Langsung ke konten utama

cara memilih mobil yang tepat dan cara melihat kondisi mobil bekas yang akan dibeli

sebelum membeli mobil bekas diperlukan kemampuan kita untuk memilihnya yang tepat, jangan sampai terpedaya penampilan mobil ternyata mobil banyak masalah mulai dari kaki-kaki,mesin,transmisi hingga kondisi dalam mobil,di artikel kali ini saya tidak membahas permasalahan pada mesin atau lainnya,namun disini saya akan memberikan tips bagaimana cara memilih mobil yang tepat dan cara melihat kondisi mobil bekas yang akan dibeli,saya memilih tema ini bertujuan membantu teman-teman sekalian yang membutuhkan informasi ini,terlebih bagi para pedagang showroom mobil dan para pengguna mobil pribadi yang akan berniat membeli mobil namun bingung apa saja yang akan di periksa,artikel ini bersumber dari para keluhan pengguna mobil yang setelah membeli mobil ternyata kecewa dengan kondisi mobilnya agar tidak terjadi pada anda saya akan berikan tips cara memilih dan melihat kondisi mobil yang baik sebelum memutuskan membelinya,ada beberapa langkah yang harus anda pahami sebelum memilih mobil yang tepat.




1.periksa pada bagian mesinnya


pada bagian ini sangat lah penting sekali jangan sampai terlewatkan pada bagian ini,bagian inilah yang menentukan sehat tidaknya sebuah mobil jadi perlu sekali pengecekan pada mobilnya bagaimana cara pengecekanya berikut langkahnya.


1.buka pada tutup pengisian oli apakah keluar asap putih dari dalam mesin dan bila dipastikan iya anda patut curigai bahwa kerusakan pada mesin sudah semakin serius dengan keluarnya asap dari dalam mesin melalui tutup pengisian oli menandakan oli sudah ikut terbakar dan sisa pembakaran itu sebagian terbuang keatas menandakan ring kompresi mesin sudah mulai lemah,jadi bila ini terjadi maka mesin harus di perbaiki dengan biaya yang tidak sedikit pastinya.

2.lihat kebocoran oli sekitar mesin, bila dirasakan oli berkurang pada stick olinya namun tidak ada gejala di atas tadi yaitu uap oli keluar dari lubang pengisian oli kondisi masih aman dan mungkin hanya bocor pada sealnya saja yang bisa diperbaiki dengan biaya yang kecil.

3.bunyi suara mesin,ada beberapa bunyi yang dirasakan upnormal didalam mesin namun juga ada bunyi didalam mesin dalam batas wajar,nah bila bunyi terasa kasar saat diinjak pedal gas dan akan hilang posisi lansam itu perlu diwaspadai kerusakan mesin sangat serius pada metal mesinnya,yang berakhir dengan membongkar mesinya, namun bila bunyi kecil ringan dan sekira masih menggunakan katup manual bisa anda maklumi dan masih aman untuk dibeli,namun bila sudah menggunakan mekanisme otomatis harus segera di pertimbangkan untuk membelinya,intinya kenali dulu masalah bunyi mesinnya.

4.kondisi kabel soket2 mesin apakah kondisi normal dan masih kondisi bagus bisa anda lihat,bila kabel semerawut dan kondisi soket sudah pecah-pecah bisa anda pertimbangkan untuk membelinya.

5.kondisi hidup mesin,lihat terlebih dahulu kondisi mesin apakah masih normal dengan di cirikan bunyi mesin halus,mudah dihidupkan kondisi dingin dan saat panas,dan lansam dan getaran normal, tidak brebet atau ngempos saat digas bahkan sampai pada idle mesin,saat hidup ac, limite tenaga mesin yang masih optimal tanpa kendala dipastikan mobil siap anda beli,namun sebaliknya bila ciri-ciri tersebut tidak ada perlu anda perhitungkan kembali untuk membelinya.

6.cek kondisi knalpot mobil ada beberapa masalah yang bisa di deteksi dari knalpot,yaitu bila knalpot hitam kering dipastikan campuran udara dan bensin tidak tepat alias bbmnya boros namun bisa diatasi dengan sedikit perbaikan saja pada mesinya,bila knalpot hitam becek berjelaga dipastikan mesin telah makan oli atau oli sudah ikut terbakar,kering berkarat dan keluar air terus itu pun patut di waspadai bahwa air telah ikut terbuang dari knalpot atau disebut dengan overheating,cek air radiatornya apakah sudah megurang,knalpot kering berembun dan saat panas akan hilang kondisi mesin masih normal.

2.suspensi/kaki-kaki mobil




cara ini bisa anda lakukan dengan cara mengetesnya jalan bila dirasakan bunyi terlalu banyak patut anda pikirkan ulang untuk membelinya, terlebih bila bagian sasis ada yang telah retak atau patah ini pun wajib anda ketahui untuk menghindari mobil yang telah berjam terbang tinggi atau mobil  bekas kecelakaan,dan saat mengetes dirasakan apakah ada yang aneh mobil berjalan seperti lari seperti pincang atau mobil terasa tidak nyaman yang bisa anda perkirakan akan mengeluarkan biaya yang lebih besar silahkan pikirkan ulang untuk membelinya,selanjutnya anda perlu sedikit melihat arah kolong bawah mobil bagian depan atau belakang apakah telah sesuai dengan kreteria yang diinginkan dengan kaki-kaki yang normal dan tidak ada yang aneh dibagian kaki-kakinya atau bekas modifikasi bisa anda simpulkan  sendiri,sebelum memutuskan untuk membelinya.

3.periksa bagian bodi mobilnya



bagian ini juga sangat penting untuk dicek dibalik penampilan mobil yang bagus dan ngejreng bisa menipu mata anda karena bisa saja bodi bekas dempulan tebal yang sudah tidak terlihat lagi oleh mata,cara yang tepat yaitu dengan mengetukkan jari tangan kita pada bodi mobil tersebut bila dirasakan bunyi tidak nyaring saat diketuk bisa kemungkinan disanalah letak yang didempulnya,bagaimana kondisi yang baik yaitu saat diketuk akan bunyi nyaring seperti kaleng atau biasa disebut bodi kaleng,namun ada tempat-tempat tertentu yang bisa dicek cara ini karena sebagian mobil baru sekarang ini sudah ada dilengkapi peredam bodi untuk mengurangi bising dari luar mobil dengan menambahkan peredam di sekujur dalam mobilnya sehingga pengecekan ini pun tidak berlaku,ini diperlukan penalaran anda yang tajam saat memeriksanya.


3.interior mobil




bagian interior mobil adalah sumber dari semua yang perlu anda periksa dengan adanya interior yang sangat terawat tentunya riwayat mobil tersebut dalam kondisi baik dengan kelengkapan didalamnya juga sebagai nilai plus bahwa mobil itu terawat atau tidaknya bisa dilihat dari kursi jok mobil apakah banyak yang rusak atau tidak,dasbort apakah kondisi baik tidak ada lecet,lubang melubang,atau pun bagian plafon yang masih bersih dan bagian audio,ac atau pun bagian lampu cabinya,bila dirasakan semua ada dan berfungsi dengan baik bisa anda pertimbangkan untuk membelinya dengan syarat semua yang diatas telah anda periksa terlebih dahulu.

4.kilometer mobil




ini bagian yang sangat penting sekali untuk melihat semua kondisi mobil,apakah riwayat mobil memiliki jam terbang tinggi atau tidak, bisa anda lihat pada angka odometernya dan bila dirasakan kilometer tinggi bisa kemungkinan mobil memiliki jam terbang yang tinggi sebelum dijual pemiliknya,namun bila dirasakan angka odometer menunjukan angka rendah namun kondisi mobil tidak terawat banyak yang kurang dan rusak kemungkinan besar mobil ini telah direset rendah angka odometernya oleh si penjual untuk mengelabuhi calon pembeli dengan mereset angka odometernya ke yang rendah,namun masalah ini bisa deteksi bila mobil itu telah berteknologi injeksi yaitu dengan menyingkronkan data dari angka odometer di instrument speedometernya dengan menggunakan alat khusus dibengkel resmi keluaran mobil tersebut apakah sesuai angka di odometer dengan di memori ecu mobilnya yang telah tersimpan bila tidak sama bisa kemungkinan itu hanya akalan si penjual nakal yang hanya memikirkan keuntungan saja tanpa memikirkan kualitas barang yang dijualnya,namun sulit akan terdeteksi bila odometer masih menggunakan sistem konvensional karena kita tidak akan tahu data yang sesungguhnya.

5.cek kondisi kopling  

kondisi kopling yang baik itu adalah saat mengangkat pedal kopling dirasakan seperempat angkatan telah berjalan dan bila dirasakan angkatan pedal kopling tinggi mobil baru bergerak bisa dipastikan antara kampas kopling tipis atau setelan kopling tang tinggi ini yang perlu anda periksa.
 

6.perseneling 

perseneling yang baik sangat lancar saat memindahkan gigi tidak keras atau pun nyangkut-nyangkut bila diraskan normal dipastikan perseneling kondisi baik,namun setelah dihidupkan mesin sulit masuk gigi periksa pada bagian sentral koplingnya biasanya bocor atau bagian dalam kopling mulai bermasalah,


itu saja informasi yang bisa saya sampaikan di artikel ini semoga menambah wawasan bagi yang membacanya dan yang akan berniat membeli mobil,semoga menjadi tidak salah memilih mobil, sehingga anda bisa memilih mobil yang tepat dengan melihat kondisi mobil bekas yang akan dibeli,sukses selalu salam otomotif.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

cara mengatasi indikator amper temperatur panas mobil tidak berfungsi.

pernah kah anda mengalami indikator amper temperatur panas mobil tidak berfungsi alias mati,error, pastinya sangatlah tidak menyenangkan hati saat mengendarainya oleh sebab itu diperlukan perbaikan pada seluruh komponen yang berhubungan dengan indikator amper panas tersebut,mulai dari switch panas,kabel,hingga pada amper panasnya tersebut dan ada beberapa ciri-ciri yang menyebabkan indikator amper panas mesin mobil mati dan bagaimana cara mengatasi indikator amper temperatur panas mobil tidak berfungsi,ada beberapa hal yang membuat indikator ini mati berikut adalah ulasanya. 1.switch panas rusak switch panas ini biasanya terletak di outlet pipa-pipa air diselang radiator,menempel di head cylinder bahkan hingga menempel pada tutup thermostat mobil,biasanya bila bermasalah dibagian ini adalah indikator amper temperatur panas akan mati sama sekali bahkan terkadang panas tidak bisa menunjukan batas normal terkadang tinggi sampai full terkadang juga lambat menunjukan panas mesin hing...

cara mendiagnosa mesin efi cara manual suzuki baleno 97 untuk membaca lampu engine menyala

cara sederhana tanpa banyak biaya yang besar cukup bermodalkan kabel sepotong saja bisa melihat kode trouble lampu engine menyala di khususkan pada suzuki baleno tahun 97 yang mana masih menggunakan scan manual tanpa soket obd 2 seperti baleno tahun 2000an,yang mana mobil tersebut telah menggunakan soket obd 2 yang bisa dihubungkan ke engine scanner,walaupun scan manualnya tidak dihilangkan,nah di artikel kali ini saya akan mmembahas khusus baleno tahun 97 saja yaitu,cara mendiagnosa mesin efi cara manual suzuki baleno 97 untuk membaca lampu engine menyala,diartikel ini akan diberi tahu langkah dan cara-cara mendiagnosanya,cara mengatasinya hingga pada perbaikanya,lebih jelasnya bisa cek video dibawah ini. berikut cara dan langkah-langkah cara mendiagnosanya 1.buka tutup sekering letaknya di bagian kiri dalam ruang mesin dan cari tulisan di kotak sekeringnya bertuliskan  (DIAG 1). 2.pasang kabel jumper pada terminal DIAG 1 dengan cara menjumper kedua pin terminal seperti g...

penyebab busi pijar cepat mati dan solusi masalah busi pijar cepat mati pada mobil mitsubhisi l300

sering kali para pengguna mobil mesin diesel tentunnya yang masih menggunakan sistem busi pijar atau busi pemanas kesulitan menghidupkan mesin,apakah yang menyebabkan mobil yang mesinnya masih menggunakan busi pijar atau busi pemanas sangat sulit dihidupkan terlebih saat pagi hari,menurut beberapa pengalaman saya ada beberapa macam yang bisa menimbulkan mesin diesel jenis ini sulit dihidupkan berikut ulasannya,akan di bahas penyebab permasalahannya hingga solusi penanganannya. 1.busi pijar mati karena faktor umur pake ini merupakan permasalahan normal karena usia pake busi pijar telah lama,dan untuk perawatanya penggantiannya setiap kilometer yang ditentukan pabrikanya,maka dari itu untuk perawatanya harus rutin paling tidak perlu pengecekan berkala, untuk cara pengecekannya nanti akan dibahas di artikel lainya,setidaknya untuk perawatan secara berkalanya itu biasanya jarang dilakaukan namun dengan penggunakan bahan bakar yang berkualitas baik akan membantu keawetan businya ka...

cara tepat dan benar mengatasi mesin panas daihatsu zebra

mesin mobil panas adalah hal yang sering dijumpai pada setiap mobil,namun disini akan dibahas hanya pada mobil daihatsu zebra tentunya pada mobil zebra espass yang banyak mengeluhkan banyaknya masalah pada mesinya terutama pada mesinya yang panas,disini akan dibahas secara mendetail apa saja yang menyebabkan mesin daihatsu zebra panas dan bagaimana cara memperbaikinya,dan bagaimana tips solusi agar mesin daihatsu zebra tetap dingin temperatur panasnya agar mesin daihatsu zebra yang dikenal super irit ini kembali bekerja dengan baik dan optimal tanpa mesinya panas,berikut penyebab mesin daihatsu zebra panas. 1.pipasegitiga tersumbat pipa  ini berada di bagian atas mesin yaitu menghubungkan 3 cabang yaitu masuk ke outlet air, ke monifold air dan ke radiator,fungsi dari pipa ini sebagai pembagi karena posisinya tidak didalam mesin langsung atau dekat pompa air by pass nya, maka antara air di oulet yang menuju ke head cylinder yang akan kembali ke radiator yang mela...

bingung dimana letak nomer mesin dan nomer rangka buat persyaratan bayar pajak mobil ini solusinya.

Lama tidak update artikel, baik pembahasan blog kali ini saya akan bahas mengenai letak nomer mesin dan letak nomer rangka mobil memang tidak lengkap sepenuhnya namun semoga membantu bagi para pembaca artikel ini.  Disini akan di bahas letak dan posisi nomer mesin dan rangka yang tepat dan sekaligus akan di berikan videonya agar lebih mudah membantu memberikan berikut videonya.  Baik ini adalah beberapa nomer mesin dan nomer rangka mobil yang telah tercatat dan yang telah diterima informasinya,ini akurat karena ini hasil langsung ke objek yang telah ditentukan,berikut ulasannya.  1.Mitsubhisi L300 dan kuda diesel Nomer mesin : sebelah kiri mesin sedikit kebelakang tepatnya di atas dinamo stater Nomer rangka : belakang kanan mobil tepatnya di sasis ban mobil 2.Daihatsu gran max pick up dan minibus Nomer mesin : kanan mesin sedikit kebelakang tepatnya antara sambungan mesin dan transmisi.  Nomer rangka : di kap depan tepatnya menempel di dinding menghadap kebawah....

penyebab lampu depan mobil mati,lampu jarak jauh dan lampu jarak dekat mati

Pada mobil tentunya jenis mobil apapun lampu depan atau lampu utama sangat lah penting perannya sebagai penerangan selain itu sebagai keselamatan saat mengemudi dimalam hari,untuk permasalahanya sering kali menyulitkan pengemudinya,nah di artikel kali ini saya akan membahas penyebab lampu depan mobil mati,lampu jarak jauh dan lampu jarak dekat mati,memang untuk permasalahan mati lampu depan ini tidak berbarengan antara lampu jarak jauh dan lampu dekat ini mati bersamaan terkadang lampu dekatnya yang mati dan kadang lampu jarak jauhnya yang mati,kadang mati sebelah saja dan kadang mati bersamaan untuk lampu jarak dekat atau jauhnya intinya bila mati total berarti arus yang masuk ke saklar lampu hilang simak video ini agar bisa membantu pemahaman anda lebih dalam. berikut ada beberapa yang menyebabkan lampu depan atau lampu utama mati baik pada lampu dekat atau lampu jauh. 1.sekering putus biasanya sekering putus bisa mati total pada lampunya dan terkadang lampu mati sebelah mas...

penyebab indikator lampu aki tidak menyala saat posisi kunci kontak ON

Ini adalah kebalikan dari permasalahan lampu indikator aki menyala terus saat mesin hidup dipastikan masalah tersebut berasal dari kabel dan alternator atau dinamo charger aki,problem ini dapat muncul di semua jenis mobil baik bensin,mobil diesel pun sama memiliki permasalahan yang sama karena jenis kontruksi alternatornya sama saja cara kerjanya.   Baik kesempatan kali ini saya akan mengupas penyebab indikator lampu aki tidak menyala saat kunci kontak di on kan,jadi mesin belum dihidupkan dan baru menyalakan semua lampu indikator di panel speedometer mobil dan lampu berlambang aki yang berfungsi sebagai petunjuk bermasalahnya pada sistem pengisian mobil,jadi saat normalnya yaitu lampu indikator aki akan menyala saat kunci kontak posisi on dan akan mati setelah mesin hidup pertanda arus N dari alternator telah keluar dan menuju terminal N regulator sehingga arus N akan masuk ke kumparan atau eletronik regulator sehingga jangkar yang masih terhubung dari massa alternator akan menghi...

penyebab mobil daihatsu zebra susah hidup karburator bermasalah

bermasalah pada mobil daihatsu zebra adalah hal lumrah yang sering dihadapi para penggunanya,mulai dari mesin panas,mogok saat melewati genangan air,saat hujan turun,pompa bensin rotax rusak,hingga pada karburator yang bermasalah,namun semua itu ada solusinya di artikel ini akan dibahas tuntas membahas permasalahan pada karburator,daihatsu zebra dan penyebab mobil daihatsu zebra susah hidup,ada beberapa hal yang menyebabkan karburator zebra bermasalah tentunya pada zebra espass tentunya yang sering sekali mengalami hal seperti ini,informasi ini bersumber langsung pada pengalaman saya sendiri sebagai media yang bisa membantu permasalahan kepada pengguna mobil zebra espass ini,berikut beberapa permasalahan yang sering bermasalah pada mobil zebra ini atau cek video dibawah ini. 1.karburator mudah sekali banjir   ini biasanya bermasalah setelah pembongkaran karburator dan mengganti part isi dalamnya bukan menggunakan part original pabrikan,bermasalahnya biasanya pada jarum...

penyebab suzuki futura injeksi 1.5 mesin pincang dan brebet

penyebab mesin pincang pada mobil suzuki futura injeksi 1.5,adalah masalah yang sering terjadi pada jenis mobil ini,terutama sering bermasalah pada sistem pengapianya,coil sering kali mati pada bagian depan untuk busi nomer 2 dan 3,secara spesifik nya belum jelas dari mana sumber penyebab coil mobil bisa lemah atau mati,secara analisa ada beberapa penyebab coil bisa cepat mati menurut analisa yang sering di jumpai,bisa cek video ini agar lebih jelasnya. 1.pemakaian busi yang salah pada komponen ini sering sekali dijumpai pemakaian busi yang asal-asalan atau sembarangan tidak mengikuti prosedur bawaan pabrikan sehingga pengapian pada mobil ini terganggu akibat pemakaian busi yang tidak tepat akhirnya terjadinya misfire,pada busi yang mengakibatkan beban coil semakin berat, akibat pemakaian busi yang tidak tepat,secara umum busi pada suzuki futura injeksi 1.5 adalah berkode DENSO:K20PR-U NGK:BKR6E terkadang sering dijumpai menggunakan busi bukan standar pabrikan seperti kodeK20...

Cara mengatasi Mesin gran max cepat panas, setelah kuras air radiator dan bongkar mesin, ini solusinya.

Banyak dari sebagian orang bingung mengatasi mesin daihatsu gran max panas tiba-tiba, setelah kuras air radiator atau setelah bongkar mesin, ini menjadi banyak pertanyaan, penyebabnya karena secara sadar kadang pengguna mobil ini belum tahu cara membuangnya yang sebenarnya sudah di beri petunjuk di bagian depan sebelah kiri dalam kap ruang radiator yang sebenarnya sudah lengkap petunjuknya, bahkan kurangnya memperhatikan dan membaca buku pedoman bawaan pabrikan mobil tersebut, sehingga kurangnya wawasan mengerjakan mobil tersebut sehingga malah timbul masalah. Baik di artikel kali ini saya akan bahas solusinya bila anda menemukan masalah ini agar panas mesin tidak berlarut-larut sehingga membahayakan mesin mobil itu sendiri sehingga mengakibatkan biaya perbaikan yang lebih besar lagi nantinya.  Menurut konstruksinya mesin ini terletak di bagian bawah pengemudi dan penumpang sebelah kiri depan, dan jarak antara radiator dan mesi  cukup jauh dan harus banyak melewati selang pa...