mobil jenis daihatsu terios dan sejenisnya seperti toyota rush,daihatsu xenia dan toyota avanza adalah jenis mobil yang memiliki kesamaan dari segi bentuk bodi,mesinya,bahkan pada kaki-kaki dan steeringnya,di artikel kali ini saya akan membahas mengenai bunyi ketukan pada steering mobil,yaitu bagaimana caranya menganalisa dan mengatasi steering coulumn mobil bunyi kletek kletek didalam stir mobil daihatsu terios dan mobil sejenisnya,nah disini saya akan berikan beberapa tips buat anda yang membaca artikel ini dimanakah letak permasalahan sebenarnya.
selengkapnya bisa cek video di bawah ini.
sebelum nya kita buka dulu stir mobil dan setelah terbuka langkah selanjutnya adalah.
1.buka pada pengunci snapring yang mengunci pada as stir yang terhubung pada bearing.
2.setelah terlepas anda bisa menarik keluar dari arah bawah stir hanya tertinggal bearing bagian atas saja yang tertinggal,sedangkan pada bagian bawah menggunakan bushing sehingga kita tinggal menariknya saja,posisikan kunci kotak posisi acc atau on saat akan mengeluarkan as stir untuk menghindari pin lock pada penguncinya tidak patah saat akan mengeluarkannya
3.setelah terlepas dari housing rumahan nya selanjutnya anda perlu memeriksa pada bagian pin sambungan suri pada as stir apakah telah turun biasanya terlihat bila as telah turun menandakan pin plastik pada sambungan suri telah patah,dan mengakibatkan as stir turun dan akan menimbulkan bunyi saat melewati jalan kriting atau jalan tidak rata karena pin peredamnya telah patah.
untuk mengetahui ciri-ciri bunyi pada stir mobil adalah terasa bunyi kletek kletekk di dalam stir,sedikit bergetar saat melewati jalan tidak rata,bergelombang berlubang hingga jalan kriting sekalipun,dan bunyi terasa didalam stir mobil bukan di bawah kaki-kaki atau di bagian lain jadi sangat terasa saat kita mengendarainya getaraan ada di area dalam stir.
untuk solusi semua itu,anda hanya perlu mengganti as stir tersebut untuk cara aman saat mengendarainya bila terjadi tabrakan pin akan patah dan turun sehingga tidak menjepit pengemudinya,namun ada cara lain yaitu mengelas pada bagian sambungan suri as tersebut namun sangat riskan dan berbahaya saat terjadi tabrakan sehingga as tidak akan turun sehingga stir akan tetap pada posisinya yang pada akhirnya akan menjepit pengemudinya karena sambungan as tersebut pada suri dan pin plastiknya sudah tidak berfungsi sebagai mana mestinya,direkomendasikan mengganti as stir atau satu seat komplit stir plus housingnya agar pemakaian akan awet dan tahan lama.
inilah sedikit pengalaman saya semoga bermanfaat dan berguna informasinya sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya,terima kasih.
selengkapnya bisa cek video di bawah ini.
sebelum nya kita buka dulu stir mobil dan setelah terbuka langkah selanjutnya adalah.
1.buka pada pengunci snapring yang mengunci pada as stir yang terhubung pada bearing.
2.setelah terlepas anda bisa menarik keluar dari arah bawah stir hanya tertinggal bearing bagian atas saja yang tertinggal,sedangkan pada bagian bawah menggunakan bushing sehingga kita tinggal menariknya saja,posisikan kunci kotak posisi acc atau on saat akan mengeluarkan as stir untuk menghindari pin lock pada penguncinya tidak patah saat akan mengeluarkannya
3.setelah terlepas dari housing rumahan nya selanjutnya anda perlu memeriksa pada bagian pin sambungan suri pada as stir apakah telah turun biasanya terlihat bila as telah turun menandakan pin plastik pada sambungan suri telah patah,dan mengakibatkan as stir turun dan akan menimbulkan bunyi saat melewati jalan kriting atau jalan tidak rata karena pin peredamnya telah patah.
untuk mengetahui ciri-ciri bunyi pada stir mobil adalah terasa bunyi kletek kletekk di dalam stir,sedikit bergetar saat melewati jalan tidak rata,bergelombang berlubang hingga jalan kriting sekalipun,dan bunyi terasa didalam stir mobil bukan di bawah kaki-kaki atau di bagian lain jadi sangat terasa saat kita mengendarainya getaraan ada di area dalam stir.
untuk solusi semua itu,anda hanya perlu mengganti as stir tersebut untuk cara aman saat mengendarainya bila terjadi tabrakan pin akan patah dan turun sehingga tidak menjepit pengemudinya,namun ada cara lain yaitu mengelas pada bagian sambungan suri as tersebut namun sangat riskan dan berbahaya saat terjadi tabrakan sehingga as tidak akan turun sehingga stir akan tetap pada posisinya yang pada akhirnya akan menjepit pengemudinya karena sambungan as tersebut pada suri dan pin plastiknya sudah tidak berfungsi sebagai mana mestinya,direkomendasikan mengganti as stir atau satu seat komplit stir plus housingnya agar pemakaian akan awet dan tahan lama.
inilah sedikit pengalaman saya semoga bermanfaat dan berguna informasinya sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya,terima kasih.
Komentar