Menyetel kopling pada motor adalah pekerjaan wajib dilakukan untuk bisa mengetahui performa kendaraan anda,di artikel kali ini saya akan membahas cara menyetel kopling motor honda bebek manual,tentunya pada motor honda 100 cc c series,seperti honda supra,honda astrea grand,honda astrea legenda,hingga pada motor terbaru saat ini seperti honda revo mulai keluaran awal hingga yang telah berteknologi injeksi yang masih manual transmisi,salah penyetelan kopling akan mengakibatkan menurunnya performa mesin dan borosnya bahan bakar.
ada beberapa ciri kopling motor honda c series kopling motor anda telan mulai tipis atau habis
1.tenaga mesin terasa kurang
2.boros bahan bakar
3.tarikan lemot saat tanjakan dan harus oper ke gigi satu
4.saat diinjak tuas gigi terasa mudah namun tenaga kurang
5.tenaga terasa tersengal sengal kadang tenaga ada kadang tidak untuk masalah ini biasanya kopling sudah selip
6.suara mesin meraung saat digas namun tenaga tidak ada,seperti antara gas dan tarikan mesin tidak seiringan mesin sudah meraung tenaga masih kurang menyentak
7.sentakan saat gigi satu terasa tidak ada.
8.bila kopling telah selip atau mulai habis saat motor di standar 2 dan mesin hidup ditekan tuas gigi dan ditahan roda masih akan berputar intinya tenaga mesin ke gear box transmisi sudah memutus akibat kopling memutuskan tenaga dari mesin ke gear box transmisi
9. gigi bisa masuk tetapi motor tidak berjalan,masalah ini kampas kopling telah habis dan tenaga dari mesin ke transmisi telah memutus akibat kampas kopling tidak menyentuh plat pres koplingnya .
nah berikut penyebab kopling bisa cepat sekali habis
1.setelan kopling yang terlalu tinggi sehingga tuas penekan kopling selalu menekan dan kampas kopling atas sedikit bebas dan kampas kopling akan selalu bergesek dan menimbulkan kampas kopling mudah tipis dan habis.
2.kualitas oli tidak cocok dengan motor kita sehingga mengakibatkan selip kopling dan berujung kampas kopling habis.
3.perlakuan yang sering menekan setengah kopling para pemula pemilik motor yang mengakibatkan kopling akan habis karena kopling selalu terinjak atau tertekan,namun untuk motor jenis c series biasa selalu memainkan tuas gigi untuk mendapatkan lompatan semu yang berujung setengah kopling yang berakibat buruk pada fungsi kopling itu sendiri.
nah bagaimana cara mengatasinya? tidak ada jalan lain lagi,yaitu membuka cover block kopling dan menggantinya berikut video selengkapnya cara mengganti kampas kopling motor honda c series
berikut cara penyetelan koplingnya atau cek video selengkapnya dibawah ini
ikuti langkahnya
1.kendorkan mur baut 14 mm dengan menahan bagian baut dalam menggunakan obeng min.
2.putar mur bagian dalam bila mur ukur 14 mm tersebut telah kendor,dan putar sampai mentok
kekanan
3.putar kembali ke kiri hingga mentok
4. putar kekanan kembali sekitar 1/4 hingga 1/2 putaran untuk mendapatkan celah setelan koplingnya yang pas.
untuk selengkapnya bisa cek video di atas,untuk menyetel kopling telah selesai dan siap test,setelan pas pada koplingnya dengan cara standarankan dua motor anda dan hidupkan mesin dan masukan gigi satu dan tahan bila roda belakang tidak berputar saat menekan tuas gigi maka setelan kopling telah selesai bila masih berputar ikuti kembali langkah diatas sampai berhasil,selamat mencoba sampai jumpa lagi di artikel lainya.
ada beberapa ciri kopling motor honda c series kopling motor anda telan mulai tipis atau habis
1.tenaga mesin terasa kurang
2.boros bahan bakar
3.tarikan lemot saat tanjakan dan harus oper ke gigi satu
4.saat diinjak tuas gigi terasa mudah namun tenaga kurang
5.tenaga terasa tersengal sengal kadang tenaga ada kadang tidak untuk masalah ini biasanya kopling sudah selip
6.suara mesin meraung saat digas namun tenaga tidak ada,seperti antara gas dan tarikan mesin tidak seiringan mesin sudah meraung tenaga masih kurang menyentak
7.sentakan saat gigi satu terasa tidak ada.
8.bila kopling telah selip atau mulai habis saat motor di standar 2 dan mesin hidup ditekan tuas gigi dan ditahan roda masih akan berputar intinya tenaga mesin ke gear box transmisi sudah memutus akibat kopling memutuskan tenaga dari mesin ke gear box transmisi
9. gigi bisa masuk tetapi motor tidak berjalan,masalah ini kampas kopling telah habis dan tenaga dari mesin ke transmisi telah memutus akibat kampas kopling tidak menyentuh plat pres koplingnya .
nah berikut penyebab kopling bisa cepat sekali habis
1.setelan kopling yang terlalu tinggi sehingga tuas penekan kopling selalu menekan dan kampas kopling atas sedikit bebas dan kampas kopling akan selalu bergesek dan menimbulkan kampas kopling mudah tipis dan habis.
2.kualitas oli tidak cocok dengan motor kita sehingga mengakibatkan selip kopling dan berujung kampas kopling habis.
3.perlakuan yang sering menekan setengah kopling para pemula pemilik motor yang mengakibatkan kopling akan habis karena kopling selalu terinjak atau tertekan,namun untuk motor jenis c series biasa selalu memainkan tuas gigi untuk mendapatkan lompatan semu yang berujung setengah kopling yang berakibat buruk pada fungsi kopling itu sendiri.
nah bagaimana cara mengatasinya? tidak ada jalan lain lagi,yaitu membuka cover block kopling dan menggantinya berikut video selengkapnya cara mengganti kampas kopling motor honda c series
berikut cara penyetelan koplingnya atau cek video selengkapnya dibawah ini
ikuti langkahnya
1.kendorkan mur baut 14 mm dengan menahan bagian baut dalam menggunakan obeng min.
2.putar mur bagian dalam bila mur ukur 14 mm tersebut telah kendor,dan putar sampai mentok
kekanan
3.putar kembali ke kiri hingga mentok
4. putar kekanan kembali sekitar 1/4 hingga 1/2 putaran untuk mendapatkan celah setelan koplingnya yang pas.
untuk selengkapnya bisa cek video di atas,untuk menyetel kopling telah selesai dan siap test,setelan pas pada koplingnya dengan cara standarankan dua motor anda dan hidupkan mesin dan masukan gigi satu dan tahan bila roda belakang tidak berputar saat menekan tuas gigi maka setelan kopling telah selesai bila masih berputar ikuti kembali langkah diatas sampai berhasil,selamat mencoba sampai jumpa lagi di artikel lainya.
Komentar