pernah anda sedang asyik melakukan perjalanan eh! tiba-tiba lampu indikator oli menyala,pastinya rasa percaya diri anda saat membawanya pastinya akan berkurang akibat lampu pengundang bahaya ini muncul,selain itu juga saat dipaksakan berjalan maka akan dikhawatirkan akan terjadi permasalahan serius pada mesinnya ada beberapa gejala yang memungkinkan lampu oli menyala berikut permasalahan dan solusinya.
1.lampu oli menyala berkedip
lampu oli yang berkedip kadang hidup kadang mati,bisa kemungkinan permasalahan ada pada switch olinya yang rusak coba ganti dulu switch olinya siapa tahu lampu mati bila tidak berarti kemungkinan switch oli masih bagus,level oli berkurang bisa jadi masalahnya disana coba periksa,filter oli tersumbat bahkan hingga saringan corong oli di ruang carter oli mulai sedikit tersumbat,terus tekanan pressure pompa oli berkurang,intinya tekanan oli dari pompa yang akan menuju ke atas mesin yang melalui switch oli kurang kuat atau tidak sesuai standarnya sehingga switch oli akan menyala saat tekanan oli padat namun biasanya bila telah panas tekanan pressure oli akan melemah,solusi buka mesin anda dan perbaiki pada saluran-saluran oli mesin.
2.lampu oli menyala setelah mesin panas
masalah ini sama dengan pembahasan divideo di atas,yaitu lampu akan menyala pada posisi mesin telah panas,jadi saat petama kali mesin dihidupkan atau saat dingin lampu oli akan mati,setelah mesin lama hidup lampu oli akan menyala,biasanya masalah ini bermasalah pada pressure pompa oli dan corong oli bagian dalam carter oli yang tersumbat pada bagian dalamnya,solusinya anda hanya perlu membuka mesin dan periksa pada bagian yang telah saya sebutkan.
3.lampu oli menyala terus saat mesin dingin atau telah panas sekalipun
masalah ini sangatlah banyak yang akan diperiksa seperti pada pompa olinya apakah telah cacat pada ruang dudukan cartrid nya yang mengakibatkan selah untuk memompa oli telah longgar,switc oli putus atau rusak bisa terjadi bisa ganti kalau rusak,kabel switc oli tertempel masa mesin atau masa bodi,kemungkin terjadi corong oli tersumbat deposit kotoran kerak mesin didlama carter oli saat pompa menyedot oli yang akan ditekankan ke seluruh mesin lemah makanya switch oli tidak mendapat tekanan yang berarti tidak sesuai standarnya,maka dari itu perlu lakukan pengecekan berkala pada mesin mobil saja.
dari beberapa keluhan yang sering ditanyakan adalah lampu oli mesin hidup saat mesin idle,namun saat mesin digas akan mati, menandakan oli yang akan dipressure kan seluruh mesin berkurang akibatnya lampu oli menyala saat dibebani ac atau kodisi idle pertanda bagian komponen pressure pompa oli lemah saat mesin ada beban atau pun idle atau putaran mesin rendah.
nah bagaimana solusinya bila mengalami keluhan diatas, anda jangan panik bila ini terjadi dijalan menepilah dan jangan lanjutkan perjalanan derek saja mobil agar lebih aman lagi sehingga tidak merusak mesin yang lebih parah lagi,dipastikan level oli telah cukup,jadi kalau sudah dirasakan level oli nya cukup,coba ganti dulu switch olinya apakah permasalahan telah terselesaikan,kalau masih juga hidup lampu indikator olinya coba merambah ke filter oli ganti dulu oli filternya apakah tekanan oli telah stabil jika belum masih ada beberapa lagi yang perlu diperiksa lagi yaitu bagian pressure pompa oli dan corong oli proses ini biasanya akan membongkar mesinnya dan ada juga yang bisa dilakukan di atas mobil sesuai jenis pompa olinya,dan kesulitan dan mudahnya cara membuka pompa olinya,semoga artikel kali ini sangat bermanfaat bagi pengguna mobil yang mengalami permasalahan ini.
1.lampu oli menyala berkedip
lampu oli yang berkedip kadang hidup kadang mati,bisa kemungkinan permasalahan ada pada switch olinya yang rusak coba ganti dulu switch olinya siapa tahu lampu mati bila tidak berarti kemungkinan switch oli masih bagus,level oli berkurang bisa jadi masalahnya disana coba periksa,filter oli tersumbat bahkan hingga saringan corong oli di ruang carter oli mulai sedikit tersumbat,terus tekanan pressure pompa oli berkurang,intinya tekanan oli dari pompa yang akan menuju ke atas mesin yang melalui switch oli kurang kuat atau tidak sesuai standarnya sehingga switch oli akan menyala saat tekanan oli padat namun biasanya bila telah panas tekanan pressure oli akan melemah,solusi buka mesin anda dan perbaiki pada saluran-saluran oli mesin.
2.lampu oli menyala setelah mesin panas
masalah ini sama dengan pembahasan divideo di atas,yaitu lampu akan menyala pada posisi mesin telah panas,jadi saat petama kali mesin dihidupkan atau saat dingin lampu oli akan mati,setelah mesin lama hidup lampu oli akan menyala,biasanya masalah ini bermasalah pada pressure pompa oli dan corong oli bagian dalam carter oli yang tersumbat pada bagian dalamnya,solusinya anda hanya perlu membuka mesin dan periksa pada bagian yang telah saya sebutkan.
3.lampu oli menyala terus saat mesin dingin atau telah panas sekalipun
masalah ini sangatlah banyak yang akan diperiksa seperti pada pompa olinya apakah telah cacat pada ruang dudukan cartrid nya yang mengakibatkan selah untuk memompa oli telah longgar,switc oli putus atau rusak bisa terjadi bisa ganti kalau rusak,kabel switc oli tertempel masa mesin atau masa bodi,kemungkin terjadi corong oli tersumbat deposit kotoran kerak mesin didlama carter oli saat pompa menyedot oli yang akan ditekankan ke seluruh mesin lemah makanya switch oli tidak mendapat tekanan yang berarti tidak sesuai standarnya,maka dari itu perlu lakukan pengecekan berkala pada mesin mobil saja.
dari beberapa keluhan yang sering ditanyakan adalah lampu oli mesin hidup saat mesin idle,namun saat mesin digas akan mati, menandakan oli yang akan dipressure kan seluruh mesin berkurang akibatnya lampu oli menyala saat dibebani ac atau kodisi idle pertanda bagian komponen pressure pompa oli lemah saat mesin ada beban atau pun idle atau putaran mesin rendah.
nah bagaimana solusinya bila mengalami keluhan diatas, anda jangan panik bila ini terjadi dijalan menepilah dan jangan lanjutkan perjalanan derek saja mobil agar lebih aman lagi sehingga tidak merusak mesin yang lebih parah lagi,dipastikan level oli telah cukup,jadi kalau sudah dirasakan level oli nya cukup,coba ganti dulu switch olinya apakah permasalahan telah terselesaikan,kalau masih juga hidup lampu indikator olinya coba merambah ke filter oli ganti dulu oli filternya apakah tekanan oli telah stabil jika belum masih ada beberapa lagi yang perlu diperiksa lagi yaitu bagian pressure pompa oli dan corong oli proses ini biasanya akan membongkar mesinnya dan ada juga yang bisa dilakukan di atas mobil sesuai jenis pompa olinya,dan kesulitan dan mudahnya cara membuka pompa olinya,semoga artikel kali ini sangat bermanfaat bagi pengguna mobil yang mengalami permasalahan ini.
Komentar