banyak masalah yang ditimbulkan bila gigi perseneling pada mobil susah masuk,terkadang hanya masalah sedikit saja namun merepotkan para penggunanya,secara umum biasanya penyebab gigi perseneling susah masuk biasanya bermasalah pada bagian yang berhubungan langsung dengan peranti kopling tersebut.
ada beberapa komponen yang menjadi biang kerok penyebab gigi perseneling susah masuk,namun sangat mudah sekali kita mendeteksinya ada ciri khas tertentu dibagian mana saja yang bermasalah berikut beberapa masalah yang sering ditimbulkan bila perseneling mobil susah masuk gigi.
1.master kopling atas dan bawah bocor
pada bagian ini biasanya bocor tidak langsung berbarengan namun ada ciri khas tertentu bila salah satu komponen ini bermasalah yaitu bila bermasalah pada master atas biasanya akan terasa nyeplos saat kita menginjak kopling perlahan dan pedal kopling terasa rendah dan gigi susah masuk ini bila terjadi masalah pada master kopling atasnya,selanjutnya apa ciri-ciri master kopling bawah bermasalah,sangat jelas sekali terasa efeknya secara langsung yaitu pedal kopling blong terasa tidak ada hidrolik dan dan gigi susah masuk,ini disebabkan kedua komponen kopling hidrolik ini bocor,solusinya perbaiki ganti seal pada komponen tersebut bila dirasakan rekondisi tidak memungkinkan ganti master kopling tersebut, anda bisa cek video dibawah ini agar lebih jelas lagi.
2.setelan kopling mobil kurang tepat
bagian ini sangatlah sepele namun bila dibiarkan maka kenyamanan saat memindahkan gigi pun kurang maksimal untuk cara penyetelanya sudah saya buat di artikel lainya dan bisa dicek artikel lainya,untuk lebih jelas bisa lihat di video dibawah ini cara penyetelanya.
3.oli perseneling minta ganti atau kurang level olinya
itulah beberapa macam penyebab gigi perseneling susah masuk semoga dijadikan patokan anda untuk tahu gejala apa saja yang ditimbulkan bila komponen ini bermasalah semoga menginspirasi anda,dan bedakan gejalanya dimana permasalahan di kopling dan dimana permasalahan pada bagian persenelingnya semua sudah dibahas di keterangan di atas semoga bermanfaat sekian dan terima kasih.
ada beberapa komponen yang menjadi biang kerok penyebab gigi perseneling susah masuk,namun sangat mudah sekali kita mendeteksinya ada ciri khas tertentu dibagian mana saja yang bermasalah berikut beberapa masalah yang sering ditimbulkan bila perseneling mobil susah masuk gigi.
1.master kopling atas dan bawah bocor
pada bagian ini biasanya bocor tidak langsung berbarengan namun ada ciri khas tertentu bila salah satu komponen ini bermasalah yaitu bila bermasalah pada master atas biasanya akan terasa nyeplos saat kita menginjak kopling perlahan dan pedal kopling terasa rendah dan gigi susah masuk ini bila terjadi masalah pada master kopling atasnya,selanjutnya apa ciri-ciri master kopling bawah bermasalah,sangat jelas sekali terasa efeknya secara langsung yaitu pedal kopling blong terasa tidak ada hidrolik dan dan gigi susah masuk,ini disebabkan kedua komponen kopling hidrolik ini bocor,solusinya perbaiki ganti seal pada komponen tersebut bila dirasakan rekondisi tidak memungkinkan ganti master kopling tersebut, anda bisa cek video dibawah ini agar lebih jelas lagi.
2.setelan kopling mobil kurang tepat
bagian ini sangatlah sepele namun bila dibiarkan maka kenyamanan saat memindahkan gigi pun kurang maksimal untuk cara penyetelanya sudah saya buat di artikel lainya dan bisa dicek artikel lainya,untuk lebih jelas bisa lihat di video dibawah ini cara penyetelanya.
3.oli perseneling minta ganti atau kurang level olinya
bagian ini sangatlah sepele dan saya rasa tidak akan terjadi bila rutin melakukan penggantian oli persenelingnya selalu merawat perseneling dari kebocoran sealnya dan menggunakan oli perseneling tepat sesuai prosedur dan selalu menggunakan oli perseneling kualitas baik tentunya,dengan cara ini penyebab gigi susah masuk karena oli tidak akan terjadi.
4.bushing tuas tongkat dan seling gigi rusak atau oblak
pada bagian tuas gigi ini masih berhubungan dengan tali gigi karena untuk tipe tongkat gigi ada dua tipe ada yang langsung ada yang melalui tali gigi jadi pada bagian ini bisa juga bermasalah pada bushing tongkat gigi yang berada langsung didalam,untuk jenis yang menggunakan seling gigi sering juga bermasalah pada bushing bagian tuas gigi dan seling putus atau juga dibagian ujung seling di transmisi karet pecah atau longgar sehingga akan mempersulit pemindahan giginya solusinya lakukan perbaikan pada titik yang rusak dan rekomendasikan ke bengkel kepercayaanya.
5.pres kopling atau cover clutch
ciri lain bila bermasalah pada bagian ini adalah terasa jelas injakan pedal kopling keras,dan saat disetel koplingnya gigi tidak akan masuk akibat dari cover clutch atau pres koplingnya bermasalah, akibat pegas pada cover clutch atau pres koplingnya tidak melepas kampas kopling yang di tahanya sehingga tenaga mesin ke transmisi tidak dapat di putuskan sehingga akan mempersulit pemindahan giginya,solusi ganti pres kopling atau cover clutchnya dengan yang baru atau ganti satu seat,walaupun tidak menutup kemungkinan permasalahan ini terjadi saat setelah penggantian kopling yang baru.
6.release bearing atau kelahar press
pada komponen satu ini sering juga terjadi biasanya akibat dari penggantian kampas kopling tidak satu seat,ini terjadi akibat komponen pada release bearing tidak berbarengan dengan komponen lainya sehingga bila yang lain diganti dan pada release bearingnya tidak, maka beban release bearing akan bekerja lebih keras lagi buat mengimbangi bahan yang baru diganti tadi sehingga lambat laun bearing akan mengalami keausan dan akan menimbulkan bunyi,bearing macet hingga pecah sehingga untuk pemindahan giginya menjadi bermasalah,solusinya lakukan penggantian pada komponen ini bila cirinya telah terlihat .
5.kampas kopling per nya rontok
bagian ini belum tahu jelas apa permasalahan sesungguhnya namun bisa disimpulkan permasalahan ini bukan dari kelalaian saat pemasanganya namun ada dua faktor yaitu kualitas bahan dan kondisi saat penggunaannya,untuk kondisi bahan bagaimana maksudnya yaitu bisa kemungkinan menggunakan barang bukan original atau memakai sparepart bukan kualitas bagus sehingga mempercepat rusaknya pada bagian kampas kopling terutama per kopling lepas sehingga per akan mengganjal sehingga injakan pedal kopling mendadak keras dan kuku pres kopling akan tertahan oleh kampas kopling pada akhirnya rumahan per akan pecah juga akibat per mengganjal di kuku matahari koplingnya,selanjutnya yaitu penggunaan ada banyak macam masalahnya bila dijabarkan namun secara umum biasanya yaitu sering menghidupkan mobil dengan cara didorong,mobil terpater dilumpur,jalan menanjak terjal sehingga diperlukan sentakan mobil yang kuat,hingga penggunaan yang sembarangan buat kebut-kebutan dan lain-lainya,solusi bila masalah ini telah terjadi mau tak mau harus melakukan penggantian kopling satu seat agar penggunaan menjadi normal lagi,lebih jelasnya bisa cek video dibawah ini.
itulah beberapa macam penyebab gigi perseneling susah masuk semoga dijadikan patokan anda untuk tahu gejala apa saja yang ditimbulkan bila komponen ini bermasalah semoga menginspirasi anda,dan bedakan gejalanya dimana permasalahan di kopling dan dimana permasalahan pada bagian persenelingnya semua sudah dibahas di keterangan di atas semoga bermanfaat sekian dan terima kasih.
Komentar