut pembuangan oli dengan cara membuka dan biarkan oli mengalir keluar dengan sendirinya hingga tersisa menetes saja dan langsung lakukan penutupan pada baut sumbat oli mesinnya.
2.isilah oli mesin sesuai dengan standar oli pabrikan mobil tersebut atau bila kadar SAE nya sama bisa anda gunakan walau tidak harus oli dari pabrikn mobil tersebut.
3.bila anda melakukan penggantian oli lakukan langkah cara penggantianya sesuai dengan keterangan diatas tadi dan jangan lupa lakukan pengolesan oli ke O ring filter olinya dengan tujuan saat melakukan penggantian pada oli filternya akan mudah dilakukan karena karet tidak lengket akibat panas mesin pada dudukanya dan sebagai menghindari rusaknya O ring tersebut saat kita melakukn pemasanganya kembali.
4.lakukan pemeriksaan pada level ketinggian olinya,jangan berlebih atau berkurang dari standarnya,yaitu pas di titik bagian atas stick olinya untuk ukuran standarnya.
5.lakukan penghidupan mesin sekitar 5 menitan dan oli cek kembali,bila mobil anda melakukan penggantian filter oli dipastikan oli akan berkurang dari levelnya di karenakan sebagian oli akan masuk ke filter oli yang baru tadi sehingga level oli akan berkurang dan lakukan penambahan kembali oli mesinnya bila dirasakan oli turun dari levelnya.
itulah prosedur benar dan aman saat kita melakukan penggantian oli mesin,dan informasi di atas berguna untuk semua jenis mobil mulai dari bensin dan solar karena sifatnya umum dan semoga bermanfaat informasinya.
Komentar