Langsung ke konten utama

inilah penyebab bunyi kaki-kaki bagian depan mobil

saat melakukan sebuah perjalanan paling tidak yang sangat diperlukan adalah kenyamanan berkendara,namun bagaimana bila sebalik nya,tentu terasa terganggu sekali saat melakukan perjalanan ada bunyi kaki-kaki bagian depan mobil,rasa was-was saat membawanya,kekhawatiran muncul saat berkendara apakah bakal berbahaya saat akan di teruskan berjalan,ini sering sekali terjadi pada para pengguna mobil yang mengeluhkan masalah ini,baik disini akan di ulas beberapa penyebab bunyi kaki-kaki bagian depan mobil,beserta keterangan dan solusi perbaikannya,tidak perlu panjang lebar lagi langsung saja pada pembahasanya.


 
 1.ganjal kampas rem

komponen ini berfungsi sebagai peredam bunyi pada kaki dudukan kampas rem saat mobil melewati jalan kriting dan rusak sehingga perannya sangat penting untuk menjaga agar kaki kampas rem tidak bersinggungan langsung dengan dudukannya yang bisa menimbulkan bunyi  nyaring yang bakal mengganggu kenyamanan mobil anda,solusinya adalah bila dibuka pada bagaian plat pengganjal kaki kampas rem telah pecah atau rusak segera ganti yang baru.



2.pin support caliper

komponen satu ini adalah rangkaian antara rumahan piston caliper kit dengan dudukan kampas rem,dan bila dirasakan pada pin support caliper ini oblak di dudukanya makan akan menimbulkan bunyi berisik di bagian roda,solusinya adalah lakukan perbaikan pada bagian ini bila dudukan lubang pin caliper telah longgar maka perlu mengganti dudukan pin support caliper nya.





3.karet shock absorber atas dan bawah

pada bagian ini juga adalah sumber masalah juga jadi selain mengecek pada bagian diatas tadi, ini juga harus diperhatikan karena bila karet telah longgar maka posisi dudukan shock absorber akan bergeser dan akan bersinggungan langsung dengan dudukannya sehingga tidak ada peredam lagi dari karet yang dipasang tadi karena sudah pecah rusak bahkan telah hilang,solusi perbaikannya adalah mengganti karet dengan yang baru karena ini berbentuk karet kl rusak mutlak diganti.




4.ball joint

ball joint adalah suatu komponen penunjang roda ini sebagai pondasi tegak nya sebuah mobil tanpa komponen ini akan sulit terangkai sebuah kaki-kaki mobil,maka dari itu bila komponen ini bermasalah bisa menimbulkan bunyi yang tidak sedap dan fatalnya mobil anda akan down atau bodi bisa turun akikat ball joint jebol,untuk menghindarinya segera periksa mobil anda bila telah terdengar bunyi saat jalan di jalan sedikit berlubang dan saat mobil berbelok akan terasa bunyi yang sangat keras,solusi ganti ball joint yang baru,untuk rekondisi tidak di anjurkan karena bisa menimbulkan masalah di luar yang tidak diinginkan.



5. tujang karet stabilizer dan link stabilizer


komponen ini berfungsi sebagai menstabilkan kendaraan saat akan berbelok agar pada bagian roda belakanag tidak membanting saat stir mobil dibelokan di kecepatan tinggi,maka dari itu konponen ini harus selalu baik kondisinya,namun beberapa kasus komponen ini juga bisa menimbulkan bunyi diarea kaki-kaki mobil apalagi saat melewati jalan rusak dan saat berbelok berbunyi seperti ketukan tidak terlalu keras bunyinya namun sangatlah mengganggu telinga anda,solusi masalah ini adalah anda perlu mngganti karet stabilizer rotinya yang berbentuk bulat dan yang berbentuk setengah lingkaran biasanya menempel di sasis mesin,dan bila berbentuk link stabilizer anda hanya perlu mengganti satu perangkat.






6.karet bar kit 

biasanya pada komponen kaki-kaki satu ini digunakan beberapa kendaraan saja misalkan pada mobil toyota kijang 5k sejenisnya,berguna sebagai penahan agar kepak atas atau bawah tidak terjadi maju mundur saat mendapati beban dari jalan yang tidak rata dan juga sebagai penyetel jarak roda agar tidak terlalu maju atau mundur,permasalahan biasanya karet mulai aus pecah akibat usia pakai dan karena sering sekali melewati jalan medan yang cukup ekstrim yang bisa mempengaruhi kerusakan yang mempercepat keausan pada karetnya sehingga menimbulkan bunyi saat melewati jalan rusak berbunyi tek.tek..bahkan parahnya pun akan berbunyi saat kita menaiki nya,solusi ganti karet barkitnya.



7.bushing kepak atas dan kepak bawah 

bagian ini juga bisa menimbulkan bunyi yang tidak enak saat didengar biasanya akan terdengar saat melewati jalan bergelombang jadi hampir sama permasalahannya dengan komponen diatas semua akan terasa bunyi saat melewati jalan yang rusak,solusi pada komponen ini hanya perlu mengganti bushingnya.



8.karet support 

karet ini biasanya digunakan pada mobil yang suspensinya langsung berhubungan antara shock absorber dan per coil posisinya di atas nya,karet ini jarang sekali pecah namun bila mulai bermasalah akan terasa dampaknya seperti bila kita melewati jalan berlubang dalam,dan bila melewati jalan agak tinggi dan terus akan menghepas secara tiba-tiba,solusi masalah ini anda hanya perlu mengganti karet supportnya saja.



9.shock absorber

shock absorber bisa menjadi penyebab bunyi pada rangkaian kaki-kaki akan sangat terasa sekali bila berjalan yang sedikit bergeombang terasa limbung dan akan terdengar bunyi krutt..kruuttt dan masalah ini pun akan terdengar saat kendaraan di naiki saat mobil berhenti,jadi solusinya hanya perlu menggantinya bila masih memakai bawakan original mobilnya apa salahnya di rekondisi terlebih dahulu ke bengkel spesialis shock absorber.


  10.gear box rack steer

ini permasalahan yang muncul bila kita telah mengecek seluruh komponen kaki-kaki lainya,biasanya bila semua telah normal dan bunyi masih ada,nah ini komponen terakhir yang harus anda cek, karena pada bagian dalam nya telah aus sehingga as rack nya selalu bergerak saat melewati jalan rusak,solusi bila berbunyi seperti ini tidak ada jalan lain selain menggantinya satu unit,tidak disaran kan di rekondisi karena hasilnya tidak akan maksimal,permasalahan ini sering terjadi pada mobil jenis steer EPS yang menggunakan motor penggeraknya,biasanya akan bunyi di bawah lantai mobil dan akan terasa ketukanaya saat melewati jalan rusak.





inilah saja sumber bunyi yang sering ditemukan di mobil,dan masih banyak lagi yang belum dibahas lagi tapi ini adalah sebagai garis besar bahwa sumber bunyi bisa saja terjadi pada mobil khususnya pada bagian depan,semoga bermanfaat.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

cara mengatasi indikator amper temperatur panas mobil tidak berfungsi.

pernah kah anda mengalami indikator amper temperatur panas mobil tidak berfungsi alias mati,error, pastinya sangatlah tidak menyenangkan hati saat mengendarainya oleh sebab itu diperlukan perbaikan pada seluruh komponen yang berhubungan dengan indikator amper panas tersebut,mulai dari switch panas,kabel,hingga pada amper panasnya tersebut dan ada beberapa ciri-ciri yang menyebabkan indikator amper panas mesin mobil mati dan bagaimana cara mengatasi indikator amper temperatur panas mobil tidak berfungsi,ada beberapa hal yang membuat indikator ini mati berikut adalah ulasanya. 1.switch panas rusak switch panas ini biasanya terletak di outlet pipa-pipa air diselang radiator,menempel di head cylinder bahkan hingga menempel pada tutup thermostat mobil,biasanya bila bermasalah dibagian ini adalah indikator amper temperatur panas akan mati sama sekali bahkan terkadang panas tidak bisa menunjukan batas normal terkadang tinggi sampai full terkadang juga lambat menunjukan panas mesin hing...

cara mendiagnosa mesin efi cara manual suzuki baleno 97 untuk membaca lampu engine menyala

cara sederhana tanpa banyak biaya yang besar cukup bermodalkan kabel sepotong saja bisa melihat kode trouble lampu engine menyala di khususkan pada suzuki baleno tahun 97 yang mana masih menggunakan scan manual tanpa soket obd 2 seperti baleno tahun 2000an,yang mana mobil tersebut telah menggunakan soket obd 2 yang bisa dihubungkan ke engine scanner,walaupun scan manualnya tidak dihilangkan,nah di artikel kali ini saya akan mmembahas khusus baleno tahun 97 saja yaitu,cara mendiagnosa mesin efi cara manual suzuki baleno 97 untuk membaca lampu engine menyala,diartikel ini akan diberi tahu langkah dan cara-cara mendiagnosanya,cara mengatasinya hingga pada perbaikanya,lebih jelasnya bisa cek video dibawah ini. berikut cara dan langkah-langkah cara mendiagnosanya 1.buka tutup sekering letaknya di bagian kiri dalam ruang mesin dan cari tulisan di kotak sekeringnya bertuliskan  (DIAG 1). 2.pasang kabel jumper pada terminal DIAG 1 dengan cara menjumper kedua pin terminal seperti g...

penyebab busi pijar cepat mati dan solusi masalah busi pijar cepat mati pada mobil mitsubhisi l300

sering kali para pengguna mobil mesin diesel tentunnya yang masih menggunakan sistem busi pijar atau busi pemanas kesulitan menghidupkan mesin,apakah yang menyebabkan mobil yang mesinnya masih menggunakan busi pijar atau busi pemanas sangat sulit dihidupkan terlebih saat pagi hari,menurut beberapa pengalaman saya ada beberapa macam yang bisa menimbulkan mesin diesel jenis ini sulit dihidupkan berikut ulasannya,akan di bahas penyebab permasalahannya hingga solusi penanganannya. 1.busi pijar mati karena faktor umur pake ini merupakan permasalahan normal karena usia pake busi pijar telah lama,dan untuk perawatanya penggantiannya setiap kilometer yang ditentukan pabrikanya,maka dari itu untuk perawatanya harus rutin paling tidak perlu pengecekan berkala, untuk cara pengecekannya nanti akan dibahas di artikel lainya,setidaknya untuk perawatan secara berkalanya itu biasanya jarang dilakaukan namun dengan penggunakan bahan bakar yang berkualitas baik akan membantu keawetan businya ka...

cara tepat dan benar mengatasi mesin panas daihatsu zebra

mesin mobil panas adalah hal yang sering dijumpai pada setiap mobil,namun disini akan dibahas hanya pada mobil daihatsu zebra tentunya pada mobil zebra espass yang banyak mengeluhkan banyaknya masalah pada mesinya terutama pada mesinya yang panas,disini akan dibahas secara mendetail apa saja yang menyebabkan mesin daihatsu zebra panas dan bagaimana cara memperbaikinya,dan bagaimana tips solusi agar mesin daihatsu zebra tetap dingin temperatur panasnya agar mesin daihatsu zebra yang dikenal super irit ini kembali bekerja dengan baik dan optimal tanpa mesinya panas,berikut penyebab mesin daihatsu zebra panas. 1.pipasegitiga tersumbat pipa  ini berada di bagian atas mesin yaitu menghubungkan 3 cabang yaitu masuk ke outlet air, ke monifold air dan ke radiator,fungsi dari pipa ini sebagai pembagi karena posisinya tidak didalam mesin langsung atau dekat pompa air by pass nya, maka antara air di oulet yang menuju ke head cylinder yang akan kembali ke radiator yang mela...

bingung dimana letak nomer mesin dan nomer rangka buat persyaratan bayar pajak mobil ini solusinya.

Lama tidak update artikel, baik pembahasan blog kali ini saya akan bahas mengenai letak nomer mesin dan letak nomer rangka mobil memang tidak lengkap sepenuhnya namun semoga membantu bagi para pembaca artikel ini.  Disini akan di bahas letak dan posisi nomer mesin dan rangka yang tepat dan sekaligus akan di berikan videonya agar lebih mudah membantu memberikan berikut videonya.  Baik ini adalah beberapa nomer mesin dan nomer rangka mobil yang telah tercatat dan yang telah diterima informasinya,ini akurat karena ini hasil langsung ke objek yang telah ditentukan,berikut ulasannya.  1.Mitsubhisi L300 dan kuda diesel Nomer mesin : sebelah kiri mesin sedikit kebelakang tepatnya di atas dinamo stater Nomer rangka : belakang kanan mobil tepatnya di sasis ban mobil 2.Daihatsu gran max pick up dan minibus Nomer mesin : kanan mesin sedikit kebelakang tepatnya antara sambungan mesin dan transmisi.  Nomer rangka : di kap depan tepatnya menempel di dinding menghadap kebawah....

penyebab lampu depan mobil mati,lampu jarak jauh dan lampu jarak dekat mati

Pada mobil tentunya jenis mobil apapun lampu depan atau lampu utama sangat lah penting perannya sebagai penerangan selain itu sebagai keselamatan saat mengemudi dimalam hari,untuk permasalahanya sering kali menyulitkan pengemudinya,nah di artikel kali ini saya akan membahas penyebab lampu depan mobil mati,lampu jarak jauh dan lampu jarak dekat mati,memang untuk permasalahan mati lampu depan ini tidak berbarengan antara lampu jarak jauh dan lampu dekat ini mati bersamaan terkadang lampu dekatnya yang mati dan kadang lampu jarak jauhnya yang mati,kadang mati sebelah saja dan kadang mati bersamaan untuk lampu jarak dekat atau jauhnya intinya bila mati total berarti arus yang masuk ke saklar lampu hilang simak video ini agar bisa membantu pemahaman anda lebih dalam. berikut ada beberapa yang menyebabkan lampu depan atau lampu utama mati baik pada lampu dekat atau lampu jauh. 1.sekering putus biasanya sekering putus bisa mati total pada lampunya dan terkadang lampu mati sebelah mas...

penyebab indikator lampu aki tidak menyala saat posisi kunci kontak ON

Ini adalah kebalikan dari permasalahan lampu indikator aki menyala terus saat mesin hidup dipastikan masalah tersebut berasal dari kabel dan alternator atau dinamo charger aki,problem ini dapat muncul di semua jenis mobil baik bensin,mobil diesel pun sama memiliki permasalahan yang sama karena jenis kontruksi alternatornya sama saja cara kerjanya.   Baik kesempatan kali ini saya akan mengupas penyebab indikator lampu aki tidak menyala saat kunci kontak di on kan,jadi mesin belum dihidupkan dan baru menyalakan semua lampu indikator di panel speedometer mobil dan lampu berlambang aki yang berfungsi sebagai petunjuk bermasalahnya pada sistem pengisian mobil,jadi saat normalnya yaitu lampu indikator aki akan menyala saat kunci kontak posisi on dan akan mati setelah mesin hidup pertanda arus N dari alternator telah keluar dan menuju terminal N regulator sehingga arus N akan masuk ke kumparan atau eletronik regulator sehingga jangkar yang masih terhubung dari massa alternator akan menghi...

penyebab mobil daihatsu zebra susah hidup karburator bermasalah

bermasalah pada mobil daihatsu zebra adalah hal lumrah yang sering dihadapi para penggunanya,mulai dari mesin panas,mogok saat melewati genangan air,saat hujan turun,pompa bensin rotax rusak,hingga pada karburator yang bermasalah,namun semua itu ada solusinya di artikel ini akan dibahas tuntas membahas permasalahan pada karburator,daihatsu zebra dan penyebab mobil daihatsu zebra susah hidup,ada beberapa hal yang menyebabkan karburator zebra bermasalah tentunya pada zebra espass tentunya yang sering sekali mengalami hal seperti ini,informasi ini bersumber langsung pada pengalaman saya sendiri sebagai media yang bisa membantu permasalahan kepada pengguna mobil zebra espass ini,berikut beberapa permasalahan yang sering bermasalah pada mobil zebra ini atau cek video dibawah ini. 1.karburator mudah sekali banjir   ini biasanya bermasalah setelah pembongkaran karburator dan mengganti part isi dalamnya bukan menggunakan part original pabrikan,bermasalahnya biasanya pada jarum...

penyebab suzuki futura injeksi 1.5 mesin pincang dan brebet

penyebab mesin pincang pada mobil suzuki futura injeksi 1.5,adalah masalah yang sering terjadi pada jenis mobil ini,terutama sering bermasalah pada sistem pengapianya,coil sering kali mati pada bagian depan untuk busi nomer 2 dan 3,secara spesifik nya belum jelas dari mana sumber penyebab coil mobil bisa lemah atau mati,secara analisa ada beberapa penyebab coil bisa cepat mati menurut analisa yang sering di jumpai,bisa cek video ini agar lebih jelasnya. 1.pemakaian busi yang salah pada komponen ini sering sekali dijumpai pemakaian busi yang asal-asalan atau sembarangan tidak mengikuti prosedur bawaan pabrikan sehingga pengapian pada mobil ini terganggu akibat pemakaian busi yang tidak tepat akhirnya terjadinya misfire,pada busi yang mengakibatkan beban coil semakin berat, akibat pemakaian busi yang tidak tepat,secara umum busi pada suzuki futura injeksi 1.5 adalah berkode DENSO:K20PR-U NGK:BKR6E terkadang sering dijumpai menggunakan busi bukan standar pabrikan seperti kodeK20...

Cara mengatasi Mesin gran max cepat panas, setelah kuras air radiator dan bongkar mesin, ini solusinya.

Banyak dari sebagian orang bingung mengatasi mesin daihatsu gran max panas tiba-tiba, setelah kuras air radiator atau setelah bongkar mesin, ini menjadi banyak pertanyaan, penyebabnya karena secara sadar kadang pengguna mobil ini belum tahu cara membuangnya yang sebenarnya sudah di beri petunjuk di bagian depan sebelah kiri dalam kap ruang radiator yang sebenarnya sudah lengkap petunjuknya, bahkan kurangnya memperhatikan dan membaca buku pedoman bawaan pabrikan mobil tersebut, sehingga kurangnya wawasan mengerjakan mobil tersebut sehingga malah timbul masalah. Baik di artikel kali ini saya akan bahas solusinya bila anda menemukan masalah ini agar panas mesin tidak berlarut-larut sehingga membahayakan mesin mobil itu sendiri sehingga mengakibatkan biaya perbaikan yang lebih besar lagi nantinya.  Menurut konstruksinya mesin ini terletak di bagian bawah pengemudi dan penumpang sebelah kiri depan, dan jarak antara radiator dan mesi  cukup jauh dan harus banyak melewati selang pa...