Suzuki carry Futura 1.5 dan Mitsubishi colt T120ss adalah dua varian mobil yang mirip sama halnya suzuki APV dan Mitsubishi maven memiliki kemiripan di bagian body transmisi, differental dan sistem koplingnya,hanya berbeda di mesinnya saja.
Baik di artikel kali ini saya akan bahas sistem kopling pada mobil ini khususnya pada mobil suzuki carry Futura 1.5 dan Mitsubishi colt T120ss,yang mana sistem kopling kedua mobil ini sama mulai dari cover clutch,disc clutch dan sistem mekanisnya yaitu menggunakan seling kopling sebagai media pengoperasiannya,jadi jangan heran bila injakan pedal koplingnya sedikit keras di bandingkan sistem hidrolik.
Baik kita mulai dipembahasanya yaitu bagaimana cara mudah setel kopling mobil suzuki carry Futura 1.5 dan Mitsubishi colt T120ss baik mesin karburator atau injeksi kedua varian mesin jenis ini mekanis koplingnya sama sehingga penyetelannya pun sama berikut penjelasanya.
Penyetelan sistem kopling pada mobil ini ada dua metode
1.setelan bagian seling dalam
Pada bagian ini setelan terletak langsung dipedal kopling terdapat dua mur ukuran 14mm terletak diujung tali seling kopling terpasang di pedal kopling yaitu sebagai pengatur tinggi rendah kopling dan lembut kerasnya kopling bisa ditentukan di setelan itu yaitu bila kita menaikan baut setelan tersebut maka dirasakan injakan pedal kopling terasa lembut bahkan rendah namun setelan ini jangan terlalu banyak beri saja pas ditengah baut kalau terlalu panjang keatas bautnya maka yang terjadi maka baut setelan di perseneling akan terlalu panjang dan sulit didapat setelan tinggi,bila baut tersebut terlalu turun yang terjadi maka setelan kopling terlalu tinggi dan pedal terasa keras saat menginjak pedal kopling yang terjadi baut setelan di transmisi atau perseneling akan terlalu sedikit dan pendek maka yang di dapat saat akan mengurangi tinggi rendahnya kopling pun akan sulit karena baut terlalu pendek saat akan menyetel,jadi dipaskan saja ditengah baut tersebut seperti gambar dibawah ini.
2.setelan baut bagian perseneling atau transmisi
Bagian ini akan bisa disetel bila setelan bagian atas telah tepat yaitu baut tidak terlalu sedikit saat disetel atau pun terlalu panjang saat akan di setel,jadi prinsipnya kalau pedal kopling bila dirasakan terlalu tinggi maka kita cukup kendorkan saja mur baut setelan bawah sampai dirasakan mendapatkan setelan pasnya,dan bila pedal kopling dirasakan terlalu rendah bahkan sampai sulit masuk gigi di perseneling atau transmisi maka baut setelan bawah cukup kencangkan saja searah jam untuk meninggikan dan setel sesuai keinginan dipastikan pas saat menyetelnya,berikut adalah fotonya.
Baca juga : cara setel kopling hidrolik
Cukup mudah bukan cara setel kopling kedua mobil tersebut cukup lakukan langkah yang telah saya sebutkan diatas maka setelan kopling mobil anda akan mendapatkan setelan yang pas yang akan terhindarkan dari kerusakan komponen kopling karena upnormal atau akibat setelan terlalu tinggi,atau rusaknya komponen lain seperti release bearing dan kuku cover clutch akibat setelan tidak tepat terlalu tinggi bahkan sampai menyebabkan kampas kopling habis,maka dari itu saya berikan edukasi ini sebagai bahan share pengalaman buat pembaca agar bisa selalu merawat mobilnya,terima kasih.
Komentar