Langsung ke konten utama

cara mengganti oli mesin mobil yang benar dan aman sesuai dengan prosedur

Mengganti oli mesin mobil pekerjaan yang menurut saya gampang-gampang susah,kenapa saya bisa berbicara seperti itu dikarenakan cukup mudah cara menggantinya dan bila salah dalam penanganannya maka akan berakibat fatal pada mesin mobil itu sendiri,dalam arti oli tidak boleh berlebih atau pun kurang dari batas standarnya,bagaimana kita bisa tahu oli mesin tersebut kurang atau tidak yaitu harus mengecek  melalui stick oli mesin dan harus rutin di cek saat pagi hari dan,di artikel kali ini saya akan berbagi pengalaman yaitu cara mengganti oli mesin mobil yang benar dan aman sesuai dengan prosedur,standar pabrikan mobilnya dan apa-apa saja yang tidak boleh kita lakukan saat penggantian oli,lebih lanjutnya silahkan cek video dibawah ini.


melakukan penggantian oli mesin mobil yang benar sangat berpengaruh pada cara kita melakukan penggantian pada mobil tersebut,berikut adalah hal-hal yang tidak perlu anda lakukan saat penggantian oli mesin mobil.

1.saat membuang oli mesin mobil dipastikan jangan tertumpah kemana-mana karena bisa membuat si pemilik mobil tersebut menjadi bingung akibat oli masih berceceraan dan menetes dari pembuangan oli karena dikira saat kita melakukan penggantian oli mesin masih ada yang bocor ketika kita menggantianya,lakukanlah dengan cara yang benar yaitu bila terjadi kebocoran pada baut pembuangannya lakukan perbaikan dengan menambahkan sumbu kompor minyak pada bautnya,ring tembaga dan bisa juga menggunakan ring aluminium untuk lapisan pada baut pembuangan olinya.

2.saat mengganti oli filter prosedur benar yaitu membuka menggunakan alat spesialis tool khusus untuk membuka filter oli dan saat pemasangan jangan mengencangkan filter oli dengan alat spesialis tool yang nantinya saat membuka filter olinya akan sulit dan bahkan bisa merusak pada oli filter tersebut lakukan pengencangan filter oli dengan menggunakan tangan saja dirasakan bila tidak terputar tangan lagi stop lakukan pengencangannya.

3.jangan menyemprot udara tekanan kompresor saat mengganti oli dengan menyemprotkan udara ke ruang mesin melalui lubang pengisian oli bertujuan mempercepat turunnya oli yang akan berkibat fatal pada mesin mobil anda yaitu air yang terendap didalam kompresor akan naik dengan seiring udara yang dikeluarkan dan air yang hasil dari penguapan didalam kompesor selama ini akan ikut masuk keruang mesin mobil anda dan bisa menyebabkan korosi di bagian komponen mesin yang nantinya akan merusak di bagian-bagian dalam mesin mobil anda,apalagi bila kurangnya perawatan pembuangan air didalam kompresor yang berakibat berbahaya untuk mesin anda,lakukanlah penggantian oli yaitu dengan cukup membuka saja pada baut pembuangan oli hingga menetes habis langsung tutup saja baut pembuangannya.

4.jangan mengganti oli dengan cara membuka baut pembuangan oli lalu didiamkan hingga kering kerontang didalam mesin,ini akan berakibat disaat mobil baru diisi oli yang barunya maka bagian metal mesin akan saling bersinggungan langsung dengan metal-metal tersebut sehingga akan menjadikan goresan pada bagian yang bergesekan seperti besi metal askruk,besi metal as klep,besi metal ring piston yang bila keseringan melakukan ini maka akan mempercepat keausan pada komponen dalam mesinnya sebaiknya lakukan sesuai prosedurnya.

5.menguras seluruh oli dengan cara memasukan solar dengan menghidupkan mesin,yang merupakan solar adalah cairan terlalu tipis dan tidak memiliki daya pelumas yang baik dibanding oli ditakutkan saat kita keenakan mengegas mesin yang bertujuan untuk membersihkan kerak atau geram-geram didalam oli mesin dari sisa metal yang bergesekan menjadi mesin bisa menjadi rusak akibat pembersihan ruang oli yang tidak wajarnya,lakukan cara yang benar saat mengganti oli mesin agar mesin tetap awet dan tahan lama.

6.jangan keseringan mengganti oli mesin dengan melakukan sedot dengan mesin penyedot oli pada mesinnya melalui stick oli yang bila keseringan maka akan membuat aus pada besi metal yang bersinggungan langsung dengan komponen yang besangkutan akibat oli pada celah-celah mesin yang seharusnya masih ada yang berfungsi untuk melumasi saat mesin baru pertama dihidupkan sebelum oli baru naik ,bila keseringan melakuakn cara tersebut maka akan mempercepat keausan pada komponen mesinnya,lakukanlah penggantian oli yang benar.

nah bagaimana caranya ganti oli mesin mobil baik dan benar sesuai prosedur yuk ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut.

1.buka tutup baut pembuangan oli dengan cara membuka dan biarkan oli mengalir keluar dengan sendirinya hingga tersisa menetes saja dan langsung lakukan penutupan pada baut sumbat oli mesinnya.

2.isilah oli mesin sesuai dengan standar oli pabrikan mobil tersebut atau bila kadar SAE nya sama bisa anda gunakan walau tidak harus oli dari pabrikn mobil tersebut.

3.bila anda melakukan penggantian oli lakukan langkah cara penggantianya sesuai dengan keterangan diatas tadi dan jangan lupa lakukan pengolesan oli ke O ring filter olinya dengan tujuan saat melakukan penggantian pada oli filternya akan mudah dilakukan karena karet tidak lengket akibat panas mesin pada dudukanya dan sebagai menghindari rusaknya O ring tersebut saat kita melakukn pemasanganya kembali.

4.lakukan pemeriksaan pada level ketinggian olinya,jangan berlebih atau berkurang dari standarnya,yaitu pas di titik bagian atas stick olinya untuk ukuran standarnya.

5.lakukan penghidupan mesin sekitar 5 menitan dan oli cek kembali,bila mobil anda melakukan penggantian filter oli dipastikan oli akan berkurang dari levelnya di karenakan sebagian oli akan masuk ke filter oli yang baru tadi sehingga level oli akan berkurang dan lakukan penambahan kembali oli mesinnya bila dirasakan oli turun dari levelnya.

itulah prosedur benar dan aman saat kita melakukan penggantian oli mesin,dan informasi di atas berguna untuk semua jenis mobil mulai dari bensin dan solar karena sifatnya umum dan semoga bermanfaat informasinya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

cara mengatasi indikator amper temperatur panas mobil tidak berfungsi.

pernah kah anda mengalami indikator amper temperatur panas mobil tidak berfungsi alias mati,error, pastinya sangatlah tidak menyenangkan hati saat mengendarainya oleh sebab itu diperlukan perbaikan pada seluruh komponen yang berhubungan dengan indikator amper panas tersebut,mulai dari switch panas,kabel,hingga pada amper panasnya tersebut dan ada beberapa ciri-ciri yang menyebabkan indikator amper panas mesin mobil mati dan bagaimana cara mengatasi indikator amper temperatur panas mobil tidak berfungsi,ada beberapa hal yang membuat indikator ini mati berikut adalah ulasanya. 1.switch panas rusak switch panas ini biasanya terletak di outlet pipa-pipa air diselang radiator,menempel di head cylinder bahkan hingga menempel pada tutup thermostat mobil,biasanya bila bermasalah dibagian ini adalah indikator amper temperatur panas akan mati sama sekali bahkan terkadang panas tidak bisa menunjukan batas normal terkadang tinggi sampai full terkadang juga lambat menunjukan panas mesin hing...

cara mendiagnosa mesin efi cara manual suzuki baleno 97 untuk membaca lampu engine menyala

cara sederhana tanpa banyak biaya yang besar cukup bermodalkan kabel sepotong saja bisa melihat kode trouble lampu engine menyala di khususkan pada suzuki baleno tahun 97 yang mana masih menggunakan scan manual tanpa soket obd 2 seperti baleno tahun 2000an,yang mana mobil tersebut telah menggunakan soket obd 2 yang bisa dihubungkan ke engine scanner,walaupun scan manualnya tidak dihilangkan,nah di artikel kali ini saya akan mmembahas khusus baleno tahun 97 saja yaitu,cara mendiagnosa mesin efi cara manual suzuki baleno 97 untuk membaca lampu engine menyala,diartikel ini akan diberi tahu langkah dan cara-cara mendiagnosanya,cara mengatasinya hingga pada perbaikanya,lebih jelasnya bisa cek video dibawah ini. berikut cara dan langkah-langkah cara mendiagnosanya 1.buka tutup sekering letaknya di bagian kiri dalam ruang mesin dan cari tulisan di kotak sekeringnya bertuliskan  (DIAG 1). 2.pasang kabel jumper pada terminal DIAG 1 dengan cara menjumper kedua pin terminal seperti g...

penyebab busi pijar cepat mati dan solusi masalah busi pijar cepat mati pada mobil mitsubhisi l300

sering kali para pengguna mobil mesin diesel tentunnya yang masih menggunakan sistem busi pijar atau busi pemanas kesulitan menghidupkan mesin,apakah yang menyebabkan mobil yang mesinnya masih menggunakan busi pijar atau busi pemanas sangat sulit dihidupkan terlebih saat pagi hari,menurut beberapa pengalaman saya ada beberapa macam yang bisa menimbulkan mesin diesel jenis ini sulit dihidupkan berikut ulasannya,akan di bahas penyebab permasalahannya hingga solusi penanganannya. 1.busi pijar mati karena faktor umur pake ini merupakan permasalahan normal karena usia pake busi pijar telah lama,dan untuk perawatanya penggantiannya setiap kilometer yang ditentukan pabrikanya,maka dari itu untuk perawatanya harus rutin paling tidak perlu pengecekan berkala, untuk cara pengecekannya nanti akan dibahas di artikel lainya,setidaknya untuk perawatan secara berkalanya itu biasanya jarang dilakaukan namun dengan penggunakan bahan bakar yang berkualitas baik akan membantu keawetan businya ka...

cara tepat dan benar mengatasi mesin panas daihatsu zebra

mesin mobil panas adalah hal yang sering dijumpai pada setiap mobil,namun disini akan dibahas hanya pada mobil daihatsu zebra tentunya pada mobil zebra espass yang banyak mengeluhkan banyaknya masalah pada mesinya terutama pada mesinya yang panas,disini akan dibahas secara mendetail apa saja yang menyebabkan mesin daihatsu zebra panas dan bagaimana cara memperbaikinya,dan bagaimana tips solusi agar mesin daihatsu zebra tetap dingin temperatur panasnya agar mesin daihatsu zebra yang dikenal super irit ini kembali bekerja dengan baik dan optimal tanpa mesinya panas,berikut penyebab mesin daihatsu zebra panas. 1.pipasegitiga tersumbat pipa  ini berada di bagian atas mesin yaitu menghubungkan 3 cabang yaitu masuk ke outlet air, ke monifold air dan ke radiator,fungsi dari pipa ini sebagai pembagi karena posisinya tidak didalam mesin langsung atau dekat pompa air by pass nya, maka antara air di oulet yang menuju ke head cylinder yang akan kembali ke radiator yang mela...

bingung dimana letak nomer mesin dan nomer rangka buat persyaratan bayar pajak mobil ini solusinya.

Lama tidak update artikel, baik pembahasan blog kali ini saya akan bahas mengenai letak nomer mesin dan letak nomer rangka mobil memang tidak lengkap sepenuhnya namun semoga membantu bagi para pembaca artikel ini.  Disini akan di bahas letak dan posisi nomer mesin dan rangka yang tepat dan sekaligus akan di berikan videonya agar lebih mudah membantu memberikan berikut videonya.  Baik ini adalah beberapa nomer mesin dan nomer rangka mobil yang telah tercatat dan yang telah diterima informasinya,ini akurat karena ini hasil langsung ke objek yang telah ditentukan,berikut ulasannya.  1.Mitsubhisi L300 dan kuda diesel Nomer mesin : sebelah kiri mesin sedikit kebelakang tepatnya di atas dinamo stater Nomer rangka : belakang kanan mobil tepatnya di sasis ban mobil 2.Daihatsu gran max pick up dan minibus Nomer mesin : kanan mesin sedikit kebelakang tepatnya antara sambungan mesin dan transmisi.  Nomer rangka : di kap depan tepatnya menempel di dinding menghadap kebawah....

penyebab lampu depan mobil mati,lampu jarak jauh dan lampu jarak dekat mati

Pada mobil tentunya jenis mobil apapun lampu depan atau lampu utama sangat lah penting perannya sebagai penerangan selain itu sebagai keselamatan saat mengemudi dimalam hari,untuk permasalahanya sering kali menyulitkan pengemudinya,nah di artikel kali ini saya akan membahas penyebab lampu depan mobil mati,lampu jarak jauh dan lampu jarak dekat mati,memang untuk permasalahan mati lampu depan ini tidak berbarengan antara lampu jarak jauh dan lampu dekat ini mati bersamaan terkadang lampu dekatnya yang mati dan kadang lampu jarak jauhnya yang mati,kadang mati sebelah saja dan kadang mati bersamaan untuk lampu jarak dekat atau jauhnya intinya bila mati total berarti arus yang masuk ke saklar lampu hilang simak video ini agar bisa membantu pemahaman anda lebih dalam. berikut ada beberapa yang menyebabkan lampu depan atau lampu utama mati baik pada lampu dekat atau lampu jauh. 1.sekering putus biasanya sekering putus bisa mati total pada lampunya dan terkadang lampu mati sebelah mas...

penyebab indikator lampu aki tidak menyala saat posisi kunci kontak ON

Ini adalah kebalikan dari permasalahan lampu indikator aki menyala terus saat mesin hidup dipastikan masalah tersebut berasal dari kabel dan alternator atau dinamo charger aki,problem ini dapat muncul di semua jenis mobil baik bensin,mobil diesel pun sama memiliki permasalahan yang sama karena jenis kontruksi alternatornya sama saja cara kerjanya.   Baik kesempatan kali ini saya akan mengupas penyebab indikator lampu aki tidak menyala saat kunci kontak di on kan,jadi mesin belum dihidupkan dan baru menyalakan semua lampu indikator di panel speedometer mobil dan lampu berlambang aki yang berfungsi sebagai petunjuk bermasalahnya pada sistem pengisian mobil,jadi saat normalnya yaitu lampu indikator aki akan menyala saat kunci kontak posisi on dan akan mati setelah mesin hidup pertanda arus N dari alternator telah keluar dan menuju terminal N regulator sehingga arus N akan masuk ke kumparan atau eletronik regulator sehingga jangkar yang masih terhubung dari massa alternator akan menghi...

penyebab mobil daihatsu zebra susah hidup karburator bermasalah

bermasalah pada mobil daihatsu zebra adalah hal lumrah yang sering dihadapi para penggunanya,mulai dari mesin panas,mogok saat melewati genangan air,saat hujan turun,pompa bensin rotax rusak,hingga pada karburator yang bermasalah,namun semua itu ada solusinya di artikel ini akan dibahas tuntas membahas permasalahan pada karburator,daihatsu zebra dan penyebab mobil daihatsu zebra susah hidup,ada beberapa hal yang menyebabkan karburator zebra bermasalah tentunya pada zebra espass tentunya yang sering sekali mengalami hal seperti ini,informasi ini bersumber langsung pada pengalaman saya sendiri sebagai media yang bisa membantu permasalahan kepada pengguna mobil zebra espass ini,berikut beberapa permasalahan yang sering bermasalah pada mobil zebra ini atau cek video dibawah ini. 1.karburator mudah sekali banjir   ini biasanya bermasalah setelah pembongkaran karburator dan mengganti part isi dalamnya bukan menggunakan part original pabrikan,bermasalahnya biasanya pada jarum...

penyebab suzuki futura injeksi 1.5 mesin pincang dan brebet

penyebab mesin pincang pada mobil suzuki futura injeksi 1.5,adalah masalah yang sering terjadi pada jenis mobil ini,terutama sering bermasalah pada sistem pengapianya,coil sering kali mati pada bagian depan untuk busi nomer 2 dan 3,secara spesifik nya belum jelas dari mana sumber penyebab coil mobil bisa lemah atau mati,secara analisa ada beberapa penyebab coil bisa cepat mati menurut analisa yang sering di jumpai,bisa cek video ini agar lebih jelasnya. 1.pemakaian busi yang salah pada komponen ini sering sekali dijumpai pemakaian busi yang asal-asalan atau sembarangan tidak mengikuti prosedur bawaan pabrikan sehingga pengapian pada mobil ini terganggu akibat pemakaian busi yang tidak tepat akhirnya terjadinya misfire,pada busi yang mengakibatkan beban coil semakin berat, akibat pemakaian busi yang tidak tepat,secara umum busi pada suzuki futura injeksi 1.5 adalah berkode DENSO:K20PR-U NGK:BKR6E terkadang sering dijumpai menggunakan busi bukan standar pabrikan seperti kodeK20...

Cara mengatasi Mesin gran max cepat panas, setelah kuras air radiator dan bongkar mesin, ini solusinya.

Banyak dari sebagian orang bingung mengatasi mesin daihatsu gran max panas tiba-tiba, setelah kuras air radiator atau setelah bongkar mesin, ini menjadi banyak pertanyaan, penyebabnya karena secara sadar kadang pengguna mobil ini belum tahu cara membuangnya yang sebenarnya sudah di beri petunjuk di bagian depan sebelah kiri dalam kap ruang radiator yang sebenarnya sudah lengkap petunjuknya, bahkan kurangnya memperhatikan dan membaca buku pedoman bawaan pabrikan mobil tersebut, sehingga kurangnya wawasan mengerjakan mobil tersebut sehingga malah timbul masalah. Baik di artikel kali ini saya akan bahas solusinya bila anda menemukan masalah ini agar panas mesin tidak berlarut-larut sehingga membahayakan mesin mobil itu sendiri sehingga mengakibatkan biaya perbaikan yang lebih besar lagi nantinya.  Menurut konstruksinya mesin ini terletak di bagian bawah pengemudi dan penumpang sebelah kiri depan, dan jarak antara radiator dan mesi  cukup jauh dan harus banyak melewati selang pa...