rem mobil blong atau nyeplos istilah umumnya sebenernya di kategorikan injakan pedal rem rendah di akibatkan karena gagalnya sistem hidrolik pada rangkaian kerja sistem rem hidroliknya penyebabnya sangat banyak macamnya di sini akan di bahas mendetail penyebab rem mobil blong,nyeplos atau injakan rem nya rendah.
penyebab rem mobil blong atau nyeplos atau sebutan lainya sering di jumpai pada mobil sistem hidrolik dengan di indikasikan dengan bocornya pada bagian roda pada master rem bawah, namun di setiap bocornya memiliki ciri khas tersendiri saya akan bahas dari paling kecil hingga yang paling besar agar tahu deretan problem yang sesungguhnya,ada beberapa penyebab rem mobil blong atau nyeplos saat di injak pedal rem nya berikut urutannya:
1.sentral master bawah/dibagian roda
pada bagian ini bila bermasalah sangatlah terlihat jelas pada bagian roda yang bermasalah dengan di tandai dengan bocornya minyak rem di bagian roda,terlihat jelas bagian mana yang rusak,seal karet remnya tanda bila sentral master rem bawah bermasalah adalah:
-rem terasa tidak pakem saat di injak alias sedikit ngonyor
-bocor pada bagian bawah roda dengan keluarnya minyak rem dari bagian roda
-rem tidak menggigit bila dibuka biasanya rem macet pada sentral master bawahnya karat,korosi akibatnya rem tidak menggigit saat pedal rem di injak.
solusi untuk semua itu adalah kita harus melakukan perbaikan pada sentral master rem bawahnya,yaitu dengan membuka roda dan membuka tromol rem belakang dan melakukan perbaikan penggantian seal bila dudukan seal masih layak pake, bila telah cacat pada bagian dudukan sealnya maka di wajibkan untuk mengganti dengan yang baru.
2.selang karet sambungan pipa
bila pada komponen satu ini bermasalah di tandai dengan injakan rem yang rendah selalu bila rem hanya rembes bocor saja, namun bila bocor nya besar di pastikan rem mobil akan blong sama sekali,pada selang ini ada beberapa masalah yang di timbulkan.
-rem akan blong sama sekali bila bocor selang ini cukup besar sobek atau jebol pada bagian selangnya, hingga minyak rem habis akibatnya hidrolik rem terganggu.
-rem macet akibat selang rem bukannya mampet total jadi kadang rem rendah dan kadang rem tinggi
permasalahan ini biasanya sering terjadi pada rem mobil bagian depan pada rem cakramnya yang sering bermasalah.
solusinya lakukan penggantian bila permasalahan telah di temukan.
3.master pusat bagian belakang bocor
4.sentral master rem atas
sentral rem atas memiliki peran paling penting sekali karena sumber dari hidrolik rem nya adalah dari sentral master atas sebagai pembentuk hidrolik yang akan di kirim ke sentral master pusat hingga sampai sentral master bawah bagian roda.
ciri-ciri bila sentral master atas bermasalah adalah injakan pedal terasa blong atau nyeplos saat di injak secara perlahan namun saat di injak kejut akan terasa tinggi pedal remnya,solusi permasalahan ini adalah mengganti isi dalam seal nya kl memang bagian dudukan karet rem tidak rusak atau cacat,bila telah cacat atau rusak di sarankan mengganti dengan yang baru.
5.pipa rem bocor
biasanya masalah ini terjadi pada mobil yang telah berusia tua yang lama tidak terpakai akibat korosi dan permasalahan ini bukan secara pasti sebagai kerusakan karena pemakaian,ini lebih cenderung ke usia pake kendaraan.
tapi semua perbaikan itu akan sia-sia bila tidak melakukan bleeding udara pada sistem rem hidroliknya sebagai pekerjaan wajib yang harus di kerjakan setelah melakukan perbaikan pada semua sistem remnya tersebut.
penyebab rem mobil blong atau nyeplos atau sebutan lainya sering di jumpai pada mobil sistem hidrolik dengan di indikasikan dengan bocornya pada bagian roda pada master rem bawah, namun di setiap bocornya memiliki ciri khas tersendiri saya akan bahas dari paling kecil hingga yang paling besar agar tahu deretan problem yang sesungguhnya,ada beberapa penyebab rem mobil blong atau nyeplos saat di injak pedal rem nya berikut urutannya:
1.sentral master bawah/dibagian roda
pada bagian ini bila bermasalah sangatlah terlihat jelas pada bagian roda yang bermasalah dengan di tandai dengan bocornya minyak rem di bagian roda,terlihat jelas bagian mana yang rusak,seal karet remnya tanda bila sentral master rem bawah bermasalah adalah:
-rem terasa tidak pakem saat di injak alias sedikit ngonyor
-bocor pada bagian bawah roda dengan keluarnya minyak rem dari bagian roda
-rem tidak menggigit bila dibuka biasanya rem macet pada sentral master bawahnya karat,korosi akibatnya rem tidak menggigit saat pedal rem di injak.
solusi untuk semua itu adalah kita harus melakukan perbaikan pada sentral master rem bawahnya,yaitu dengan membuka roda dan membuka tromol rem belakang dan melakukan perbaikan penggantian seal bila dudukan seal masih layak pake, bila telah cacat pada bagian dudukan sealnya maka di wajibkan untuk mengganti dengan yang baru.
2.selang karet sambungan pipa
bila pada komponen satu ini bermasalah di tandai dengan injakan rem yang rendah selalu bila rem hanya rembes bocor saja, namun bila bocor nya besar di pastikan rem mobil akan blong sama sekali,pada selang ini ada beberapa masalah yang di timbulkan.
-rem akan blong sama sekali bila bocor selang ini cukup besar sobek atau jebol pada bagian selangnya, hingga minyak rem habis akibatnya hidrolik rem terganggu.
-rem macet akibat selang rem bukannya mampet total jadi kadang rem rendah dan kadang rem tinggi
permasalahan ini biasanya sering terjadi pada rem mobil bagian depan pada rem cakramnya yang sering bermasalah.
solusinya lakukan penggantian bila permasalahan telah di temukan.
3.master pusat bagian belakang bocor
permasalahan master pusat ini biasanya bermasalah pada mobil toyota kijang dan isuzu panther yang memiliki sentral master pusat,di tandai permasalahanya biasanya rem terasa rendah injakan rem nya, pada bagian belakang akibat bocor, solusinya ganti baru atau di perbaiki dengan menyambungkan langsung dengan selang karet atau lakukan penggantian pada sentral master pusatnya.
4.sentral master rem atas
sentral rem atas memiliki peran paling penting sekali karena sumber dari hidrolik rem nya adalah dari sentral master atas sebagai pembentuk hidrolik yang akan di kirim ke sentral master pusat hingga sampai sentral master bawah bagian roda.
ciri-ciri bila sentral master atas bermasalah adalah injakan pedal terasa blong atau nyeplos saat di injak secara perlahan namun saat di injak kejut akan terasa tinggi pedal remnya,solusi permasalahan ini adalah mengganti isi dalam seal nya kl memang bagian dudukan karet rem tidak rusak atau cacat,bila telah cacat atau rusak di sarankan mengganti dengan yang baru.
5.pipa rem bocor
biasanya masalah ini terjadi pada mobil yang telah berusia tua yang lama tidak terpakai akibat korosi dan permasalahan ini bukan secara pasti sebagai kerusakan karena pemakaian,ini lebih cenderung ke usia pake kendaraan.
tapi semua perbaikan itu akan sia-sia bila tidak melakukan bleeding udara pada sistem rem hidroliknya sebagai pekerjaan wajib yang harus di kerjakan setelah melakukan perbaikan pada semua sistem remnya tersebut.
Komentar