sebelum membeli mobil bekas diperlukan kemampuan kita untuk memilihnya yang tepat, jangan sampai terpedaya penampilan mobil ternyata mobil banyak masalah mulai dari kaki-kaki,mesin,transmisi hingga kondisi dalam mobil,di artikel kali ini saya tidak membahas permasalahan pada mesin atau lainnya,namun disini saya akan memberikan tips bagaimana cara memilih mobil yang tepat dan cara melihat kondisi mobil bekas yang akan dibeli,saya memilih tema ini bertujuan membantu teman-teman sekalian yang membutuhkan informasi ini,terlebih bagi para pedagang showroom mobil dan para pengguna mobil pribadi yang akan berniat membeli mobil namun bingung apa saja yang akan di periksa,artikel ini bersumber dari para keluhan pengguna mobil yang setelah membeli mobil ternyata kecewa dengan kondisi mobilnya agar tidak terjadi pada anda saya akan berikan tips cara memilih dan melihat kondisi mobil yang baik sebelum memutuskan membelinya,ada beberapa langkah yang harus anda pahami sebelum memilih mobil yang tepat.
1.periksa pada bagian mesinnya
pada bagian ini sangat lah penting sekali jangan sampai terlewatkan pada bagian ini,bagian inilah yang menentukan sehat tidaknya sebuah mobil jadi perlu sekali pengecekan pada mobilnya bagaimana cara pengecekanya berikut langkahnya.
1.buka pada tutup pengisian oli apakah keluar asap putih dari dalam mesin dan bila dipastikan iya anda patut curigai bahwa kerusakan pada mesin sudah semakin serius dengan keluarnya asap dari dalam mesin melalui tutup pengisian oli menandakan oli sudah ikut terbakar dan sisa pembakaran itu sebagian terbuang keatas menandakan ring kompresi mesin sudah mulai lemah,jadi bila ini terjadi maka mesin harus di perbaiki dengan biaya yang tidak sedikit pastinya.
2.lihat kebocoran oli sekitar mesin, bila dirasakan oli berkurang pada stick olinya namun tidak ada gejala di atas tadi yaitu uap oli keluar dari lubang pengisian oli kondisi masih aman dan mungkin hanya bocor pada sealnya saja yang bisa diperbaiki dengan biaya yang kecil.
3.bunyi suara mesin,ada beberapa bunyi yang dirasakan upnormal didalam mesin namun juga ada bunyi didalam mesin dalam batas wajar,nah bila bunyi terasa kasar saat diinjak pedal gas dan akan hilang posisi lansam itu perlu diwaspadai kerusakan mesin sangat serius pada metal mesinnya,yang berakhir dengan membongkar mesinya, namun bila bunyi kecil ringan dan sekira masih menggunakan katup manual bisa anda maklumi dan masih aman untuk dibeli,namun bila sudah menggunakan mekanisme otomatis harus segera di pertimbangkan untuk membelinya,intinya kenali dulu masalah bunyi mesinnya.
4.kondisi kabel soket2 mesin apakah kondisi normal dan masih kondisi bagus bisa anda lihat,bila kabel semerawut dan kondisi soket sudah pecah-pecah bisa anda pertimbangkan untuk membelinya.
5.kondisi hidup mesin,lihat terlebih dahulu kondisi mesin apakah masih normal dengan di cirikan bunyi mesin halus,mudah dihidupkan kondisi dingin dan saat panas,dan lansam dan getaran normal, tidak brebet atau ngempos saat digas bahkan sampai pada idle mesin,saat hidup ac, limite tenaga mesin yang masih optimal tanpa kendala dipastikan mobil siap anda beli,namun sebaliknya bila ciri-ciri tersebut tidak ada perlu anda perhitungkan kembali untuk membelinya.
6.cek kondisi knalpot mobil ada beberapa masalah yang bisa di deteksi dari knalpot,yaitu bila knalpot hitam kering dipastikan campuran udara dan bensin tidak tepat alias bbmnya boros namun bisa diatasi dengan sedikit perbaikan saja pada mesinya,bila knalpot hitam becek berjelaga dipastikan mesin telah makan oli atau oli sudah ikut terbakar,kering berkarat dan keluar air terus itu pun patut di waspadai bahwa air telah ikut terbuang dari knalpot atau disebut dengan overheating,cek air radiatornya apakah sudah megurang,knalpot kering berembun dan saat panas akan hilang kondisi mesin masih normal.
2.suspensi/kaki-kaki mobil
cara ini bisa anda lakukan dengan cara mengetesnya jalan bila dirasakan bunyi terlalu banyak patut anda pikirkan ulang untuk membelinya, terlebih bila bagian sasis ada yang telah retak atau patah ini pun wajib anda ketahui untuk menghindari mobil yang telah berjam terbang tinggi atau mobil bekas kecelakaan,dan saat mengetes dirasakan apakah ada yang aneh mobil berjalan seperti lari seperti pincang atau mobil terasa tidak nyaman yang bisa anda perkirakan akan mengeluarkan biaya yang lebih besar silahkan pikirkan ulang untuk membelinya,selanjutnya anda perlu sedikit melihat arah kolong bawah mobil bagian depan atau belakang apakah telah sesuai dengan kreteria yang diinginkan dengan kaki-kaki yang normal dan tidak ada yang aneh dibagian kaki-kakinya atau bekas modifikasi bisa anda simpulkan sendiri,sebelum memutuskan untuk membelinya.
3.periksa bagian bodi mobilnya
bagian ini juga sangat penting untuk dicek dibalik penampilan mobil yang bagus dan ngejreng bisa menipu mata anda karena bisa saja bodi bekas dempulan tebal yang sudah tidak terlihat lagi oleh mata,cara yang tepat yaitu dengan mengetukkan jari tangan kita pada bodi mobil tersebut bila dirasakan bunyi tidak nyaring saat diketuk bisa kemungkinan disanalah letak yang didempulnya,bagaimana kondisi yang baik yaitu saat diketuk akan bunyi nyaring seperti kaleng atau biasa disebut bodi kaleng,namun ada tempat-tempat tertentu yang bisa dicek cara ini karena sebagian mobil baru sekarang ini sudah ada dilengkapi peredam bodi untuk mengurangi bising dari luar mobil dengan menambahkan peredam di sekujur dalam mobilnya sehingga pengecekan ini pun tidak berlaku,ini diperlukan penalaran anda yang tajam saat memeriksanya.
3.interior mobil
bagian interior mobil adalah sumber dari semua yang perlu anda periksa dengan adanya interior yang sangat terawat tentunya riwayat mobil tersebut dalam kondisi baik dengan kelengkapan didalamnya juga sebagai nilai plus bahwa mobil itu terawat atau tidaknya bisa dilihat dari kursi jok mobil apakah banyak yang rusak atau tidak,dasbort apakah kondisi baik tidak ada lecet,lubang melubang,atau pun bagian plafon yang masih bersih dan bagian audio,ac atau pun bagian lampu cabinya,bila dirasakan semua ada dan berfungsi dengan baik bisa anda pertimbangkan untuk membelinya dengan syarat semua yang diatas telah anda periksa terlebih dahulu.
4.kilometer mobil
ini bagian yang sangat penting sekali untuk melihat semua kondisi mobil,apakah riwayat mobil memiliki jam terbang tinggi atau tidak, bisa anda lihat pada angka odometernya dan bila dirasakan kilometer tinggi bisa kemungkinan mobil memiliki jam terbang yang tinggi sebelum dijual pemiliknya,namun bila dirasakan angka odometer menunjukan angka rendah namun kondisi mobil tidak terawat banyak yang kurang dan rusak kemungkinan besar mobil ini telah direset rendah angka odometernya oleh si penjual untuk mengelabuhi calon pembeli dengan mereset angka odometernya ke yang rendah,namun masalah ini bisa deteksi bila mobil itu telah berteknologi injeksi yaitu dengan menyingkronkan data dari angka odometer di instrument speedometernya dengan menggunakan alat khusus dibengkel resmi keluaran mobil tersebut apakah sesuai angka di odometer dengan di memori ecu mobilnya yang telah tersimpan bila tidak sama bisa kemungkinan itu hanya akalan si penjual nakal yang hanya memikirkan keuntungan saja tanpa memikirkan kualitas barang yang dijualnya,namun sulit akan terdeteksi bila odometer masih menggunakan sistem konvensional karena kita tidak akan tahu data yang sesungguhnya.
5.cek kondisi kopling
kondisi kopling yang baik itu adalah saat mengangkat pedal kopling dirasakan seperempat angkatan telah berjalan dan bila dirasakan angkatan pedal kopling tinggi mobil baru bergerak bisa dipastikan antara kampas kopling tipis atau setelan kopling tang tinggi ini yang perlu anda periksa.
6.perseneling
perseneling yang baik sangat lancar saat memindahkan gigi tidak keras atau pun nyangkut-nyangkut bila diraskan normal dipastikan perseneling kondisi baik,namun setelah dihidupkan mesin sulit masuk gigi periksa pada bagian sentral koplingnya biasanya bocor atau bagian dalam kopling mulai bermasalah,
itu saja informasi yang bisa saya sampaikan di artikel ini semoga menambah wawasan bagi yang membacanya dan yang akan berniat membeli mobil,semoga menjadi tidak salah memilih mobil, sehingga anda bisa memilih mobil yang tepat dengan melihat kondisi mobil bekas yang akan dibeli,sukses selalu salam otomotif.
1.periksa pada bagian mesinnya
pada bagian ini sangat lah penting sekali jangan sampai terlewatkan pada bagian ini,bagian inilah yang menentukan sehat tidaknya sebuah mobil jadi perlu sekali pengecekan pada mobilnya bagaimana cara pengecekanya berikut langkahnya.
1.buka pada tutup pengisian oli apakah keluar asap putih dari dalam mesin dan bila dipastikan iya anda patut curigai bahwa kerusakan pada mesin sudah semakin serius dengan keluarnya asap dari dalam mesin melalui tutup pengisian oli menandakan oli sudah ikut terbakar dan sisa pembakaran itu sebagian terbuang keatas menandakan ring kompresi mesin sudah mulai lemah,jadi bila ini terjadi maka mesin harus di perbaiki dengan biaya yang tidak sedikit pastinya.
2.lihat kebocoran oli sekitar mesin, bila dirasakan oli berkurang pada stick olinya namun tidak ada gejala di atas tadi yaitu uap oli keluar dari lubang pengisian oli kondisi masih aman dan mungkin hanya bocor pada sealnya saja yang bisa diperbaiki dengan biaya yang kecil.
3.bunyi suara mesin,ada beberapa bunyi yang dirasakan upnormal didalam mesin namun juga ada bunyi didalam mesin dalam batas wajar,nah bila bunyi terasa kasar saat diinjak pedal gas dan akan hilang posisi lansam itu perlu diwaspadai kerusakan mesin sangat serius pada metal mesinnya,yang berakhir dengan membongkar mesinya, namun bila bunyi kecil ringan dan sekira masih menggunakan katup manual bisa anda maklumi dan masih aman untuk dibeli,namun bila sudah menggunakan mekanisme otomatis harus segera di pertimbangkan untuk membelinya,intinya kenali dulu masalah bunyi mesinnya.
4.kondisi kabel soket2 mesin apakah kondisi normal dan masih kondisi bagus bisa anda lihat,bila kabel semerawut dan kondisi soket sudah pecah-pecah bisa anda pertimbangkan untuk membelinya.
5.kondisi hidup mesin,lihat terlebih dahulu kondisi mesin apakah masih normal dengan di cirikan bunyi mesin halus,mudah dihidupkan kondisi dingin dan saat panas,dan lansam dan getaran normal, tidak brebet atau ngempos saat digas bahkan sampai pada idle mesin,saat hidup ac, limite tenaga mesin yang masih optimal tanpa kendala dipastikan mobil siap anda beli,namun sebaliknya bila ciri-ciri tersebut tidak ada perlu anda perhitungkan kembali untuk membelinya.
6.cek kondisi knalpot mobil ada beberapa masalah yang bisa di deteksi dari knalpot,yaitu bila knalpot hitam kering dipastikan campuran udara dan bensin tidak tepat alias bbmnya boros namun bisa diatasi dengan sedikit perbaikan saja pada mesinya,bila knalpot hitam becek berjelaga dipastikan mesin telah makan oli atau oli sudah ikut terbakar,kering berkarat dan keluar air terus itu pun patut di waspadai bahwa air telah ikut terbuang dari knalpot atau disebut dengan overheating,cek air radiatornya apakah sudah megurang,knalpot kering berembun dan saat panas akan hilang kondisi mesin masih normal.
2.suspensi/kaki-kaki mobil
cara ini bisa anda lakukan dengan cara mengetesnya jalan bila dirasakan bunyi terlalu banyak patut anda pikirkan ulang untuk membelinya, terlebih bila bagian sasis ada yang telah retak atau patah ini pun wajib anda ketahui untuk menghindari mobil yang telah berjam terbang tinggi atau mobil bekas kecelakaan,dan saat mengetes dirasakan apakah ada yang aneh mobil berjalan seperti lari seperti pincang atau mobil terasa tidak nyaman yang bisa anda perkirakan akan mengeluarkan biaya yang lebih besar silahkan pikirkan ulang untuk membelinya,selanjutnya anda perlu sedikit melihat arah kolong bawah mobil bagian depan atau belakang apakah telah sesuai dengan kreteria yang diinginkan dengan kaki-kaki yang normal dan tidak ada yang aneh dibagian kaki-kakinya atau bekas modifikasi bisa anda simpulkan sendiri,sebelum memutuskan untuk membelinya.
3.periksa bagian bodi mobilnya
bagian ini juga sangat penting untuk dicek dibalik penampilan mobil yang bagus dan ngejreng bisa menipu mata anda karena bisa saja bodi bekas dempulan tebal yang sudah tidak terlihat lagi oleh mata,cara yang tepat yaitu dengan mengetukkan jari tangan kita pada bodi mobil tersebut bila dirasakan bunyi tidak nyaring saat diketuk bisa kemungkinan disanalah letak yang didempulnya,bagaimana kondisi yang baik yaitu saat diketuk akan bunyi nyaring seperti kaleng atau biasa disebut bodi kaleng,namun ada tempat-tempat tertentu yang bisa dicek cara ini karena sebagian mobil baru sekarang ini sudah ada dilengkapi peredam bodi untuk mengurangi bising dari luar mobil dengan menambahkan peredam di sekujur dalam mobilnya sehingga pengecekan ini pun tidak berlaku,ini diperlukan penalaran anda yang tajam saat memeriksanya.
3.interior mobil
bagian interior mobil adalah sumber dari semua yang perlu anda periksa dengan adanya interior yang sangat terawat tentunya riwayat mobil tersebut dalam kondisi baik dengan kelengkapan didalamnya juga sebagai nilai plus bahwa mobil itu terawat atau tidaknya bisa dilihat dari kursi jok mobil apakah banyak yang rusak atau tidak,dasbort apakah kondisi baik tidak ada lecet,lubang melubang,atau pun bagian plafon yang masih bersih dan bagian audio,ac atau pun bagian lampu cabinya,bila dirasakan semua ada dan berfungsi dengan baik bisa anda pertimbangkan untuk membelinya dengan syarat semua yang diatas telah anda periksa terlebih dahulu.
4.kilometer mobil
ini bagian yang sangat penting sekali untuk melihat semua kondisi mobil,apakah riwayat mobil memiliki jam terbang tinggi atau tidak, bisa anda lihat pada angka odometernya dan bila dirasakan kilometer tinggi bisa kemungkinan mobil memiliki jam terbang yang tinggi sebelum dijual pemiliknya,namun bila dirasakan angka odometer menunjukan angka rendah namun kondisi mobil tidak terawat banyak yang kurang dan rusak kemungkinan besar mobil ini telah direset rendah angka odometernya oleh si penjual untuk mengelabuhi calon pembeli dengan mereset angka odometernya ke yang rendah,namun masalah ini bisa deteksi bila mobil itu telah berteknologi injeksi yaitu dengan menyingkronkan data dari angka odometer di instrument speedometernya dengan menggunakan alat khusus dibengkel resmi keluaran mobil tersebut apakah sesuai angka di odometer dengan di memori ecu mobilnya yang telah tersimpan bila tidak sama bisa kemungkinan itu hanya akalan si penjual nakal yang hanya memikirkan keuntungan saja tanpa memikirkan kualitas barang yang dijualnya,namun sulit akan terdeteksi bila odometer masih menggunakan sistem konvensional karena kita tidak akan tahu data yang sesungguhnya.
5.cek kondisi kopling
kondisi kopling yang baik itu adalah saat mengangkat pedal kopling dirasakan seperempat angkatan telah berjalan dan bila dirasakan angkatan pedal kopling tinggi mobil baru bergerak bisa dipastikan antara kampas kopling tipis atau setelan kopling tang tinggi ini yang perlu anda periksa.
6.perseneling
perseneling yang baik sangat lancar saat memindahkan gigi tidak keras atau pun nyangkut-nyangkut bila diraskan normal dipastikan perseneling kondisi baik,namun setelah dihidupkan mesin sulit masuk gigi periksa pada bagian sentral koplingnya biasanya bocor atau bagian dalam kopling mulai bermasalah,
itu saja informasi yang bisa saya sampaikan di artikel ini semoga menambah wawasan bagi yang membacanya dan yang akan berniat membeli mobil,semoga menjadi tidak salah memilih mobil, sehingga anda bisa memilih mobil yang tepat dengan melihat kondisi mobil bekas yang akan dibeli,sukses selalu salam otomotif.
Komentar