mesin mobil bergetar bahkan saat idle atau pun putaran mesin tinggi merupakan permasalahan yang sangat lumrah, apalagi apabila perawatan pada mobil tersebut sangat minim sekali dengan perawatan rutinitas hanya sekedar dipakai saja tanpa melakukan pengecekan perawatan hingga mengabaikan saatnya perbaikan,di balik mesin bergetar ada beberapa fungsi ruang bakar yang terganggu tentunya pasti ada ruang bakar yang tidak berfungsi,namun bila hanya satu ruang silinder saja biasanya tidak sampai bergetar hebat hanya sedikit getar dan gas terasa brebet,nah disini akan dibahas ciri-ciri kompresi mesin mobil bocor berikut ulasanya.
1.ciri yang paling sekali nampak saat kompresi bocor adalah mesin terasa bergetar saat idle,biasanya kalau cuma satu kompresi saja tidak akan terjadi bergetar yang sangat hebat,bila getaran mesin sangat hebat biasanya dua kopresi bocor yang sering ditemukan kompresi bocor keruang bakar lain bisa anda lihat pada gambar dibawah ini.
2.mesin terasa pincang saat mesin hidup idle mesinya,dan serasa mesin tidak bisa rata idlenya.
3.mesin terasa brebet saat digas.
4.mesin akan boros bahan bakar dan dirasakan tenaga mesin menurun drastis.
semua diatas hanya baru sedikit yang saya tau tentang bocor kompresi mesin pada mobil khususnya mobil injeksi,permasalahan ini belum tahu juga apa penyebabnya,namun setelah dilihat dari packingnya sepertinya packing head cylinder bukan lah bawaan pabrikan,selama permasalahan ini saya lihat ternyata permasalahanaya packing head cylinder nya yang bermasalah itu sudah menggunakan packing head gantian,menurut analisa saya sendiri selama menangani masalah ini ada beberapa faktor yang menyebabkan masalah ini yaitu.
1.mesin mengalami panas berlebih akibat knocking yang bisa saja disebabkan karena kualitas bahan bakar yang tidak sesuai yang pada akhirnya tumpukan carbon menumpuk di kepala silinder yang pada akhirnya bahan bakar terbakar tidak pada semestinya yaitu pengapian belum sempat meletikan bunga apinya ternyata sudah terbakar oli sisa kerak mesin yang telah menjadi bara api,sehingga piston tidak sempat lagi pada posisi TMA bahan bakar telah terbakar sehingga suhu mesin naik mengakibatkan mesin nglitik atau knocking,karena terlalu lamanya mesin nglitik dan knocking pada akhirnya panas mesin berlebih sehingga suhu mesin tidak semestinya sehingga kemungkinan besar merusak pada packing silindernya yang telah merenggang akibat panas berlebih.
2.head cylinder atau silinder cop melengkung akibat panas berlebih karena keringnya air didalam mesin bisa menjadi penyebab utama karena saat terjadi pembakaran maka api pembakaran tersebut masuk disela packing head yang telah merenggang tersebut dan menyebabkan sambungan packing antara dua silinder piston tersebut putus akibat terbakar saat melakukan pembakaran.
3.kualitas bahan packing head cylinder head kuarang baik mungkin sedikit agak tidak lentur dikarenakan saat head cylinder diikat tidak duduk dengan sempurna sehingga ada sedikit rongga di antara sambungan dua silinder tersebut,mungkin dampaknya saat itu tidak terasa namun perlahan akan terasa seiring waktu pemakaianya,disarankan gunakan packing head dengan kualitas baik.
itulah beberapa analisa versi saya memang secara kasat mata sangat bingung mendeteksi masalah ini karena permasalahan yang satu ini diluar dugaan,tetapi ada beberapa untuk mencegah masalah ini adalah.
1.gunakan kualitas bahan bakar bagus dan sesuaikan dengan jenis kendaraanya.
2.cek selalu air radiator dari kebocoran mesin untuk menghidari panas berlebih.
3.gunakan kualitas bahan packing head cylinder dengan bahan kualitas baik saat menggantinya untuk menghidari permasalahan ini.
untuk penaganannya yaitu buka head cylinder dan ratakan kembali head cylinder yang rusak akibat panas,biasanya melengkung cara memperbaikinya yaitu ada dua macam bisa langsung dibubut dibengkel bubut atau gosok menggunakan amplas dengan dilapisi kaca untuk meratakan head cylinder yang melengkung.
baik itu saja informasi kali ini semoga bermanfaat bagi anda yang membacanya sebagai wawasan baru yang sebagai pengetahuan umum dan bisa anda gunakan untuk mencegah permasalahan ini dan bagaimana cara mengatasinya,sampai jumpa lagi di artikel lainnya.
1.ciri yang paling sekali nampak saat kompresi bocor adalah mesin terasa bergetar saat idle,biasanya kalau cuma satu kompresi saja tidak akan terjadi bergetar yang sangat hebat,bila getaran mesin sangat hebat biasanya dua kopresi bocor yang sering ditemukan kompresi bocor keruang bakar lain bisa anda lihat pada gambar dibawah ini.
2.mesin terasa pincang saat mesin hidup idle mesinya,dan serasa mesin tidak bisa rata idlenya.
3.mesin terasa brebet saat digas.
4.mesin akan boros bahan bakar dan dirasakan tenaga mesin menurun drastis.
semua diatas hanya baru sedikit yang saya tau tentang bocor kompresi mesin pada mobil khususnya mobil injeksi,permasalahan ini belum tahu juga apa penyebabnya,namun setelah dilihat dari packingnya sepertinya packing head cylinder bukan lah bawaan pabrikan,selama permasalahan ini saya lihat ternyata permasalahanaya packing head cylinder nya yang bermasalah itu sudah menggunakan packing head gantian,menurut analisa saya sendiri selama menangani masalah ini ada beberapa faktor yang menyebabkan masalah ini yaitu.
1.mesin mengalami panas berlebih akibat knocking yang bisa saja disebabkan karena kualitas bahan bakar yang tidak sesuai yang pada akhirnya tumpukan carbon menumpuk di kepala silinder yang pada akhirnya bahan bakar terbakar tidak pada semestinya yaitu pengapian belum sempat meletikan bunga apinya ternyata sudah terbakar oli sisa kerak mesin yang telah menjadi bara api,sehingga piston tidak sempat lagi pada posisi TMA bahan bakar telah terbakar sehingga suhu mesin naik mengakibatkan mesin nglitik atau knocking,karena terlalu lamanya mesin nglitik dan knocking pada akhirnya panas mesin berlebih sehingga suhu mesin tidak semestinya sehingga kemungkinan besar merusak pada packing silindernya yang telah merenggang akibat panas berlebih.
2.head cylinder atau silinder cop melengkung akibat panas berlebih karena keringnya air didalam mesin bisa menjadi penyebab utama karena saat terjadi pembakaran maka api pembakaran tersebut masuk disela packing head yang telah merenggang tersebut dan menyebabkan sambungan packing antara dua silinder piston tersebut putus akibat terbakar saat melakukan pembakaran.
3.kualitas bahan packing head cylinder head kuarang baik mungkin sedikit agak tidak lentur dikarenakan saat head cylinder diikat tidak duduk dengan sempurna sehingga ada sedikit rongga di antara sambungan dua silinder tersebut,mungkin dampaknya saat itu tidak terasa namun perlahan akan terasa seiring waktu pemakaianya,disarankan gunakan packing head dengan kualitas baik.
itulah beberapa analisa versi saya memang secara kasat mata sangat bingung mendeteksi masalah ini karena permasalahan yang satu ini diluar dugaan,tetapi ada beberapa untuk mencegah masalah ini adalah.
1.gunakan kualitas bahan bakar bagus dan sesuaikan dengan jenis kendaraanya.
2.cek selalu air radiator dari kebocoran mesin untuk menghidari panas berlebih.
3.gunakan kualitas bahan packing head cylinder dengan bahan kualitas baik saat menggantinya untuk menghidari permasalahan ini.
untuk penaganannya yaitu buka head cylinder dan ratakan kembali head cylinder yang rusak akibat panas,biasanya melengkung cara memperbaikinya yaitu ada dua macam bisa langsung dibubut dibengkel bubut atau gosok menggunakan amplas dengan dilapisi kaca untuk meratakan head cylinder yang melengkung.
baik itu saja informasi kali ini semoga bermanfaat bagi anda yang membacanya sebagai wawasan baru yang sebagai pengetahuan umum dan bisa anda gunakan untuk mencegah permasalahan ini dan bagaimana cara mengatasinya,sampai jumpa lagi di artikel lainnya.
Komentar