daihatsu zebra adalah varian mobil daihatsu yang memiliki cabin yang cukup lega untuk para penggunanya selain luas bahkan dirasakan bahan bakar mobil ini pun ekonomis untuk kantong para penggunanya,untuk jenis daihatsu zebra memiliki beberapa varian cc mobilnya mulai dari daihatsu zebra 1000 cc,zebra 1.300 cc,zebra espass 1.500 cc dan zebra 1.6 cc injection semua itu memiliki ciri khas tersendiri dan yang jelas sangat cocok buat angkutan bagi yang jenis pick up dan sangat lega didalam cabin untuk jenis minibus,namun dibalik itu semua ada masalah yang sering dikeluhkan oleh para pengguna mobil daihatsu zebra ini,mulai mesin panas hingga mogok saat hujan dan berjalan melewati genangan air,disini saya bahas untuk daihatsu zebra espass yang bermesin karburator karena pada jenis ini yang sering sekali mengalami masalah mesin mogok saat hujan dan saat berjalan melewati genangan air,nah apa saja yang membuat mobil ini mogok berikut ulasanya.
1.tebeng pelat bagian bawah delco tidak ada.
bagian ini sangat sering disepelekan karena kemungkinan baut pengikatnya karatan dan saat dibuka baut patah dan tidak diperbaiki lagi pada akhirnya pelat besi itu tidak terpasang,akibatnya karena pelat telah dibuang maka saat hujan pastinya saat melewati genangan air, air dari roda akan menciprat mengarah delco dan akibatnya delco basah lembab dan akan mengganggu kinerja pengapian sehingga mesin mobil tidak normal dan berakhir dengan mogok,solusi pasang kembali pelat tebeng tersebut yang berfungsi menahan cipratan air dari ban mobil.
2.mud guard atau karet penahan air di bagian roda tidak terpasang.
ini pun menjadi kendala utama pengguna daihatsu zebra karena selain bisa mengotori bagian belakang mobil dan air atau lumpur akan langsung menciprat ke arah delco apalagi pelat besi tersebut tidak terpasang maka akan cepat sekali proses air akan masuk dan membuat lembab delco atau distributornya yang akan mudah sekali mengganggu kinerja sistem pengapianya solusi ini anda cukup memasang kembali mud guard atau karet penahan air atau lumpur tersebut.
3.air masuk lewat tutup mesin di bak mobil.
untuk permasalahan satu ini biasanya terjadi pada mobil jenis zebra pick up karena biasanya tidak rapat lagi atau keropos pada tutup mesin dibagian bak mobil tersebut dan air akan langsung turun ke delco atau distributor yang akan menyebabkan terganggunya sistem kelistrikanya,solusi perbaiki pada bagian tutup mesinnya.
4.kabel busi basah pada bagian delco atau distributornya.
ini ada kaitanya dengan delco atau distributornya karena pada bagian delco ujung kabel busi pun ikut basah karena air hujan maka dari itu perlu membersihkan bagian dalam konektor businya dan tutup delconya hingga bagian dalam delco seperti pada rotornya tutup bagian dalamnya di lap bersih untuk bisa menormalkan kembali mesinnya.
5.saringan udara lembab.
cara setel kopling hidrolik mobil untuk semua mobil yang menggunakanya
bagian ini karena air masuk melalui lubang udara hisap saringan udara bagian bawah rumahan saringan udara yang masuk ke saringan udara sehingga saringan basah lembab dan akan mengganggu udara yang akan masuk ke karburator,solusi masalah ini anda harus membuka saringan udara saat lembab dan coba hidupkan,bia telah hidup keringkan kembali saringan udara atau ganti dengan yang baru.
6.kabel bagian bawah aki yang menuju ke dasbord depan.
bagian ini memang jarang terjadi namun apa disangka kalau kabel ini pun bisa menjadi penyebabnya karena aliran arus aki ke dasbord yang akan mengaktifkan coil dan pompa bensin terganggu,solusi ini cukup bersihkan bagian soket cirinya pengapian pada bagian dasbord speedometernya hilang seperti aki tidak ada arus
itulah beberapa masalah yang sering ditimbulkan pada mobil daihatsu zebra mogok saat hujan dan pastinya saat melewati genangan air,semoga artikel ini berguna sebagai panduan anda agar tahu penyebab mobil ini mogok saat hujan dan melewati genangan air,semoga bermanfaat sampai ketemu lagi di artikel selanjutnya.
1.tebeng pelat bagian bawah delco tidak ada.
bagian ini sangat sering disepelekan karena kemungkinan baut pengikatnya karatan dan saat dibuka baut patah dan tidak diperbaiki lagi pada akhirnya pelat besi itu tidak terpasang,akibatnya karena pelat telah dibuang maka saat hujan pastinya saat melewati genangan air, air dari roda akan menciprat mengarah delco dan akibatnya delco basah lembab dan akan mengganggu kinerja pengapian sehingga mesin mobil tidak normal dan berakhir dengan mogok,solusi pasang kembali pelat tebeng tersebut yang berfungsi menahan cipratan air dari ban mobil.
2.mud guard atau karet penahan air di bagian roda tidak terpasang.
ini pun menjadi kendala utama pengguna daihatsu zebra karena selain bisa mengotori bagian belakang mobil dan air atau lumpur akan langsung menciprat ke arah delco apalagi pelat besi tersebut tidak terpasang maka akan cepat sekali proses air akan masuk dan membuat lembab delco atau distributornya yang akan mudah sekali mengganggu kinerja sistem pengapianya solusi ini anda cukup memasang kembali mud guard atau karet penahan air atau lumpur tersebut.
3.air masuk lewat tutup mesin di bak mobil.
untuk permasalahan satu ini biasanya terjadi pada mobil jenis zebra pick up karena biasanya tidak rapat lagi atau keropos pada tutup mesin dibagian bak mobil tersebut dan air akan langsung turun ke delco atau distributor yang akan menyebabkan terganggunya sistem kelistrikanya,solusi perbaiki pada bagian tutup mesinnya.
4.kabel busi basah pada bagian delco atau distributornya.
ini ada kaitanya dengan delco atau distributornya karena pada bagian delco ujung kabel busi pun ikut basah karena air hujan maka dari itu perlu membersihkan bagian dalam konektor businya dan tutup delconya hingga bagian dalam delco seperti pada rotornya tutup bagian dalamnya di lap bersih untuk bisa menormalkan kembali mesinnya.
5.saringan udara lembab.
cara setel kopling hidrolik mobil untuk semua mobil yang menggunakanya
bagian ini karena air masuk melalui lubang udara hisap saringan udara bagian bawah rumahan saringan udara yang masuk ke saringan udara sehingga saringan basah lembab dan akan mengganggu udara yang akan masuk ke karburator,solusi masalah ini anda harus membuka saringan udara saat lembab dan coba hidupkan,bia telah hidup keringkan kembali saringan udara atau ganti dengan yang baru.
6.kabel bagian bawah aki yang menuju ke dasbord depan.
bagian ini memang jarang terjadi namun apa disangka kalau kabel ini pun bisa menjadi penyebabnya karena aliran arus aki ke dasbord yang akan mengaktifkan coil dan pompa bensin terganggu,solusi ini cukup bersihkan bagian soket cirinya pengapian pada bagian dasbord speedometernya hilang seperti aki tidak ada arus
itulah beberapa masalah yang sering ditimbulkan pada mobil daihatsu zebra mogok saat hujan dan pastinya saat melewati genangan air,semoga artikel ini berguna sebagai panduan anda agar tahu penyebab mobil ini mogok saat hujan dan melewati genangan air,semoga bermanfaat sampai ketemu lagi di artikel selanjutnya.
Komentar