indikator aki atau sering disebut lampu charger,lampu ampere dinamo,atau disebut lampu alternator adalah salah satu indikator pengundang bahaya yang mana pengemudi harus menepi dan melihat kondisi pada sistem pengisiannya,yang mana bila tidak melakukan pengecekan atau perbaikan pada komponen tersebut bisa menyebabkan mobil mogok akibat arus aki akan habis dikarenakan sistem pengisian bermasalah,ada beberapa hal yang menyebabkan indikator aki menyala yaitu sebagai berikut.
1.sekering alterntor putus
sekering ini biasanya terletak di box sekering bagian ruang mesin dengan memiliki ampere sekering yang besar dari 80-100 amper dan sekering yang menghubungkan ke kabel output alternator ke baterai atau aki,permasalahan juga biasanya bermasalah pada kabel,soket kabel atau pun pada terminal ujung output alternator karat atau kotor,solusi periksa sekering atau kabel tersebut menggunakan tespen DC.
2.sekering ignition
sekering ini biasanya terletak di bagian box sekering bagian dalam namun sebagian mobil ada juga yang meletakkanya di box sekering ruang mesin,yaitu ini merupakan sekering yang arusnya akan masuk ke soket alternator dengan ditandai bila kita mencabut soket alternator dan kita cek arusnya akan ada di sana arus api kontaknya,namun bila arus ini tidak ada dipastikan dibagian inilah yang bermasalah,solusi periksa pada sekering,kabel,soket sambungan hingga soket yang di alternatornya.
3.masa dinamo hilang
kabel masa yang ke altenator pun bisa jadi menjadi permasalahan ini karena alternator tidak menyambung dengan massa bodi sehingga alternator tidak bekerja,solusi periksa baut kaki alternator apakah ada yang kendor.
4.fanbelt alternator kendor atau putus
ini adalah permasalahan jelas yang sebagai penyebab utama lampu indikator aki menyala karena antara alternator dan mesin tidak terhubung atau pun terhubung putaran alternator tidak sesuai dengan putaran mesin mengakibatkan alternator tidak bekerja dengan normal,solusinya bisa anda kencangkan fanbelt alternator nya bila putus bisa nada pasang fanbelt yag baru.
5.regulator alternator atau cut-out
perangkat ini biasanya digunakan pada mobil lawas yang masih manual jadi belum memakai regulator elektronik,permasalahan biasanya yaitu,kumparan terbakar,plat kontak platinanya terbakar,restan rusak,atau pun bermasalah pada pegas jangkar kontaknya yang bermasalah ,solusinya bila permasalahan ini tidak terjadi namun lampu aki menyala, coba setel terlebih dahulu regulatornya dan melakukan pengukuran pada arus alternatornya.
6.alternator itu sendiri yang rusak
permasalahan ini adalah permasalahan umum yang terjadi pada mobil lawas atau pun modern saat ini,permasalahan ini banyak varianya karena kita harus membongkar isi dalam alternatornya dengan mengecek satu persatu komponen yang akan di diperiksa dimana permasalahanya,solusi bawa mobil anda ke bengkel yang menerima perbaikan alternator mobil,ebih jelasnya bisa cek video di bawah ini.
itulah beberapa permasalahan yang terjadi bila lampu indikator aki menyala anda bisa memeriksanya dibengkel mobil yang memperbaiki alternator sebagai solusi perbaikanya,dan semoga artikel kali ini bisa menambah wawasan anda saat ini tentang permasalahan pada mobil anda pastinya,sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.
1.sekering alterntor putus
sekering ini biasanya terletak di box sekering bagian ruang mesin dengan memiliki ampere sekering yang besar dari 80-100 amper dan sekering yang menghubungkan ke kabel output alternator ke baterai atau aki,permasalahan juga biasanya bermasalah pada kabel,soket kabel atau pun pada terminal ujung output alternator karat atau kotor,solusi periksa sekering atau kabel tersebut menggunakan tespen DC.
2.sekering ignition
sekering ini biasanya terletak di bagian box sekering bagian dalam namun sebagian mobil ada juga yang meletakkanya di box sekering ruang mesin,yaitu ini merupakan sekering yang arusnya akan masuk ke soket alternator dengan ditandai bila kita mencabut soket alternator dan kita cek arusnya akan ada di sana arus api kontaknya,namun bila arus ini tidak ada dipastikan dibagian inilah yang bermasalah,solusi periksa pada sekering,kabel,soket sambungan hingga soket yang di alternatornya.
3.masa dinamo hilang
kabel masa yang ke altenator pun bisa jadi menjadi permasalahan ini karena alternator tidak menyambung dengan massa bodi sehingga alternator tidak bekerja,solusi periksa baut kaki alternator apakah ada yang kendor.
4.fanbelt alternator kendor atau putus
ini adalah permasalahan jelas yang sebagai penyebab utama lampu indikator aki menyala karena antara alternator dan mesin tidak terhubung atau pun terhubung putaran alternator tidak sesuai dengan putaran mesin mengakibatkan alternator tidak bekerja dengan normal,solusinya bisa anda kencangkan fanbelt alternator nya bila putus bisa nada pasang fanbelt yag baru.
5.regulator alternator atau cut-out
perangkat ini biasanya digunakan pada mobil lawas yang masih manual jadi belum memakai regulator elektronik,permasalahan biasanya yaitu,kumparan terbakar,plat kontak platinanya terbakar,restan rusak,atau pun bermasalah pada pegas jangkar kontaknya yang bermasalah ,solusinya bila permasalahan ini tidak terjadi namun lampu aki menyala, coba setel terlebih dahulu regulatornya dan melakukan pengukuran pada arus alternatornya.
6.alternator itu sendiri yang rusak
permasalahan ini adalah permasalahan umum yang terjadi pada mobil lawas atau pun modern saat ini,permasalahan ini banyak varianya karena kita harus membongkar isi dalam alternatornya dengan mengecek satu persatu komponen yang akan di diperiksa dimana permasalahanya,solusi bawa mobil anda ke bengkel yang menerima perbaikan alternator mobil,ebih jelasnya bisa cek video di bawah ini.
itulah beberapa permasalahan yang terjadi bila lampu indikator aki menyala anda bisa memeriksanya dibengkel mobil yang memperbaiki alternator sebagai solusi perbaikanya,dan semoga artikel kali ini bisa menambah wawasan anda saat ini tentang permasalahan pada mobil anda pastinya,sampai jumpa lagi di artikel selanjutnya.
Komentar