tune up adalah suatu pekerjaan yang bertujuan mengembalikan tenaga mesin yang telah mulai berkurang ,di artikel kali ini saya akan membahas cara tune up dan perawatan berkala pada mobil mesin karburator sebagai pengetahuan umum dan apa saja yang perlu di cek,dibersihkan, dan apa-apa saja yang perlu diganti,berikut adalah ulasanya.
1.periksa filter bensin
filter bensin adalah peranti vital sebagai penyaring kotoran dari tangki agar tidak masuk ke karburator yang nantinya minyak akan dikarburasikan oleh karburator sehingga bensin harus benar-benar bersih agar tidak terhambat kelancaranya,sehingga perlu sekali rutin dibersihkan bila perlu diganti bila memang kondisinya tidak memungkinkan.
2.periksa busi
busi berperan penting sebagai komponen yang akan meletikan bunga api ke ruang bakar,jadi komponen ini wajib selalu di periksa performa kerjanya mulai dari umur pake,celah busi,bahkan kode busi yang harus tepat sesuai pabrikan mobil itu tersebut,jadi busi perlu dicek setiap melakukan tune up hingga bila busi sudah masuk kilometer yang telah ditentukan pabrikan mobil kisaran 50.000 km tergantung jenis merk mobil yang dikeluarkan,ciri-ciri busi yang perlu diganti adalah bila hitam berjelaga,celah busi telah longgar akibat dari elektroda dan katodanya telah mulai tipis sehingga letikan bunga api akan semakin jauh yang nantinya bisa menyebabkan mesin boros bahan bakar dan kinerja mesin pun akan berkurang untuk busi lihat dulu kondisinya bila ciri-ciri ada diatas maka perlu diganti bila tidak anda hanya perlu melakukan pembersihan saja dan mengukur kembali celah businya,dan pengukuran celah busi harus di sesuaikan dengan standar pabrikan mobil tersebut.
3.setel katup mesin
setelan katup sangat penting karena bila salah dalam penyetelannya atau setelan katup telah berubah akan berimbas juga pada kinerja mesin,selain tenaga berkurang,boros bbm dan juga akan menyebabkan mesin bisa cepat panas akibat setelan katup telah berubah atau salah dalam penyetelanya,untuk penyetelanya sendiri harus disesuaikan dengan jenis mesinnya,disini saya tidak membahas ukuran celah katup pada setiap mobil namun harus disesuaikan dengan standar pabrikan dan biasanya untuk penyetelan katup pada mobil jenis lama jadi untuk kendaraan mesin modern sekarang ini ada yang masih bisa disetel katupnya dan juga ada juga sebagian yang telah menggunakan setelan katup otomatis.
4.saringan udara
untuk komponen satu ini tidak terlalu banyak yang harus kita lakukan cukup kita harus tahu apakah layak diganti atau tidak,nah bagaimana cara mendeteksinya bila perlu diganti atau tidak,kita harus lihat dulu kondisi warna saringanya bila berwarna hitam pekat bila dibersihkan akan lama akan bersihnya maka harus perlu melakukan penggantian selain saringan buntu maka akan berpotensi kotoran akan tidak tersaring lagi dan akan di khawatirkan akan masuk keruang bakar,dan bila saringan berwarna coklat itu bertanda anda perlu membersihkan saja menggunakan angin bertekanan dari kompresor hingga benar-benar terlihat bersih kembali dan hingga ;ayak untuk dipakai kembali.
5.cek platina kondensor
ini wajib di periksa selain sebagai komponen vital juga inilah yang menentukan besar kecilnya letikan bunga api untuk membakar uap bensin yang masuk keruang bakar yang akan menghasilkan tenaga,bila terganggu atau platina kondensor bermasalah maka akan berpengaruh pada tenaga dan efisiensi bahan bakar,bagaimana cara mengeceknya yaitu perlu membuka tutup distributor dan lihat apakah plat kontak platina kondisi baik bila terlihat gosong, bentol bahkan tipis maka perlu melakukan penggantian satu set dengan kondensornya karena biasanya plat kontak platina rusak akibat kondensor yang bermasalah maka perlu sekali mengganti platina dan kondensor berbarengan,bila kan melakukan penggantian dipastikan celah platina perlu di periksa kerenggangannya jangan sampai terlalu rapat akan mengakibatkan mesin akan susah hidup dan nembak-nembak diknalpot dan bila kerenggangan maka mesin akan hidup namun mesin akan kehilangan tenaga pastikan dengan sesuai pabrikan,bila telah menggunakan distributor cdi tidak perlu lagi repot-repot menyetelnya karena telah secara otomatis semua telah di atur langsung oleh cdi.
6.karburator
komponen satu ini tidak harus kita bersihkan karburatornya dilihat kondisinya saja kalau normal saja anda hanya perlu melakukan penyetelan karburatornya saja,bila terlihat ada masalah atau ingin secara tuntas melakukan tune up nya dan ingin membersihkan karburatornya anda bisa membuka dan membersihkan dengan cairan pembersih karburator cleaner sampai bersih dan lakukan pengecekan pada ketinggian pelampungnya sesuai dengan standar pabrikan mobil untuk menghasilkan tenaga mesin yang maksimal.
7. ganti oli dan filter oli
untuk cara terakhir ini tidak wajib dilakukan namun bila dibarengkan maka akan berdampak positif yaitu dengan serempak kondisi mulai dari oli,bahan bakar setelan katup dan lainya telah normal sehingga akan memperbaiki kembali kondisi mesin nya agar bisa menghasilkan tenaga mesin yang optimal,lakukan penggantian oli sesuai standar pabrikan agar pelumasan akan bekerja dengan baik dan tepat penanganannya.
itulah beberapa langkah simpel namun sangat berpengaruh sekali pada tenaga mesin mobil anda sehingga harus benar-benar dikerjakan oleh tenaga ahli berpengalaman agar pengerjaanya maksimal dan berjalan lancar,itulah sekelumit artikel ini semoga bermanfaat bagi anda yang membaca artikel ini selamat mencoba dan sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.
1.periksa filter bensin
filter bensin adalah peranti vital sebagai penyaring kotoran dari tangki agar tidak masuk ke karburator yang nantinya minyak akan dikarburasikan oleh karburator sehingga bensin harus benar-benar bersih agar tidak terhambat kelancaranya,sehingga perlu sekali rutin dibersihkan bila perlu diganti bila memang kondisinya tidak memungkinkan.
2.periksa busi
busi berperan penting sebagai komponen yang akan meletikan bunga api ke ruang bakar,jadi komponen ini wajib selalu di periksa performa kerjanya mulai dari umur pake,celah busi,bahkan kode busi yang harus tepat sesuai pabrikan mobil itu tersebut,jadi busi perlu dicek setiap melakukan tune up hingga bila busi sudah masuk kilometer yang telah ditentukan pabrikan mobil kisaran 50.000 km tergantung jenis merk mobil yang dikeluarkan,ciri-ciri busi yang perlu diganti adalah bila hitam berjelaga,celah busi telah longgar akibat dari elektroda dan katodanya telah mulai tipis sehingga letikan bunga api akan semakin jauh yang nantinya bisa menyebabkan mesin boros bahan bakar dan kinerja mesin pun akan berkurang untuk busi lihat dulu kondisinya bila ciri-ciri ada diatas maka perlu diganti bila tidak anda hanya perlu melakukan pembersihan saja dan mengukur kembali celah businya,dan pengukuran celah busi harus di sesuaikan dengan standar pabrikan mobil tersebut.
3.setel katup mesin
setelan katup sangat penting karena bila salah dalam penyetelannya atau setelan katup telah berubah akan berimbas juga pada kinerja mesin,selain tenaga berkurang,boros bbm dan juga akan menyebabkan mesin bisa cepat panas akibat setelan katup telah berubah atau salah dalam penyetelanya,untuk penyetelanya sendiri harus disesuaikan dengan jenis mesinnya,disini saya tidak membahas ukuran celah katup pada setiap mobil namun harus disesuaikan dengan standar pabrikan dan biasanya untuk penyetelan katup pada mobil jenis lama jadi untuk kendaraan mesin modern sekarang ini ada yang masih bisa disetel katupnya dan juga ada juga sebagian yang telah menggunakan setelan katup otomatis.
4.saringan udara
untuk komponen satu ini tidak terlalu banyak yang harus kita lakukan cukup kita harus tahu apakah layak diganti atau tidak,nah bagaimana cara mendeteksinya bila perlu diganti atau tidak,kita harus lihat dulu kondisi warna saringanya bila berwarna hitam pekat bila dibersihkan akan lama akan bersihnya maka harus perlu melakukan penggantian selain saringan buntu maka akan berpotensi kotoran akan tidak tersaring lagi dan akan di khawatirkan akan masuk keruang bakar,dan bila saringan berwarna coklat itu bertanda anda perlu membersihkan saja menggunakan angin bertekanan dari kompresor hingga benar-benar terlihat bersih kembali dan hingga ;ayak untuk dipakai kembali.
5.cek platina kondensor
ini wajib di periksa selain sebagai komponen vital juga inilah yang menentukan besar kecilnya letikan bunga api untuk membakar uap bensin yang masuk keruang bakar yang akan menghasilkan tenaga,bila terganggu atau platina kondensor bermasalah maka akan berpengaruh pada tenaga dan efisiensi bahan bakar,bagaimana cara mengeceknya yaitu perlu membuka tutup distributor dan lihat apakah plat kontak platina kondisi baik bila terlihat gosong, bentol bahkan tipis maka perlu melakukan penggantian satu set dengan kondensornya karena biasanya plat kontak platina rusak akibat kondensor yang bermasalah maka perlu sekali mengganti platina dan kondensor berbarengan,bila kan melakukan penggantian dipastikan celah platina perlu di periksa kerenggangannya jangan sampai terlalu rapat akan mengakibatkan mesin akan susah hidup dan nembak-nembak diknalpot dan bila kerenggangan maka mesin akan hidup namun mesin akan kehilangan tenaga pastikan dengan sesuai pabrikan,bila telah menggunakan distributor cdi tidak perlu lagi repot-repot menyetelnya karena telah secara otomatis semua telah di atur langsung oleh cdi.
6.karburator
komponen satu ini tidak harus kita bersihkan karburatornya dilihat kondisinya saja kalau normal saja anda hanya perlu melakukan penyetelan karburatornya saja,bila terlihat ada masalah atau ingin secara tuntas melakukan tune up nya dan ingin membersihkan karburatornya anda bisa membuka dan membersihkan dengan cairan pembersih karburator cleaner sampai bersih dan lakukan pengecekan pada ketinggian pelampungnya sesuai dengan standar pabrikan mobil untuk menghasilkan tenaga mesin yang maksimal.
7. ganti oli dan filter oli
untuk cara terakhir ini tidak wajib dilakukan namun bila dibarengkan maka akan berdampak positif yaitu dengan serempak kondisi mulai dari oli,bahan bakar setelan katup dan lainya telah normal sehingga akan memperbaiki kembali kondisi mesin nya agar bisa menghasilkan tenaga mesin yang optimal,lakukan penggantian oli sesuai standar pabrikan agar pelumasan akan bekerja dengan baik dan tepat penanganannya.
itulah beberapa langkah simpel namun sangat berpengaruh sekali pada tenaga mesin mobil anda sehingga harus benar-benar dikerjakan oleh tenaga ahli berpengalaman agar pengerjaanya maksimal dan berjalan lancar,itulah sekelumit artikel ini semoga bermanfaat bagi anda yang membaca artikel ini selamat mencoba dan sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.
Komentar