salah satu kendala terbesar para pengemudi mobil adalah mesin mobil panas,penyebab mesin mobil panas itu sangat banyak macam permasalahannya hingga kita harus menelusuri satu persatu,untuk dapat melihat dimana permasalahan yang sebenarnya terjadi dan kira-kira apa penyebabnya,berikut beberapa yang patut anda ketahui penyebab mesin mobil panas dan air menyembur keluar dari radiator.
1.radiator tersumbat
tersumbatnya radiator juga bisa memicu mesin mobil panas dan menyembur dikarenakan air tidak dapat sirkulasi dari radiator ke ruang mesin diakibatkan air tidak cepat turun untuk didinginkan di radiator sehingga ruang mesin masih tetap mendapatkan air yang cukup panas sehingga suhu mesin naik dan mempengaruhi kinerja mesin sehingga penguapan pun terjadi sehingga air yang didalam ruang mesin akan di dorong keluar oleh uap panas hingga keluar dari mesin dan menyembur saat di buka tutup radiatornya,segeralah cuci radiator sebelum permasalahan merembet ke komponen mesin laianya.
2.kisi-kisi radiator tersumbat kotoran.
kisi-kisi radiator adalah termasuk yang terpenting didalam komponen radiator, sebaik apapun seluruh komponen pendingin mesin bila lubang kisi-kisi tersumbat maka akan tetap panas juga mesinya,menurut analisa adalah lubang kisi-kisi radiator merupakan tempat dimana untuk mendinginkan air radiator dari mesin yang masuk ke radiator untuk didinginkan jadi bila air masuk kelubang tube radiator maka akan berbarengan juga dengan udara dari depan yang akan melewati kisi-kisi radiator dan selanjutnya akan mendinginkan air radiator yang didalam mesin sehingga saat keluar dari lubang hose radiator bagian bawah yang akan masuk ke dalam mesin kembali telah dingin,oleh sebab itu lubang kisi-kisi tidak boleh tersumbat dan harus selalu rutin dalam merawat kebersihanya.
3.thermostat macet
thermostat masih adalah deretan dari masalah air radiator menyembur keluar dikarenakan saat suhu mesin telah tercapai pada batasnya thermostat belum membuka permasalah thermostat tidak membuka biasanya karena masa pakai kendaraan ada juga diakibatkan kotoran karat yang menganggu kerja thermostat untuk membukannya,dengan ciri-ciri bila thermostat tidak membuka adalah air akan menyembur keluar dan indikator temperatur akan naik tinggi secara tiba-tiba,solusi masalah ini adalah harus membuka dan menggantinya dengan yang baru,bila dirasakan telah diganti baru masih juga panas coba lepas terlebih dahulu apakah ada perubahan saat dibuka,bila ada berarti panas mesin telah merambah ke mesinnya.
4.ada kebocoran dimesinnya
kebocoran air dimesin juga menjadi penyebab selanjutnya,bocor bisa dari mangkok mata kakap nya,bisa juga dari selang-selang mesin,pompa air, hingga bocor masuk keruang mesin mengakibatkan air akan terbuang ke knalpot yang akan mengurangi volume air radiator,solusi ini memerlukan perbaikan serius karena perlu mengganti part yang rusak tersebut.
5.kipas baling-baling pompa air
masalah ini jarang terjadi namun saya pernah mengalaminya yaitu air tidak akan berputar walau pun thermostat dilepas sekalipun,jadi akan berputar bila rpm mesin tinggi namun tidak maksimal juga,sehingga air dari radiator ke mesin tidak akan sirkulasi dengan baik sehingga suhu mesin naik sehingga membentuk uap mesin dan akan mendorong keluar ke radiator saat mesin di buka atau saat mesin digas,solusi periksa pompa air apakah kondisinya baik,bila masuk dalam masalah ini silahkan menggantinya dengan yang baru,saran jangan mengisi air radiator yang mengandung air zat asam contoh air rawa yang dapat membuat karat pada baling-baling kipasnya berkarat dan rontok.
6.kompresi masuk ke ruang air
ini adalah masalah serius dari semua masalah mesin mobil yang telah dijelaskan diatas, ini adalah puncak dimana kerusakan akibat mesin mobil panas,terlihat jelas bila masalah ini telah menyerang mesin anda yaitu dengan dapat dilihat dari lubang tempat pengisian air radiator akan terasa menyembur saat mesin distater kondisi mesin dingin,yaitu kompresi udara yang dihasilkan piston akan masuk keruang air dan akan mendorong air keluar ke lubang pengisian radiator saat dibuka tutup radiatornya,solusi masalah ini,anda harus membuka head cyindernya dan mengganti packing head nya, dan bila dirasakan head melengkung perlu lakukan skrap head untuk meratakan kembali permukaan head cylindernya.
inilah 6 masalah yang menyebabkan mesin mobil panas dan air radiator keluar menyembur saat tutup radiator dibuka,semoga bisa dijadikan manfaat yang besar bagi para pembacanya dan menjadi nilai ilmu pengetahuan umum untuk para pembaca artikel ini.
tersumbatnya radiator juga bisa memicu mesin mobil panas dan menyembur dikarenakan air tidak dapat sirkulasi dari radiator ke ruang mesin diakibatkan air tidak cepat turun untuk didinginkan di radiator sehingga ruang mesin masih tetap mendapatkan air yang cukup panas sehingga suhu mesin naik dan mempengaruhi kinerja mesin sehingga penguapan pun terjadi sehingga air yang didalam ruang mesin akan di dorong keluar oleh uap panas hingga keluar dari mesin dan menyembur saat di buka tutup radiatornya,segeralah cuci radiator sebelum permasalahan merembet ke komponen mesin laianya.
2.kisi-kisi radiator tersumbat kotoran.
kisi-kisi radiator adalah termasuk yang terpenting didalam komponen radiator, sebaik apapun seluruh komponen pendingin mesin bila lubang kisi-kisi tersumbat maka akan tetap panas juga mesinya,menurut analisa adalah lubang kisi-kisi radiator merupakan tempat dimana untuk mendinginkan air radiator dari mesin yang masuk ke radiator untuk didinginkan jadi bila air masuk kelubang tube radiator maka akan berbarengan juga dengan udara dari depan yang akan melewati kisi-kisi radiator dan selanjutnya akan mendinginkan air radiator yang didalam mesin sehingga saat keluar dari lubang hose radiator bagian bawah yang akan masuk ke dalam mesin kembali telah dingin,oleh sebab itu lubang kisi-kisi tidak boleh tersumbat dan harus selalu rutin dalam merawat kebersihanya.
3.thermostat macet
thermostat masih adalah deretan dari masalah air radiator menyembur keluar dikarenakan saat suhu mesin telah tercapai pada batasnya thermostat belum membuka permasalah thermostat tidak membuka biasanya karena masa pakai kendaraan ada juga diakibatkan kotoran karat yang menganggu kerja thermostat untuk membukannya,dengan ciri-ciri bila thermostat tidak membuka adalah air akan menyembur keluar dan indikator temperatur akan naik tinggi secara tiba-tiba,solusi masalah ini adalah harus membuka dan menggantinya dengan yang baru,bila dirasakan telah diganti baru masih juga panas coba lepas terlebih dahulu apakah ada perubahan saat dibuka,bila ada berarti panas mesin telah merambah ke mesinnya.
4.ada kebocoran dimesinnya
kebocoran air dimesin juga menjadi penyebab selanjutnya,bocor bisa dari mangkok mata kakap nya,bisa juga dari selang-selang mesin,pompa air, hingga bocor masuk keruang mesin mengakibatkan air akan terbuang ke knalpot yang akan mengurangi volume air radiator,solusi ini memerlukan perbaikan serius karena perlu mengganti part yang rusak tersebut.
5.kipas baling-baling pompa air
masalah ini jarang terjadi namun saya pernah mengalaminya yaitu air tidak akan berputar walau pun thermostat dilepas sekalipun,jadi akan berputar bila rpm mesin tinggi namun tidak maksimal juga,sehingga air dari radiator ke mesin tidak akan sirkulasi dengan baik sehingga suhu mesin naik sehingga membentuk uap mesin dan akan mendorong keluar ke radiator saat mesin di buka atau saat mesin digas,solusi periksa pompa air apakah kondisinya baik,bila masuk dalam masalah ini silahkan menggantinya dengan yang baru,saran jangan mengisi air radiator yang mengandung air zat asam contoh air rawa yang dapat membuat karat pada baling-baling kipasnya berkarat dan rontok.
6.kompresi masuk ke ruang air
ini adalah masalah serius dari semua masalah mesin mobil yang telah dijelaskan diatas, ini adalah puncak dimana kerusakan akibat mesin mobil panas,terlihat jelas bila masalah ini telah menyerang mesin anda yaitu dengan dapat dilihat dari lubang tempat pengisian air radiator akan terasa menyembur saat mesin distater kondisi mesin dingin,yaitu kompresi udara yang dihasilkan piston akan masuk keruang air dan akan mendorong air keluar ke lubang pengisian radiator saat dibuka tutup radiatornya,solusi masalah ini,anda harus membuka head cyindernya dan mengganti packing head nya, dan bila dirasakan head melengkung perlu lakukan skrap head untuk meratakan kembali permukaan head cylindernya.
inilah 6 masalah yang menyebabkan mesin mobil panas dan air radiator keluar menyembur saat tutup radiator dibuka,semoga bisa dijadikan manfaat yang besar bagi para pembacanya dan menjadi nilai ilmu pengetahuan umum untuk para pembaca artikel ini.
Komentar